Saat mendengarkan sebuah lagu anak-anak,,Kau temanku, ku temanmu kita selalu bersama seperti mentega dengan roti….’, saya merenungkan tentang arti seorang teman.

Teman, hmm, siapa di dunia ini yang tak punya teman?! Pasti semua orang punya teman. Namun, harus diakui bahwa kerapkali hubungan kita dengan mereka begitu beragam.

Ada yang baik, ada yang tidak. Ada yang kurang dekat, ada yang sangat dekat, bahkan melebihi kedekatan dengan saudara. Ada pula yang kurang akur, ada yang selalu akur-akur saja.

Berikut beberapa deretan alasan mengapa kita harus menghargai dan mempertahankan hubungan pertemanan yang ada, terlebih khususnya bagi Anda yang berada jauh dari keluarga.

Selalu ada

Yah, mungkin tidak 100% sih, namun siapa coba yang membantu Anda melewati masa-masa sulit seperti patah hati, kematian orang tua, hingga sakit keras?! Teman ada di sana, kadang tanpa kritik atau penghakiman, hanya hadir sebagai seorang suporter sejati. Dia merupakan salah satu alasan mengapa Anda bisa kuat untuk melewati semua masa sulit itu sehingga Anda bisa keluar sebagai seorang yang jauh lebih tegar.

Banyak kesamaan

Dia suka buku Max Lucado, Anda juga. Dia benci selai kacang, Anda juga. Dia suka berenang, Anda juga. Ada banyak kesamaan yang bisa menyatukan Anda dan seorang teman. Sedangkan perbedaan itu pasti ada, namun justru itulah yang membuat Anda berdua saling melengkapi satu sama lain.

Dia fans Anda

Dia mengagumi diri Anda. Dia mengatakan Anda cantik. Dia yakin Anda bisa. Dia percaya pada keputusan Anda.

Memiliki banyak kenangan bersama

Saat Anda mengenang masa lalu, dia ada pula di sana. Momen bahagia, sedih, pertengkaran, saling memaafkan, semua yang pernah mewarnai hidup Anda dilengkapi pula dengan keberadaannya.

Dia menerima apa adanya

Dia menjadi teman bukan karena Anda kaya, punya karir bagus, punya banyak kelebihan atau lainnya. Dia hanya ada karena Anda, bukan karena apa yang Anda miliki.

Jujur

Anda percaya padanya, dan dia percaya pada Anda, tanpa syarat, bahkan saat situasi tidak bisa dimengerti. Dia jujur tentang penampilan baru Anda, sekalipun bila itu kurang matching. Dia juga tidak sungkan untuk menegur Anda bila Anda melakukan kesalahan.

Sms ajaib

Saat Anda sedang down, tiba-tiba bip..bip…ada sms darinya yang menguatkan Anda. Teman yang baik selalu bisa membuat Anda merasa istimewa tentang diri Anda sendiri.

Tahu (hampir) segalanya

Dia tahu kapan Anda pertama kali berciuman. Dia juga tahu alasan mengapa Anda tidak suka sayur kubis. Dia tahu dari mana Anda mendapat bekas luka di kaki. Dia tahu hampir segalanya tentang Anda.

Dia bisa jaga rahasia

Dia tahu rahasia terdalam Anda dan dia mampu menyimpannya rapat-rapat.
Dia jugalah yang rela menjemput Anda sepulang kerja. Jika mau ditambahkan, maka pasti ada banyak alasan lain mengapa seorang teman begitu sangat berharga.

Jadi, apa arti teman bagi Anda?!

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

50 responses »

Comment navigation

  1. tiwi says:

    btl skl bunda, keberadaan teman mmg sangat berarti terutama pd saat kita sdg membutuhkan seseorang utk tmpt berbagi sgl kesal yg ada di hati…

  2. Ann says:

    Kalau menurutku teman itu… ya sama seperti yang Bunda bilang itu🙂

  3. sangsaka says:

    Sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatanmu
    Di hari kita saling berbagi
    Dengan kotak sejuta mimpi, aku datang menghampirimu
    Kuperlihat semua hartaku

    Kita s’lalu berpendapat, kita ini yang terhebat
    Kesombongan di masa muda yang indah
    Aku raja kaupun raja
    Aku hitam kaupun hitam
    Arti teman lebih dari sekedar materi

