Tak semua makanan bisa menjadi bagian dapur kita. Tak peduli seberapa mahal itu, makanan tersebut bisa saja terlantar di salah satu sudut lemari makan.

Sama seperti dengan kenyataan bahwa apa saja mungkin ‘masuk’ dalam gudang, kita perlu mengetahui dan menyisihkan makanan yang kemungkinan tidak akan kita makan atau perlukan lagi.Kita bisa memberikannya pada orang lain jika kondisinya masih bagus atau membuangnya saja, dan pastikan jangan membelinya lagi, bila  tidak benar-benar amat sangat butuh. Makanan apa sajakah itu?

Makanan angan-angan

Contoh kasus:
Anda menonton TV dan acaranya demo masak. Artis seksi nan langsing itu sedang mengenalkan resep kue baru yang bebas lemak.

Pada akhir acara ia menantang Anda untuk membuat kue yang sama karena kue ini belum ada di pasaran kuliner. Anda pun jadi tergiur dan bersiap-siap untuk membeli bahan-bahan kue tersebut.

Makanan angan-angan merupakan makanan yang Anda harapkan bisa menyulap Anda menjadi seorang yang lain.

Anda berangan-angan membuat kue dalam waktu dekat, sementara selama ini Anda bahkan tak tahu bagaimana caranya menyalakan mixer. Hmm…

Tak peduli sebaik dan sesehat apapun makanan itu tetap saja bakal mubazir jika Anda tidak pernah terjun ke dapur.

Jadi, jangan berbelanja makanan hanya untuk memenuhi ‘angan-angan’ sementara Anda.

Makanan jaga-jaga

Anda membeli makanan ini hanya untuk berjaga-jaga jika ada tamu yang datang secara mendadak.  Hmm, bagaimana jika tidak ada tamu yang datang, apa yang akan Anda lakukan pada makanan itu?
Bukankah lebih baik menyuguhkan makanan yang ada saja, saat tamu datang berkunjung.

Makanan darurat

Apakah Anda sedang berusaha memiliki pola makan yang sehat? Jika begitu, tidak usah membeli makanan darurat instan yang biasanya bakal memenuhi lemari makan Anda.
Jika Anda menyimpan makanan-makanan instan yang tidak sehat tersebut, maka makanan tersebut bisa menjadi godaan untuk ‘berlibur’ sejenak dari pola sehat tersebut.  And, that’s big no no!

Salam

Gambar dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

45 responses »

Comment navigation

  1. Mohd Zaid says:

    tapi makanannya enak bangat..

  2. Fresh says:

    Makanan darurat, apa aja dimakan asalkan perut kenyang.

  3. Prima says:

    aku banget itu bund, makanan darurat… *dulu sih waktu di US
    jatohnya malah dicemil mulu, makan di luar jam makan, dan kantong malah tipis…

  4. Nohara says:

    menjadi anak kos sangat susah untuk memilih makanan sehat dan mengatur diri agar makan teratur. butuh motivasi bun..

    • technoboy says:

      betul banget, jadi inget jaman ngekost saat kuliah dulu, bahkan dah umum rasanya jika anak kost kadang terkena tipes, karena pola makan yg tidak teratur dan sehat

  5. Kris says:

    betul bun… setuju itu….

  6. rumah dijual says:

    makanan angan2 tw bun yg susah bwt d wujudin hehehhe,,,🙂

  7. tapi aneh ya bun kdg makanan yg enak2 mlh bnyk d larangnya,,,

  8. rumah dijual says:

    kita mesti memilih makanan yang sehat

  9. choirul says:

    yag makanan jaga-jaga tuh….. ntar kalo g ada tamu yang datang saya santap sendiri

  10. Nchie says:

    pagi bunda..
    disini dari pagi ujan bbrr..tiris..
    setuju sekali,jangan pernah sekali-kali menyimpan makanan jaga-jaga,takutnya malahan mubazir..
    Kalo di rumah paling makanan jaga2nya telor,sosis,mie instan,nugget hehhe..

  11. Agung Rangga says:

    wah, benar bun, saya juga dulu pernah mikirin makanan yang dibuat di tv, dan pas saya mencoba membuatnya, eh ternyata gagal…😥
    kapok deh…😐

  12. wien says:

    makanan jaga-jaga itu yg nanti bisa2 malah mubazir bun…

  13. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Saya tertarik dengan makanan untuk berjaga jaga, ketika itu akan ada arisan keluarga, saya sudah siapkan untuk 3 hari kedepan, eh pas hari H keluarga ada yang meninggal.. jadi gatot deh persiapan 3 hari
    Salam takzim Batavusqu

  14. riez says:

    Makanlah ketika merasa lapar, Berhentilah makan sebelum kenyang

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s