Bagi Anda penyuka aneka sajian Italia, ada baiknya mengetahui 10 pantangan berikut agar sajian tersebut makin terasa lezat dan nikmat!

1. Jangan mematahkan pasta sebelum diolah atau memotong-motongnya saat disantap.

Jika belum tahu cara menggulung linguine, spaghetti, atau fettuccine dengan garpu, pesanlah jenis pasta yang mudah dinikmati, seperti penne.

2. Jangan menggunakan minyak dalam air rebusan.

Minyak akan menyelimuti pasta dan menyulitkan saus meresap ke dalamnya. Pasta sengaja diproduksi dalam bentuk-bentuk khusus agar saus yang sesuai untuk masing-masing bentuk melekat ke pasta dengan cara khusus pula.

3. Untuk alasan apa pun, jangan menggunakan bawang putih yang dimemarkan.

Bawang putih yang dimemarkan akan merusak citarasa khasnya, dan membuat sarinya terbuang percuma. Sari bawang putih pun jangan dicampurkan ke dalam saus. Bawang putih harus ditangani menggunakan pisau, apakah diiris tipis, dipotong dadu, dihaluskan, atau kombinasi ketiganya. Bila sudah telanjur mememarkan bawang putih, manfaatkan saja untuk hidangan lain yang bukan pasta.

4. Jangan menggunakan minyak zaitun supermurni untuk memasak pasta.

Citarasanya yang terlalu berat, lebih cocok untuk salad. Cukup gunakan minyak zaitun biasa, bukan yang virgin atau malah extravirgin. Filippo Berio merupakan minyak zaitun terbaik, sementara Bertolli merupakan pilihan yang cukup baik.

5. Jangan menggunakan oregano dalam sembarang sajian, kecuali dalam resep jelas-jelas disebutkan penggunaan oregano.

Bila menggunakan oregano, pastikan yang masih segar. Menu dengan oregano biasanya mudah ditandai dengan sebutan khusus “oreganata”, misalnya oreganata udang, oreganata kerang, dan lainnya. Dan jangan gunakan oregano dalam saus. Memang, seringkali tampak oregano kering dalam saus pizza. Namun, orang Italia tak menggunakan oregano dalam masakan mereka.

6. Tumislah bawang putih sebentar sampai berwarna kuning bukan kecoklatan.

Lakukan hal serupa pada bawang bombai. Bawang putih yang kecoklatan akan kehilangan rasa asam yang terkandung di dalamnya, dan menghancurkan citarasa hidangan. Bawang putih memiliki aroma alami yang akan keluar hanyadengan menumisnya sebentar.

7. Jangan menggunakan daun seledri keriting.

Gunakan daun seledri khas Italia berdaun datar. Daun seledri berdaun rata ini begitu lembut, tak memiliki rasa maupun aroma. Jangan pula menggunakan cilantro untuk menggantikan seledri berdaun datar bila tak mau masakan Italia jadi bercitarasa ajaib.

.8. Jangan memasak daun seledri .

Untuk menghadirkan kesegaran alami, daun seledri baru bisa ditambahkan ke atas sajian saat betul-betul akan dihidangkan. Dan gunakan selalu daun seledri yang masih segar.

9. Jangan mencampur bawang putih dan bawang bombai dalam hidangan yang sama.

Masing-masing akan saling mengacaukan. Jika menginginkan citarasa keduanya, lebih baik gunakan bawang merah kecil.

10. Jangan menggunakan keju di atas sajian seafood, atau keju parmesan di atas linguine dengan saus remis atau linguine udang.

Di Italia, Anda harus meminta secara khusus bila menginginkan keju.

Selamat membuat dan menikmati masakan Italia yg lebih bercitarasa.

Salam.

Gambar dipinjam dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

23 responses »

  1. Ann says:

    Hahaha… jujur aku baru tahu soalnya kalo masak sendiri lebih ikut selera😀

    lebih enak gitu kali ya Ann,
    jadi makannya juga lebih semangat krn sesuai selera kita🙂
    salam

  2. lozz akbar says:

    ini bisa jadi modal saya nanti kalau jadi jalan-jalan ke Roma bun hehehe

    bunda diajak khan ?kalau jadi ke Roma nya , Uncle😛
    salam

  3. negeribocah says:

    wah … saya pilih tinggal makan nya aja
    ga bisa masak sih … hehehe

    emang enakan tinggal makan dowang kok, Herry🙂
    salam

  4. obat alami says:

    senengnya masakan sunda bun…kya nya lidah kubakal keriting klo nyobain masakn itali,,,:)

    masakan sunda yang Riung itu memang asik ya Jeng🙂
    bunda juga mau tuh😛
    salam

