Ada saatnya memulai, ada pula waktunya untuk menuntaskan.
Rumus sederhana ini berlaku juga untuk pekerjaan.
terkadang kita gagap untuk segera memulai pekerjaan yang terasa berat, keraguan pun kadang menyergap .
Belum pekerjaan dilaksanakan, pikiran telah melayang jauh……………..bagaimana pekerjaan diselesaikan.
Padahal, ada jarak antara memulai dan menuntaskan.
Jarak yang dinamai proses.
 Saya jadi teringat pada tulisan pendek ” Surat Untuk Garcia” yang dibuat oleh Elbert Hubbard, bercerita tentang sebuah peristiwa kecil dalam perang Spanyol – Amerika Serikat.

Suatu hari, Presiden AS harus mengirim kabar pada Garcia, seorang pemimpin pasukan bersenjata yang tengah berada di sebuah pegunungan di Kuba.
Pesan yang hendak disampaikan begitu penting dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Tapi tak ada surat atau telegraf yang bisa menjangkau Garcia.

Lalu seseorang berkata , ”Ada seorang prajurit bernama Rowan, setahu saya dia dapat dipercaya dan diandalkan”
seketika Rowan dipanggil dan dijelaskan tugasnya .

Seketika juga Rowan mengambil surat itu , menyegelnya dan memasukkan ke dalam tas kulitnya yang digantungkan di dada.

Setelah itu, Rowan bergulat dengan malam, terjalnya pegunungan, dan beragam kesulitan yang lain.
Ketika akhirnya berhasil menemukan Garcia, Rowan langsung menyerahkan surat Presiden, lalu kembali menempuh perjalana jauh, pulang ke markasnya.

Rowan tidak pernah bertanya, ”Dimana kira2 Garcia berada atau jalan mana yang harus saya lalui?”
bahkan dia tidak bertanya , “mengapa saya yang dipilih melakukan tugas ini?”

Sebagai patriot, yang dia tahu, ada pekerjaan yang harus dilakukan dan dia melakukannya.
Buat Rowan, setiap pekerjaan adalah tantangan.
Bagaimana dengan kita?

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

25 responses »

  1. Etik says:

    Cerita yang menggugah…. Mau kayak Rowan, ah. ^_^
    Makasih banyak, Bunda…….🙂

  2. ysalma says:

    saya termasuk yang banyak tanya kalo ada tugas nih bund😦
    harus belajar kepada seorang Rowan..

    ya bener Salma,
    kita kudu bisa niru si Rowan ini🙂
    salam

  3. Orin says:

    Bismillah… mau ngikut Rowan ah Bun😉

    semoga bisa ya Rin sayang🙂
    salam

  4. 'Ne says:

    kerjakan dan gak pake banyak alasan ya Bunda hehe

    yup, kalau udah dikerjakan, baru deh bilang,
    eh, ternyata gampang yaaa………🙂
    salam

  5. genksukasuka says:

    mampir bun..

  6. Ahmad says:

    maaf bund aku baru mau absen nih… wah thanks bund aku jadi semakin bersemangat nih habis baca artikel ini… apalagi waktu makan sambil makan ayaaam goreng…. nyam…nyam… nyam… Bunda mau?

  7. masukan yang bagus ni bisa jadi motivasi,,,

  8. Kakaakin says:

    wah… berarti saya terlalu manja selama ini. Baru dapat tugas saja pertanyaannya sudah berderet-deret😀

  9. ya bunda, saya malah gak suka ama kerja karena suka akan tantangan. pindah2 mencari tantangan baru. Pindah perusahaan, pindah kota. Tapi maksudnya bukan kayak saya ya bunda yg benar itu🙂

  10. tulisan bunda sangat menggugah,dan membangkitkan motivasi,kadang kita suka bersikap cengeng,belum dikerjakan sudah dibayangkan susahnya melulu,berati pola fikir negatif harus dikikis dari benak kita

  11. terimakasih Bunda atas pencerahannya..
    saya dpt pelajaran yang sangat berharga dari tulisan Bunda..
    Terimakasih,..🙂

  12. marsudiyanto says:

    Kalau saya suka Georgia Bun…
    Saya juga sudah nulis surat buat Georgia.
    Pastinya pakai font Georgia juga

  13. Assalamu’alaikum bunda….
    namanya jg hidup, di setiap pekerjaan pasti punya tantangan baru. Tapi justru dengan tantangan2 yang baru itu, bisa menjadikan kita untuk lebih berfikir keras lagi bagaimana cara menaklukkan tantangan itu. Jadi, nda perlu takut dengan tantangan2 baru, tpi justru harus dihadapi.
    Tantangan baru, ada semangat baru untuk lebih berkreatif lagi….
    Salaam

  14. Adi Nugroho says:

    tantangan T:T kudu dijalani walau berat..

  15. niQue says:

    dengan menganggap pekerjaan adalah tantangan,
    maka mengerjakannya pun dengan semangat dan sepenuh hati, bun🙂

  16. tunsa says:

    setiap pekerjaan adalah tantangan, namun jangan dijadikan alasan untuk malas-malasan ya bunda..
    makasih inspirasi suratnya..
    salam

  17. riez says:

    Jadi terinspirasi buat nyelesaiin kerjaan yang seabrekk… terima kasih bunda

  18. fitrimelinda says:

    aku dapat tantangan baru nih bun..di kerjaan aku..pengen bisa nyontohin si rowan..🙂

  19. ms says:

    nice bun, salam knl y bun..

  20. Lidya says:

    pekerjaan ibu rumah tangga juga penuh tantangan ya bun,ekstra sabar

    bener banget Lidya
    krn gak ada rumus atau sekolahnya ya🙂
    salam

  21. Masbro says:

    Belajar menyelesaikan sesuatu yang sudah kita mulai, seperti itulah sebuah proses.

    Bunda, terima kasih doanya. Alhamdulillah semalam acara tamasya berjalan lancar. Matur Sembah Nuwon nggih Bunda…

    Alhamdulillah, semoga kesuksesan selalu menyertaimu ya Aim sayang ,amin
    bunda ikut bahagia mendengar berita gembira ini😀😀
    salam

  22. usagi says:

    Mammmmmmmm
    *peluk dulu*
    Anakmu sering yak kaya gitu
    Sebenrnya sich bisa ngerjainnya cuma ya itu,, kadang pake acara komplain dulu
    Pas udah kelar baru ngomng gini
    “Oh gini doang toh,, trus ngapain gw nangis yakk”*soongong

    hahahha…………………gak juga kok, anak gadihku ini kan sangat bertanggung jawab
    dan penuh dedikasi pd perusahaan🙂
    (peluk sayang)
    salam

  23. yustha tt says:

    setiap pekerjaan adalah tantangan..
    jadi tidak ada yang sulit ya Bun, semua adl tantangan…

    sulit sih ada , tapi pasti tetap bisa dijalani ya Tt🙂
    btw , Tt jadi masak tiap hari ya selama di Jepun sana ? hebat en salut Tt🙂
    (peluk sayang)
    salam

    • yustha tt says:

      betul…yg sulit bisa dijalani dgn ‘senang’ jika kita menganggapnya sbg tantangan & mengingat tanggungjawab dlm pkrjn itu sdri…

      iya Bun, jd masak tiap hari, meski menunya itu2 terus, cuma ganti bahan doang.. Hehe…. Makasih ya Bun supportnya…🙂
      salam..

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s