Kurma hadir di momen Ramadhan di berbagai menu berbuka puasa, ada yang dijadikan manisan, ada yang diolah menjadi cake, ada pula yang dicampur dengan ice cream. Hmm… semuanya serba lezat ya.

Makanan yang bernama latin Phoenix dactylifera ini kaya akan nutrisi, di antaranya karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mangan, air, dan sedikit lemak.

Tersebar di seluruh penjuru Timur Tengah, kurma lekas menjadi tanaman yang populer karena keunikan buahnya. Tumbuh di berbagai daerah, kurma kemudian beradaptasi sesuai daerah di mana ia tumbuh. Muncullah berbagai varietas, beberapa yang populer di antaranya sebagai berikut:

Ajwah

Kurma yang tumbuh di kota Medinah, Saudi Arabia. Merupakan kurma yang populer dan kabarnya favorit Nabi Muhammad SAW.

Amir Haji atau Amer Hajj

Kurma yang berasal dari Irak. Kulit dan dagingnya lembut namun tebal. Dikenal juga sebagai ‘welcome kurma‘ karena pada umumnya dihidangkan untuk menyambut tamu.

Barhee atau Barhi

Kurma jenis ini warnanya cokelat terang, dan warna kulitnya berubah semakin gelap saat buahnya masak. Dagingnya lembut, tebal dan rasanya manis asam beragam. Seringkali kurma Barhee dikeringkan seperti kismis.

Deglet Noor

Seperti namanya, kurma ini warnanya kuning terang keemasan seperti sinar matahari. Kurma ini merupakan varietas unggul dan terkenal di Libya, Algeria, Amerika dan Tunisia. Dihidangkan tidak terlalu kering dan rasanya tak terlalu manis.

Derrie atau Dayri

Kurma ini berasal dari daerah Irak Selatan. Sedikit berbeda dengan kurma kebanyakan, bentuknya panjang, kehitaman dan lembut.

Empress

Kurma ini dibudidayakan di California, Amerika. Ukurannya besar, lembut dan lebih manis ketimbang kurma Thoory (bibit aslinya). Bagian atas kurma ini berwarna lebih terang, dan gelap di bagian bawah.

Holwah atau Halawi

Dalam bahasa Arab, Holwah artinya manis. Demikian pula dengan rasa kurma yang sangat manis ini, manisnya melebihi kurma-kurma pada umumnya. Ukurannya bermacam-macam, namun pada umumnya berukuran kecil hingga sedang.

Hayany

Adalah kurma yang berasal dari Mesir. Kurma ini warnanya merah kehitaman, dagingnya cukup manis dan lembut.

Khadrawy

Dalam bahasa Arab, Khadrawy artinya hijau. Dinamakan Khadrawy karena ditanam di wilayah yang subur dan hijau. Sedangkan buah kurmanya sendiri berwarna hitam pekat.

Khalasah

Kurma ini adalah salah satu kurma yang paling populer di Saudi Arabia. Manisnya kurma ini sangat khas, tidak terlalu manis dan lezat di lidah.

Khastawi atau Kustawy

Adalah kurma nomor wahid lembutnya di Irak. Pada umumnya kurma ini diolah menjadi sirup dan dikemas di botol berukuran kecil dan seringkali dihidangkan sebagai hidangan penutup.

Maktoom

Ukurannya besar, warnanya merah kecokelatan, daging buahnya sangat tebal dan lembut, rasanya tidak terlalu manis.

Medjool atau Mujhoolah

Adalah varietas kurma yang dikembangkan di Morocco, namun belakangan ini juga dikembangkan di Amerika, Saudi Arabia, dan Yordania. Ukuran kurma ini tergolong besar dan rasanya sangat manis.

Migraf

Kurma ini sangat populer di Yaman Selatan. Ukurannya sangat besar dibanding kurma lainnya, warnanya kuning keemasan.

Mozafati

Kurma yang dikembangkan di daerah ini warnanya gelap, lembut dan ukurannya sedang. Kurma jenis ini usia simpannya tahan lama, sehingga tak harus habis sekali makan. Bila di simpan di suhu -5 derajat celcius, kurma ini bisa bertahan hingga 2 tahun lho.

Rotab

Adalah kurma yang berasal dari Iran. Warnanya sangat gelap dan daging buahnya lembut.

Saidy

Adalah kurma yang populer di Libya. Kurma ini rasanya sangat manis dan daging buahnya lembut.

Sayer atau Sayir

Warna kurma ini orange kecoklatan, ukurannya sedang, dagingnya sangat lembut dan berair.

Sekkeri

Kurma jenis ini termasuk kurma yang mahal. Warnanya cokelat gelap, manis dan kelembutan daging buahnya khas dan istimewa. Kurma ini sering ditemukan di Saudi Arabia.

