Ingin melakukan sesuatu yang seru bersama seluruh anggota keluarga tapi tidak ada waktu.
Hanya jalan-jalan di mall bosan, mengunjungi museum juga sudah pernah, hmm… enaknya melakukan apalagi ya agar kegiatan bersama keluarga bisa menyenangkan tanpa menunggu musim libur sekolah?


Ini yang harus Anda tanamkan pada keluarga Anda, jangan menunggu hingga buah hati Anda libur panjang untuk menikmati berbagai acara seru yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat akhir pekan.
Tidak perlu jauh-jauh keluar kota dengan dana yang besar, asalkan keluarga Anda kompak, ide seru ini bisa Anda lakukan.

1. Makan Malam Bersama

Terdengar sepele? Jangan anggap sepele kegiatan yang satu ini.
Saat makan malam, usahakan agar seluruh keluarga berkumpul dan makan dalam satu meja yang sama.
Hindari makan di depan televisi, di depan meja komputer dan saling memisahkan diri.
Tidak bicara saat makan tampaknya menjadi tradisi lama yang boleh Anda tinggalkan.

Siapkan makanan yang disukai anggota keluarga, lalu mulailah obrolan ringan antar anggota keluarga bergantian.
Acara makan adalah kegiatan yang ringan, sehingga putra-putri Anda bisa bercerita mengenai sekolah atau teman-temannya lebih leluasa. Anda juga bisa menceritakan sesuatu pada mereka.
Tentang harga cabe yang naik, atau suami Anda menceritakan sesuatu yang seru di kantornya. Ini akan sangat menyenangkan.

2. Mainkan Sebuah Permainan

Daripada main sendiri-sendiri di depan komputer, belilah sebuah papan monopoli lalu kumpulkan keluarga Anda. Anda dan suami bisa menjadi satu tim, anak-anak Anda di tim yang lain.
Buatlah saling adu siapa yang akan menghasilkan uang paling banyak di akhir permainan.
Yang kalah, bisa mendapat hukuman menyanyi bersama satu tim atau hukuman lucu yang lain.

Dengan begini, Anda akan melihat bagaimana buah hati Anda saling bekerja sama.
Buah hati Anda juga bisa melihat kekompakan Anda dan suami dalam menghasilkan uang melalui permainan monopoli.
Jika sudah begini, siapa yang butuh game zone di pusat perbelanjaan?

3. Main Di Luar

Apakah cuaca pada hari minggu cukup cerah. Bermainlah di luar rumah. Bagaimana jika halaman tidak cukup besar, apakah tidak ada tanah lapang di sekitar rumah yang bisa Anda pinjam sebentar?
Mulailah untuk bermain basket atau mungkin suami Anda adalah pemain layang-layang yang hebat?
Belajarlah bagaimana cara bermain layangan yang benar dan ajaklah buah hati Anda untuk turut serta.

Jika tidak ada tanah lapang, duduklah di teras dengan seluruh anggota keluarga.
Anda bisa menceritakan kisah-kisah yang berhubungan rasi bintang dan kisah di balik rasi bintang tersebut (kisah dari bangsa Yunani).
Jika Anda tidak terlalu tertarik, bernyanyilah bersama seluruh anggota keluarga di teras rumah pada malam hari. Tidak sulit bukan.

4. Nonton Film Bareng

Tidak ada waktu untuk menonton film di bioskop? Nonton di rumah saja. Banyak persewaan kaset VCD/DVD legal yang bisa Anda kunjungi.
Sewa saja film bertema keluarga yang bisa di tonton seluruh keluarga. Misalnya saja film fantasi THE SECRET OF MOONACRE, GOLDEN COMPASS dan lain sebagainya.
Film dari dalam negeri bisa juga menjadi pilihan Anda, misalnya DENIAS .

Bila anak Anda tidak suka obrolan di tengah film, jangan memulai obrolan, menonton lah dengan tenang.
Selesai menonton, Anda bisa mendiskusikan film yang baru di tonton. Tanyakan komentar mereka mengenai film tersebut, akting pemainnya, kalimat apa yang mereka suka dan lain sebagainya.

