Pernah mendengar kalimat ini?. ” Kok masih  saja nangis? toh semua sudah terjadi, dan yang sudah lewat kan tidak bisa dirubah lagi, jadi kamu menangispun gak ada gunanya”

Mengapa pria lebih mudah mengomeli istri mereka daripada menghibur mereka? Alasannya cukup sederhana, pria tidak tahu bagaimana cara menghibur Anda.

Sebab, bila kaum pria sedang terluka atau bingung, ia mencari suatu penjelasan logis mengenai perasaannya itu, sehingga ia berpikir Anda dapat ‘ditanggapi’ dengan cara yang sama.

Lalu, bagaimana agar kita dapat memperoleh penghiburan dan pengertian dari suami, bukannya omelan dan kritikan?!

* Berikan tanggapan positif setiap kali ia melakukan hal terkecil untuk menghibur Anda. Bila ia memiliki kebiasaan khusus yang Anda sukai dan dapati selalu manjur untuk membesarkan hati Anda, maka sampaikan hal itu padanya.

* Jangan pernah menertawakan atau meremehkan usahanya untuk menghibur Anda. Namun, justru ucapkanlah terima kasih untuk maksudnya itu.

* Cari tahu bagaimana ia ingin diperlakukan saat ia sedang dalam kondisi lemah. Beri teladan terlebih dahulu padanya dengan menanyakan: apakah ia ingin dihibur atau dibiarkan sendiri.

* Beritahu suami bahwa Anda perlu dihibur. Namun, jangan pernah mengkritik jika dia ogah menghibur Anda.

* Bila ia telah melakukan hal positif untuk menghibur dan mengerti Anda, maka selalu beri penghargaan dan ucapan terima kasih.

Jika hal-hal di atas selalu diterapkan, maka lama-kelamaan itu akan menjadi kebiasaan baginya, sehingga kelak bila Anda butuh penghiburan, dia sudah tahu apa yang harus dilakukannya.

Jadi, jangan pernah menganggap bahwa suami pasti tau apa yang kita inginkan, tanpa dikomunikasikan, dengan berkata: ”kan kita sudah lama bersama2, masa’ sih, belum ngerti juga apa yang saya inginkan?”

Karena seorang suami bukanlah mind reader, dear….. Just speak it out..

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

28 responses »

  1. Printing says:

    Tips yang bagus tw bunda,,, bisa jadi buat bahan pelajaran nanti,,,🙂

  2. Bener tuh, jangan biatkan suami menebak-nebak.

    Salam sayang selalu

    <strong> kayak ikut kuis aja ya , main tebak2an😀
    salam

  3. ysalma says:

    kalau saya lagi kasak kusuk, ngomel ga jelas, biasanya cuma di diemin bund,
    kalau di omelin, wuihh, bakal tinggal nambahin korek api nih🙂


    tambahain siram bensin, wah lebih ngeri lagi ya Mak😦
    salam

  4. mey says:

    hihi betul…betul
    pelajaran brharga ini bun🙂


    alhamdulillah, terimakasih ya Mey🙂
    salam

  5. Dalam hidup selalu ada masalah, hanya tinggal kita dapat menyikapi dalam hal yang positif demi tujuan yang besar Bun.

    Sukses selalu untuk Bunda dan keluarga.
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    sepakat denganmu, Indra🙂
    kembali pd niat kita masing2 ya
    salam

  6. Ikky21 says:

    Bener-bener-bener banget, Bun.
    Tapi, aku kan cowok, jadi gak punya suami.

    haahhaa….nanti kalau ikky punya suami,
    malah mencurigakan atuh akh😀
    salam

  7. ehfazella says:

    moga entar pas nikah bisa diskusi, dan ga banyak ngomelin istri lah…🙂

    ikut mengaminkan doamu Ehza🙂
    salam

  8. ceritabudi says:

    Bunda,,,,dekat rumah saya malah kebalik, istrinya sering ngomelin suami, dan suaminya sering keluh kesah pulang ke rumah

    lho kok ? kenapa? galak ya istrinya?
    perlu dicari tau, kenapa kok sampai si istri seneng ngomel gitu ya Budi ?😦
    salam

  9. suretno says:

    Sama-sama sabar …

  10. dede6699 says:

    mdah2n nanti sudah nikah.. Lancar dan sugar..amis awet..tidak ngomel”..ehehe


    ikut mengaminkan doanya Ded🙂
    salam

  11. hehehehe..
    Jadi kepengen malu nih bund..
    Mudah mudahan ntar one gak termasuk suami yang suka ngomelin istri..😀

    iya dong, One
    jangan akh, istri hrs disayang, jgn diomelin ya🙂
    salam

  12. dmilano says:

    Saleum,
    Kena deh kaum bapak😆
    tapi bun, dmilano gak seperti itu lah bun…. masih suka diskusi ama orang rumah tentang semua hal… hehehe
    saleum dmilano

    alhamdulillah, jadi gak perlu bicara hal menyakitkan pasangan ya Dmilano🙂
    salam

