Di sore hari, saat menunggu waktu berbuka dan ketika anak-anak sudah memasuki libur lebaran biasanya menjadi saat yang rawan bagi seorang anak untuk mempertahankan puasanya.
Kegiatan saat jam sekolah membuat mereka tetap sibuk sehingga pikiran-pikiran yang mengganggu puasa dapat dihilangkan.

Namun ketika mereka pulang sekolah dan harus berdiam diri di rumah, rasa lapar dan haus biasanya sering menggoda mereka.
Kadang geli juga jika melihat si Kecil tidak sabar menunggu saat berbuka, namun jangan sampai hal tersebut menggagalkan ibadah puasanya.

Kita dapat membantu dengan memberikan kegiatan yang asyik namun juga berguna bagi anak-anak.
Beberapa kegiatan ini dapat Anda coba.

Belajar mengaji

Memang tidak banyak anak yang menyukainya, namun mereka wajib bisa. Memanggil guru ngaji secara privat mungkin lebih efektif dalam belajar, namun anak juga akan mudah bosan. Biasanya belajar bersama dengan teman-temannya akan lebih menarik minat si anak.

Membuat kerajinan tangan

Anda bisa membeli buku-buku kerajinan tangan dan menyesuaikannya dengan tema Ramadhan. Membuat kartu ucapan misalnya, atau hiasan dinding, boneka clay yang nantinya bisa diberikan pada teman-teman atau orang yang disayanginya. Jangan lupa, Anda juga harus terlibat dalam kegiatan ini karena walaupun telah dibekali buku, bekerja seorang diri tetap saja membosankan apalagi ketika dia menjumpai kesulitan.

Membaca

Bekali si kecil dengan cerita-cerita bernuansa Islami untuk perkembangan pribadinya. Saat ini sudah banyak buku-buku cerita khusus untuk anak, sesuai dengan usia mereka. Dampingi anak ketika membaca dan buat mereka tertarik dengan kisah-kisah dalam buku itu, karena bacaan dan tayangan televisi bisa jadi lebih menarik minat mereka karena telah terbiasa.

Membuat kue

Momen lebaran bisa dijadikan kesempatan untuk mencoba keberanian membuat kue jika Anda belum pernah melakukannya. Jangan lupa ajak anak Anda untuk ikut bergembira bersama ketika membuat kue. Beri sedikit adonan khusus untuk dikerjakan anak agar dia tidak mengganggu kegiatan Anda.

Mendekorasi rumah

Saat lebaran mungkin rumah Anda akan dikunjungi saudara dan tetangga, agar penampilan tidak begitu-begitu saja dari tahun ke tahun, cobalah untuk mengganti posisi perabotan dan pikirkan dekorasi yang sesuai dengan tatanan yang baru. Anak Anda bisa membantu dengan membuat dekorasi sederhana untuk ditempel di pintu atau digantungkan di jendela-jendela.

Atau mungkin Anda punya ide ide lain, yang bisa mengisi kegiatan Ramadhan anak2 Anda ? Silakan berbagi disini , sahabat………

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

26 responses »

  1. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Buat si kecil tidak bosan menunggu waktu biasanya saya ajak jalan-jalan ke UI bund, disana banyak tempat yang sejuk dan sembari melihat pohon pohon yang sudah tua dengan sedikit saya ceritain muasal pohon itu bund.
    Tapi sekarang mereka sudah pada besar besar jadi aktivitasnya menunggu waktu buka mereka sendiri yang mengaturnya bund.
    Salam Takzim Batavusqu

  2. Nchie says:

    Paling sering sih Olive bantuin mamanya bikin kue,
    Membaca,maen games,trus nongkrong in Ngabuburit bareng Smash..hhe

  3. Printing says:

    Waktu saya sekolah sering ada pesantren kilat bunnnn jadi waktu itu ga terbuang dengan sia2,,,🙂

  4. terroRIEZ says:

    Kalo dulu saya ikut pesantren kilat…bun

  5. auraman says:

