Siapa yang tidak kenal sambal? Siapa pula yang tak doyan sambal?
Sambal, adalah salah satu menu yang hampir selalu ada dalam hidangan sehari2 di meja makan orang Indonesia.

img.sensasi sambal/bundadontworry.wordpress.com

Sambal Indonesia

Sambal pun bisa beraneka ragam, seperti yang kita tahu, bahwa dengan beragam macam masakan dari berbagai daerah, bermacam pula sambal yang ada di negeri kita .

Sambal, mentah maupun matang, selalu dinanti kehadirannya di meja makan.
Baik untuk disantap bersama hidangan utama atau sekadar menjadi pelengkap lalap sayuran. Memang, sulit melepaskan sambal dari kebiasaan santap kita.

Salah satu alasannya adalah karena seni kuliner nusantara bersifat koud eten (hidangan dingin). Itulah mengapa cabai menjadi hal penting dalam setiap masakan. Rasa pedas cabai tidak hanya memberikan sensasi yang menggugah selera tetapi juga memiliki fungsi sebagai pengganti temperatur panas.

Racikan tepat
Paduan aneka rempah merupakan rahasia di balik sambal gurih dan menggoda lidah. Selain bawang, terasi, atau garam, Anda dapat menambahkan bahan penyegar seperti belimbing wuluh atau asam jawa uhtuk melengkapi kelezatannya .

Pada masa VOC, budak-budak yang membuat sambal mendapatkan tempat khusus karena disenangi para majikan. Kemampuan membuat sambal ini mampu meningkatkan “harga pasaran” mereka.

Namun tidak semua orang bisa membuat sambal yang sedap. Walau terlihat mudah, namun kemampuan meracik bumbu sangat menentukan apakah sambal yang dibuat memiliki rasa gurih yang pas.

Kualitas cabai yang digunakan pun menentukan kesegaran rasa sambal. Pilihlah cabai yang terasa padat dan kaku, berwarna cerah, mengilap dan bebas dari bercak kehitaman.
Agar tetap segar, simpan cabai tanpa dicuci ke dalam kantung kertas atau wadah plastik kedap udara, lalu masukkan ke dalam rak sayuran di lemari pendingin.

Selain cabai, Anda dapat menambahkan bahan penyedap, atau penyegar. Terasi adalah bahan penyedap yang paling sering digunakan. Namun Anda juga dapat mengombinasikan cabai dengan petis, ebi, atau tauco.
Untuk bahan penyegar -sentuhan masam pada sambal- gunakan belimbing wuluh, asam jawa, atau air jeruk.

Sambal juga tidak dibuat hanya dengan cara diulek, baik disajikan mentah maupun ditumis terlebih dahulu.
Ada berbagai teknik berbeda dalam membuat sambal.
Sambal matah ala Bali misalnya, dibuat dari cabai rawit, bawang merah, dan serai yang diiris tipis lalu disiram dengan minyak panas.
Ada pula sambal Gami khas daerah Bontang, Kalimantan Timur, yang dimasak menggunakan cobek tanah liat lalu disajikan dalam keadaan panas.

Beberapa sambal lezat yang bisa Anda nikmati antara lain sambal roa khas Manado. Perpaduan ikan roa dan cabai rawit menghasilkan gurih yang sangat pedas.

Sementara sambal nanas, terinspirasi dari sambal ala Pontianak, cocok untuk melengkapi masakan berempah seperti kari atau gulai.
Ada pula sambal asam dari Bangka yang nikmat disantap bersama lepat ketan.
Sementara cita rasa oncom bandung ternyata sedap diolah menjadi sambal oncom santan.
Apapun pilihan Anda, sambal akan membuat hidup terasa lebih “meriah”.

Nah, sambal apa yang khas dari daerah anda, sahabat?
Monggo , silakan berbagi disini ………

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

26 responses »

  1. wuahh, gak pedas gak asik ya bund..
    one paling suka sambel “goang” bikinan mama..
    (gak tau nama asli sambalnya, tapi orang rumah nyebutnya gitu)
    hehehehehe

  2. kakaakin says:

    Saya paling suka sambal yang ada kecut2annya, Bunda๐Ÿ˜€
    Paling mantab kalo ada pencitnya๐Ÿ˜€
    Hmm… *ngelap iler*

  3. Mantabs…!!
    makan tanpa sambal ga seru…
    makin pedas makin hot jeletot….๐Ÿ™‚

  4. maminx says:

    Aneh nih bunda, saya cuman suka sambal oncom sama sambal tomat ABC, hehe iklan. lainnya saya gak terlalu suka sambal, soalnya dari kecil di larang makan sambal ama bapak “jangan terlalu banyak sambal, sakit perut tar” gitu lah kira kira menurut beliau๐Ÿ˜€

  5. mawi wijna says:

    Apa Bunda dan pembaca tahu bagaimana membuat sambal korek? Itu lho yang biasa disajikan bersama bebek goreng. Sepertinya hanya kumpulan biji cabai, tapi kok pedasnya bukan main padahal hanya sedikit tersentuh saja.

