Grooming, jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah dandan. Tetapi dandan di sini jangan di artikan sama dengan dandan yang di lakukan oleh wanita, yaitu mengenakan make up. Maksud grooming disini adalah merawat diri, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Ya saya tahu, mungkin ada sebagian besar dari Anda akan langsung mencibir begitu membaca kalimat akhir di atas, yaitu merawat diri.
Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah kerjaan pria-pria metroseksual, atau bahkan pria gay.
Lalu Anda berlindung di balik ungkapan โ€œBe My Selfโ€ , tanpa mempedulikan penampilan.

Well sobat, Anda tidak perlu seperti pria metroseksual yang sering keluar masuk salon atau pusat perawatan.
Tetapi paling tidak Anda tahu cara merawat diri.

Jangan terjebak dengan pendapat wanita bahwa mereka menyukai pria yang apa adanya. Karena sebenarnya wanita juga menyukai pria โ€“ pria yang bisa merawat dirinya.

Grooming Anda begitu penting, bahkan yang paling penting dalam hal attraction terhadap wanita.
Saat Anda berinteraksi dengan mereka terutama saat pertama kali bertemu, grooming Anda adalah hal pertama yang mereka perhatikan.

Wanita mengartikan grooming sebagai bentuk penghargaan atau kecintaan terhadap diri sendiri, dan wanita menyukai pria yang cinta dan menghargai dirinya sendiri.

Karena wanita beranggapan, bagaimana mungkin seorang pria bisa mencintai mereka jika dirinya sendiri saja tidak mereka cintai.

Mulai sekarang perbaiki grooming Anda, investasilah untuk meningkatkan kemenarikan.
Berikut adalah hal-hal yang perlu di perhatikan dari grooming Anda:

1. Aroma Tubuh

Kita tahu bahwa indra penciuman lebih sensitif di banding indra penglihatan. Jadi sudah pasti aroma tubuh Anda yang paling pertama di perhatikan wanita. Wanita menyukai pria yang harum. Karena itu kenakan parfum yang terbaik, atau paling tidak kenakan anti perspirant untuk menghambat keringat berlebih.

2. Rambut

Anda sudah tahu bahwa rambut juga salah satu hal yang paling mempengaruhi penampilan. Oleh karena itu jaga kesehatan dan kebersihan rambut.

Selalu cuci rambut Anda sebelum tidur jika sehabis mengenakan gel atau wax. Selain itu pilih style rambut yang cocok dengan Anda, jangan salah pilih sehingga style/gaya rambut Anda tidak disukai wanita.

3. Kulit

Jaga kesehatan dan kebersihan kulit terutama bagian wajah. Tidak perlu memakai pemutih, paling tidak terlihat bersih dan tidak kusam. Jaga juga kelembaban kulit, tidak terlalu kering ataupun berminyak.

4. Gigi dan Mulut

Kedua hal ini juga sangat penting, karena jelas kita berinteraksi dan mengobrol dengan orang lain. Investasilah untuk kebersihan dan kerapihan gigi, hal ini tidaklah sia-sia.

Jaga juga kesegaran aroma mulut. Yang Anda lihat di iklan-iklan pasta gigi di televisi benar adanya, bahwa senyum yang indah dan nafas segar dapat memikat wanita.

5. Kumis, jenggot dan bulu hidung.

Ada wanita yang memang menyukai pria-pria berkumis atau berjenggot, tetapi banyak juga yang tidak menyukai.
Tenang, para pria semua mempunyai pasar masing-masing.
Jika Anda memutuskan untuk memiliki kumis atau jenggot, maka rawat dan rapikan dengan baik.

Dalam hal ketertarikan, kumis dan jenggot yang tidak terawat adalah pembunuh instan nomor 1 bagi wanita.
Potong dan rapikan juga bulu hidung, jangan sampai ada yang keluar dari hidung.

Wanita yang sudah tertarik dengan Anda, dalam waktu seketika akan langsung ilfil begitu melihat ada bulu hidung Anda yang menyembul keluar.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

21 responses »

  1. Pakde Cholik says:

    wah harus bangkit lagi nih bergrooming ria.
    saya dandan jika akan pergi saja..
    kalau di rumah ya sarunging aja deh..

    salam hangat dari Surabaya

    hahaha….sarung forever ya Dheee …….๐Ÿ˜›
    yg penting khan gak bau, dan tetap rapi ๐Ÿ™‚
    salam

  2. susisetya says:

    yang penting tidak berlebihan ya bun, cukup terlihat bersih dan rapi, wangi relatif asal gak BB, soalnya aku pernah punya pengalaman dulu ngecengin cowok cakep putih bersih tapi pas deket ternyata BB-nya minta ampun langsung dech ilfil..๐Ÿ™‚

    intinya rapih dan gak bau, bikin orang lain tersiksa ya Susi๐Ÿ˜ฆ
    salam

  3. septarius says:

    ..
    jadi inget pas kerja di hotel..
    soal grooming ketat banget, sampek kuku juga harus bersih dan rapi..๐Ÿ™‚
    ..

    kudu nomer satu diperhatiin ya Mas Ata๐Ÿ™‚
    salam

  4. Imelda says:

    asal jangan cukur bulu kaki deh…. kecuali kalau itu benar-benar mengganggu (selebat hutan :D) Soalnya saya malah geli kalau melihat kaki pria tanpa bulu. Di Jepang banyak loh yg mencukur bulu kaki hihihi.

