Umumnya, pegawai duduk di belakang meja, menatap komputer berjam jam. Jika ingin jalan jalan, mereka harus minta cuti dan anggaran khusus.
Tapi, ada juga pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk pergi keluar kota, atau ke luar negeri terus menerus. Bikin iri , ya………

Pekerjaan itu adalah sebagai seorang pramugari udara atau awak kabin atau disebut juga cabin attendant atau flight attendant.

Job desk
Menjaga keselamatan penumpang. Oleh karena itu, pramugari selalu ditempatkan di pintu pintu pesawat. Meski sebelum take off penumpang dibekali pengetahuan tentang prosedur keselamatan, saat keadaan darurat sering kali penumpang panik. disinilah perlunya bantuan pramugari, keselamatan penumpang harus diutamakan.

Tantangan
Melayani penumpang dengan 1001 macam karakter. Dituntut sikap ramah dan sopan. Juga harus mempersiapkan mental menghadapi penumpang yang banyak menuntut, disaat seperti ini emosi tidak boleh ikut terpancing

Hambatan
Meninggalkan suami dan anak untuk waktu yang lumayan lama. Kembali pada komitmen nya , pramugari harus bersikap profesional. Kerja sama dengan anak dan utamanya suami, sangat dibutuhkan .

Peluang Karier
Cukup besar. Peluang kerja pramugari cukup panjang ( hingga usia 46 tahun, bahkan di airlines luar negeri hingga usia 60 tahun). Jenjang karier dimulai dari pramugari junior, senior , asisten purser, purser ( kepala awak kabin).
Tiap jenjang karier ditempuh selama kurang lebih 4 tahun. Untuk mencapai jenjang lebih tinggi, pramugari harus melewati serangkaian tes.Namun, kondisi tiap maskapai dengan maskapai lain berbeda.

Penghasilan
Selain gaji, juga mendapatkan ‘uang terbang’ yang dihitung berdasarkan jam terbang setiap bulan. Jadi, sangat menggiurkan.
Untuk pekerjaan yang sifatnya kontrak, meskipun seminggu hanya terbang 2 hari, ‘argo’ jalan terus. Mereka tetap dibayar sesuai kontrak, dan tidak dipotong sama sekali.

Modal Utama
Keluwesan, kemampuan berbahasa asing dengan baik, wawasan tentang penerbangan yang cukup, karena merupakan bagian dari jasa pelayanan.

Hal yang menyenangkan
Punya kesempatan luas untuk melihat berbagai kota dunia, bahkan negara yang tak pernah terpikir sebelumnya. Setelah 8 jam di udara (maksimal 12 jam), tiba di darat, pramugari berganti kostum, jadi turis……😀

Tip sukses
Tidak ada salahnya membuka wawasan, misalnya mencari tahu tentang negara tujuan. Bisa berguna untuk memberi tahu penumpang yang baru pertama kali datang ke negara tersebut.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

32 responses »

Comment navigation

  1. Saya pernah bekerja di bidang Telekomunikasi, kerjanya berpindah” dan Alhamdulillah semua akomodasi di tanggung sama perusahaan.

    Enaknya, kalau kerjaan sudah selesai sesuai target dan waktu masih luang kita bisa jalan” di tempat wisata setempat.

    Satu lagi saya bisa sering bertemu sama pramugari yang cantik” hehehe

    Salam kenal ya bunda 🙂

  2. ejawantahblog says:

    Ass….

    Setiap pekerjaan profesi yang bergerak dibidang jasa perjalanan sebagai orang lapangan dan ujung tombak dari perusahaan selalu hidup bagaikan angin dimana angin dan kompas mengarah ya Bun ? Semoga pengalamn Bunda dapat menjadi pelajaran dan dapat memacu semangat para pencri kerhja dibidang jasa transportasi.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s