  13. Orin says:

    Women are from Venus, Men are from Mars ya Bun, beda ‘bahasa’nya dalam berkomunikasi ^^

    heehehee…….itu buku tersohor yg bilang ya Orin🙂
    salam

  14. melly says:

    hmm
    kalau yg blm punya suami gmna bun?
    hehe tapi laki2 emang kebanyakan gitu yah😀

    ya malah enak, dong Melly
    gak perlu ada yg dikomunikasikan, krn kan gak ada suaminya🙂
    salam

  15. ahmad says:

    wah wah… dapat dua pelajaran saya hari ini, satu tentang persahabatan yang kedua harmonisasi pasangan dalam keluarga… Komplit dah.. makasih ya bund

    sama2, teimakasih juga ,Ahmad🙂
    salam

  16. nia/mama ina says:

    kalo aku nunggu moment yang tepat utk ngomong sm suami….tp untungnya suami jarang marah sech…..

    alhamdulillah, memang dgn timing yg tepat, komunikasi akan berjalan baik sepertinya🙂
    salam

  17. tinaqeela says:

    Xixixixi…nasehat Bunda sangat menyentuh, karena pernah saya alami. Mungkin 3 tahun masih usia yang sangat belia ya untuk sebuah rumah tangga…:). Setelah membaca ini saya jadi lebih berbesar hati…:D

    memang harus ada saling pengertian dan komunikasi yg efektif antar pasangan ya Tina🙂
    salam

  18. Asop says:

    hihihi, inilah beda lelaki dan pria… eh, salah, wanita maksudnya.😆


    emang beda pastinya ya Sop🙂
    salam

  19. diananeeh says:

    terkadang saya tidak mengungkapkan keinginan dengan maksud supaya dia menangkap apa yg saya rasakan, tetapi kadang mereka ga peka ya Bun, dan ternyata mereka bukan dukun atau paranormal yang bisa mengetahui perasaan kita tanpa kita beritahu, intinya kita harus berkomunikasi dengannya jika ingin dimengerti, ^_^

    bener banget ,Diana
    bukannya gak peka, tapi memang hrs dikomunikasikan , agar gak salah ngerti, yg akhirnya kecewa🙂
    salam

  20. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Tidak semua laki-lakiiiiii
    Saya nggak lho bund hehehehe
    Salam Takzim Batavusqu.

    heheehhe…jadi nyanyi deh tuh Mas Isro🙂
    percayaaaa kok,, Mas Isro kan mah gak pernah ngomel🙂
    salam

  21. aryadevi says:

    hehe jadi mikir..selama ini salah kalau begitu….memang sangat sulit memahami orang lain…walau itu dekat sekali sama kita..

    tetap ya Arya , kudu dikomunikasikan langsung🙂
    agar gak salah ngerti
    salam

  22. Sofyan says:

    Tips bgus ni..jadi jika ad mslh dibicrakan secara baik2 dan benar jgn asal ngomong..

    iya, kan kasihan pasangannya, udahlah sedih, kok ya malah diomelin😦
    salam

  23. negeribocah says:

    sering ngomel bikin cepet tua!


    nah tuh, Herry makanya jgn suka ngomelin pasangannya ya🙂
    salam

  24. kayanya ungkapan pria ga tau bagaimana caranya menghibur benar adanya bun. Saya ko merasa begitu. heheheh..
    Misal, saya sering dicurhati sama temen2 perempuan, tp ya itu bingung nda tau bagaimana cara menghibur ya ahirnya cuman sebagai pendengar setia saja..😀

    salaam

    iya Ruri, makanya si wanita yg harus bilang langsung,
    maunya gimana?
    mau cuma didengerin aja curhatnya ? atau mau dikasih saran juga ?🙂
    salam

  25. niQue says:

    klo saya sih kebalikannya Bun
    suami mah diem aja klo saya nangis
    engga diomelin
    yang ada saya yang nangis sambil ngomel xixixi

    eniwe, thanks tips nya ya Bun

    jiaahahhahhaa…jadi diborong semua ya Nik,
    ya ngomel , ya nangis juga😀😀
    salam

  26. Richi Dellan says:

    Dan kalimat ini yang saya suka, “Cari tahu bagaimana ia ingin diperlakukan saat ia sedang dalam kondisi lemah.”

    Pandai baca situasi pun, tak akan berarti apa-apa jika tidak dilanjutkan dengan langkah yang baik.

    ya bener, kadang ada yg ingin ditinggal sendirian, kadang ada juga yg ingin didengarkan,
    jadi memang sebaiknya ditanyakan langsung saja ya🙂
    salam

  27. lidya says:

    kebanyakan pria begitu bun, dibicarakan saja dgn suami supaya sama2 enak


    t
    epat sekali Lidya
    dibicarakan agar jgn kecewa ya🙂
    salam

  28. usagi says:

    Speakk out,,
    Simply but to hard to do
    *i think mam*
    Aku sich lebh milih,, ya udahlah ngapain ngomel,,udah terjadi juga :d

    hahhahaa….kalau si dia yg ngomel maksudnya nak😀😀
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s