110873512

Pic. Courtesy of : dailymail.co.ok

 

 

Menjadi seorang ibu yang baik bagi anaknya, memang bukanlah pekerjaan yang mudah.

Sejuta perhatian dan pengamatan khusus harus diberikan kepada sang buah hati demi keberhasilan dalam mendidik anak.
Bahkan, beberapa wanita rela meninggalkan pekerjaan terdahulunya agar dapat meluangkan waktu bagi si buah hati.

Namun, jangan biarkan aktivitas ini membuat Anda jenuh, ‘malu’, dan kehilangan jiwa bersosialisasi Anda.
Ikuti 4 langkah berikut, untuk menjadi ibu rumah tangga yang cerdas.

1. Berbanggalah dengan peran yang Anda jalani

Ketika seseorang menanyakan pekerjaan apa yang sedang Anda geluti, jangan ragu untuk menjawab jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Sebagian orang memang akan mengernyitkan dahinya mendengar pernyataan Anda.

Dengan kondisi di mana wanita karir lebih terlihat mengesankan kini, peran ibu rumah tangga memang sedikit terabaikan.
Banyak dari mereka akan berpikir mengenai pilihan Anda sebagai ibu yang beraktivitas di rumah.
Pasalnya, Anda akan terlihat seperti orang dengan pendidikan yang minim, dan Anda juga akan terlihat seperti orang yang menggantungkan segalanya pada suami.

Jangan ragu dengan itu!
perlu Anda ketahui, meluangkan waktu Anda bagi si kecil adalah hal yang lebih mulia bagi seorang ibu dibandingkan dengan apapun di dunia ini.

Anda dapat belajar untuk lebih menghargai waktu bermain Anda dengan si kecil, di samping itu, Anda dapat mengetahui dengan benar segala sesuatu tentang buah hati Anda.

Dan, satu kelebihan yang Anda miliki dengan menjaga penuh buah hati Anda, dengan pengorbanan Anda meluangkan waktu baginya, dia pun akan mengerti betapa peduli Anda terhadapnya.

Alhasil? kelak di saat Anda tua dan tidak ada siapapun yang peduli terhadap kondisi Anda, apa yang telah Anda tanam akan membuahkan hasil.
Benar, kini giliran buah hati Anda yang menjaga dan merawat Anda.
Tanpa ada rasa pamrih dan rasa ingin di balas kebaikannya, mereka secara natural dapat merasakan ketulusan Anda.
Buktikan sendiri!

2. Tetap bersosialisasi dengan lingkungan Anda

Menjadi ibu yang cekatan dalam mengurus rumah tangga, adalah hal yang sangat terpuji.
Namun, Anda tak boleh lupa, bahwa kehidupan di luar rumah pun juga termasuk prioritas Anda sebagai seorang manusia.
Dengan waktu yang Anda miliki, mungkin sesekali ada baiknya jika Anda mengadakan pesta kecil seperti minum teh sore atau kegiatan spiritual ( seperti pengajian misalnya bagi muslim)di rumah dengan mengundang berbagai teman dan kerabat Anda.
Hal ini tentunya tidak akan mengurangi porsi Anda sebagai seorang ibu.

Dengan pesta kecil-kecilan yang Anda buat khusus untuk mereka, akan menambah nilai plus Anda sebagai ibu rumah tangga yang supel.
Hal lain dalam menjaga komunikasi Anda dengan sesama juga dapat Anda lakukan ketika mengantar si kecil ke sekolah.

Mungkin Anda dapat mulai memperkenalkan diri kepada ibu-ibu yang lainnya, dan mulai menjalin sebuah hubungan pertemanan.
Bahkan, Anda dapat membuat sebuah grup ibu-ibu yang mengadakan arisan seminggu sekali.
Trust me! It will be fun!

3. Rutinitas yang terorganisir

Peran Anda sebagai ibu rumah tangga tidak harus membuat Anda terjebak dalam keadaan itu itu saja.
Make a list!
Buatlah jadwal yang terorganisir dengan baik untuk rutinitas yang akan Anda kerjakan sehari-hari.
Tulis di kalender, atau mungkin Anda dapat membuat sebuah poster besar yang dapat mengingatkan Anda.

