Sering mengeluh adalah salah satu tanda bahwa seseorang termasuk ke dalam kategori negative person.
Bagaimana tidak, jika dia sering sekali mengeluh mengenai ini dan itu, mengeluh dan terus membicarakannya tanpa ada usaha untuk mengatasi keluhan tersebut.

Sayangnya, kita bisa jadi terjebak dalam pembicaraan atau harus berhadapan dengan si negative person yang hobi mengeluh.
Tidak nyaman menghadapi mereka, sudah tentu.
Untuk menghadapi mereka agar tidak tertular, ada beberapa tips yang bisa dicoba.
Tips ini dapat dipakai kapanpun, karena negative person adalah sikap yang sangat sulit diubah, sehingga yang bisa kita lakukan adalah menghadapi mereka dengan trik khusus.

1. Bicarakan Sesuatu Yang Netral

Agar rekan bicara kita tidak mengeluarkan jurus mengeluh mengenai hal-hal sensitif, mulai pembicaraan pada hal-hal yang netral.
Misalnya buku, film, artis bahkan cuaca. Apapun pembicaraan yang membuat dia berhenti untuk mengeluh tentang kehidupan mereka.

2. Jika Terlanjur Terjebak…

Bila  sudah terlanjur terjebak dalam keluhan-keluhannya, dengarkan saja apa yang mereka keluhkan dan coba untuk menempatkan diri  dalam situasi mereka.
Jika kita mengerti apa yang mereka rasakan dan ingin membantu, pastikan kita tidak akan merugi karena mereka akan terus mengeluh (bahkan pada kebaikan kita).

3. Jangan Keluarkan Argumen

Orang yang sering mengeluh akan hidup mereka, biasanya berada dalam sisi negatif dan mudah marah, tersinggung, serta menangis.
Karena itu, minimalkan aksi kita jika menanggapi keluhan mereka (terutama komentar pedas karena kita  malas mendengar keluhan mereka).
Katakan saja, “Oke, saya paham,” atau “Semoga masalah kamu cepat selesai,”

4. Minimalkan Interaksi Atau Hindari Mereka

Sulit sekali rasanya jika  berinteraksi dengan orang-orang yang senang mengeluh (padahal kita sedang berjuang menikmati hidup dan optimis).
Karena itu,  dipersilahkan untuk meminimalkan interaksi bersama mereka.
Jika perlu,  tinggalkan saja mereka daripada energi habis untuk mendengar keluhan mereka dan ikut tertular.

Membantu mereka bisa menjadi sesuatu yang baik. Tetapi perhatikan, apakah bantuan kita cukup membantu mereka atau tidak.
Jika  telah tulus membantu tetapi dia tetap mengeluh (bahkan mengeluh atas bantuan kita), maka pikirkan lagi jika ingin membantu mereka untuk kedua kalinya.
Mungkin yang dia butuhkan bukan teman bicara, tetapi seorang ahli dalam hal terapi kejiwaan.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

30 responses »

  1. lozz akbar says:

    Facebook juga menunjang perkembangan manusia untuk mudah mengeluh loh Bun


    iya benar kalau yang memakainya memang udah hobi mengeluh,
    kalau yg menggunakannnya utk membangkitkan semangat sih gak masalah, malah bagus, ya gak, Uncle ?
    jadi, ya kembali pd manusianya kali yaaa…………
    salam

  2. ~Amela~ says:

    Hohoho,, saya sedang berusaha meminimalkan keluhan… mengeluh tidak menyelesaikan masalah, tapi ya kadang2 keceplosan juga.. untungnya yang dengerin biasanya ngerti.. heheh

    hahhahaa….bukannya menyelesaikan masalah,
    tapi malah kalau keseringan bawa masalah ya Amel … 🙂
    salam

  3. Setujuuuu banget, Bunda. Kalau sudah akut mending kita tidak berusaha membantu apa pun karena kadang jadinya ribut. Seringkali saya menunjukkan bahasa tubuh tidak minat akan keluhan mereka. Hehehe…

    Salam

    sangkain bunda, langsung Mas Dewo ngasih alamat therapis gituh😀😀😀
    salam

  4. Orin says:

    Padahal ngedengerin orang lain mengeluh aja udah cape ya Bun, gmn orang yg hobi mengeluh spt itu, kasian sebetulnya, dan memang mungkin seharusnya melakukan terapi kejiwaan.


    iya bener banget tuh Rin
    kasihan ya, gak pernah merasakan bahagia dgn mensyukuri ya🙂
    salam

