“Adik nggak usah main, nanti kalo kecapekan jadi malas belajar.” Eits… Pikirkan hal yang positif saja, buuu…

Bermain tak akan lepas dari dunia anak. Dan, pola bermain sewaktu kecil berperan penting bagi perkembangannya.

 Para peneliti dari The University of Ulster mengatakan bahwa bermain dapat mengembangkan imajinasi, interaksi sosial, kesehatan fisik, serta melatih kepekaan emosi anak.

Anak yang kreatif bermain sewaktu kecil akan memiliki pola hidup sehat. Mengapa demikian? Karena si kecil terbiasa mengembangkan imajinasinya. Dia dapat memfungsikan otak sebaik-baiknya dengan cara mempraktekkan imajinasi yang telah dipikirkan.

Ketika remaja, dia menerima informasi tentang bagaimana cara hidup sehat dan manfaatnya. Setelah itu, dia terbiasa untuk melakukan hal yang telah ada di pikirannya. Hasilnya, dia menjadi sehat ketika dewasa.

Selain itu, anak yang aktif bermain sewaktu kecil akan menjadi aktif pula ketika dewasa, baik dalam olahraga maupun kegiatan sosial. Karena, sewaktu kecil mereka terbiasa melatih psiko-motorik dan sering berinteraksi dengan orang lain.

Anak yang dibatasi bermain oleh orang tuanya sewaktu kecil, cenderung gemuk bahkan menjadi obesitas dan tidak terbiasa hidup sehat ketika dewasa.

Jadi, bebaskan anak Anda bermain bersama temannya. Tapi, tetap kontrol waktu dan jenis permainannya ya, buuu…

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

28 responses »

  1. bener bgt tw bun, tapi kalo maen juga mesti terkontrol kalo g gt ntar malah jadi kacau lg,,,,

  2. Prima says:

    Hihihihihi Bund, kalo jaman kita kecil emang belum ada Video Game, dkk, dijamin sehat semua! *ahli belasak2 lagi curhat, wkakakakaka…

  3. Siaaappp laksanakan !!!

    susahnya membungkam mulut utk tdk berkata ‘jangan’

    tapi harus terus mencoba kan buunnn?

  4. Bayu says:

    oo gitu yah. baru tau. kalo saya dulu suka bermain. tapi kok sekarang masi gemuk2 aja yah. hmmm.
    masa kecil harus bahagia tuh. kalo ngak gede nya suka aneh

    gemuk atau kurus gak masalah,
    yg penting khan sehat Bayu🙂
    salam

  5. Necky says:

    kecil main2…remaja…penuh kreatifitas….dewasa…punya usaha sendiri deh… nikmatnya kalau bisa gini ya bun

  6. sabuk says:

    Betul Bunda. Memang anak yg aktif dan senang bermain biasanya sudah terlatih mentalnya. Biasanya anak seperti ini tidak pemalu. Kalau sudah besar gampang bergaul dengan banyak orang dan punya teman banyak.

  7. adib mahdy says:

    bermain ..di outdoor sekarang jarang sekali di mainkan oleh anak anak..mereka lebih sering bermain dengan alat elektronik seperti Play station dan game PC

    karena sekarang juga lahan utk bermain udah jarang ya Adib😦
    tapi, kalau mau bisa aja sih dgn kegiatan renang atau futsal🙂
    salam

  8. aNex Curut says:

    wah,buat pelajaran nanti kalo udah punya anak.hhe.

    kapan? cepetan dong akh!🙂
    salam

  9. betul sekali bunda memang masa kecil adalah masa2 bermain,dan belajar mengembangkan/melatih kepekaan sosial,sehingga menginjak dewasa akan seimbang dengan kecerdasan intelektualnya

    untuk itulah kita berada di sisi mereka ya Fitri🙂
    salam

  10. ysalma says:

    Iya Bunda sayang,,
    pesannya bakal diingat,,🙂

    hehehe….terimakasih banyak Salma sayang🙂
    dan, Junior pasti anak sehat yg cerdas🙂
    salam

  11. ichsan says:

    saya merasakan dampaknya🙂

    jadi, Ichsan sehat terus ya , alhamdulillah🙂
    salam

  12. riez says:

    Bebaskan anak berekspressi..

    selama hal itu tdk membahayakan bagi mereka sendiri ya Riez🙂
    salam

  13. Kris says:

    setuju bun…. saat anak-anak diusia yang memang harus bermain jgn di batasi, awasi dan seleksi saja mainan yang membahayakan bagi dirinya…😀

    bener Kris, kita awasi saja mereka ya🙂
    salam

  14. ded says:

    Alhamdulillah, anak kami dua-duanya hobby olah raga Bunda ……………
    Kevin olah raganya sepak bola (senin, rabu dan sabtu sore), basket (selasa dan jumat sore serta minggu pagi) dan renang (senin dan kamis sore), tapi karena jadwalnya ada yang bentrok dan takut kecapean kadang renangnya ditinggal.
    Sedang Thalita basket (selasa dan jumat sore serta minggu pagi) dan balet (selasa dan jumat siang)

