Sebagian besar dari kita mengenal Dim Sum sebagai makanan kecil dari China yang biasanya disajikan dalam kukusan bambu kecil.

Makanan kecil yang berasal dari daerah provinsi GuangDong, China, ini pada umumnya disajikan pada saat minum teh atau pada saat sarapan.

Tradisi minum teh di China, sama pentingnya dengan dimsum itu sendiri. Sehingga secara tradisi, keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Secara tradisional, ada beberapa tipe makanan yang biasa disajikan sebagai dimsum. Berdasarkan rasa dan cara memasak, ada berbagai tipe dimsum yang biasa kita kenal.

Pada umumnya, dikenal dua macam rasa dimsum: Gurih dan Manis. Dimsum Gurih masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian.

Secara umum, dimsum dengan rasa gurih, dibagi menjadi beberapa resep umum, antara lain:

img.bundadontworry.wordpress.com

Gow

Merupakan dimsum standard di semua rumah makan yang menyajikan dimsum. Dimsum tipe ini mencakup berbagai bahan yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung beras atau gandum.

Biasanya kulit untuk bahan makanan ini tipis dan dapat menjadi tembus pandang karena biasanya dimatangkan dengan dikukus.
Berbagai variasi juga disajikan dengan berbagai bahan lain untuk isinya.
Selain daging dan udang, ada juga yang menggunakan tahu maupun kubis.

Variasi dari Gow antara lain adalah: Siomay, Guotie, Jiaozi

Guotie

Merupakan berbagai sayuran atau daging yang dibungkus dengan roti lembut yang dimatangkan dengan cara dikukus.
Bahan rotinya cukup tebal dan terkadang dilapisi dengan lapisan tipis gula yang membuat permukaan roti menjadi sedikit kecokelatan dan agak manis.

Bau cukup bervariasi isinya, baik sayuran maupun daging.
Variasi yang terkenal dari bau ini antara lain adalah: Charsiu bau, atau bapau isi daging babi panggang dan siu lung bao, di mana selain berisi daging, siau lung bao juga berisi kuah yang kaya rasa dan nikmat.

img.bundadontworry.wordpress.com

Cheong Fun

Dibuat dari lembaran mie beras lebar, yang dikukus dan kemudian digulung dan diisi dengan berbagai macam daging atau sayuran. Terkadang lembaran mie yang membungkus ditaburi dengan wijen. Terkadang sesudah dikukus, makanan ini digoreng kering dan disantap dengan kecap manis.

img.fung zao/bundadontworry.wordpress.com

Fung Zao (cakar Phoenix)

Kaki ayam yang digoreng kering, direbus, direndam saus, dan kemudian dikukus. Hasilnya, kaki ayam ini menjadi empuk dan enak.
Terdapat dua varian, pada umumnya cakar phoenix berwarna cokelat kemerahan, terkadang juga ditemui cakar phoenix awan, yang berwarna putih dan disajikan dengan saus cuka.

img.lou mai gai/bundadontworry.wordpress.com

Lou Mai Gai (nasi bungkus daun teratai)

Terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun teratai, dan biasanya mengandung kuning telur, potongan jamur dan daging (biasanya babi dan ayam).

Bahan-bahan ini dikukus dalam nasi yang dibungkus dengan daun teratai tadi.
Mirip dengan bacang, tetapi bacang dibungkus dengan daun bambu.

img.bundadontworry.wordpress.com

Aneka bubur

Bubur ternyata masuk dalam dimsum, dan bubur yang dimaksud di sini adalah bubur dengan berbagai bahan tambahan dengan rasa yang kuat.

img.bundadontworry.wordpress.com

sou

Sou adalah bahan pastri seperti danish pastry yang dimatangkan dengan cara dibakar, dengan isi seperti daging (babi) atau berbagai bahan lain dengan rasa gurih, atau juga ayam, udang, bahkan terkadang jamur.

Varian dari Sou yang biasanya dibuat dari adonan tepung terigu adalah dari talas, yang dimatangkan dengan cara digoreng.

img.bundadontworry.wordpress.com

Roll

Varian yang paling kita kenal adalah lumpia atau lunpia, sayuran dan daging yang dibungkus dengan kulit dari terigu tipis, yang kemudian digulung dan digoreng kering.