  5. sultan says:

    begitulah manusia..tidak pernah puas trhdp sesuatu..ataupun jika menghadapi sesuatu masalah….hidup realistis, ikhlas dan dekat dengan Allah adalah kuncinya….


    karena selalu mensyukuri segala nikmat yg tak terhitung banyaknya ya Sultan🙂
    salam

  6. di kantor itu mudah sekali mendapatkan pengeluh bun, mengeluh gaji kurang lah, atau pekerjaan tll banyak atau apalah…
    padahal jika hidup diisi dg optimis keluhan2 itu akan hilang, semoga ga ikut tertular dan berusaha tak jadi pengeluh,,,salam bunda…

    iya Put, orang2 yg membawa energi negatif ini,
    memang kudu dijauhi, atau paling gak didengarkan saja tanpa keseriusan ,
    krn mereka itu udah hobi ngeluh , jd gak bakalan berhenti ngeluhnya😦
    salam

  7. dmilano says:

    Saleum
    Trimakasih bunda atas pelajaran hari ini, insya Allah dmilano akan ingat semua itu. karena mengeluh tidak baik juga untuk kesehatan🙂
    saleum dmilano


    dan, kita jd gak merasa bahagia , krn mengeluh terus ya Dmilano
    salam

  8. riez says:

    Ingin rasanya hidup tanpa mengeluh tapi sulit


    kalau sekali2 mengeluh sih gpp kok Riez
    asal jgn terus2an dunk akh!🙂
    salam

  9. agussupria says:

    Mengeluh tanda orang yang kurang mensyukuri nikmat yang telah diberikan…

    karena semua dianggap kurang terus ya Agus😦
    salam

  10. Necky says:

    saya malah suka kalau ketemu orang2 yang suka mengeluh karena dengan begitu seperti mengingatkan diri kita agar berhati-hati dalam mengeluarkan kata2nya. Terkadang kita suka lupa tatkala berbicara….semuanya serba mengalir begitu aja……….

    jadi pendengar yg baik aja , gituh ya Necky?
    tapi, kalau tiap kali, dan udah hobinya , tiap kali ketemu, kapanpun dan dimanapun ngeluh terus, khan bete juga😦
    salam

  11. fitrimelinda says:

    kadang aku pengeluh juga bund..tapi selalu berusaha meminimalkannya..
    coz rasanya ga enak banget yah kalo denger org yg ngeluh trs2an..


    mengeluh boleh2 saja, asal gak tiap kali dan lama lama jadi hobi …😦
    salam

  12. dee says:

    wuih.. saya suka ini… dilingkungan manapun disekitar kita pasti nemu yang macam ini.
    malah saya pengen gimana agar anak2x saya nantinya ga menjadi generasi pengeluh… karena pengeluh itu… membetekan, manyun only no action.. –a

    juga menular, so, hati2 kalau berhadapan dgn orang2 pengeluh tiada henti ini Dee
    salam

  13. nh18 says:

    Tips-tips yang jitu Bunda Ly
    I like it …
    Karena sejujurnya … saya suka kebawa arus … jadi ikut arus mereka …
    padahal ini sangat tidak sehat

    salam saya Bunda Ly

    Alhamdulillah, terimakasih Mas Enha🙂
    energi negatif kenapa ya mudah sekali menular ?
    salam

  14. guestory says:

    jika mengeluh bisa menyelesaikan masalah …
    saya memilih jadi ‘super pengeluh’

    hahahha……jadi ngakak deh akh😀😀😀
    salam

  15. LJ says:

    ihiiiyyy.. itu semua trik mamih saat menghadapi diriku😛
    pelukciumrindu.

    enggaaaakkk kok Maaak….
    eMak kapan sih mengeluh, wong selalu senyum gituh🙂
    pelukciumrindu juga Mak ….mwuah mwuah sejuta kali🙂
    salam

  16. alamendah says:

    Tipsnya siap untuk dipraktekkan. Saya sendiri paling sebel jika dalam sebuah tim terdapat satu orang yang mengeluh karena itu pasti akan berdampak sangat buruk bagi tim itu.

    bener Mas , karena menularkan energi negatif ya😦
    salam

  17. marsudiyanto says:

    Saya wajib baca nich Bun, karena saya termasuk pengeluh berat…


    oh, sangkain , Pak Guru itu , pengeluh anti biasa😛
    salam

  18. kalau saya bun, biasanya cukup sebagai pendengar setianya aja,,, tpi ya sekali-kali mengingatkan agar jangan sering mengeluh, karena mengeluh itu sama saja dengan kurang mensyukuri nikmat dariNya…