    Saya datang lagi bunda, seraya memohon maaf lahir batin atas setiap kesalahan kecil maupun besar, baik dari setiap komentar ataupun postingan yang kurang enak dibaca.
    Semoga selama puasa di bulan ramadhan kita diberi kesehatan .

    salam persohiblogan ^_^

  6. chocoVanilla says:

    Kalo Guanteng saya mengisi waktunya dengan bersepeda, yang ada malah makin haus dan makin gak sabar untuk buka😀

    Selamat menunaikan ibdah puasa, Bunda…. maaf lahir batin yaa🙂

  7. lozz akbar says:

    saya belum punya anak nih Bun ikhs..ikhs. jadi belum bisa saya terapin tipsnya

  8. Sukadi says:

    Anak-anak memang perlu diarahkan dengan kegiatan yang positif, apalagi bagi yang sedang belajar berpuasa, biar tidak jenuh dan bisa tahan puasanya🙂
    Terimakasih Bunda..
    Salam

  9. andinoeg says:

    Selamat berpuasa bunda

  10. Agung Rangga says:

    apa kabar bun?😀

    sayangnya, di komplek rumah saya, anak-anak kecil malah sering main petasan~😦


    kabar baik, Rangga🙂
    waduh, seharusnya ortu dan lingkungan sekitar lebih memperhatikan atau melarangnya ya Rangga😦
    salam

  11. aan says:

    Iya belajar mengaji di Masjid atau TPA menjadi salah satu alternatif kegiatan anak2 pada saat liburan sekolah. Kegiatan ini pasti menarik buat anak2 karena mereka bisa bertemu dan bermain dengan teman-teman sebayanya…..

    dan, mereka jd tdk begitu fokus pd rasa lapar dan hausnya,
    krn mereka sibuk belajar sambil bermain ya Aan🙂
    salam

  12. fitrimelinda says:

    maen game bund..😀

    bunda..selamat puasa ya..mohon maaf lahir dan bathin..🙂


    wah, asik juga, killling time dgn nge game ya Fitri🙂
    sama2, Fitri…selamat menikmati puasa ramadhan🙂
    mohon maaf lahir dan bathin
    salam

  13. susisetya says:

    kalau saya waktu kecil biasanya setelah sekolah agama di masjid dekat rumah, diteruskan main monopoli, halma dan sejenisnya sampai menjelang bedug magrib, biasanya itu cukup untuk mengalihkan rasa haus dan lapar, kalau membantu bikin kue justru itu malah menggoda kita untuk nyicipin kuenya…😀

    hhihihihihi…jd inget waktu bunda kecil dulu, Susi
    suka menjilati adonan kue yg tertinggal di wadahnya , walaupun berpuasa😀
    salam

  14. Adi Nugroho says:

    bundaaaaaaaa :-* sudah sehat kah? Selamat puasa ya bund,,

    alhamdulillah, sekarang sudah sehat dan mulai puasa Adi sayang🙂
    selamat menikmati puasa ramadhan ya Adi🙂
    TA nya gimana? semoga lancar ya , aamiin
    salam

  15. Ria says:

    Bun…aku catet jika nanti sudah punya anak ya ^^
    apa kabar Bunda Lili yang cantik…kemarin katanya habis kopdar sama ratu dentis dari bukit tinggi ya?😀

    kapan tuh , Ri?🙂
    kabar bunda baik, semoga Ria juga selalu sehat ya Cantik🙂
    iya, bundo dentist nginep di rumahku lho ( bangga) heheheh….🙂
    kapan ya kita bisa ketemu lagi Ri ?
    peluk kangen ….
    salam

  16. Saya gak ada ide lain, tapi apa yg bunda tulis tuh pas bgt🙂

    Met Ramadhan
    Mohon maaf lahir & bathin


    apa kabar,A?
    semoga selalu sehat ,aamiin
    selamat menikmati indahnya ramadhan
    dan salam hangat utk keluarga🙂
    mohon maaf lahir bathin juga ya A
    salam