  6. gavee says:

    Kalau ditempat saya tinggal sekarang, ada yang namanya sambal plecing bunda.


    oooh…iya ya, itu dari daerah lombok ya?
    plecing kangkung itu enak ya Tian๐Ÿ™‚
    makannya sepasang dgn ayam taliwang …………….
    salam

  7. saya suka sambal trasi dibandingkan sambal yang lain2. Orang luar negeri umumnya pakai saus pedas, bukan sambal. demikian juga sea food, walaupun pedas tetap tidak sadaf.

    Salam hangat dari Surabaya


    sambal terasi yg pedes gitu ya Dheee……… ?๐Ÿ™‚
    salam

  8. mey says:

    sambel tempoyak !!!
    prnah denger bun ??? sambel dr buah duren.
    ini smbel khas daerah yg kelebihan duren bun…mmm…yummmi


    iya Mey, sering denger tuh,
    kalau gak salah dr palembang atau medan gituh ya๐Ÿ™‚
    tapi, krn bunda gak suka durian, jd gak suka juga sambal tempoyak ini๐Ÿ˜ฆ
    katanya nikmat banget ya Mey ?
    salam

  9. nh18 says:

    Letak keberhasilan sambal itu adanya di …. jeruk nipis …

    hahaha

    salam saya Bunda Ly


    kalau pakai jeruk limau lebih harum lagih lho Mas๐Ÿ™‚
    salam

  10. Orin says:

    huwaa Bunda, jd pgn bikin sambel hihihihi

    bikinin bunda sambal oncom dong Rin ….๐Ÿ˜›
    salam

  11. agussupria says:

    wah sayang sudah tidak tahan lagi sama yang pedas-pedas


    kalau begitu, bikin sambalnya banyakin tomatnya aja Gus, cabenya sedikiiiit aja
    jadi gak pedes khan?๐Ÿ™‚
    salam

  12. sambal balado dan sambal hijau (ini bunda juga tau ya bun:D
    waktu pu tinggal di ternate ikan bakar dimakan dengan sambal yang terbuat dari cabai dipotong2 kecil, bawang merah diris alus, lalu disiram dengan minyak panas dan diberi jeruk nipis atau jeruk lemon, seger. kalo mama pu suka bikin juga sambal mangga muda yang diiris tipis2 dan diberi ulekan cabai,,seger juga

    salam PU bunda

    ooohh……..hampir mirip dengan sambal dabu2 dari manado dong ya Put, sambal ternate itu๐Ÿ™‚
    iya tuh, sambal mangga juga nikmat banget ya Put๐Ÿ™‚
    salam

  13. Asop says:

    Sambal itu penambah nafsu makan.๐Ÿ™‚

    jadi, jangan banyak2 ya Sop ?
    nti jadi ndut ….hahahahha ……….๐Ÿ˜€
    salam

  14. Hmmm..makan tanpa sambal rasanya bagai sayur tanpa garam hehehe..walah maniak sambal juga nieh bun saya…mau sambal apa aja hayooo..ngomong ngomong soal sambal saja jadi ingat sambal mangga muda itu…mentahan gitu..hmm..atau apa itu yang terkenal sambalnya dari menado…hmm..waduh pagi pagi ngomongin sambal jadi ngiler neih bun..
    thanks for sharing bun..:)


    kalau dr manado, ada sambal roa juga dabu2 , Mam
    sambal mangga muda itu seger2 gimanaaa gitzuuu……..bikin penasaran ya Mam๐Ÿ™‚
    salam

  15. giewahyudi says:

    saya nggak suka sambal, Bun..
    enakan makan yg manis-manis aja..

    seperti sang istri tercinta , yg juga manies ya Gie๐Ÿ™‚
    titip salam ya utk Mbak Nunik …………
    salam

  16. diananeeh says:

    Paling enak sambal pake buah gandaria, seger banget Bun, makannya ditemenin sayur asem plus ikan asin, enakkkkk…..banget
    Aku suka banget sambel, tiap hari klo makan harus ada sambel, makan tanpa sambel bagai sayur tanpa garam#eaa……^_^


    gandaria tuh sekarang udah langka Diana,
    susah nyarinya , kalau adapun jaraaaaaang banget , dan harganya jadi mahal๐Ÿ˜ฆ
    hehehhee……bener tuh, jadi tiada hari tanpa sambel yaaaa………….๐Ÿ˜€
    salam

  17. hilsya says:

    aku ga doyan sambel Bun.. pedes, hiiks

    kalau gak suka, ya jangan Hilsya ,
    nanti malah mules , khan berabe๐Ÿ™‚
    salam

  18. bayu says:

    samba nan sabana padeh tun labak bana. kalo aku harus makan sambel tiap makan. paling suka sambel cabe ijau. uwww

    apa lagi kalo itiak lado ijau. mantap


    hayo….Bayu, ke bukittinggi yuk,
    pulang kampuang, makan itiak ijau awak di ngarai๐Ÿ™‚
    ( bayu ngacai deh )๐Ÿ˜€
    salam