Varian dari penggunaan kulit dari tepung terigu adalah dari kulit (kembang) tahu, yang biasanya berisi udang, dan kemudian digoreng kering.

img.bundadontworry.wordpress.com

Gao

Campuran dari berbagai macam ubi dan campuran bahan lain, yang biasanya kemudian disajikan dengan berbagai cara.

Varian yang paling terkenal dari gao ini adalah Lo Bak Gao (yang terbuat dari lobak dan disajikan dengan digoreng) dan Maa Tai Gao (yang disajikan mirip sekali dengan jelly).

Sedangkan, dimsum dengan rasa manis juga banyak dikenal, antara lain varian dari dimsum ini adalah:

img.bundadontworry.wordpress.com

Tart Telur (Dan Tart)

Dibuat dari pasrty yang diisi dengan adonan srikaya, dan kemudian dipanggang.

img.bundadontworry.wordpress.com

Onde onde ( Ma Tuan)

Adonan yang kenyal dengan isi pasta kacang merah, dilapisi dengan biji wijen dan digoreng kering.

img.bundadontworry.wordpress.com

Dou Fu Fa (Tahuwa)

Sejenis tahu halus dengan kuah jahe yang manis, pedas dan hangat.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

29 responses »

  1. Agung Rangga says:

    eeh, ada onde-onde juga toh~๐Ÿ˜€
    dim sum, kecil tapi enak banget~๐Ÿ™‚


    doyan juga khan Rangga ?
    salam

  2. guestory says:

    foto-fotonya bikin ngiler … pengiiinnnnn


    silakan dicobain lho, mumpung gratis …๐Ÿ˜›
    salam

  3. Imelda says:

    CEKER AYAM!!! Si Riku dan Kai tergila-gila pada ceker ayam. TAPI di jepang ngga ceker ayam, kecuali ke china townnya๐Ÿ˜€

    EM

  4. maminx says:

    aduh aduh kalau kata 7 icons mah. gak gak gak kuat๐Ÿ˜›

    ngiler pisan bunda, hehe..

  5. nia/mama ina says:

    ohh onde-onde itu aslinya dari china yach…hihih kirain asli dr jakarta…ngiler banget sm onde2 yg isi kacang merah…aku biasa nemuin yg isinya kacang ijo…..


    ya Mam, jarang2 yg isinya kacang merah๐Ÿ™‚
    salam

  6. ardi says:

    enak kelihatannya bunda


    iya, emang enak kok Ardi๐Ÿ™‚
    salam

  7. gadgetboi says:

    saya suka dimsum gao sama Fung Zao alias cakar phoenix (ceker ayam kaleee๐Ÿ˜† ) … itu kalau di bejing makan sama bakpao plus minum teh maknyus sekali

    bunda malah gak suka sama si ceker ayam nya , ribet lagi makannya ,Rangga๐Ÿ˜ฆ
    salam

  8. Dewifatma says:

    sshhhsshhh..shhhhh…. lapheeeerrrr…..

    Ngencer ngeliatnya, Bund
    *berharap ditraktir Bunda*๐Ÿ˜€


    ayo, mau ? ditraktir Fatma ?
    disini deket rumah bunda ada lho yg jual, sini dooooong, nti ditraktir deh๐Ÿ™‚
    salam

  9. susisetya says:

    yang pasti jadi ngiler bunda lihat gambar makanannya…

    silakan dicobain lho Susi, gratis kok …hehehehe๐Ÿ˜›
    salam

  10. angga SDP says:

    enk nih kayakny


    emang enak kok , Angga๐Ÿ™‚
    salam

  11. agussupria says:

    Jadi lapar lagi melihat macam-macam dimsum

    ayo, mangga di cobain, jangan malu2 atuh Gus๐Ÿ™‚
    salam

  12. Orin says:

    Yg Tart telur itu lumayan sering makan Bun, enaaaak hehehe.
    Itu si cakar naga, ribet bgt ya masaknya, digoreng kering, direbus, direndam saus, baru dikukus??? yaolooooh…

    bunda gak suka makan si ceker ayam itu Orin๐Ÿ˜ฆ
    salam

  13. Tarry says:

    Bunda, makanannya bikin ngiler *halah kaya ga pernah makan aja* hehe
    Paling was2 kalo makan beginian (yum cha). Kehalalannya diragukan. Makanya saya makan kenyang dl sblm brngkt hehe

    bener , Tarry, kita kudu yakin dulu halal nggak nya yaa…๐Ÿ˜ฆ
    salam

  14. pa Tuo says:

    Mamih…. bikin ngiler aja nih…
    pa Tuo pesen teh poci ada ngga?????๐Ÿ˜€

    kalau untuk Paktuo, apa sih yg nggak ?๐Ÿ˜›
    salam

  15. riez says:

    Mengutip kata om bondan winarno “Pokoke Maknyusss”


    hehhee…betul Riez๐Ÿ˜€
    salam

  16. Nokia N8 says:

    Makanan jenis ini juga sudah dihidangkan di resepsi pernikahan, terutama jika yang punya hajat orang berada.
    Enak, gurih, ada pedesnya dan ada juga kecutnya.
    Terima kasih infonya bu

    Salam hangat dari Surabaya

    suka juga ya Dheee…. ?
    sama dunk ๐Ÿ™‚
    salam

  17. ded says:

    MAlu sendiri nih Bun. sementara orang2 makan dimsum pada saat minum teh atau sarapan., Nah klo saya mau pagi, siag, sore atau malam embat terusss….๐Ÿ™‚

    hahhaaa…itu khan orang china, Ded
    kalau kita sih cuek aja,
    mau kapan , makan aja, enak sih, ya nggak ?๐Ÿ˜›
    salam

  18. bayu says:

    entar suruh istri buat kayak gitu juga ahh. hmmm yummmy. weekend ini beli bahan banhan nya ahhh. makasi bunda

    jangan kalap lho ya makannya , nanti kalau dah mateng๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam

  19. muamdisini says:

    bundaaa….semuanya bikin ngiler dah…
    mau dooong….

    iyaaa….silahkan, jangan sungkan2 dong Muam๐Ÿ˜€
    salam

  20. ysalma says:

    Menelan ludah melihat sajian bunda ini.

    hayo, silahkan dicobain atuh Mak๐Ÿ™‚
    salam

  21. Lidya says:

    aku suka sekali bun sejenis dimsum gini

    sama dong, enak ya Lidya๐Ÿ™‚
    salam

  22. wuaduuuh,
    Ampe ngeces nih bund baca tulisannya..

    sok atu jajan dim sum sanah gih One๐Ÿ˜›
    salam

  23. Asop says:

    Apalagi kalo kulit dim sum-nya tipis dan isinya kenyal…whuaaah nikmat banget.๐Ÿ˜ณ

  24. marsudiyanto says:

    Mirip2 makanan di Indonesia tapi namanya yg beda…
    Tadi sempat salah baca, kirain gipsum…๐Ÿ˜€

  25. bangauputih says:

    semuanya psti enak yah bunda? jadi ngileer, heheh

    bener Ridha, enak dan seger semua๐Ÿ™‚
    salam

  26. saya yang penasaran tahu dengan kuah jahe yang manis, pedas dan hangat. SOalnya saya penggemar tahu

    Bunda pernah nyobain tahu takwa Kediri ?
    enak loh


    *tos* sama dong , kita ya , sama2 penggemar tahu ๐Ÿ˜›
    iya bener, Pakies, sueger gituh lho๐Ÿ™‚
    wah, belum pernah Pakies , apakah hanya ada di Kediri saja?
    salam

  27. nique says:

    enak dimsum, saya suka banget๐Ÿ˜€
    apalagi yg ada udangnya …
    kapan mo traktir saya makan dimsum bun?:D

    hayuk atuh Nik, kesini dong, nti pasti bunda traktir dimsum sampai puasss…….๐Ÿ™‚
    salam

  28. menggugah saliro…Bundo ^__^…

    apalagi tahu dgn kuah jahenya Arya , suegerrr…..๐Ÿ™‚
    salam

  29. LJ says:

    mamih lg buka puasa pake dimsum eeaa..^^

    iya Mak, belinya di depan indomaret,
    tempat kita beli bebek dan ayam goreng waktu itu , masih inget gak Mak ?๐Ÿ™‚
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s