Berteman memang kebutuhan setiap orang, tapi jika sampai mempengaruhi keuangan Anda, harus tahu cara menyiasatinya.
Melakukan suatu aktivitas memang enaknya beramai-ramai dengan teman. Melakukan kegiatan amal, bepergian ke tempat-tempat indah, kursus sampai dengan belanja.

Teman membuat kita memiliki kekuatan lebih untuk melakukan sesuatu, teman mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang kita masih ragu-ragu termasuk urusan keuangan!

Tentu Anda pernah mengalami, ketika acara belanja teman-teman sibuk memborong barang yang mereka bilang murah meskipun bagi Anda harga itu masih di atas jangkauan Anda.

Sekali-dua kali Anda bisa menolak, tetapi jika setiap kali seperti itu perasaan tidak enak pun muncul.  Berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya. Kuncinya cuma satu: harus tegas!

1. Hindari situasi pemborosan

Tidak hanya belanja, perawatan kecantikan bareng-bareng atau acara makan bersama teman pun bisa jadi ajang godaan untuk boros. Oleh karena itu, jadwalkan berapa kali Anda akan belanja, makan, dan perawatan bersama teman.
Hindari teman yang cenderung provokatif untuk membeli barang yang tidak perlu hanya untuk bersenang-senang.

2. Atur keuangan rumah tangga

Mendekatkan anak dengan keluarga teman, kadang kala menciptakan masalah baru bagi Anda yaitu anak Anda membandingkan apa yang dia punya dengan milik keluarga teman Anda. Dan parahnya jika teman mendukung Anda untuk memenuhi permintaan anak.
Dalam hal ini Anda tetap harus tegas dan mematuhi anggaran keuangan yang sudah dibuat. Jelaskan pada anak Anda tentang alasannya dan katakan bahwa jika teman Anda itu adalah ibunya, belum tentu juga dia akan menuruti kemauannya.

3. Temukan teman yang mendukung

Pengaruh teman memang sangat besar untuk gaya hidup Anda karena itu jangan ragu untuk berteman dengan seseorang yang terkenal pintar mengatur keuangan.
Mungkin dia tidak berasal dari grup belanja Anda, atau bukan seseorang yang bergaya hidup tinggi, namun jika memang keadaan keuangan Anda pun begitu adanya mengapa harus memaksa berteman dengan kalangan high class?

4. Beramal semampu Anda

Hati-hati, kegiatan mulia satu ini bisa menjadi tidak mulia jika Anda memaksakan diri melakukannya. Oleh karena teman-teman satu geng kompak beramal untuk suatu acara kemanusiaan, Anda pun jadi ikut beramal.

Ketika menuliskan sejumlah angka, teman-teman berceloteh “punya mobil masak nyumbangnya segitu..” dan Anda pun menambah jumlah nol di belakang deretan angka Anda.
Temukan kembali arti beramal, Ladies!
Jika tidak cukup anggaran, mengirimkan makanan pada tetangga Anda yang kurang mampu juga beramal kok.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

30 responses »

  1. Necky says:

    alhamdulillah ..saya punya teman…baik-baik semuanya bunda…..benran deh saya ga bohong…karena kalau ga baik…mereka ga saya jadikan teman…. hahahaha

    hahahha…….karena Necky nya juga baik,
    makanya temen2 nya juga baik😀😀
    salam

  2. Terimakasih Bunda… pokoknya “harus tegas” .🙂

    tegas bukan berarti galak atau judes ya Win🙂
    salam

  3. arik says:

    tipsnya Bunda selalu menarik untuk dipelajari dan dipraktekan….trim’s Bunda

    alhamdulillah, terimakasih, Arik🙂
    semoga ada yg bermanfaat
    salam

  4. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Teman saya malah suka minta dikirimin pulsa bund. namun saya punya cara jitu agar teman tidak minta lagi. Saya ketik di HP pulsa 50000 terus saya kirim ke nomor teman itu, begitu seterusnya. Akhirnya dia bosen, tapi tetap menghibur hehehe
    Salam Takzim Batavusqu

  5. Bayu says:

    Beramal semampu Anda?? beramal kayak nya malah bisa jadi kaya bunda. ngak mungkin bisa jadi boros.

  6. Orin says:

    Upss…seringnya Orin justru yg jadi provokator-nya itu Bun hihihihi..

  7. bener bgt bun..syukur2 ada uangnya nah ini ga ada uangnya…
    Hemat pangkal …………..??

  8. lozz akbar says:

    Alhamdulillah.. teman kanan kiri saya enggak ada yang berpotensi membuat saya bangkrut Bun…

  9. sedjatee says:

    mungkin termasuk contoh kasus adalah teman yang selalu minta rokok, gitu ya Bund…

    sedj

  10. rumah dijual says:

    kita harus pintar2 memilih tmn jgn sampe tmn jd pnghancur untuk diri kita sndr

  11. wah benr bgt tw bun,,

  12. dhila13 says:

    waah.. bener bgt tuh bunda.. klo kita temenan sama yg suka ajak boros bahaya.. harus tegas sama diri sendiri dan bahkan kita yg mengajak memperbaiki sifat boros teman..

    bundaa mampir dunk di blog dila.. *narik2 baju bunda😀

  13. isti says:

    pilih teman yg selevel..kalo dapat teman yg hobi nya makan di cafe..kita bisa cepat bangkrut…hehe..

