Jika di dunia hiburan Indonesia jarang sekali ditunjukkan jajanan asli negara kita, Korea dan Jepang tidak malu-malu untuk memamerkan ragam penganan dalam film dan komik mereka.

Ketika bertandang ke negeri Kimchi ini, saya kegirangan ketika menemukan berbagai penganan yang sering saya jumpai di komik-komik atau film-film banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan.

Girangnya lagi, walaupun dikategorikan sebagai penganan pinggir jalan dengan harga terjangkau, rasanya tetap enak lho!
Saya berkesempatan mencicipi berbagai jajanan ini langsung di negaranya. Berikut macam2 jajanan pingir jalan di Korea Selatan, Seoul tepatnya :

img.bundadontworry.wordpress.com

bungeoppang

Kue dengan bentuk yang lucu ini memiliki saus kacang merah di dalamnya yang hangat dan manis, menghangatkan para pejalan kaki yang berjuang melawan hawa dingin.

Bersama dengan roasted chestnut dan Eomuk, penganan ini sengaja dijajakan di pinggir jalan sebagai penganan penghangat. Apalagi saat menunggui pembuatan kue, yang penjualnya hanya bersenjata bara api, rak pemanggang dan cetakan ikan dari bahan anti lengket, hangatnya terasa sekali.

img.bundadontworry.wordpress.com

roasted chestnut

Jika di dunia Barat roasted chestnut banyak dijumpai di musim dingin, di Korea Anda bisa menjumpainya sepanjang waktu. Di tempat-tempat keramaian, banyak terlihat pria-wanita paruh baya duduk di depan tungku arang, menjajakan chestnut yang dibakar menggunakan arang di dalam tungku.

Biji kacang sebesar bola pingpong yang berkulit gelap dan keras, bisa dengan mudah dikelupas dari kulitnya ketika telah matang dibakar. Berbeda dengan kacang lain, rasa manis terasa menonjol pada chestnut yang empuk ini.

img.bundadontworry.wordpress.com

Tteok

Tteok mirip dengan kue mochi di Jepang, dibuat dari tepung beras atau ketan yang ditumbuk dan kemudian dikukus dalam tembikar. Bedanya, di Korea kue mochi ini memiliki berbagai variasi rasa sesuai dengan musim yang sedang berlangsung.

Kebanyakan rasanya manis karena isian yang digunakan adalah manisan labu, kacang hijau, kacang merah dan wijen. Tteok juga dihias dalam berbagai warna dan taburan di bagian luarnya, yang semakin mempercantik tampilan kue Tteok. Eh, jangan salah menyebut kue empuk ini dengan nama ‘mochi’ ya..

img.icip icip jajanan di korea selatan/bundadontworry.wordpress.com

eomuk

Penyajian eomuk mirip dengan tempura di Indonesia. Terbuat dari ikan yang diuleni dengan tepung, membentuk adonan fish cake.

Adonan kemudian ditipiskan, dipotong dan digoreng sebentar, lalu ditusukkan mirip sate. Eomuk biasa dimakan dengan kecap, saus atau dengan kuah udon dan sup.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

49 responses »

Comment navigation

  1. jadi inget waktu ke korea

  2. penasaran sama rasa makanan Tteok , bunda. hihi… namanya unikk..😀

  3. kapan ya aku ke korea
    ….
    wkwkwk ngarep.com

  4. Bythra says:

    I love kimchi…! Yg lainnya yg disebut di atas juga kayaknya menggugah selera…🙂


    kalau bunda malah gak begitu suka kimchi ,By
    krn asem pedesnya gak kuat perutnya😦
    salam

  5. recy says:

    Wah, saya belum sarapan ketambah liat artikel ini, kruyuk2 bun…😦

  6. vie says:

    Hai bunda and friends

    Ingin tampil cantik dan juga mempunyai penghasilan bulanan unlimited ? ikuti cara saya dengan mengunjungi web : kecantikanalami.weebly.com atau hubungi saya di nomor : 0857-1991-2021. tks🙂

    hai juga, lho kok?? disini bunda cuma sendirian lho, gak pake and friends …😛
    salam

  7. vira says:

    hii salam kenal iya dari vira ..🙂
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 … ^_^ good luck iya…..

