Vacation used to be a luxury but in today’s world it has become a necessity – Author unknown

Pepatah di atas membuktikan bahwa tak ada satu pun orang di dunia ini yang tidak membutuhkan liburan.

Ya, termasuk kita! Tenang, tidak selalu harus bepergian keluar kota atau keluar negeri, kok.

Beristirahat di rumah sambil menonton DVD adalah salah satu bentuk liburan lho! Yang penting adalah,  sejenak melepaskan kesibukan pekerjaan yang biasa dilakukan selama weekdays.

Dan saya yakin, saat bekerja pun, kita bukan hanya melupakan waktu liburan, tapi juga lupa berolahraga.

Hei, jangan sampai  salah mengartikan liburan!

Meski itu merupakan waktu untuk bersenang-senang, bukan berarti kita diperbolehkan kembali dari liburan dengan perut membuncit dan kolesterol meningkat!

Bukannya berbagi kesenangan saat liburan, yang ada malah diolok-olok rekan sekantor. Atau yang lebih parah, kita bisa2 masuk rumah sakit akibat pola hidup tak sehat selama berlibur?

Nah, dengan sedikit perencanaan, liburan kita bisa menyenangkan dan kesehatan tetap terjaga.

Pilihan transportasi

Apapun jenis perjalanan liburan yang diambil, kita  masih punya waktu untuk berolahraga. Ini contohnya!

1.Kendaraan pribadi.

Bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti akan menghabiskan banyak waktu  di perjalanan. Untuk itu, lakukan persiapan dengan benar.

Jangan sampai  jadi terlalu letih untuk berlibur akibat terlalu lama di mobil. Inilah yang harus disiapkan.

1. Bawa makanan ringan secukupnya.

Boleh juga membawa makanan lengkap untuk makan siang (untuk yang bepergian di pagi hari), atau makan malam (untuk yang bepergian sore hari). Pastikan makanan yang Anda bawa adalah jenis makanan sehat. Buah segar atau jus buah, sayuran, air mineral, yogurt rendah lemak, roti dengan selai kacang atau buah-buahan, serta pop corn adalah jenis makanan yang mudah dibawa.

2. Jangan lewatkan jam makan.

Saat berlibur memang suka lupa waktu. Namun, jangan sampai membiarkan perut kosong selama lebih dari 4 jam. Bukannya diet Anda sukses, malah membiarkan nafsu makan jadi menggila setelah 4 jam tersebut.

3. Hindari makan di mobil yang sedang berjalan.

Karena bukan hanya jumlah makanan dan jenisnya saja yang penting, tapi kualitas waktu yang dihabiskan untuk makan berpengaruh untuk kelancaran pencernaan lho! Jadi, menepilah sebentar di tempat peristirahatan untuk makan.

4. Lakukan stretching.

Jika di tempat peristirahatan pertama yang dijumpai digunakan untuk makan, maka gunakan rest area kedua untuk sejenak melakukan stretching. Ajak semua teman berlibur  untuk lari-lari kecil di sekitar parkiran mobil. Setelah 10 menit kembalilah ke mobil. Dijamin, badan  akan kembali segar.

5. Bahaya kafein.

Ternyata meminum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein tidak dianjurkan untuk bepergian jauh. Memang sih, sejenak membuat energi meningkat, namun setelah fungsi kafein berhenti, lelah dan kantuk yg dirasakan akan semakin parah.

2. Pesawat Terbang

Dari pada menghabiskan waktu duduk berlama-lama untuk terbang atau memilih-milih restaurant fast food mana yang ingin disambangi, lebih baik ikuti cara berikut.

1. Makan makanan sehat dan cukup sebelum berangkat.

Karena itu akan mengurangi keinginan kita untuk menyantap camilan tidak sehat yang biasanya dijual di bandara.

2. Menu sehat.

Seandainya memang harus makan di bandara, lebih baik pilih menu seperti salad atau sup jagung. Keduanya biasanya tersedia di restoran cepat saji kok.

3. Jangan malas bergerak.

Meskipun jarak antara tempat check in menuju ruang tunggu untuk terbang lumayan jauh, sebaiknya hindari elevator, atau eskalator. Oh iya, bawa sendiri barang-barang  ya.