    Namun terkadang saya sendiri juga masih juga mengeluh bun,, hehehe,, tpi mudah2an mengeluh dalam hal yang masih wajar2 saja ..

    salaam


    iya, Ruri, kalau ngeluhnya cuma sesekali, dan masih dlm tahap wajar, kan gpp ya
    kalau sedikit sedikit ngeluh,
    khan lama2 capek juga dengernya , ya gak sih?
    salam

  19. tunsa says:

    aku pengeluh jika ada org yang tepat, hehe

    maksudnya? tepat utk tempat ngeluh gituh Ri ?🙂
    salam

  20. kalo orang jawa bilang, orang yang tidak “nrimo ing pandhum” ujung-ujungnya gampang mengeluh. Orang yang kurang bersyukur juga gampang mengeluh. Memang serba repot kalo kita berinteraksi dengan individu pengeluh. Pengeluhpun akan mengeluhkan pada orang-orang yang gampang menjadi kantong penampungan keluh kesah, namun dengan langkah, sikap dan tanggapan yang bijak lama-kelamaan si pengeluh menjadi segan dengan sendirinya. Langkah yang Bunda tawarkan adalah solusi yang indah.


    semoga saja kita gak termasuk orang2 yg hobi mengeluh ya Pakies
    dengan selalu mensyukuri segala hal yg didapat,
    insyaAllah , dijauhkan dr sifat negatif ini
    salam

  21. isnuansa says:

    Meminimalkan interaksi itu yang paling bisa dilakukan agar nggak terlanjur kejebak, Bunda. Kalo udah kejebak, males banget deh dengerin banyak keluhan. Kita sendiri kan juga sudah ada masalah. Udah nggak pengen ditambahi lagi.🙂

    kalau ngeluhnya cuma sekali2 sih, gpp ya Mbak Nunik
    kalau keseringan mah, capeeek dwehh ………😦
    salam

  22. yustha tt says:

    kalau yg suka mengeluh di status fb biasanya sy hide biar gk bs liat statusnya, hehehe…..

    sepet mata bacanta ya Tt ..😀😀
    salam

  23. Sofyan says:

    Memang sulit ya Bun jika kita sdh terjebak didalamnya,.semoga tips ini bisa memberikan solusi untk mundur teratur jika bertemu org2 yg suka mengeluh

    karena mereka membawa pengaruh yg negatif pd kita ,
    lebih baik dijauhi saja ya Sofyan
    salam

  24. nia/mama ina says:

    temenku ada tuch yg suka ngeluh gajinya kecil…ujung2nya minjem duit hehehe…..

    smoga aku tdk termasuk golongan orang yg suka mengeluh…


    hahahhaa…itu sih kayaknya akal2an aja ya Mam …😀😀
    salam

  25. Iya bun klo dekat-dekat mereka jadi ketularan deh,,,
    yg jelas mereka kurang bisa menikmati hiduo dan tdk pandai bersyukur..

    makanya Ajeng, kita jgn sampai terbawa arus negatif ini ya🙂
    salam

  26. Kalo ditempat kerja, yang paling enak yang meminimalkan interaksi atau menghindari pertemuan bunda…

  27. Imelda says:

    waah bunda, kalo aku sih biasanya no 4 dulu, kalau terpaksa ya no 3, “Semoga berhasil ya, aku doakan….Maaf aku ada telepon sampai nanti ya… cu” hahahaha

    EM

  28. ejawantahblog says:

    Ass…..
    Benar sekali Bun, karena mengeluh dapat membuat diri akan semakin terpuruk dan terperangkap dalam situasi permasalahan yang tidak menentu.

    Terimakasih atas share pembelajarannya. Semoga bermanfaat. Sukses selalu untuk bunda sekeluarga.

    Salam
    Ejawantah’s Blog

    selain menyebalkan, juga sepertinya kurang mensyukuri ya Indra😦
    selalu sehat dan sukses juga utkmu , Indra
    salam

  29. dhila13 says:

    hehe… sepertinya menjadi pendengar yg baik cara yg sangat ampuh ya bun😀


    dan, jangan sampai terbawa arus gak sehat gini ya Dhila🙂
    salam

  30. diananeeh says:

    sebisa mungkin untuk tidak mengeluh dan ikhlas menjalani smuanya, tapi sulit rasanya,,,saya mesti belajar untuk menjadi orang yang tak suka mengeluh karena hidup bukan hanya untuk mengeluh ya Bun,,,,^_^

    setuju Diana,
    kalau mengeluh sekali sekala, ya…gpp, kalau keseringan sih,
    malah menyebalkan, juga sepertinya kok kurang rasa syukur ya😦
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s