Kritik bisa menjadi hal yang membangun, tapi juga bisa menjadi hal yang menjatuhkan, tergantung cara penyampaian dan penerimaan.

Bagaimana cara menyampaikan kritik yang tepat sehingga bisa tersampaikan maksud baik di baliknya? Dibawah ini ada beberapa tips yang menurut saya mungkin bisa bermanfaat :

Teknik  Mengkritik:
Tujuan utama mengkritik sebaiknya berupa memperbaiki kualitas seseorang. Karena hal ini berkenaan dengan harga diri seseorang, maka harus disampaikan dengan benar.

Karena kalau tidak, orang yang dikritik bisa salah mempersepsikan, dan ujung-ujungnya tersinggung atau marah. Supaya hubungan akrab tetap terjaga, cobalah teknik berikut:

1.Perhatikan siapa yang dikritik.
Hubungan yang berbeda, tentu berbeda cara pendekatannya. Misal, cara berbicara dengan saudara kandung berbeda dari cara bicara dengan teman sekantor.

2. Perhatikan intonasi suara dan nadanya.
Sebisa mungkin diucapkan dengan kalimat yang enak didengar, dan nada suara yang ramah, bukan menuduh atau menguliahi.

3. Jangan pernah mengkritik orang di depan banyak orang.
Siapa pun itu yang kita kritik akan merasa sangat sakit hati jika kita membuka kelemahannya di hadapan banyak orang. Katakan pada momen yang tepat dan pribadi. Hal ini pun akan mempengaruhi penilaian orang lain kepada kita. Jika  kita berani mengkritik orang lain di hadapan orang banyak, orang-orang pun akan takut untuk berteman atau berada dekat kita.

4. Perhatikan situasi dan kondisi orang yang dikritik.
Supaya maksud baik  tidak disalah artikan, perhatikan suasana hati orang tersebut. Jika ia sedang terlihat sedih, marah, atau tidak bersemangat, sebaiknya tunda dulu hingga suasana hatinya sedang baik dan dalam keadaan santai. Jika tidak, emosinya bisa meninggi, dan kritikan tersebut justru akan menjadi bibit pertengkaran Anda dan dia.

5. Sebelum Anda membuka mulut untuk mengkritik seseorang, ketahuilah duduk persoalan dengan sebaik-baiknya.
Lihat segala kemungkinan, pelajari hal tersebut dari berbagai sisi. Ini penting untuk menghindari kesalahan persepsi, juga memastikan agar kritik kita tepat sasaran.

Tips:
– Tak semua orang mampu menangkap beberapa kritik sekaligus dengan cepat. Saat menghadapi orang seperti ini, berikan kritik satu demi satu, jangan sekaligus. Upayakan untuk bersikap ramah, agar orang yang dikritik tidak minder atau grogi.

– Bila memungkinkan, sebutkan dahulu sisi positifnya, baru negatifnya. Misal, “Bajumu bagus sekali, tapi rasanya lebih cocok kalau dikenakan malam hari.”

– Menghadapi orang yang tidak suka dikritik itu tidak mudah. Perlu diingat, orang yang hobi mengkritik tetapi tidak suka dikritik adalah orang yang kurang percaya diri.
Sebenarnya, ia tak sanggup mendengarkan pendapat orang lain mengenai dirinya dan takut kecewa. Kalau sanggup berkorban perasaan karena kasihan padanya, berusahalah untuk “melunakkan” hatinya. Kalau merasa tak sanggup, apa boleh buat, hindari saja.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

43 responses »

Comment navigation

  1. bagus says:

    saya begitu terharu atas tulisanya bunda.. tidak mudah memang… mengkritik atau dikritik sama2 melibatkan emosi…tetapi akan saya coba

  2. gavee says:

    Makasih Bund, Tips nya bermanfaat untuk memperbaiki diri.

    alhamdulillah, sama2 ,terimakasih juga Tian🙂
    salam

  3. Mey says:

    info yg penting. tq bun

  4. Travel Haji says:

    yes,thanks infonya gan

  5. Bobby says:

    ok,
    tips yang bagus,
    thx bun🙂

  6. Saya seorang yang buruk dalam mengkritisi sesuatu. Kadang saya terlampau keras dalam menyampaikannya. Tidak kasar. Namun, mengiris hati, tepat di jantung yang dikritisi. hehehe

  7. tian says:

    penting nih buat para bos2 ato atasan😀 supaya tujuan dr kritik berhasil untuk memotivasi, bukan malah mengkerdilkan motivasi orang yg dikritik😀

  8. Kadang-kadang ada juga orang yg bilang kalau dia menyampaikan kritik, tetapi sesungguhnya dia ingin menjatuhkan seseorang. Apalagi dilakukan di depan khalayak ramai.

    Salam hangat, Bunda

  9. Lyliana Thia says:

    Saya kenal banyak orang yang senang mengkritik tapi nggak suka dikritik… hmmm.. bingung…
    tapi… apakah saya salah satunya ya? mohon kritik dan sarannya Bunda😀

  10. Mas Jier says:

    makasih tips nya bun. insya Allah kedepannya bisa lebih bijak lagi dalam mengkritik.

  11. Printing says:

    Saran yang bagus tw bunn,,,🙂

  12. bukuwaskita says:

    Artikel dan saran yang mantap nih..:-)

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s