Aturlah hal-hal apa saja yang akan Anda lakukan bulan ini.
Mungkin, Anda dapat mulai meletakkan kegiatan bersih-bersih rumah di hari Minggu.
Atau, hari Sabtu dapat Anda jadikan sebagai hari keluarga, di mana Anda dan keluarga pergi berlibur ke suatu tempat.

Dan tentunya, ketika anak dan suami Anda tidak sedang di rumah, kegiatan fitness dapat di jadikan rutinitas Anda di pagi hari.
Peranan jadwal yang Anda buat ini dapat meningkatkan kualitas hidup Anda sebagai seorang ibu.
Di samping itu, Anda akan lebih teratur dalam beraktivitas, dan terhindar dari perasaan jenuh.

4. Kembangkan kreativitas Anda

Kegiatan yang satu ini memang sedang marak dilakukan oleh ibu rumah tangga di seluruh dunia.
Dengan waktu yang mereka miliki di rumah, hal-hal kecil pun dapat menjadi hal yang menyenangkan.
Anda pernah mengikuti organisasi mading semasa SMA? lakukan lagi bakat Anda.
Mungkin, majalah-majalah yang tak lagi diperlukan di rumah, dapat menjadi bahan mading yang akan Anda buat.

Hasilnya? dapat Anda letakkan di kamar anak, maupun sebagai hiasan dinding.
Tak hanya itu, kini Anda dapat memulai untuk membuat baju rajutan bagi si kecil yang sempat tertunda dahulu.
Anda gemar merancang manik-manik? mungkin sesekali dapat Anda terapkan di rumah dalam membuat aksesoris yang unik dan lucu.

Bahkan, jika Anda memiliki jiwa bisnis yang selama ini terpendam, dapat Anda apresiasikan dengan membuka toko di rumah atau toko online melalui internet, atau bisa juga menulis sesuatu di blog.

Hal ini tak hanya menyenangkan saja, namun juga mendatangkan rejeki kan………  :)

Ladies,  there is nothing wrong being house wife………… Trust me! 
Dengan kegiatan yang menyenangkan, dan tetap bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, Anda dapat menjadi ibu rumah tangga cerdas yang berbahagia……….

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

36 responses »

  1. yuni says:

    Kalau sudah punya anak.. saya pengen sekali jadi ibu rumah tangga yang baik, ngurus suami dan anak.. didik anak jadi anak sholeh/sholeha…untuk bantu suami, saya mulai skrang sudah manfaatkan internet… Mudah2an terkabulkan… Aamiin Ya Allah

  2. Aula says:

    Sjak melahirkan anak ke 2, sdh 1 th ini sy mmutuskn unt brhnti bkrja. Alsnnya krn tdk tega meninggalkn si kcil. Slain itu, suami dan anak prtama tdk bgt mndukung sy untk bkrj d luar rmh. Nmun akhr2 ini jiwa kreatif sy brgjolak, ingin brkrya wlau dr rmh. Sy mncri2 space yg co2k u ruang grak sy u brkrya. Namun blm mnemukan jg. Smbil jl sbg ibu rt, sy mncba apa yg sy bs trlbh dhlu. Jual lpg & pulsa elektrik. Smbil trus mncri inspirasi, sy mnemukan web ini. So, bs mnginspirasi dan mnguatkn sy kmbli bhw mnjdi ibu rt adl pkrjaan yg amazing! Salam kenal bunda..

  3. taskerajinan says:

    memang menjadi ibu rumah tangga harus bener2 “kuat”, salut tuk ibu rumah tangga

  4. Lyliana Thia says:

    bener Bunda… pekerjaan tersulit adalah menjadi ibu rumah tangga…
    salut deh sama semua ibu rumah tangga yg berhasil membina keluarganya dgn baik.. * aku msh jauuuh hrs belajar…*

  5. elok says:

    salam bunda …semoga kita semua menjadi ibu2 yg baik buat keluarga
    kadang2 karena rutinitas menjadikan kita mati hati…
    yuk berbenah… (berusaha praktekin semua tipsnya nih ..)