  8. advertiyha says:

    *ngelap iler dulu* Slruuuuuuuuuuuppp,,,,
    hadoh bunda, bikin pengen deh, untung lil’O nya udah berojol, hehe…

    maap lahir batin ya bundaku sayang..🙂
    moga kembali fitrah..
    salam sayang, mmuahh

    hihihihi….iya ya ,Mbak Iyha ….untung lil ‘O dah brojol,
    kalau gak, wah bisa2 ileran ituh hahhahah….😀😀
    sama2 Mbak Iyha, bunda jg mohon maaf lahir dan bathin ya
    (peluk sayang)
    salam

  9. duuuuh,,
    Kelihatan nya enak bgt ya bund..
    Ampe ngiler one ngeliatnya..
    Apalagi yg eomuk..
    Aduuuh, pengeeeeeeennn..
    Kapan ya one kesana..

    jangan ngiler2 amat One
    masih enakan jajanan kaki lima disini kok🙂
    bunda mah kalau disuruh milih eomuk dgn cuankie, malah milihnya cuanki atuh😀
    salam

  10. adzi says:

    …bunda jalan-jalan nya jauh amat…
    .Bunda kalo makanan korea ada yang halal ngga??….

    ada kok, kebetulan jajanan kaki lima yg bunda tulis ini, semuanya halal Adzi🙂
    salam

  11. Danu Akbar says:

    Wow.. Asyik nih bunda jalan2nya.
    Btw, orientasi rasa makanan orang sana lebih ke tipe apa ya bunda? Pedas, manis, asin atau bahkan hambar? hehehe..

    Salam menuju sukses,

    Danu Akbar.

    mereka tuh lebih suka ke asam dan pedas gituh Danu🙂
    seperti kimchi tuh khan asem2 pedes , dan kalau jajanan kaki lima nya ini, manis juga pedas ada🙂
    salam

  12. Hmmm…kelihatannya enak, tapi kalau disandingkan dengan jajanan pasar dalam negeri seperti nggak kalah😀

    waaaaah….senangnya , sahabat lama mertamu disini😀😀
    apa kabar Mas Aldy?
    semoga selalu sehat ya ,aamiin

    emang bener, Mas Aldy
    pastilah si getuk itu lebih maknyuss dibanding jajanan2 korea ini🙂
    (masih suka bawa getuk Mas Aldy? )😛
    salam

  13. melly says:

    Coba kalau di film atau drama2 di Indonesia, di kasih liat jajanan pasarnya yah..
    ah klo saja negara kita mau mencontoh hal baik dr negara lain demi mempromosikan wisata dan kulinernya🙂
    gak susah padahal

    iya bener banget Mel,
    kita malahan sering gak tau ya , makanan atau jajanan dr daerah lain,
    krn jarang atau gak pernah ditampilkan atau dipublikasikan gituh ya 😦
    salam

  14. ded says:

    Tampilan makanannya sangat menarik Bunda, pasti rasanya juga enak. Jadi ngiler slrp……
    He3x semakin pikun Bun kok saya menulisnya Pak ya,,,,
    He3x (kerawa lagi)
    salam

    emang enak ,Ded🙂
    hehehehe…. gak lah, masak sih pikun Ded,
    salah ketik itu kan bisa🙂
    salam

  15. ded says:

    Tampilan makanannya sangat menarik Pak, pasti rasanya juga enak. Jadi ngiler slrp……

    bener Ded, tampilan dgn rasanya sangat sesuai🙂
    salam

  16. nanaharmanto says:

    Selamat Idul Fitri, Bunda… mohon maaf lahir dan batin jika selama ini ada komentar saya yang kurang berkenan di hati Bunda…

    Sepertinya jajanan di sana enak2 semua ya… jadi kepengen hehehe…


    terimakasih banyak Mbak Nana
    bunda juga mohon dimaafkan utk segala khilaf dan salah ya Mbak
    ( jadi malu, dah lama gak berkunjung ke blognya Mbak Nana)😳
    enak sih enak Mbak, tapi dibanding disini, enakan disini, jajanannya lebih beragam dan murah meriah😀😀
    salam

  17. ysalma says:

    Jalan-jalan memanjakan mata,
    jajanan memanjakan lidah dan mengenyangkan perut ya Bund.

    iya ………setuju Mak🙂
    salam

  18. nia/mama ina says:

    wahh bunda jalan-jalan ke korea yachh…senangnya….

    jajanannya asli bikin ngiler….terutama yang mirip kue mochi ituu….hmm pasti enak yach rasanya..kenyel2 gitu hehehe….


    bener Mam, kenyel2 gituh, dan mauanniss bang get🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s