img.bundadontworry.wordpress.com

Di kala Twitter tengah merajalela seperti sekarang, Anda yang punya akun Twitter mungkin bisa mengamati bahwa banyak perusahaan ramai memasuki ranah social media dan melakukan pengenalan produknya di sana.

Jadi, media promosi yang dipilih brand tersebut tak lagi ‘tradisional’ melalui televisi, koran, radio, dll., tapi juga di Facebook dan Twitter.

Lebih dari itu, banyak perusahaan kini juga mulai mencari influencer (pemengaruh) di dunia social media untuk menjadi buzzer.

Mereka yang punya banyak follower, berpotensi dipinang menjadi buzzer, dan tentunya mendulang rejeki dari sana.

Namun demikian, jalan menjadi influencer atau buzzer tentu tak datang tiba-tiba.
Mereka pun melalui proses tertentu sehingga bisa meraih banyak follower.

Siapa yang sangka dunia social media bisa melahirkan begitu banyak peluang? Ini adalah eranya, darling!

PERBEDAAN ANTARA “REGULAR” & “SKILFULL” SOCIAL MEDIA PERSON

Menjadi pengguna social media yang ‘biasa-biasa saja’, atau yang berpotensi memaksimalkan jenjang karier dan bisnis Anda? You choose, honey!

Cara mengekspresikan diri

“Regular” social media person: langsung menumpahkan apapun yang dipikirkan, tidak peduli menarik atau tidak bagi orang lain.

“Skilfull” social media person: segala hal disampaikan dengan menarik, komunikatif dan memancing respon orang.

The key: menguasai teknik Word of Mouth (WOM) menjadi kunci segalanya.

Pengetahuan tentang etika dan fungsi social media

“Regular” social media person: timeline Twitter sesuka hati, terkadang tidak rapi misalnya dipenuhi retweet dan twitlonger.

“Skillful” social media person: mengetahui apa yang sebaiknya di-tweet, di-reply, di-retweet, sebagaimana fungsi kerjanya.

The key: miliki akun dengan ‘ciri khas’ dan pemahaman kuat atas etika dan fungsi social media.

Profil facebook dan bio Twitter

“Regular” social media person: profil atau bio cuma memberitahu sedikit tentang kapabilitas yang bisa Anda lakukan.

“Skillful” social media person: mencantumkan ‘positioning’ diri. Lebih dari itu, bahkan mengelola akun lain atau kampanye gerakan tertentu.

The key: say yes, interaksi dengan social circle. Say no, profil dipenuhi meaningless games.

Apakah Anda mengelola blog?

“Regular” social media person: punya satu blog dengan periode posting tak teratur, atau mungkin tidak ada sama sekali.

“Skillful” social media person: punya satu blog (bahkan beberapa!) yang di-update secara konsisten, atraktif dan interaktif.

The key: jika sebuah blog dianggap menarik, maka klien datang dengan sendirinya.

Punya berapa macam akun social media?

“Regular” social media person: Facebook dan Twitter

“Skillful” social media person: Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Foursquare, Posterous, blogs, apapun yang menarik, tak ada salahnya dicoba.

The key: punya akun di beberapa situs, mengindikasikan Anda berani bereksperimen dan tak takut hal baru.

The way you speak

“Regular” social media person: lebih suka memantau timeline feeds daripada speak-up.

“Skillful” social media person: rajin berbagi opini dan hal-hal menarik tentang Anda atau apapun dari sekitar.

The key: be an active speaker, not just a stalker.

Guna social media?

“Regular” social media person: untuk sosialisasi alias berbincang atau bergaul dengan teman saja.

“Skillful” social media person: sosialisasi dengan teman, networking dengan berbagai pihak, promosi bisnis Anda, mencari klien, dll.

The key: social media bukan sekadar wadah curhat, tapi untuk raih popularitas dan bisnis.

What type are you?

“Regular” social media person: everyday user

“Skillful” social media person: gabungan antara reporter, social butterfly, thought leader, dan trendsetter.

The key: try to master the challenge of being able to be ‘something’ to everyone.

Salam

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

48 responses »

Comment navigation

  1. Citra Indah says:

    bener banget , emang rezeky mah dari mana aja yang penting halal😀 , makasih bunda

  2. Sial banget saya ini, karna masih dangkal dalam hal internet. Salam silaturrahim bunda. Terimakasih.

  3. SARING sebelum di-SHARING. Lebih bijak yang pastinya dalam menggunakan med-soc. Nice artikel bunda

  4. kezia says:

    Terimakasih infonya, sangat memberikan pencerahan yang berarti🙂

  5. Titik Asa says:

    Terima kasih sharingnya Bunda,
    Selama ini saya menggunakan sosial media sbg tempat “bermain-main” saja.
    Mungkin saatnya saya untuk mengubah hal tersebut.

    Salam,

  6. pu apa yaa..bunda…
    masih bertahap bunda,,,butuh masukan dari yang berkompeten (lirak lirik bunda…^^)

  7. Canon Vixia says:

    Social media, social network,dan sejenisnya merupakan media yang bagus untuk promosi online.
    Saya menggunakannya untuk promosi blog.

    Terima kasih pencerahannya

    Salam hangat dari Surabaya

  8. Saya punya blog, FB, Tweeter,dll
    semua untuk mempromo blog secara online
    Maklum lagi haus dolar

    Salam hangat dari Surabaya

  9. susisetya says:

    halo bunda apa kabar, baru silaturahmi lagi nich, infonya menarik bunda, tapi aku termasuk orang yang masih asal-asalan dalam memanfaatkan media sosial, alias belum maksimal…

    oh ya bunda minal aidin wal faidzin maaf lahir bathin…..

  10. Terima kasih bunda untuk sharingnya, memang skrg social media bisa menjadi tempat untuk personal branding diri kita bukan hanya sekedar buat ngobrol atau cari teman. Tulisan bunda membuat mata saya lebih terbuka karena saya baru mulai nih ikutan di social media dulunya saya anti banget krn dulunya saya pikir ini social media hanya buang2 waktu.
    Salam kenal Bu..terima kasih

  11. Hafidz says:

    Ternyata selama ini saya masih asal-asal dalam mengelola account social network.. makasih inspirasinya

  12. bayu says:

    aku pengen jadi The key, tapi masih jadi “Regular” social media person”

    kayak nya harus bertahap. dan butuh manage waktu lagi

  13. fitrimelinda says:

    aku termasuk yang regular deh bun 😦

  14. Ditter says:

    Wow, sangat menarik!
    Banyak sahabat saya yg merupakan regular social media person, termasuk saya sendiri, hehe….
    Ada beberapa yg tampaknya merupakan skillfull social media person. Twit-twit mereka menarik, status Facebook juga biasanya mengundang banyak komentar. Dan, entah kebetulan atau bukan, mereka adalah orang-orang yg bisa dikatakan sukses (orang sukses)….

    Salam🙂

  15. dhea says:

    hhehe fifty-fifty deh bun.. menarik..
    mohon maaf lahir batin ya😀

  16. die says:

    Sialnya, aku termasuk orang yang tidak pintar memanfaatkan media so-sial tersebut😦

    Selamat Idul Fitri, Maaf Lahir dan Bathin.

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s