    Alhamdulillah, semua kegiatan Kevin dan Thalita
    sungguh bermanfaat ya Ded,
    mereka bisa mengeksplorasi bakat dan kemampuannya melalui semua kegiatan itu.
    pastilah Kevin dan Thalita , adalah anak2 sehat yg cerdas🙂
    titip sayang bunda utk mereka ya Ded🙂
    salam

  15. marsudiyanto says:

    Kalau kecilnya sehat, besarnya pasti juga suka bermain kan Bun?😀
    Iya dong, pasti!!
    Salam!

    iya deh, kalau aku sih setuju saja dgn Pak Guru😛
    salam

  16. Bahaya Bunda…Hani dulu dibatasi waktu beermainnya…gak boleh kemana-mana..eh beda sih . ya…maasih main kok, cuma tempat mainnya aja yg dibatasi…ntar diterapin buat anak-anak Hani dech..

    gak apa apa dibatasi Hani,
    mungkin membahayakan, dulu waktu msh kecil, kan Hany belum ngerti sayang🙂
    (peluk rindu)
    salam

  17. usagi says:

    Emanggg bener bangettt
    Kalau kecilnya bandel,,gedenya pinter
    Lihatlah anakmu ini,,
    Kecilnyaa luar biasa bandelnya :d

    kayaknya sampai sekarang
    masih mada dweh nak dirimu😛
    (peluk sayang)
    salam

  18. wien says:

    saya inget-inget pesan bunda…semoga nanti saya bisa menjadi orang tua yg bijak seperti Bunda…Amien

    wah, kalau Wien nanti jadi ortu,
    pasti lebih hebat lagi dr pd bunda🙂
    salam

  19. Clara Croft says:

    Untung saya pas kecil senang bermain, jadi aktif deh besarnya🙂

    saking aktifnya, sering banget jalan2 menjelajah kemana2 ya , senagnya😀
    salam

  20. keren bunda,
    Kebetulan one jg punya ade yg badung bgt,
    Tpi kalo di perhatikan, ade one tuh anaknya cerdas..
    Tpi kadang suka ngeselin aja sifatnya,
    Hehehehe,
    #blm brbakat jdi seorang ayah

    hehehe…memang gitu One kalau kakak beradik selalu ada aja yg bikin ngeselin salah satu🙂
    tapi, begitu berjauhan, pasti kangen pingin ketemu🙂
    ( nanti kalau sudah waktunya One pasti bisa jadi bapak yg baik kok )🙂
    salam

  21. choirul says:

    saya dulu bunda suka sekali hujan-hujanan… dan waktu hujan itu mencari ikan di sungai… sampe sakit juga…. he he he

    waaaa…………….. paling asik tuh main hujan ya Rul🙂
    salam

  22. alhmdllh…1 ilmu lgi aku dapatkan di home bunda..mksih ya bunda bekal buat nanti klo udh berumah tangga…

    alhamdulillah, makasih ya Ajeng utk apresiasinya🙂
    ( bunda sambil nunggu undangan dr Ajeng)🙂
    salam

  23. monda says:

    bunda, hari ini sudah 2 artikel ….rajinnya … …jadi ngiri deh … he..he…,

    betul bun, anak kalau terlalu banyak dilarang nggak boleh main, gedenya malah bisa jadi penakut

    hehehhe…maaf dong Mbak Monda😳

    juga jadi gak kreatif yaaa …..:)
    salam

  24. Lidya says:

    saya lebih suka Pascal main dengan mainannya dibanding nonton tv ataupun main games

    bener Lidya dengan nonton tv atau main games, kok malah jd males kayaknya ya🙂
    salam

  25. Sukadi says:

    Si kecil juga lagi aktif-aktifnya, Bunda. Sukanya berlarian, sampai-sampai yang kelelahan bukan anaknya tapi malah ibunya😀

    Terimakasih Bunda, semoga kami menjadi orang tua yang bijak yang memahami masa bermain anak.

    Salam

    capek tapi pastinya seneng ya Mas🙂
    semoga anak2 dan ibunya selalu sehat ,amin
    salam hangat utk keluarga
    salam

  26. Arif Bayu says:

    IYa bun kayaknya anak yang suka bermain entalnya jelas lebih kuat…. daripada anak yang terus diam dirumah…. cuman kita sebagai orang tua mesti kontrol…. jaman sekarang tantangannya semakin berat…….:)

    bener Rif, yg penting tetap ada kontrol,
    kalau2 membahayakan bagi anak2 kita🙂
    salam

  27. alamendah says:

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Untung dulu sewaktu kecil saya senang bermain. Bahkan sekarang juga masih sering main-main sama anak pramuka.

    cihuyyy…..dapat sapaan khasnya Mas Alam😀
    iya Mas Alam aktif ya di pramuka, sukses ya Mas🙂
    salam

  28. putri says:

    terutama olah raga memang sangat penting buat kesehatan…

    anak2 juga pasti dgn senang hati mau melakukannya ,
    apalagi sambil bermain ya Put🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s