  17. Orin says:

    Waktu Orin kecil dulu, ‘ngabuburitnya’ bersepeda rame2 keliling kampung Bun, begitu hampir maghrib balapan pulang ke rumah masing2 hehehe…

    waaa….enaknya Orin, dah punya sepeda sendiri,
    jadi bisa ngebut, buru2 pulang ,begitu mau buka puasa ya🙂
    bunda dulu cuma main halma aja tuh🙂
    salam

  18. dnluas says:

    di bulan puasa. belum tentu membosankan. ada hal yang bisa di kerjakan selain melakukan hal yang gak penting
    ……..
    ada info menarik di sini : http://dnluas.blogspot.com
    Coba TengoK deh…

  19. agussupri says:

    Trims informasinya mungkin bisa dilakukan dengan melatih kejujuran & tanggung jawab kepada anak-anak sejak dini.

    ya ,setuju Agus🙂
    salam

  20. advertiyha says:

    bundaaaaaaaaaaaaa,,, *peluk cium* maap lama gak mampir..😦
    iya bun, kegiatan-kegiatan itu sering dilakuin ponakan-ponakan, tapi paling sering membaca sih bun terutama yg belum bisa baca, biasanya belajar ngeja tulisan-tulisan yang ada di TV, karena kalo nunggu buka puasa nongkrong depan TV, ckckck…. hehehe.. tapi lucu deh bun, ngejanya kenceng-kenceng…

    salam sayang bunda.. mmuahh


    apa kabar, Mbak Iyha cantik?
    semoga selalu sehat ya,aamiin
    (peluk kangen)🙂
    wah, asik juga ya, mereka belajar sambil ngabuburitnya di depan tv🙂
    salam

  21. Dimasjid kampung saya bunda,,, kegiatan qiraatnya dipindah yang biasanya malam menjadi soe hari, jadi anak-anak bisa mengisi waktu sorenya di masjid sambil menunggu berbuka…

    wah, asik tuh kalau kayak gini , Mbak Henny
    anak2 pasti jadi suka dan senang ya🙂
    salam

  22. Sofyan says:

    Kegiatan yang bermanfaat sekali nih BunDa,,,saya waktu kecil juga sering mengisi waktu luang sambil menunggu buka puasa Main kelereng sama adik dihalaman rumah hehehe….

    Salam


    hampir mirip juga sewaktu bunda kecil dulu ya Sofyan
    suka main halma atau congklak🙂
    salam

  23. met puasa bunda…
    Alhamdulillah di tempat saya setiap sorenya sepanjang Ramadhan selalu ada kegiatan pengajian untuk anak dan remajanya bun. Anak-anak dan remaja pun menyambut dengan antusias kegiatan tersebut.
    Mudah2an lancar sampai ramadhan brakhir nanti..

    salaam

    sama2, Ruri
    selamat menikmati indahnya puasa ramadhan🙂
    wah, bagus banget ya kegiatan seperti ini
    menjadikan anak2 dan remaja bisa lebih meningkat pengetahuan agamanya🙂
    salam

  24. Necky says:

    bunda lily…tulisannya sama2 tentang puasa nih. Uraiannya udh lengkap, mungkin tambahan satu…olahraga ringan saat 1/2 jam menjelang berbuka tapi ini ga disarankan karena belum tentu semua orang bisa melakukannya.

    setuju nih, Necky
    sambil menunggu berbuka, masih bisa menyempatkan berolah raga,
    jadi kita tetap bugar ya🙂
    salam

  25. mau bermetamorfosis….bulan ramadhan saatnya…semoga menjadi manusia yang berbeda….


    aamiin ya Rabb…………..
    semoga kita semua menjadi lebih baik dan baik lagi dr ramadhan sebelumnya ya One🙂
    salam

  26. Pagi bunda..
    Hehehehe..
    Setuju bgt dahh bund..
    Waktu kecil one jg suka di kasih kegiatan2 yg ringan tapi fun sama orang tua..
    Jadi puasanya gak berasa deh..

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s