Kita semua tentunya tahu, bahwa kentang bisa jadi pengganti kebutuhan karbohidrat bagi tubuh kita, disini saya akan coba menampilkan bermacam macam wajah kentang setela diolah serta cara pembuatannya, yang ternyata tak terlalu sulit. Lumayan untuk menambah variasi hidangan di atas meja makan.

Baked Potato (Kentang panggang)

img.hidangan kentang populer/bundadontworry.wordpress.com

Baked Potato


Bisa dinikmati sebagai pendamping masakan daging (steak) atau dimakan begitu saja.
Untuk membuat baked potato yang merekah, kerat menyilang salah satu sisi kentang, setelah kentang matang dipanggang , selagi panas, tekan perlahan, sehingga bagian yang dikerat agak terpecah.
Umumnya baked potato disantap dengan menambahkan saus keju atau potongan brokoli di tempat yang merekah.

Roasted Potato (Kentang bakar)

img.hidangan kentang populer/bundadontworry.wordpress.com

Roasted Potato


Mirip dengan baked potato, hanya aroma asapnya lebih kuat. Cita rasa bumbunya pun lebih terasa, karena teknik masaknya yang dobel.
Caranya , potong kentang berbentuk wedges, rebus diair yg telah dibumbui hingga empuk, tiriskan, letakkan diatas loyang yang sudah diolesi minyak,panggang di dalam oven selama 1 jam, hingga kentang berwarna kecoklatan dan matang.

Mashed Potato ( Kentang halus)

mashed potato


Membuat mashed potato cukup mudah, disantap langsung atau sebagai pendamping steak, sama lezatnya.
Caranya , setelah direbus dan dikupas kulitnya, haluskan kentang bersama susu cair, garam dan merica hingga halus.

Hash Brown

img.hidangan kentang populer/bundadontworry.wordpress.com

Hash Brown


Terbuat dari kentang yang diserut kasar, dicincang kasar atau dicincang halus.
Potongan kentang tersebut kemudian diberi bumbu,dipadatkan,di bentuk persegi panjang, lalu dibalut dengan tepung panir.
Pemadatan potongan kentang ini bisa mudah karena adanya pati kentang yang bisa berfungsi seperti lem.

Gnocchi

img.hidangan kentang populer/bundadontworry.wordpress.com

Gnocchi


Olahan kentang yang populer dari Italia. Bentuknya seperti keong yang dijual dalam bentuk frozen.
Dibuat dengan cara menghaluskan kentang , dicampur dengan semolina ( semacam tepung untuk membuat pasta), tepung gandum, dan telur.
Untuk menyantapnya, olah gnocchi dengan saus pasta seperti pesto atau pasta tomat.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

24 responses »

  1. afmahmuda says:

    wow. . . keiaannya enak enak. .. bisa share resep lengkapnya ga?

    waduh, mendingan googling aja deh yaaaa………………
    salam

  2. nuraeni says:

    waw…

    enak-enak bangetz kentang-kentangnya,,
    hanya saja aku alergi,,,
    setiap makan kentang lidah suka terasa gatal…

    wah sayang ya Nur,
    cobain deh kapan2 , sebelum dikonsumsi,
    kentangnya direndam air garam dulu ,
    biar gak gatal lagi lidahnya ya Nur🙂
    salam

  3. Saya pernah mBakar kentang ketika mendaki gunung semeru tahun 85, mungkin karena suhu yang dingin, memakan yang hangat jadi sangat nikmat meskipun tanpa bumbu yang menyertainya

    wah, pasti nikmat banget rasanya ya Pakies🙂
    dulu sewaktu masih sekolah, bunda naik gunung, yg dibakar itu ketela, krn adanya hanya itu saja,
    itupun rasanya enak banget🙂
    salam

  4. Asop says:

    Ini nih, jenis bahan makanan umbi2an seperti kentang dan ubi jalar yang harus gencar dipromosikan pihak pemerintah terkait. Enak lho.🙂

    selain enak, bergizi, gak mahal, juga bisa dibuat apapun dgn kreativitas masing2 ya Sop🙂
    salam

  5. dediyuliadi says:

    lebih suka yang digoreng lebih praktis masaknya


    juga bisa ditemenin dgn saos tomat atau sambel botolan ya Dedi🙂
    salam

  6. Met siang bunda, walah bun..lihat gambar gambarnya jadi ngiler neh…
    baru kemarin dari chef kantin kantor dibikinin kentang karamel…enak banget..pedes pedes manis rasa barbeque gitu…kita juga minta resepnya kemarin..semoga bisa dicoba..btw dishare resep dan cara membuatnya dong bun dari gambar gambar yang diatas..:)


    selamat sore ,Mam🙂
    lho kan itu udah sekalian bunda kasih cara bikinnya🙂
    gampang khan ?🙂
    salam