5. Kejutan

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain sebuah kejutan di akhir pekan. Buatlah rencana akhir pekan dengan mendatangi sebuah tempat wisata yang masih berada di dalam kota.
Atau jika tidak memungkinkan, ajaklah keluarga Anda makan di sebuah restoran.

Banyak menu yang bisa dipilih bersama, ayam bakar utuh atau gurami goreng yang nikmat dan lezat jika di makan bersama seluruh anggota keluarga.
Pilih restoran yang nyaman, restoran lesehan akan lebih akrab ketimbang restoran fast food.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

24 responses »

  1. Bun…semunya pake satu syarat bun….

    Silent dan kumpulkan BB/alat komunikasi lainnya๐Ÿ™‚

    sering melihat sekeluarga makan bareng, tp semua sibuk nunduk asik dgn hp masing2๐Ÿ™‚

  2. Agung Rangga says:

    di keluarga saya yang paling sering dilakukan paling hanya makan malam bareng bun~๐Ÿ™„

  3. maminx says:

    aduh bunda pas banget. yang nonton bareng tuh saya hobi pisan, hehe. kalau week end paling enak nonton DVD atau bioskop gitu kalau ada pelm rame.

    duh jadi pengen segera berkeluarga nih bunda๐Ÿ˜›

  4. Main musik bersama…
    Atau sekedar berkumpul di ruang keluarga sambil ngobrol-ngobrol juga mengasyikkan.
    Trims tips-nya, Bunda.

    Salam

  5. nah… ini nih yang rada susah….. suami kerja di site, pas pulang pengennya molor melulu….. akhirnya acara favorit adalah tidur siang sekeluarga, bunda…๐Ÿ™‚

  6. lozz akbar says:

    adalagi acara yang murah dan meriah Bun.. rujakan

  7. Lidya says:

    No 1 & 3 yang mungkin bisa saya lakukan bun. kalau main bersama Alvin masih suka ganggu๐Ÿ™‚

  8. ded says:

    Klo saya setiap minggu malam anak-anak maunya makan di luar, dan uniknya permintaan mereka adalah pecel lele atau ayam.
    Terus kegiatan lainya Nonton bareng tapi tidak terlalu sering sih Bun, kecuali klo ada film bagus,…


    asik ya Ded, memang gak harus mahal kok ya ,
    waktu bersama keluarga itu dimanapun pasti menyenangkan ๐Ÿ™‚
    salam

  9. alhamdulillah beberapa point di atas masih bisa di lakukan di keluarga one..
    hehehehehheeh..๐Ÿ˜€


    alhamdulillah, banyak memang yg bisa disyukuri ya One๐Ÿ™‚
    salam

  10. alamendah says:

    Kalau makan malam, hampir selalu dilakukan bersama-sama keluarga. Meskipun hanya di rumah saja.

    dan, pastinya sangat istimewa,
    krn bisa sambil saling berbagi cerita ya Mas Alam๐Ÿ™‚
    salam

  11. Sofyan says:

    Mungkin Makan malem dan Nonton film bersama lebih nyaman Bunda,.hehe

    salam


    iya, kalau dgn anak yg lebih besar, kalau masih kecil, kadang masih takut diajak nonton dibioskop,
    jadi nontonnya dirumah aja, abis makan malam, dilanjutkan nonton ya Sofyan
    asik bener ituh๐Ÿ˜›
    salam

  12. febriosw says:

    Bernyanyinya diiringi alat musik komplit, Bunda. Biar serasa berada di panggung dan disaksikan banyak penggemar.๐Ÿ™‚ I like it.

    dan………masing2 anggota keluarga pasti menikmatinya dgn gembira ya Febri๐Ÿ™‚
    jadi , kayak konser @home gituh ya………hiii………..seru banget pastinya๐Ÿ™‚
    salam

  13. waah bunda,, sayangnya sulit dilakukan kalau nasibnya lagi merantau ke daerah lain,,, hiks….hiks…
    tpi benar sekali, makan bersama juga memilki makna yang sangat luar biasa dalam berkeluarga….
    ada rasa kasih sayang yang tercurah di situ ya bun..

