Anak-anak bagaikan sebuah botol kosong yang jika diisi akan penuh. Dan tugas orangtua adalah mengisi botol kosong tersebut.

Tak hanya sekedar mengisi saja, kita sebagai orangtua haruslah memperhatikan akan kita isi dengan apa anak2 kita, kepandaiankah? keberaniankah? tanggung jawab dan kejujurankah?

Yang pasti kita selalu menginginkan yang terbaik bagi anak2 kita bukan? Keberanian dan rasa tanggung jawab, cukup penting bagi mereka, dan berbagai cara di sekolah diajarkan untuk meningkatkan kedua hal tersebut.

Namun jika melulu pelajaran sekolah yang diterimanya, lama-lama si kecil bosan juga lho. Nah maka dari itu, yuk kita ajak mereka menemukan harta karun keberanian dan tanggung jawab di halaman belakang rumah Anda.

Caranya sangat mudah:

Pertama, ajak mereka berkemping di halaman belakang rumah Anda. Tak sekedar hanya berkemping, namun kali ini pakai tenda sungguhan dan semua perlengkapan yang akan mendukung agar kemping tersebut berkesan sebenarnya.

Memang akan lebih seru jika Anda langsung terjun ke alam, namun kondisi fisik si kecil saat ini belum siap untuk menghadapi hal itu. Jadi, saat ini mulai saja dari hal yang kecil terlebih dahulu.

Kedua, buat beberapa tugas kecil untuknya di saat itu, dan pastikan si dia dalam keadaan aman dan nyaman melakukan tugasnya. Ajarkan mereka untuk menjaga kebersihan, dan mandiri dalam melakukan segala sesuatu.

Tidur di atas alas karpet atau tikar memang tak nyaman, apalagi kali ini tidak di dalam kamar, melainkan di luar ruangan di bawah sinar rembulan dan hembusan angin malam.

Tentunya si kecil akan banyak bertanya, mengapa ada suara krik…krik.. si jangkrik, atau suara-suara hewan malam lainnya. Ada kalanya ia akan merasa takut, namun bimbinglah mereka mengenal lebih jauh betapa kayanya alam dan tak ada yang perlu ditakutkan dari hal-hal tersebut.

Yang seharusnya dilakukan adalah menjaga dan tetap waspada akan gangguan yang mungkin muncul, seperti bencana alam.

Ketiga .Ketika pelajaran hampir berakhir, berikan poin-poin nilai atas sikapnya selama berkemping dengan Anda. Tentunya ia akan merasa bahwa ini adalah petualangan seru yang baru dimulai dengan Anda.

Dan ke depannya nanti ia akan bersikap dan berusaha untuk lebih baik lagi. Hmmm….cara mudah untuk belajar keberanian dan tanggung jawab bukan?

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

35 responses »

Comment navigation

  1. hajarabis says:

    nice.. really nice!🙂
    sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.hajarabis.com
    dan ikuti undian bagi-bagi duit ratusan ribu rupiah
    sukses selalu!!

  2. sayang bun saya ngak punya halaman belakang,padaha bakan sangat asyik dan mengesankan

  3. Orin says:

    Jadi teringat Bun, sejak kelas 4 SD orin udah dibolehin ikut acara kemping di sekolah, makanya orin jd (lumayan) pemberani hehehe *komen OOT*

  4. Necky says:

    bunda lily….kalau saya selalu menekankan kepada anak2 saya untuk menjadi orang yang bertanggung jawab. Mereka belajar bertanggung jawab dalam arti yang luas. Tanggung jawab sebagai pelajar, harus tahu kapan harus belajar dan buat pe er. Sebagai anak, harus mengerti bagaimana caranya membantu orang tua seperti merapikan kamar, meja belajar, dll. Sebagai orang beragama, sholat harus didahulukan, bersikap baik sesuai akhak yang terpuji. Tentunya gaya bahasanya disesuaikan dengan umur mereka….demikian sharingnya bun

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s