  7. hmmm,,, jadi laper…

    silakan, dimakan dulu, biar ilang lapernya😀
    salam

  8. agussupria says:

    kayanya enak belum pernah mencicipinya

    bikin aja Gus, gampang kok bikinnya🙂
    salam

  9. kentang yang merekah pake keju dan brokoli itu enak banget ya bunda, kalo yg bentuk keong aku belum tahu, dari jauh seperti pizza taunya bukan ya bunda. kalo kentang yang berbumbu itu yummy deh, di garuda jg pernah makan (loh kuliner kok di garuda :D)
    salam pu bunda


    itu roasted potato Put, emang enak kok, dan bikinnya jg gampang🙂
    si gnocchi itu, rasanya sama kok Put kayak pasta2 yg lain, semacam makaroni gituh deh 🙂
    salam

  10. ~Amela~ says:

    Saya suka kentang.. lebih suka kentang dari pada nasi sebenarnya..
    kapan2 coba ah bikin yang unik2 kayak di atas

    iya Mel, bikin gih, gampang kok buatnya🙂
    salam

  11. kangmartho says:

    dari gambarnya kayaknya mengundang selera…
    begitu juga cara membuat masakannya g begitu sulit..mmmm
    jadi pingin deh


    atuh bikin Kang dirumah,
    kan gampang gituh bikinnya🙂
    salam

  12. bundamahes says:

    paling demen sama roasted potato bun! apalagi kalow ada taburan daun2 keringnya itu (oregano bukan ya?!)

    bisa oregano juga, bisa seledri juga Ika🙂
    tambahin parutan keju deh…….tambah maknyuss………….
    salam

  13. monda says:

    kalau kami suka kentang panggang bunda, yang mirip makaroni panggang itu, hanya kentang jadi ganti makaroni

    kalau BuMon bikin, aku dibagi dunk ….🙂
    salam

  14. Baha Andes says:

    Roasted Potato mirip ubi rebus ya bun…

    ya bener , Andes ,
    mirip banget tuh, tapi kayaknya lebih manis ubi rebus yaaa…….🙂
    salam

  15. bayu says:

    suruh firly buat ahhh. kanyak nya yummy banget tuh bunda.

    idiiiih…………..bikin sendiri dunk, Bayu
    gampang kok …………😛
    salam

  16. Mamah Aline says:

    saya suka olahan kentang bunda Ly, kentang panggang bikin ngiler… tapi paling sering bikin french fries dari kentang mentah yang dipotong kotak … praktis dan ekonomis🙂

    kalau bikin sendiri lebih puas ya Mah,
    lebih crunchy pastinya🙂
    salam

  17. Necky says:

    i love so much yg namanya kentang bun. Sayur pindang ala palembang aslinya ga pake kentang, tapi almh ibuku nambahin kentang biar saya bisa makannya lebih banyak (waktu kecil). Ada lagi lho bunda, yg bahannya kentang seperti perkedel…/???…saya demen juga yg namanyamashed potatoes….hmm yummy banget tuh….

    mashed potato emang enak dan maknyuss banget ,Necky
    tapi, jgn sering2 lho makannya ,
    campuran bahan2 nya itu tuh yg bisa bikin ndut …😀
    salam

  18. Dhenok says:

    ngiler bunda, tapi dhe lebih suka kentang halus, dan lebih sering membuat olahan kentang menjadi pergedel kentang..


    anak sulung bunda juga paling suka perkedel tuh , dhe🙂
    salam

  19. Lyliana Thia says:

    Aku blm pernah coba gnocchi nih Bun.. Hmm.. Gmana rasanya ya…?😀

    rasanya hampir sama kok dgn jenis2 pasta Thia🙂
    salam

  20. fitrimelinda says:

    wah bunda akhir2 ini postingannya ttg masakan..

    biasa deh…bikin Fitri ngiler aja……..padahal sih, gak jago bikinnya tuh Fit😳
    salam

  21. Danu Akbar says:

    Ih.. masuk ke blognya Bunda bikin laper aja nih.. :p

    hahhaha…sebelumnya makan dulu Danu, biar gak laper …hehehe😛
    salam

  22. marsudiyanto says:

    Wah, masakan kentangnya bisa buat selamatan blog saya nich Bun…
    Salam!


    blog kayak fb yang anti biasa itu khaaan?😛
    beresss…Pak Guru , siap!😀
    salam

  23. ded says:

    Saya paling senang Kentang panggang Bun. Ada cerita waktu beberapa hari yang lalu, ketika bersama keluarga ke sebuah hypermarket saya melihat kentangnya gede2 dan masih fresh, saya ambil dan masukkan ke dalam kantok plastik utk buah. Impiannya kepengen buat kentang panggang sendiri di rumah.
    Sayangnya ketika di kasir, lupa utk ditimbang sementara yang ngatri masih banyak. Yaaa…gagal deh kentang panggangnya….

    yaaa……gatot (gagal total) dunk ya Ded😦
    besok2 kalau bikin, kirimin bunda yaaa….hhaha😀😀
    salam

  24. Imelda says:

    gnochi aku baru makan sekali bunda, tapi yang lain hmmm yummy. Tapi musti hati-hati karena embel-embelnya yg bikin gemuk😀 keju/mentega/minyaknya hehehe


    iya hehehe…dkk nya yang bikin kita tambah ndut ya Mbak EM😛
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s