Rasa takut dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Ketakutan itu juga bermacam-macam. Anak kecil biasanya akan takut dengan sesuatu yang menyeramkan dan membuat mereka tidak nyaman. Anak sekolah takut nilai mereka akan jelek, takut dengan prestasi yang turun dan lain sebagainya.


Para wisudawan takut tidak mendapat pekerjaan. Para pekerja takut gaji tidak mencukupi kebutuhan rumah tangga dan masih banyak lagi ketakutan yang dihadapi setiap manusia.

Rasa takut adalah hal yang wajar dan alami sebagai bentuk perlindungan diri pada sesuatu. Misalnya saja Anda takut tertabrak kendaraan bermotor, maka Anda akan lebih berhati-hati saat berjalan di trotoar, saat menyeberang dan saat membawa kendaraan.

Hanya saja, rasa takut yang berkembang pada pikiran seringkali merusak kepercayaan diri. Hal ini akan berakibat pada menurunnya kemampuan diri dalam mencapai sesuatu.

Rasa takut yang menggerogoti pikiran manusia dalam mencapai sukses sering kali akibat pihak lain. Bisa jadi Anda sudah yakin akan sukses dengan gemilang saat merancang sebuah usaha pencapaian sukses, tetapi keadaan di sekitar Anda tidak mendukung.

Jangan biarkan hal-hal tersebut menunda kesuksesan Anda, apalagi sampai membatalkan sukses yang seharusnya bisa Anda raih. Atasi rasa takut Anda dalam pencapaian harapan dan cita-cita, niscaya kesuksesan akan dapat Anda raih. Bagaimana caranya?

1. Ambil Langkah Kecil

Setiap langkah dan hasil besar harus dimulai dengan sesuatu, entah itu besar ataupun kecil, yang pasti Anda harus melangkah terlebih dahulu. Ambil langkah kecil sebagai awal langkah Anda agar lebih berhati-hati dan dapat semakin meningkatkan rasa percaya diri Anda. Langkah kecil ini juga akan menjadi bahan pembelajaran Anda apakah Anda akan terus maju, atau memilih jalan yang lain. Yang pasti, ambil langkah dulu! Jika Anda tidak mencoba, Anda tidak akan tahu hasilnya.

2. Beri Motivasi

Motivasi adalah sinar terang di dalam kegelapan rasa takut. Beri diri Anda sendiri motivasi agar terus maju. Agar hasilnya lebih baik, bergabunglah bersama orang-orang yang satu motivasi dan dapat membuat Anda semakin terdorong untuk mengenyahkan rasa takut dan semakin percaya diri. Hindari orang-orang yang pesimis dan dapat mematikan motivasi Anda. Selama motivasi itu baik dan tidak merugikan siapapun, terus maju! Semua orang memiliki potensi, yang menggali, dialah yang berhasil. Ayo gali potensi Anda!

3. Ubah Sudut Pandang

Hidup adalah pelajaran, baik berhasil, ataupun gagal. Jika Anda tidak pernah gagal, bagaimana Anda bisa menikmati manisnya keberhasilan? Ubah sudut pandang Anda mengenai kegagalan. Jangan meratapi kegagalan sebagai hal terburuk dalam hidup Anda. Kegagalan adalah kunci agar Anda semakin kokoh saat menghadapi keberhasilan. Ingat, kadang menghadapi keberhasilan jauh lebih sulit daripada menghadapi kegagalan. Jika Anda telah belajar dari kegagalan, niscaya Anda siap menyongsong keberhasilan.

4. Hadapi Kenyataan

Hidup itu mudah jika Anda menganggapnya mudah. Segala hal yang membuat hidup Anda terjegal, misalnya saja krisis keuangan, kacaunya dunia politik dan kesulitan-kesulitan lain anggap saja sebagai pemanis kehidupan. Hadapi kenyataan bahwa lingkungan Anda kadang tidak selalu sejalan dengan keinginan Anda. Selalu buat diri Anda menjadi orang yang tangguh menghadapi situasi tersebut. Anda bertindak, dunia tetap berjalan. Jika Anda diam, dunia akan meninggalkan Anda. Segera bertindak dan hadapi hidup Anda!

