Bon Apetit!
Yuk, berkenalan dengan beberapa hidangan Perancis yang terpopuler.
Walaupun mungkin ada sebagian dari kita yang muslim, mungkin tak bisa menikmatinya , karena dalam beberapa masakan ini ada yang dimasak dengan menggunakan lemak babi (lardon) dan juga minuman beralkohol seperti wine , cognac atau sherry.

Ratatouille


Yang khas dari makanan ini adalah makanan ini jenis sayuran yang digunakan. Semuanya merupakan jenis sayuran musim panas, seperti zucchini, terong, paprika dan wortel, kemudian dimasak dengan sedikit minyak olive (minyak zaitun).

Soupe L’oignon Gratinee ( Onion Soup)


Keistimewaannya terletak pada bawang bombay yg ditumis hingga berwarna kecoklatan, dan menjadi karamel, kemudian ditambahkan Cognac (alkohol 40%) atau Sherry (alkohol 15%) sehingga menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Diatasnya ditambahkan keju dan crouton atau irisan baguette dan dipanggang dengan api atas ( gratin).
La Salad Truffe (Truffle Salad)


Salah satu olahan paling populer dari bahan baku jamur ini adalah Truffle Salad, yang disajikan bersama saus Hollandaise. Biasanya hidangan ini disajikan sebagai appetizer ( hidangan pembuka selera).
Salad ini sangat digemari karena aromanya yang sangat memikat. Hidangan ini juga tergolong mahal karena truffle adalah salah satu jamur terlangka di dunia.
Foie Gras Terrine


Hidangan klasik dari Perancis ini, terbuat dari angsa yang dipanggang bersama lemak babi (bacon) . Keistimewaaan dari hidangn ini adalah angsa yang akan digunakan hatinya, terlebih dulu diberi pakan biji bijian (jagung) agar ukuran hati menjadi lebih besar sekitar 2 kali dari ukuran semula.
Stuffed Escargot Garlic Butter


Hidangan ini diolah dengan cara dimasak mentega dan bawang putih. Tidak heran jika aroma bawang putih yang sangat kuat. Untuk menikmatinya, harus menggunakan penjepitnya (open ricer), sekilas bentuknya seperti tang, hanya saja kepalanya berbentuk bulatan yang berfungsi menjepit cangkang dari escargot.

Salam

Semua gambar diatas diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

34 responses »

Comment navigation

  1. Orin says:

    Jadi pengen nonton Ratatouille lagi Bun (duh…nulisnya aja susah nih Bun bahasa perancis mah hihihi)

  2. diananeeh says:

    kayanya ga ada yang enak ya bun (maklum lidah indonesia) ^_^, cukup tau ajah deh makanan prancis tuh seperti itu ya, thx bunda atas infonya ^_^

    pastinya masih lebih enaklah makanan kita , banyak macemnya lagi Diana🙂
    salam

  3. Kakaakin says:

    Wah… sulitnya mencari makanan yang halal😀

    makan cokelat aja ya Kak😛
    salam

  4. maminx says:

    oh itu masakan yang pertama yang ada di pelm ya, hehe. enak kayaknya yah pengen nyobain euy kalau ada mah. meski biasanya sih tetep masakan mamah sendiri / masakan rumah tetep nomor wahid, hehehe..

    au revoir😀

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s