  6. hajarabis says:

    hhhaha .
    susah juga jadi ibu rumah tangga🙂
    mampir ke web kami yya .
    http://www.hajarabis.com

  7. addthesurya says:

    Waahhh…
    kalo tips mencari calon ibu yang cerdas gimana bunda😀

  8. ded says:

    Ayo, Ibu RT ikuti tips2 dari Bunda ini…..🙂

  9. agussupria says:

    betul sekali tugas seorang ibu apalagi ibu rumah tangga sangatlah mulia

  10. salut untuk semua ibu rumah tangga ya bunda, tapi saya tetep bersyukur dengan semua yg saya jalani sekarang bun😀

    bener Puteri,
    dengan rasa syukur itu kita bs lebih baik dlm mendidik anak2 ya🙂
    salam

  11. brianhidayat says:

    bun bri kangen,,huhu hhihihi ^_^..asalamualaikuum bunda ap kbrny,,??


    walaikumsalam.wr.wb
    alhamdulillah, bunda sehat2 berkat doa dr Bri sayang🙂
    apa kabar?
    kemana aja siiih ???😦
    sangkain dah lupa sama bunda😦
    sehat2 khan Bri ?
    gimana kuliah nya ? udah klaar?
    Salam

  12. menjadi ibu rumah tangga cerdas adalah impian ibu rumah tangga..:)

    dan, pastinya anak2 yg cerdasslahir dr IRT yg juga cerdas🙂
    salam

  13. Necky says:

    being a housewife is a the hardest thing to do. The operation time is 24 hours a day


    definitely, no day off for sure ……
    salam

    • tuty says:

      saya jg ibu rumah tangga yg dulunya bekerja, bunda.. sy bangga bgt mjd ibu rumah tangga & sgt menikmati, utk menghilangkan rasa jenuh ada bisnis kecil2an sambil bljr.. salam kenal buat bunda…

  14. maminx says:

    saya suka sekali ini bunda. pas banget, hehe. kalau saya memang lebih milih ibu / istri itu kalau udah ada anak ya gak usah kerja di luar gitu. mengurus anak udah pahala besar banget kan ya. Biar pria aja yang kerja. Setuju salah satu caranya bisa dengan berbisnis di lingkungan dekat rumah aja. atau bisnis online juga bisa. jadi anak pun bisa deket ma ibu🙂

    bener Mamin, berkarya dr rumahpun bisa kok,
    misalnya bikin toko online, atau jadi penulis juga bisa ,
    dan hal2 kayak gitu, ngetrend kok dikalangan ibu2 rt🙂
    salam

  15. Orin says:

    karier yg paling ya Bun menjadi ibu rumah tangga itu😀


    dan, juga sangat mulia ya Orin🙂
    salam

  16. melly says:

    Tipsnya keren bundaa.
    buat jaga2 nanti klo saia udah jd ibu rumah tangga..hehe🙂


    pastinya Melly adalah calon Ibu yg cerdas dong, yakin lah bunda mah 🙂
    salam

  17. Baha Andes says:

    Ikut Cerita dikit ya bun.

    kemaren waktu mudik aku ketemu sodaraku yang tadinya sudah bekerja dan penghasilannya relatif sudah lumayan tetapi ga tau alasannya kenapa sang Istri minta gantian dia yg mencari nafkah (mungkin minta lebih atau mau gantian).

    Sang suami yg di tinggal pergi ama Istrinya sekarng badannya keliahatan kurus sekali, Beliau pun bercerita betapa beratnya menjadi Ibu rumahtangga.

    Semoga kelak aku bisa menjadi suami yg senantiasa bisa menghargai istri dan bisa membuat Istri serta keluarga bahagia. amin

    ikut mengaminkan doamu, Andes
    yah, begitulah, kelihatannya saja mudah, kalau sudah dijalani, tdk semudah kelihatannya😦
    salam

  18. marsudiyanto says:

    Kayaknya nggak mungkin bagi saya untuk “Menjadi Ibu Rumah Tangga Cerdas” Bun…


    ya iyalah, kalau Pak Guru mau ikutan jadi IRT yg cerdas ,
    nanti aku pinjemin rok dan lipstik sekalian, mau ?😛
    salam

