Jangan ragu memasukkan sayur sayuran impor ini kedalam keranjang belanjaan anda. Rasanya unik, tidak sulit mengolahnya dan menambah variasi menu di meja makan keluarga.

Fennel

img.wajah asing di supermarket/bundadontworry.wordpress.com

Fennel


ada dua jenis fennel, sweet fennel dan florence fennel. Di Indonesia lebih banyak dijual sweet fennel. Bentuknya bulat, batangnya tinggi, dan daunnya kecil berwarna hijau segar. Daun fennel biasa digunakan untuk rempah dan tanaman obat.
Fennel, pas untuk disantap segar untuk salad, atau dimasak setelah dibuang daunnya ,dihidangkan bersama krim atau yogurt. Bisa juga ditumis atau dipanggang ( perciki dulu dengan air lemon), digunakan untuk membumbui masakan daging atau sea food.

Artichoke

img.wajah asing di supermarket/bundadontworry.wordpress.com

Artichoke


Bentuknya seperti pucuk bunga dengan kelopak berlapis ini dipercaya sebagai makanan aphrodisiac( meningkatkan libido). Ada lebih satu lusin jenis artichoke, tapi yang sering ditemui, yang berwarna hijau tua, yang dikonsumsi hanya lapisan dalam yang lunak dan warnanya lebih muda.
Artichoke, pas untuk disantap segar setelah direndam dalam air, air garam atau cuka. Untuk campuran salad dengan saus mayonaise, saus bechamel ataupun saus hollandaise.
Dinikmati sebagai tumisan atau sup, setelah direbus atau dikukus hingga lunak, di Vietnam , artichoke diolah menjadi teh bubuk.

Rhubarb

img.wajah asing di supermarket/bundadontworry.wordpress.com

Rhubarb


Makin tua, warnanya akan berubah mulai dari merah muda hingga merah tua, daunnya lebar, berwarna hijau segar. Yang bisa diolah hanya bagian batangnya , karena bagian daunnya mengandung racun oxalic.
Pas untuk dikonsumsi matang, karena jika mentah, racun yang berasal dari daun dikhawatirkan masih menempel pada batang. Karena rasanya yang manis, seringkali dijadikan selai atau isian pie yang dicampur stroberi, apel atau pier.

Endive

img.wajah asing di supermarket/bundadontworry.wordpress.com

Endive


Terdapat dua jenis endive, yang berwarna putih dengan tepi daun warna hijau, yang rasanya agak pahit, dan yang tepi daunnya berwarna merah, yang ini tak terlalu pahit.
Pas untuk campuran salad dengan saus vinaigrette dan mayonaise, disantap bersama keju atau sayuran segar lain, makin lezat bila dikukus atau dipanggang .

Parsnip

img.wajah

Parsnip


sumber karbohidrat pengganti kentang karena kadar gulanya tinggi. Bentuknya seperti wortel dengan warna putih kekuningan.
Pas untuk dibuat pure, keripik, sup atau tumisan, bisa juga untuk campuran salad denga saus vinaigrette.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

31 responses »

Comment navigation

  1. nuraeni says:

    aku baru tahu kalau ada sayur Fennel,Artichoke,Rhubarb,
    parsnip itu kayak wortel bund…
    apa itu nama lainnya..??

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s