Thoory atau Thuri

Sangat populer di Algeria, di mana kurma jenis ini daging buahnya kering. Warnanya cokelat kemerahan dan kulitnya keriput. Terkadang saking keriputnya kurma ini jadi agak sedikit keras, rasanya manis dan hampir mirip dengan kacang.

Umelkhashab

Kurma yang berasal dari Saudi Arabia ini warnanya merah dan sedikit ada rasa pahitnya. Unik!

Zahidi

Ukurannya sedang, warnanya cokelat keemasan. Kurma ini termasuk yang sangat manis dan agak kering.

Zaghloul

Kurma ini bentuknya panjang, warnanya merah gelap dan sangat manis hingga setelah makan manisnya pun masih tersisa. Varietas ini termasuk yang eksklusif dan mahal di Mesir. Hanya orang-orang tertentu saja yang biasanya mengonsumsinya.

Nah, yang biasa kita konsumsi di Indonesia lebih banyak jenis2 Amer haji, Barhee, Deerrie, Empress dan Saidy.

Salam

Referensi : Health today

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

15 responses »

  1. Nuraeni says:

    pilih kurma ajwah ajach bun…

  2. wah bunda..
    tulisan tentang kurmanya lengkap banget nih..
    ada beberapa jenis kurma yang belum pernah saya dengar, ada di tulisan ini🙂

  3. aduh bunda,
    saya ko sendirian kali ya ga terlalu suka sama korba..😦

  4. dewifatma says:

    Ternyata banyak jenisnya ya, Bun. Saya baru tau kalo kurma juga ada yang besar dan bulat kayak sawo begitu. Kirain kecil panjang semua..hehe.. Dasar kuper!

  5. Ann says:

    Jadi kepingin bikin kurma testing.. *telfon supplier*

  6. niQue says:

    ga terlalu ngefans sama kurma juga sih bun

    sama kyk bunda, ada di makan, klo ga ya gpp😀
    tp unik juga ya, ternyata kurma jenisnya buanyak gitu ckckck

  7. nitnot says:

    jadi kurma yang mana yang akan bunda bagikan ke kami… heheee…aku cuman pernah dengar kalo kurma irak itu yg baik… waduh gak nyangka ternyata banyak sekali jenis kurma…. dan pastinya masing2 punya ciri khas sendiri dan enak dinikmati….sip bunda…udah lama gak kunjungi blog bunda ini….mohon maaf lahir bathin…

  8. Outbound says:

    Lalu kurma yang saya beli 2 hari menjelang bln ramadhan kemarin, dari jenis apa ya?!
    Maklum beli kiloan, nyendok dari bak yg ada di hypermart..

    Teksturnya : hitam, berurat, gradakan, lengket dan MuAnis.. kaya aku

  9. lozz akbar says:

    barusan saja saya ngobrol dengan majikan Mesir perihal kurma Bun.. dan kayaknya yang terakhir tuh yang kata majikan disebut kurma yag terbaik di mesir..

    Kurma biasanya disajikan dengan kopi arab atau Gahwa, sebagai suguhan jika kita bertamu. ehm kok saya malah berhayal jadi juragan kurma ya Bun…?

  10. Baha Andes says:

    Banyak memang jenis kurma tapi baru tau nama2nya bun…

  11. Lidya says:

    paling suka kurma ajwah bun

  12. Masbro says:

    Yang saya makan kemarin sepertinya berjenis thuri. Soalnya sama seperti yang di gambar atas. Hmm, kirain kurma cuma sejenis, hehe..

  13. fitrimelinda says:

    ternyata banyak banget jenisnya ya bund..

    aku ga terlalu suka makan kurma sayangnya..

    iya Fit, dan sebenarnya masih ada lagi, cuma segitu dulu aja deh🙂
    bunda juga biasa2 aja sih sama kurma, kalau ada, ya dimakan, kalau gak ada, gak nyari juga sih😛
    salam

  14. Sofyan says:

    baru tau Bun kalau kurma itu banyak jenisnya,,,trus yang dijual di Indonesia kira² yang mana ya Bun…

    Selamat Malam Bunda…selamat beristirahat.


    itu lho Sofyan, dah bunda tulis di paling bawah 🙂
    kebanyakan di indonesia yg dijual jenis2 ini: Amer haji, Barhee, Deerrie, Empress dan Saidy.
    salam

  15. wah banyak mcamnya ya bunda…tapi seragam rasa semua jenis kurma tsb. adalah MANIS ^_^…
    salam Bun

    iya bener , Arya
    tapi ada juga yg rasanya agak pahit dikit, itu lho yg jenisnya Umelkhashab,
    kurma jenis yg unik Arya🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s