4. Makanan khusus.

Bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes atau Anda yang vegetarian, jangan lupa untuk menginfokan kepada petugas check -in juga kepada pramugari saat menaiki pesawat.

5. Minum minum minum.

Kemungkinan untuk terserang dehidrasi amat besar saat terbang. Untuk itu, minum yang banyak sebelum, dan saat di dalam pesawat.

6. “Catwalk”.

Anda boleh lho berjalan-jalan selama terbang. Atau sesekali meregangkan badan di luar kursi, asalkan di saat-saat yang diperbolehkan.

3. Kereta Listrik

Ini adalah pilihan transportasi yang cukup nyaman. Selain bebas macet, banyak yang menganggap resiko kecelakaannya lebih kecil dibandingkan pesawat terbang.

1. Kereta express.

Meski tidak dilarang untuk menggunakan kereta ekonomi, namun ada baiknya Anda memilih kereta ekspress. Selain lebih cepat, biasanya juga lebih bersih.

2. Jaga kebersihan.

Waktu yang diperlukan untuk bepergian dengan kereta listrik memang lebih cepat daripada mobil, namun bukan berarti Anda boleh melewatkan jam makan dengan alasan, “ah perjalanan kan cuma 4 jam, makannya nanti saja saat santai”. Anda harus tetap makan sebelum berangkat. Anda terpaksa makan di dalam kereta, pastikan untuk tidak mengotori kereta dengan membuang sampah pada tempatnya.

3. Pilihan camilan.

Makanan yang dibawa tetap harus makanan sehat, ya! Atau jika di kereta disediakan makanan atau camilan, pilih yang tidak memberikan efek mual. Sebaiknya pilih camilan seperti kacang-kacangan. Efek sampingnya, Anda akan haus. Jadi membuat Anda banyak minum?

4. Bisa dapat kenalan.

Karena kereta memiliki gerbong panjang, kemungkinan untuk Anda berjalan-jalan di sepanjang gerbong selama perjalanan lebih besar. Siapa tahu dapat kenalan yang ganteng! Jangan lupa lakukan stretching juga ya.

4. Kapal Laut

Ada dua jenis kapal yang bisa Anda naiki: kapal laut dan kapal pesiar. Simak yang bisa Anda lakukan di kedua jenis kapal ini.

1. Fasilitas olahraga.

Jika kebetulan Anda berkesempatan berlibur dengan kapal pesiar, Anda beruntung bisa menikmati fasilitas gym, kolam renang, dan spa yang biasanya disediakan. Jadi, untuk urusan olahraga, tak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya

2. Pengganti gym.

Namun, jika kapal laut yang biasa Anda naiki, jangan kecil hati. Meski tak ada fasilitas gym, Anda bisa menggantinya dengan berkeliling dek. Jangan sungkan menyambangi kelas tiga dan dua (jika Anda berasal dari kelas VIP). Toh, Anda tetap bisa menikmati indahnya pemandangan dan udara segara, dan Anda bia berjemur!

3. Tip makan buffet.

Di kapal pesiar, makanan sudah disiapkan dalam bentuk buffet. Tip saya ,isi piring Anda sekali saja, namun dengan jenis makanan yang bermacam-macam.

4. Anti MSG.

Bagi Anda yang ada di kapal laut, makanan harus Anda sediakan sendiri. Bawa makanan yang tidak terlalu banyak MSG, karena terlalu banyak mengonsumsi MSG bisa bikin mual

5. Awas mabuk laut!

Kapal laut atau pesiar berpotensi menyebabkan Anda mabuk laut. Untuk itu sediakan obat antimabuk. Sebaiknya diminum satu jam sebelum Anda menaiki kapal.

Selamat Berlibur……….

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

32 responses »

Comment navigation

  1. taskain says:

    betul semua dan bagus infonya

  2. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Wah semuanya sudah pernah saya coba, bund. tetapi tetap sensasi liburan dengan sepeda sungguh melebihi semua itu bund.
    Salam Takzim Batavusqu

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s