  19. Lyliana Thia says:

    Sambal roaa kesukaanku.. Hihihi…
    Dan satu lagi sambal bawang ala eyang ti dari Jawa.. Ada jg sambal dabu2 ala oma dari Manado.. Hehe…

    Nikmatnya jd org Indonesia.. Alhamdulillah..

    banyak banget macam sambal ya Thia,
    dan semuanya enak tenan yaaaaaaaaa…………….๐Ÿ™‚
    salam

  20. Imelda says:

    suamiku suka sekali sambal. Jadi selalu buat sambal lombok goreng dan taruh di lemari es. Karena di sini cabe amat berharga, jadi dieman-eman deh


    wah, jangan2 Gen ketularan Mbak EM ya ? hehehe๐Ÿ™‚
    salam

  21. riez says:

    Sambal yang paling sederhana itu sambal bawang cuma butuh cabai,garam,penyedap rasa sama bawang terus diulek-ulek jadi deh….Suka bgt makan sambal tapi sekarang porsi agak berkurang gara-gara penyakit tifus

    SalamPLUR Bunda

    ya Riez, kalau dah pernah kena tifus,’kudu dikurangi makan sambal ya………
    sama dong, bunda jg suka sambal bawang,
    praktis, tapi maknyusss ya Riez๐Ÿ™‚
    salam

  22. yustha tt says:

    Sambal bawang Bun, makanan Tt sehari2 jaman kecil dulu. Kalau gk punya sayur dan lauk di rumah, udah deh ambil 3 cabai rawit, secuil bawang, dan garam, uleg di cobek batu, tetesi sedikit minyak jelantah. Wuah, nikmat itu Bun. Jadinya ky Tt skrg ini Bun, keseringan makan pakai sambal bawang jaman kecil dulu.๐Ÿ˜›
    Pj Tuhan kemarin dikasih cobek sama teman di sini, jadi bisa setiap saat bikin sambal bawang.๐Ÿ™‚
    Jaman masih ada Ibu, kalau masak sayur pasti ada sambal yang sesuai. Sop sambalnya sambal tomat, sayur nangka muda sambalnya sambal terasi, sayur bobor sambalnya sambal jenggot, sayur batang tales sambalnya sambal korek, wah…kayanya kuliner Indonesia ini ya Bun, belum lagi sambal2 yang dituliskan Bunda itu… Wiew…ngeces tengah malam deh Bun..๐Ÿ™‚

    Salam Bun… ^_____^

    waah sama dong Tt, bunda jg paling suka sambal bawang๐Ÿ™‚ ( toss)
    eh ya , kalau sambal jenggot tuh yg kayak gimana Tt?
    sekarang kalau kangen sambel, enak ya Tt , dah ada cobeknya ……………
    makin lama di jepang, Tt makin pinter masak deh
    ( pingin ikutan nyobain masakannya Tt………….. )๐Ÿ˜ฆ
    salam

    • yustha tt says:

      sambal jenggot itu pakai kelapa parut Bun. Tapi bukan sambal urap. Rasanya seger, cocok buat sayur bobor. Tt bisa bayangin rasanya, tp gk bisa identifikasi itu rasa dari bumbu apa. Ntar kapan2 taktanya Bapak gimana bikin sambal jenggot (mdh2an Bpk tau). *Hehe..niat bgt ya :P*

      oooh….kalau yg pasangannya sayur bobor sih, bunda tau Tt๐Ÿ™‚
      jadi, ituh ya yg namanya sambel jenggot? hihihi…๐Ÿ˜›
      tau bentuknya , tapi gak tau namanya …. parrah …๐Ÿ˜€
      makasih banyak ya Tt dah dikasih tau ….
      (peluk2)
      salam

  23. yang terkenal disini sambal caluk bund, caluk=terasi.. ada banyak jenis, ada sambal caluk mentah sama masak, tergantung selera.. hmm, malam2 ngomongin sambal, ntar kalo dhe jadi mimpi sambal gimana coba bund.. hehe๐Ÿ˜€

    jangan dimimpiin atuh Dhe …
    langsung dibikin aja , trus makan deh pake nasi hangat2……………๐Ÿ™‚
    salam

  24. Baha Andes says:

    Dulu aku ga bigitu suka ama sambal, setelah sering bergaul ama orang2 medan jadi suka sambal juga.

    Oya secara umum orang Indonesia juga pada suka sambal yaitu Tobat Sambal๐Ÿ™‚


    he eh Andes, gak pake sambal, kurang greget gituh ya rasanya๐Ÿ™‚
    salam

  25. LJ says:

    hadeuh, ngacai deh gara2 mamih ngomongin sambel..

    samba lado matah enak tuh bun.. bahannya mentah semua, dikucurin limau sundai.. tambah ngacai dah.๐Ÿ˜›

    waaaa…………jadi ngacai juga mamih ini Mak๐Ÿ˜ฆ
    disini gak ada limau sundai …hiks…
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s