    *numpang nyanyi lagi Bun, masih kangen sama Bunda*

    abis ini, nyanyi lagi masih boleh kok Kang😛
    sama2 masih kangen juga sama Kang Sakaaaa………………..
    salam

  4. vizon says:

    Ada banyak alasan yang menjadi penyebab kita berteman dengan seseorang, salah satunya gara-gara sama-sama ngeblog, iya kan Bun? hehehe…

    Apapun alasan dan penyebab kita berteman dengan seseorang, memberi makna dalam pertemanan itu, tentulah menjadi penting. Oleh karenanya, mari tetap kita jaga pertemanan dengan menghargainya dengan sebaik-baiknya🙂

  5. yayats38 says:

    Teman saya selalu datang dan pergi Bun. Ada yang melupakan, terlupakan dan beberapa banyak juga yang masih “mesra” sampai sekarang seperti kriteria di atas. Saya selalu tidak keberatan jika setiap waktu teman saya bertambah satu atau banyak he he.
    Trims Bun … artikel ini membuat saya sejuk🙂

  6. choirul says:

    teman adalah yang membuatmu menangis bukan yang membuatmu tertawa…. itu pepatah arab bunda…

    teman itu yang mengingatkan bukan yang melenakan…

  7. kalo bagi saya yang segalanya itu sahabat bunda🙂

  8. Darin says:

    Teman memang misterius Bunda.
    Di sepanjang kehidupan saya, saya telah menemukan beragam jenis teman. Yah, persis yang Bunda paparkan di atas. Dan memang memiliki teman karib atau sahabat itu menyenangkan. Kita akan merasa nyaman dan aman di dekatnya. Tapi ada pula yg baru sebentar kita kenal namun sudi membantu di kala kita jatuh.
    Salam persahabatan Bunda🙂

  9. Ikkyu_san says:

    aku selalu berusaha berteman sebanyak-banyaknya, karena pada dasarnya aku adalah orang yang mudah kesepian. Teman adalah obat bagiku.

    EM

  10. melly says:

    teman adalah segalanya bunda🙂

  11. ehm…teman??? harus lebih dr sekedar “teman”

    ada dalam duka dan suka..(sengaja d balik, krn byk jg tmn yg tdk kuat menemani kita dlm duka)

    salam kenal bunda,
    Keluarga Harestya

  12. anny says:

    Ketemu teman bagaikan ketemu cermin kalo saya Bun, sebab banyak hal senada jika bersama teman🙂

  13. Prima says:

    Bunda… aku jadi inget temenku nun jauh disana… dia pernah bilang: I really hate your religion, but I can’t hate you however I tried…

    dia emang religius bunda, tapi dia baik dan jujur, justru karena kejujurannya, bikin hati tersentuh…hahahahah… *dasar bule, suka ceplas-ceplos

  14. ded says:

    Tapi saya jarang ketemu teman Bun, kecuali teman kantor. Soalnya hari libur hari-hari bersama keluarga, ketemu sama teman harus direncanakan khusus, atau dalam acara2 tertentu…..

  15. monda says:

    jadi gelisah bunda kalau ada salah sama teman….

  16. Orin says:

    Bundaaa…jadi teman Orin mau kan ya..ya..ya… ? *peluuuuk*

  17. tunsa says:

    teman bisa menampung kesedihan, kesenangan, dan lain sebagainya. ini saya lagi nyari teman hidup bunda.. hehe..😀
    mau curhat nantinya, hihi..
    salam

  18. omiyan says:

    tak ada teman dunia terasa hampa bun, mereka bahkan akan lebih baik daripada saudara kandung kita sendiri

  19. salam bunda…
    teman bagi saya adalah sudah seperti anggota keluarga yang harus ada dalam hidup saya… karena pada dasarnya kita hidup tidak mungkin dalam kesendirian,
    senang rasanya jika dapat peringatan atau sms dari teman yg hanya sekedar ngucapin salam dan mengingatkan untuk selalu berbuat baik…

    mudah2an semua yang ada di sini juga bisa menjadi teman yang baik dan menjadi keluarga… aamiin
    salaam

  20. teman tapi mesra…gimana bunda?

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s