Tak ada alasan untuk tidak sarapan. Sebab, selalu ada cara membuat sarapan, terutama yang sehat dan praktis.

Sarapan bernutrisi yang praktis saran dari Mayo Clinic berikut ini bisa menjadi pilihan:
* Oatmeal dengan taburan kacang almond dan cranberry kering
* Sereal dingin dengan campuran buah
* Roti gandum dengan telur rebus

* Sayuran dan keju yang dibungkus dengan tortilla
* Buah, yoghurt rendah lemak, dan gandum yang diblender menjadi smoothie menyegarkan
* Roti gandum garing dicampur keju rendah lemak dan selai kacang
* Roti gandum dengan irisan daging tipis dan keju rendah lemak
* Pancake dengan campuran buah dan yoghurt

Sarapan praktis lengkap dengan sayuran
Jika pilihan makanan di atas rasanya tak sesuai dengan lidah, Anda bisa memilih makanan tradisional yang sehat dan praktis.

Disarankan menu sarapan praktis kaya nutrisi yang bersumber dari kombinasi beberapa sayuran dalam satu sajian.

Bubur manado atau pecel komplit bisa menjadi pilihan sarapan yang praktis dan sehat

Tak sulit membuat bubur manado, masakan khas Sulawesi Utara ini. Campuran sejumlah sayuran sebagai bahan utama menjadikan bubur manado makanan sehat kaya rasa.

Kombinasi jagung manis, kangkung, bayam, kacang panjang, ubi merah, dan daun melinjo (pengganti gedi) membuat cita rasa makanan ini sangat khas.

Sayuran kaya gizi juga bisa didapatkan dari menu pecel komplit sebagai sarapan. Kacang panjang, tauge, bayam, dan wortel yang direbus kaya serat.

Semakin nikmat dengan kuah bumbu kacang serta tempe dan rempeyek yang bikin sarapan lebih komplet.

Jika masakan ini masih kurang praktis bagi Anda, coba menu lain, seperti pisang epe atau serabi bandung. Pisang epe adalah pisang kepok yang dibakar dan disiram saus terbuat dari gula merah dan daun pandan. Praktis, bukan?

Agar tak lupa sarapan
Nah, jika menu di atas menjadi pilihan Anda dalam beberapa hari ke depan, usahakan untuk tidak melewati waktu sarapan. Caranya, buat perencanaan matang. Satu malam sebelumnya, pilih menu apa yang ingin Anda siapkan untuk sarapan. Bangun 10 menit lebih awal dari biasanya, namun jangan merasa terpaksa.

Percuma saja menyiapkan sarapan sehat jika Anda merasa tertekan.

Sebagai antisipasi jika Anda bangun kesiangan, siapkan bahan-bahan sarapan Anda dalam satu boks makan. Anda bisa meracik sejumlah bahan, seperti roti dan selai kacang, dalam perjalanan atau setibanya di kantor atau sekolah anak-anak.

Mengubah “mindset”
Tinggalkan mindset lama dan jalani pola pikir baru yang lebih menyehatkan, yakni bahwa Anda tak boleh melewatkan sarapan.

Sebab, begitu Anda tak sarapan, meski dengan alasan ingin mengurangi asupan kalori, Anda akan makan lebih banyak saat makan siang.

Jadi, pola pikir menunda sarapan atau tidak sarapan sama sekali tak layak lagi disimpan dalam otak Anda.

Toh, tak butuh waktu lama untuk menyiapkan sarapan praktis dan sehat, seperti yang direkomendasikan di atas.

Salam

Gambar dipinjam dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

44 responses »

Comment navigation

  1. Erlangga says:

    Resep ini mungkin boleh dicoba:
    Satu butir telur ayam rebus
    Satu butir kentang panggang atau kukus ukuran kecil, bubuhi dgn sedikit garam. Bisa diganti dengan ubi ungu atau ubi lainnya (ketela rambat)
    Beberapa irisan wortel dan brokoli kukus

  2. Kalo aku kadang sarapan kadang enggak, maklum anak kost2an nih hehhe..Tapi info yang diberikan betapa pentingnya sarapan itu ya. Thanks gan artikelnya..

  3. yuna says:

    sarapan itu waktu makan yg sangat penting,agar tersedia energi untuk aktivitas seharian..
    tapi jangan berikan makanan/minuman yg terlalu manis,agar tidak memberikan rasa kenyang palsu..
    berikan susu yg tanpa pemanis tambahan,seperti anmum essential yg hanya menggunakan gula alami,jadi aman untuk kesehatan anak..

  4. linda says:

    kalau anak masih malas untuk makan di pagi hari, saya biasanya memberikan susu untuk anak saya..
    tapi karena denger berita kalau dalam susu formula ada zat pemanis tambahan, saya coba mencari susu yg tanpa pemanis tambahan..ternyata saya menemukan bahwa anmum essential itu susu formula yg baik untuk anak karena hanya menggunakan gula alami.. jadi mulai sekarang saya hanya memberikan susu anmu essential ke anak saya..

  5. lisa charisa says:

    iya bun, anmum bagus loh..anak dan keponakan2ku aja semua pada ganti susunya jadi anmum..karena selain tdk mengandung gula tambahan, anmum rasanya tdk terlalu manis, pas banged kan buat anak2 kita..

  6. linda tsuji says:

    contoh sarapan yang praktis itu bisa seperti sereal dan jangan lupa minum susu bun, untuk susu harus diperhatiin juga jgn sampe salah minum susu yang banyak mengandung added sugarnya, lebih baik minum anmum..sufor baru yang dibuat tanpa kandungan zat gula tambahan

  7. miranthy says:

    sarapan menurut aku penting bgd krn sebelum kita melakukan semua kegiatanan dalam satu hari, energi yang mendukung kita untuk beraktivitas itu kita dapat dari sarapan, makanya saran aku kalau sarapan itu yang simple, praktis tapi mengandung gizi yang tinggi.

  8. Rara says:

    penting bgt sarapan pagi, asal jgn yg terlalu manis… apalagi yg instan2..

  9. anjani says:

    harus tuh di biasain sarapan pagi… kan motto nya start your day with breakfast… jgn lupa mnm susu juga.. bar anak sehat yahhh

  10. ceuwida says:

    saraan pgi amat sangat wajibb setuju sm bunda2 yg lain.. dan jgn lupa susunya …kl bs yg no added sugar yahhhh

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s