    EM

    hiii….banyak ya Mbak EM di Jepang cowok2 pd cukur bulu kaki ?
    hehehehe……kakinya kayak kaki meja dong yaaaa……….๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam

  5. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Izin nyimak sambil nyampein Award bund, semoga berkenan
    Salam Takzim Batavusqu

    terimakasih Mas Isro๐Ÿ™‚
    wow, dapet award istimewa…………….. jadi bangga plus tersanjung nih๐Ÿ™‚
    segera dijemput awardnya Mas๐Ÿ™‚
    salam

  6. wuiiiihhhh..
    manteeep banget bundaaa..
    bener banget apa yang di tulis di atass…
    SETUJU tingat akut..
    hehheheehhe

    jangan bikin orang lain tersiksa dgn bau2 aneh yg berasal dr tubuh kita ya One๐Ÿ˜›
    salam

  7. Bun, saya jadi ingat kalo istilah grooming itu lain lagi dalam dunia penelitian pada hewan percobaan. Grooming itu adalah istilah jika tikus percobaan (atau hewan lain) yang mencoba merapikan bulu/rambutnya dengan tangan atau paruhnya…
    Kira-kira definisinya mirip kan bun…?:mrgreen:

    hehehe….mirip banget dong ya Yori๐Ÿ™‚
    hewan2 aja mau rapih, apalagi kita , manusia ya๐Ÿ˜›
    salam

  8. nh18 says:

    Hahaha …
    Kalau saya …
    Yang penting Tubuh Bersih dan tidak mengeluarkan bau-bauan yang aneh …

    Salam saya Bunda Ly

    kalau ini sih , percaya banget deh sama Mas Enha๐Ÿ™‚
    dah terbukti kok waktu kopdar cikini dulu๐Ÿ™‚
    dengan baju yg sama dari pagi, tetap gak ada bau2an aneh gituh๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam

  9. ude baha says:

    bunda ane sukanya botak atau dicukur ABCD (ABRI bukan cepak doang)๐Ÿ™‚

    wah, enak dong, jadi gak perlu cream bath ya Ude๐Ÿ˜›
    salam

  10. bangau putih says:

    alhmdlh, dpt laki yg tau mrawat drix.
    mski g smpe k salon. hehe
    trma ksh yah tulisanx brguna bgt
    and bakal bxk laki yg trsungging mesem2
    bc post ini.
    salam hangat,๐Ÿ™‚

    padahal maksudnya bukan utk menyungging lho ini๐Ÿ˜ฆ
    intinya laki2 juga hrs rapi dan gak bau๐Ÿ™‚
    salam

  11. funnie says:

    yups..bener…aku suka kalau melihat pria itu rapi dan harum tapi bukan berarti sering banget ke salon, yg penting rapi dan apa adanya..๐Ÿ˜€

    rapi dan gak bau , gituh khan Funnie?๐Ÿ™‚
    salam

  12. vittayuni says:

    kalo grooming yang seperti bunda sebutkan itu siy wajib, agama kita kan banyak mencontohkan seperti itu, stay clean….

    karena kebersihan adalah sebagian dr iman ya Vitta๐Ÿ™‚
    salam

  13. alamendah says:

    Kebetulan saya termasuk pria yang mempunyai kumis, jenggot, dan bulu hidung. Perlu grooming ekstra, ki.

    jangan sampai bulu hidungnya menyembul keluar ya Mas Alam๐Ÿ˜›
    salam

  14. sedjatee says:

    merasa harus banyak berbenah oleh tulisan ini
    jadi malu… ehm..

    sedj

    masa’ sih gituh Mas๐Ÿ™‚
    salam

  15. lidya says:

    menerima apa adanya tapu bau, saya ga mau bun: )
    pria juga harus merawat diri sewajarnya aja

    sepakat Lidya
    kalau bau , mending gak usah deket2 deh …whoeks…๐Ÿ˜ฆ
    salam

  16. wah bunda,,,,
    saya ini salah seorang yang sering mengesampingkan masalah penampilan…
    eh, tapi bukannya mengesampingkan ding, peduli sih peduli cuman ga terlalu berlebihan banget bun. Sederhana aja mungkin kalau menurut saya… rambut ya yang penting disisir rapi, kuku bersih, gigi juga…๐Ÿ˜€

    makasih bun postingannya…
    salaam

    bener Ruri, yg penting bersih dan gak bau hingga mengganggu orang lain๐Ÿ˜ฆ
    salam

  17. amirul says:

    i like this post… penuh inspiratif

    thx Rul๐Ÿ™‚
    salam

  18. mylitleusagi says:

    baikk mam….๐Ÿ˜€
    aku bakal kasih artikel ini buat si manusia itu..
    suruh dia praktekin,,
    dia kan suka lupa keramas..๐Ÿ˜€

    what? Ayam suka lupa keramas??
    hedeh hedeh….ketombean dunk …. hiiiiiii…๐Ÿ˜›
    salam

  19. IndahJuli says:

    Nggak begitu suka dengan pria berkumis, sebagai pasangan lho, bukan sebagai teman๐Ÿ˜€
    Hahaha, benar sekali, Bunda, saya ilfil melihat bulu hidung nyempil, nggak perempuan nggak laki, apalagi kalau ada kotorannya.
    Nice posting Bunda๐Ÿ™‚

    sama dong InJul, lihat bulu hidung menyembul keluar gituh bener2 bikin ilfill yaa๐Ÿ˜€
    salam

  20. dhila13 says:

    i love this posting… bener bgt bun.. tapi kadang daku nih susah males doing grooming. kadang klo lagi rajin ya rajiin banget. tapi seringnya males. ga boleh kan bun ya kyk gitu.. hikz๐Ÿ˜ฆ

    intinya sih yg penting bersih dan tdk bau, agar tdk mengganggu orang lain yg dekat dgn kita ya Dhila
    lagipula agama pun mengajarkan utk selalu menjaga kebersihan๐Ÿ™‚
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s