  5. susisetya says:

    aku gak terlalu hapal masakan italia bun tahunya cuma pizza doang…🙂

    paling praktis ya Susi,
    apalagi sekarang pizza dah banyak pilihan rasa utk topping nya ya🙂
    salam

  6. Hm..gak begitu ngerti masak memasak hehe..tapi ditandai aja mana tau ntar mencoba bikin masakan Itali

    kalau repot masaknya, beli aja deh Ndre🙂
    salam

  7. Ndak mudheng, Bunda. Maklum, cuma bisa makannya aja. Eh, tata cara makannya juga ngga mudheng. Hehehe…
    Salam

    yo wis, kalau gituh, mendingan makan pisang kepek aja ya plus pisang ijo palubutung😀
    salam

  8. hoooo … begitu yaa, baru tau aku bund, biasanya aku pake oregano dimana2 hehehe … eksperimen

    hehhehe….tapi kalau Fey yg bikin sih, yakin deh pasti maknyuss…..🙂
    salam

  9. Agung Rangga says:

    waw, pantas saja masakan italia yang di restoran hampi semuanya terasa lezat~😯

    koki nya sudah mahir semua memasaknya ya Rangga🙂
    salam

  10. dhila13 says:

    belum pernah aku praktekin bun padahal berkali2 aku dikasih tips buat pasta😀

    hayooo…praktekin dong Dhila ,
    bunda mau kok jadi tester nya😛
    salam

  11. dmilano says:

    Saleum
    Rumit juga ya bun,….🙂
    syukurlah saya gak suka makanan itali,
    saleum dmilano

    enakan juga masakan indonesia yg pasti cocok dgn lidah sendiri ya Dmilano🙂
    salam

  12. faceleakz says:

    aturan membuat masakan italia ternyata banyak juga. untung tidak ada “jangan makan masakan itali”

    hahahhaa…..banyak aturannya, agar masakannya benar2 terasa itali banget🙂
    salam

  13. amirul says:

    hahaha… jadi ngiler ngeliaat gambarnya aja..

    kalau gituh silakan dicobain lho, jangan sungkan2😛
    salam

  14. Asop says:

    Saya kalo bikin pasta di rumah harus pakai minyak zaitun.😀
    Yah, memang mahal sih….😐

    nah, ini yg enak dan sehat ,Asop.
    mahal memang, tapi khan gak tiap hari dipakainya🙂
    salam

  15. kalau urusan makanan,,
    taunya tinggal makan aja bunda..😀

    salaam

    kalau sekali2 boleh juga dicoba masak sendiri Ruri,
    siapa tau malah jadi kejutan yg menyenangkan utk si dia🙂
    salam

  16. Gaphe says:

    ternyata banyak salah kaprah yang sering terjadi kalo nggak bener2 tahu cara mengolah masakan italia yah?.. saya baru tahu beberapa hal disini, bisa buat belajar masak juga nih. hehehe..

    tapi kalo saya, mending beli jadi aja.😛

    iya, kalau Gaphe gak usah repot masaknya,
    beli aja deh, dah pasti maknyus rasanya🙂
    salam

  17. kakaakin says:

    Hahaha…
    ternyata saya asal campurkan basil dan oregano…
    Menurut saya yang penting ada cita rasa itali. Tapi ternyata salah ya…:mrgreen:

    hehhehe….gak apa kok Kak, salah
    khan bukan masakan asli kita,🙂
    salam

  18. Ikkyu_san says:

    Aku selalu memasukkan garam waktu merebus. Katanya garam akan membuat spaghetti itu tidak saling melekat.
    Di beberapa restoran di sini juga harus minta khusus jika mau pakai keju/parmesan. Masak spaghetti itu gampang-gampang susah, tapi karena anak-anak suka, saya sering buat yang bologneise.

    EM

    bolognaise memang paling praktis dibuatnya ya Mbak EM,
    malah sekarang sudah ada bumbunya yg langsung jd, kalengan gituh🙂
    salam

  19. kalo banyak don’t nya, lebih baik makan di warteg. Murah-meriah dan tinggal santap aja. Makan aja kok repot ha ha ha……pisss bunda

    lho kok, gitu aja ngambek siiih..😛
    salam

  20. lidya says:

    pasta salah satu kesukaan aku dan Pascal bun, makanan cepat saji kalau malas masak dirumah🙂
    bunda pha kabar? kangen banget nih beberpa hari ga mampir keisni

    alhamdulillah, kabar bunda baik berkat doamu ,Lidya sayang🙂
    iya, anak2 memang suka makan pasta, mungkin krn mudah dikunyah ya Lidya🙂
    salam

  21. Masbro says:

    Selamat malam Bunda..

    Ternyata masakan Itali sangat memperhatikan bawang putih ya Bunda..

    selamat malam juga ,Aim
    iya, bawang putih dan juga bawang bombay🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s