  19. saya tahu menjadi Ibu Rumah Tangga bukanlah pekerjaan yang gampang, karena ia tidak hanya menyeimbangkan laju biduk rumah tangga, juga mendidik, merawat, dan dan teladan anak-anak, juga pendamping suami

    sepertinya 24 jam itu kurang lho Pakies
    untuk menyelenggarakan segala kegiatan semaksimal mungkin,
    itulah mengapa , seorang IRT itu pastinya cerdas semua , setuju khan Pakies ?🙂
    salam

  20. Lidya says:

    semua pilihan ada konsekuensinya ya bun,pintar2nya kita menyikapinya .
    Allhamdulillah bangga juga jadi ibu rumah tangga


    bener Lidya, bagaimana kita menyikapi,
    lantas menikmatinya ya ….
    menjadikan Lidya ibu yg cerdas utk anak2 yg sehat pastinya
    titip sayang utk Pascal dan Calvin ya Lidya🙂
    salam

  21. Imelda says:

    kalau aku malah merasa ngga bakat jadi ibu rumah tangga loh. Ngga bisa!
    Aku kagum sama orang yang bisa mendedikasikan dirinya sebagai ibu rumah tangga. really.

    padahal bikin nasi kuning dan nasi merah di kotak itu ajah, dah bikin ngiler kok Mbak EM🙂
    belum lagih, sambil kerja , juga bikin mkn malam utk keluarga
    ini namanya Ibu plus plus lho Mbak🙂
    salam

  22. masih single bunda……… 🙂
    bekal buat nanti klo sudah berkeluarga


    bener ya Ajeng , buat nani kalau udah double😛
    salam

  23. nia/mama ina says:

    smoga satu saat nanti bisa jadi IRT sejati…..yg tetap bisa menghasilkan uang meskipun cuma di rumah heehe…

    holoh holoh …si Mama ini, sekarang khan udah tho Mam🙂
    salam

  24. semoga ajah bunda bisa jadi ibu rumah tangga yang baik
    amiin….


    insyaAllah, semua bunda bisa jd IRT yang baik dan cerdas🙂
    salam

  25. hemm,, semoga bundaq bisa seperti itu juga!!!!
    nggak jadi bunda yang cerewet
    hehehehe😛

    pastinya iya Eecha….
    bundamu itu cerewet sebagai salah satu caranya Beliau menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya🙂
    jadi, beruntunglah punya bunda yg cerewet yaaaa……….
    salam

  26. hehehe…bunda hilsya..saya juga ikutan ketawa dulu ahh sebelum koment🙂
    thanks for sharing bun..semoga saya bisa jadi ibu yang cerdas…dan lebih sabaran..:D

    hehehee……
    sama2, terimakasih juga Mam.
    khan kita semua memang wanita dan ibu yg cerdas🙂
    salam

  27. Nandini says:

    walaupun sebenarnya saya ingin menjadi ibu rumah tangga penuh, tapi sepertinya kehidupan saat ini tidak mengijinkan ya Bunda…🙂 Yang pasti, kita tidak boleh berhenti berkarya..


    gpp Dini sayang ,
    yg penting tetap lah terus beraktivitas,
    dan lebih penting lagi, kita bahagai dgn semua aktivitas tsb🙂
    apa kabar Dini sayang?
    semoga selalu sehat dan sukses ya …………
    (peluk rindu)
    salam

  28. menjadi ibu rumah tangga memang katanya tak semudah yang dibayangkan,,, karena dari itulah IRT menurut saya adalah suatu yang sangat mulia,,,
    tpi bila mengikuti tips2 yang bunda paparkan, saya kira IRT bisa tetap menjalani aktifitas lainnya dengan baik pula, bisa bersosialisai dengan lingkungan dengan baik pula.
    saya catat bun buat bekal nanti…… 😀

    salaam

    bener banget, Ruri
    jadi IRT juga harus tetap pe de dan ,selain cerdas juga harus bahagia dgn perannya🙂
    salam

  29. dhila13 says:

    je serais, bun!🙂


    peut certainement…..mon cherry Dhila🙂
    salam

  30. hilsya says:

    waduh Bunda.. aku belum cerdas juga, masih suka kebakaran jenggot ngadengin anak-anak ..hiiiks


    wah, siapa bilang ?
    Hilsya itu adalah ibu paling istimewa🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s