  14. maminx says:

    waduh untung teman-teman saya satu hobi jadi gak sampe menghabiskan /nguras uang terlalu banyak, hehe. nice info bunda.
    salam🙂

  15. mandor tempe says:

    intinya adalah tegas ya bunda. Memang benar, ketika uang cash sudah ada di tangan, dibawa kemanapun pasti akan habis. Maka habiskan uang hanya untuk yang benar-benar diperlukan saya.
    Terima kasih bunda telah barbagi

  16. Harus pintar menyiasati kondisi dalam pergaulan, mungkin akhirnya bukan menjauhi, tapi dengan menunjukan bahwa kita punya pendapat sendiri/prinsip, para teman tersebut akhirnya akan mengerti…semoga ^_^

  17. aryadevi says:

    ya ini berarti, dalam berteman memang pada akhirnya harus pintar memilah dan memilih teman…..kecuali individu bisa tegas dalam memang pendapat sendiri (prinsip )….

  18. bundamahes says:

    that’s why saya ga pernah bawa duit cash terlalu banyak dan ATM pun saya tinggal di rumah, karena saya sadar bahwa kalow dituruti sebanyak apapun duit di tangan akan selalu habis Bun!😳

  19. wah, pengalaman pribadi ya bun, manteb nih, memang musti hemat walau teman selalu ngajakin beli yang aneh2. hehe.

  20. Ahmad says:

    cicuk banget nih tips… tambah elmu lagi.. makasih bund

  21. kalau sudah masalah keuagan kita harus punya prinsip,sederhana aja membeli sesuatu atau beramal sesuaikan dengan kemampuan kita ,jangan sampai besar pasak daripada tiang,sekalipun ada teman yang memprovokasi…biarkan saja anjing mengonggong tkafilah terus berlalu…sambil bilang dalam hati emang… gue….fikirin!,kalau gue pailit elu kan ngak bisa nolongin.

  22. wien says:

    ini bukan tips tapi nasehat yg bagus bgt buat semua orang bunda…🙂

  23. Assalamu’alaikum bunda…
    wah malam2 berkunjung dikasi tips2 yang bermanfaat sekali…
    harus bener2 bisa memilih teman skarang, apalagi hidup di jaman seperti sekarang ini,,,
    mudah2an dengan tips2 yg bunda kasih, bisa mendapatkan teman yg bukan teman dunia saja, tpi juga teman untuk aherat,, aamiin..
    makasih bunda, salaam..

  24. RyZack says:

    Memiliki teman “high class” belum tentu membocorkan dompet kok bunda, tergantung perilaku dan gaya hidupnya🙂 yang paling penting kalau uangnya digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, itu bukan pemborosan kan?

  25. mamah Aline says:

    tips bagus banget bunda ly, apalagi saya punya temen-teman dengan karakter-karekter yang mendekati poin diatas
    makasih… serasa mendapat pencerahan.

  26. Lidya says:

    ini kejadian bun diantara ibu2 TK disekolah🙂 harus pandai-pandai memilih. Kayanya ada 1 poin lagi deh bun, bagaimana menyiasati teman yang suka meminjam tiap bulan, gajian dibayar trus hari ke 3 dan hari2 lainnya pinjam lagi sampai berulang.oops kok jadi curhat ya. Masalahnya saya ga tegaan gitu bun

  27. anna says:

    bunda..
    kalo saja saya gak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, bisa jadi temen2 saya termasuk yang bikin boros.

    gimana nggak?
    suka beli tas2 mahal, sepatu2, nyalon.. dll.
    tapi syukur saya bukan orang yang kepengenan.. jadi saya tetep bisa berteman dengan mereka tanpa terpengaruh.. dan tetep bisa jadi temen yang menyenangkan.

  28. Masbro says:

    Kalo katanya walisongo, wong kang soleh kumpulono. Jadi, emang bener poin tiga itu Bunda, saya sependapat. Kita harus pandai memilih teman..

    Salam hangat Bunda…

  29. Arif Bayu says:

    Iya bun…. mesti pintar milih teman…. ibarat berteman sama penjual minyak wangi ketularan wanginya….berteman sama pandai besi bisa-bisa hangus & terbakar………..:)

  30. yayats38 says:

    Yang penting jangan terpancing ya Bun … beramal yang apalagi dibumbui motif tertentu yang akhirnya ingin mendapat pujian akhirnya jebol semua😦
    Semoga dijauhkan dari sifat yang justru akan membahayakan.
    Amiiin.
    Trims Bun atas nasihatnya🙂

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s