Apa sih cita-cita adik? “Adik ingin jadi dokter ma, kan keren bisa sembuhin banyak orang,” begitulah celetuk si kecil saat ditanya tentang cita-citanya. Tetapi giliran diajak untuk periksa ke dokter, ia akan merengek dengan berbagai alasan agar batal mengunjungi dokter. Tak jarang ia akan menangis semakin keras jika Anda bersikeras ingin membawanya.

Entah hanya mengunjungi dokter gigi, atau ingin memeriksakan batuknya yang tak kunjung sembuh, sangat sulit bagi Anda membujuk si kecil. Ia malah berteriak-teriak dan menangis merajuk tak ingin dibawa ke dokter.

Bagaimana sih supaya si kecil tidak rewel saat Anda akan membawanya ke dokter?

Tips:

1. Jangan memaksa si kecil dengan cara kasar jika memang ia tak mau diajak ke dokter

2. Ajak si kecil dengan lembut dan sedikit pengalihan perhatian agar ia mau menerima ajakan Anda ke dokter

3. Cermati dengan baik dokter yang akan merawat anak Anda, pastikan bahwa ia memiliki kualitas yang baik karena tentunya Anda tak ingin anak Anda celaka

4. Berikan award dan pujian kecil pada si dia karena keberaniannya menghadapi jarum suntik, ini akan membuat si kecil lebih sadar artinya pengobatan yang memang dibutuhkan olehnya.

Atau, anda punya kiat lain, agar si kecil mudah diajak ke dokter? monggo, sahabat2 silakan berbagi disini…….

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

49 responses »

Comment navigation

  1. fety says:

    menyimpan ilmunya dulu, bunda🙂

  2. dmilano says:

    Saleum,
    saya waktu kecil memang sangat takut ke dokter, dokter tuh identik ama jarum suntik makanya saya sering gak mau ke dokter.
    untunglah, sekarang banyak dokter yang ramah terhadap pasien anak2, sehingga ketakutan sperti yang saya alami dulu sedikit bisa diminimalisasikan.
    saleum dmilano

  3. Kaget says:

    Saat si kecil ke dokter gigi, malah langsung duduk minta dicabut gigi nya yang sudah goyang. Dari dulu saya tak pernah memberikan gambaran bahwa dokter itu menakutkan, ini akibatnya😀

  4. yayats38 says:

    tips yang menarik Bun … kedua anak saya takut banget sama dokter mirip bapaknya xixixi
    Trims Bun
    Salam

  5. susisetya says:

    kalo aku bun kalo anak sakitnya gak berat gak dibawa kedokter, diobati sama obat biasa aja atau malah pake obat nenek moyang alias obat alami, kecuali kalau sakitnya udah berat baru dech ke dokter, dan alhamdulilah anakku gak susah dibawa kedokter, alias adem ayem aja…

  6. Lyliana Thia says:

    Oooh… anak2 di dokter gigi adalah sebuah nightmare Bunda… padahal udah ngelakuin cara2 diatas… nggak ngaruh tuh… makanya lebih baik jgn sakit gigi deh.. hehehe

  7. jumialely says:

    si nayla adem ayem aja diajak ke dokter bun… tapi ko sampe di pintu rumah sakit minta pulang… heuhuehueh😀

    maaf baru mampir lagi bunda

  8. bunda…. apa kabar ?
    lama ngak main ke blog ini.
    terima kasih tipsnya, Bunda… anakku sekarang takut ke dokter.
    mungkin trauma waktu dulu dibawa ke dokter, dokternya pakai masker🙂
    jadinya sekarang dia ngak mau lagi yang namanya ke dokter…

  9. marsudiyanto says:

    Mohon petunjuknya Bun, bagaimana kalau yang takut ke dokter itu Si Besar???

  10. panties says:

    great publish, very informative. I ponder why the opposite specialists of this sector don’t notice this. You should proceed your writing. I am sure, you’ve a great readers’ base already!Your article is very useful, especially for me,Thank you for sharing, Greetings

    lingerie
    harga komputer bekas

  11. Kris says:

    wah… tips yg menarik bun… buat persiapan saat memiliki anak nanti….

  12. Assalmualkm….
    Bun ajeng belum punya bebi….
    alhmdllh…..bekal buat nanti klo dah berkeluarga..mksih bunda

    Wassalam

  13. ysalma says:

    tips tambahan Bund,, jangan setiap suhu badan anak, naik dikit, langsung lari ke dokter, padahal yang dibutuhkan anak cuma istirahat karena kecapak-an bermain dan perhatian lebih dari bundanya🙂
    # kalau junior malah minta-minta ke dokter, soalnya jarang dan di tempat dokter banyak benda menarik tapi ga boleh mulu buat dimainkan😀

  14. mascayo says:

    Sebelum mengajaknya pergi ke Dokter, buat hatinya senang dan gembira.
    begitu barangkali Bunda🙂

  15. Kayla sama Fathir sih sampai sejauh ini gak pernah takut ke dokter Bun…
    Soalnya dokternya udah langganan, ibu ibu baik dan sabaaaar banget, udah dari Kayla bayi sampe sekarang, jadi udah kenal dan ngakrab ama anak anak…
    untunglah🙂

  16. trilaksono says:

    hehehehe…. anak saya umur 11 bulan, awalnya tdk takut dengan dokter, tp sejak menjalani bbrp imunisasi a.k.a lewat jarum suntik, akhirnya dia trauma dengan dokter, meskipun sdh ganti dokter. mungkin yg direkam adalah jas dokternya ya?:D ato dokter hrs pake baju2 batman ato superman kali ya, biar anak2 pd senang😀

  17. isnuansa says:

    Saya nggak punya kiat Bunda, wong anak saja belom punya, hehehe…

    Gimana nanti mbujuk anak supaya mau ke dokter ya, Mamanya saja takut jarum suntik, hahaha…

  18. Ehm…nice inpo buat persiapan kami bun….

    Salam,
    Keluarga Harestya

  19. ded says:

    Waktu anak saya berumur 2 tahun, setiap ketemu dokter langsung nangis. Klo diajak ke dokter ga pa pa Bun, alhamdulillah itu tidak lama. Masa-masa itu sudah terlewati….

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s