    salaam


    apalagi kalau ngumpul dgn ponakan2 nya Ruri yg ganteng dan lucu2 itu ya๐Ÿ™‚
    pasti ngangeni itu
    salam

  14. iya, mengikuti nasehat pakar, yang penting kualitas. Sedikit waktu tapi langsung mengena ke jantung hati keluarga…bisa menjadi yang selalu ditunggu kepulangannya..

    salam manis Bunda,

    kualitas lebih penting dari pada kuantitas ya Arya๐Ÿ™‚
    salam manis juga utk Arya๐Ÿ™‚
    salam

  15. Alhamdulillah semua sudah bunda, yang paling sering adalah bermain diluar terutama di lapangan yang bisa main layang-layang mengingat anak kami masih berusia 3 tahun jadi lebih gampang…


    alhamdulillah, enak juga ya kalau deket rumah , masih ada lapangan Mbak Henny๐Ÿ™‚
    salam

  16. ~Amela~ says:

    Ah, rindu.. udah lama tidak melakukan kegiatan-kegiatan itu bersama keluarga Bund..๐Ÿ˜€

    nanti kalau dah berkumpul lagi, bisa dilakukan ya Amel๐Ÿ™‚
    salam

  17. nh18 says:

    Main Monopoli ???
    aaahhhaaaa …
    boleh juga ini dicoba …

    terima kasih tipsnya Bunda Ly

    Salam saya

    kalau main piano, dan nyanyi2 ,dah bosen kali ya Mas ?๐Ÿ™‚
    ( padahal aku pingin dengerin lagi karyanya Mas Enha)
    salam

  18. addthesurya says:

    sangat bermanfaat nih bgi Dhe untuk jadi sorang kepala keluarga yg baik. .๐Ÿ˜€


    alhamdulillah, semoga berguna utk nanti ya De๐Ÿ™‚
    salam

  19. MJ says:

    karoke atau masak bareng juga seru..๐Ÿ™‚


    oh iya , setuju banget tuh MJ๐Ÿ™‚
    salam

  20. marsudiyanto says:

    Agak susah saya lakukan Bun…
    Anggota keluarga yg ngumpul tinggal saya & istri…๐Ÿ˜€
    Akhirnya kalau main2 ya cuman berdua

    terus, mainannya mesti mainan anti biasa ya Pak Guru๐Ÿ˜›
    salam

  21. Membangun keluarga dengan suatu kegiatan sederhana yang dapat berkomunikatif dengan saling menghargai dan dapat mnyentuh hati untuk dapat menjadi suri tauladan bagi kehidupan keluarga sangatlah dibutuhkan dalam era modern sekarang ini Bun.

    Semoga sajian ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sukses selalu untuk Bunda sekeluarga.

    Salam
    Ejawantah’s Blog

    alhamdulillah, kedekatan keluarga krn seringnya berkegiatan besama juga ya Indra
    selalu sehat dan sukses juga untukmu, Indra
    salam

  22. Orin says:

    Sudah Orin catat Bun, untuk bekal nanti๐Ÿ™‚


    beneran nih?
    nanti besok2 bunda periksa lho catatannya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜›
    salam

  23. wah repot juga ya Bun kalo waktu berkumpulnya keluarga amat singkat.
    Kalo boleh menambahkan Bunda …melakukan sholat berjamaah di rumah Insya Alloh menambah kebersamaan dan ikatan hati yang menarik dalam keluarga


    setuju Pakies,
    biasanya kalau dirumah bunda, paling sholat berjamaah ,
    baru bisa dilakukan maghrib atau isya
    krn anak2 juga baru pulang dr kerja๐Ÿ™‚
    salam

  24. Ade Truna says:

    sejak 1 Syawal kemaren akhir pekan sering dipakai jalan bareng anak istri, alhamdulillah …

    alhamdulillah, pasti seneng banget ya De
    salam hangat utk keluarga
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s