5. Buat Tujuan

Pencapaian apa yang Anda harapkan dalam hidup? Ini penting karena akan menjadi penentu arah dan rambu-rambu sebagai bekal hidup. Boleh saja jika Anda berpikir, “Ah, hidup itu mengalir saja!” Silahkan, itu pilihan Anda. Tetapi jika Anda ingin lebih fokus dengan pencapaian dan impian Anda, selalu fokus pada apa yang ingin Anda raih. Dengan begitu, Anda akan termotivasi dengan sendirinya. Jika telah berhasil, buat tujuan baru yang tidak kalah baik. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa mencapai hasil yang Anda harapkan.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

32 responses »

  1. Adi Wibowo says:

    Artikel yang bermanfaat bunda.
    Saya dulu sering mengalami hal itu, alhamdulillah sekarang udah mulai bisa mengendalikan sedikit demi sedikit.
    Jangan sampai ketakutan menghentikan langkahku lagi.
    Salam kenal bunda🙂

  2. Bener banget Bunda.
    Kayaknya saya perlu request: “Kalahkan Kemalasan Kita, Yuk?”
    Hehehe… soalnya saya pemalas, Bunda.

    Salam

    xixixxi….kalau soal pemalas kita samaaaa doong Mas Dewo😀😀 ( tos tos)😀
    (buru2ngumpet)😛
    salam

  3. dheeasy says:

    Banyak hal yang saya takutkan bun, saking banyaknya saya lebih sering menghindarinya daripada melawannya… Semoga berkurang jumlah hal-hal yang saya takuti bun…🙂

    Selamat libur panjang bun😀

  4. kadang kalau takutnya kebangetan saya jadi berani bunda
    harus dipraktekan nih, makasih ya bunda🙂

  5. Prima says:

    Bunda insyallah aku tidak takut lagi… T_T *curcol wisudawan tanpa pekerjaan

  6. Jauhari says:

    Langsung Praktek

  7. Kris says:

    terima kasih lagi bun buat artikelnya… saya sering mengalami spt yang bunda ceritakan di artikel ini…🙂

  8. susisetya says:

    Kita akan tahu hasil akhirnya berhasil atau gagal kalau kita sudah berani mencobanya, jadi kalau takut untuk mencoba apa kita akan tahu akhirnya seperti apa?

  9. bundamahes says:

    kalow takutnya sama ular gimana Bun???

  10. Laki-laki Biasa says:

    Saya pernah baca quote, “bahwa orang yang berani adalah orang yang mampu melawan rasa takutnya”. Terkadang rasa takut yg ada pada diri kita karena kita mensugesti diri dan pikiran kita dengan hal2 yang menakutkan tersebut, dengan kata lain kita memasukkan sugesti2 negatif ke dalam hati dan pikiran kita..

  11. Agung Rangga says:

    Selamat pagi… 8)

    Wah, tipsnya bagus banget Bun…😀
    Kini, saya siap untuk menjalani hari-hari tanpa rasa takut…😀

  12. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    ya ya ya, saya juga pernah merasakan takut bunda
    Salam Takzim Batavusqu

  13. Iksa says:

    Kalau dipikirkan nanti semua bakal ditakuti juga ..
    Yang penting untuk mengatasi takut ya action ..
    Kalau sudah dilakukan ketakutan akan hilang ..
    Hasil akan ada ..

  14. webpages says:

    yang penting pola mindset kita harus dirubah soal ketakutan

  15. Nandini says:

    Saya masih takut dengan kematian Bun.. walaupun rasanya kaki terus berlari tapi masih saja takut dengan ini dan itu..😦

  16. rumah dijual says:

    terkadang ketakutan itu sangat diperlukan agar kita bisa lebih berhati2

  17. Orin says:

    Sepakat Bun, rasa takut itu aku pikir perlu, kalau tidak ada rasa takut, mana bisa berani? he he he

    Happy Wednesday Bundaaa😉

  18. Asop says:

    Ketakutan saya adalah…. laba-laba!

  19. Ahmad says:

    Oke punya nih tips bund… Seringkali, menurut aq, yang aq jumpain, apa yang kita takutkan itu sebenarnya tidak terjadi di dunia nyata, hanya sebatas di dunia pikiran.. Jadi kita gak perlu takut untuk menghadapi dampak2na di dunia nyata. Karena bisa jadi Tuhan berpihak sama kita..

  20. Adi Nugroho says:

    ketakutanku sekarang adalah tidak bisa menyelesaikan skripsi ini tepat waktu, huhuh, semoga saya bisa bund, amin..

    Salam…

  21. Ass…..

    Benar bun sejutu sekali. Ketakutan hanya dapat dikalahkan dengan suatu tindakan. Selamat berjumpa kembali bun. Sukses selalu untuk bunda bunda dan keluarga.

    Salam

    Ejawantah’s Blog

  22. anank says:

    saya jadi teringat dengan sebuah kalimat di film jumanji, kalau gak salah begini “aku akan melawan rasa takutku”,…
    Terima kasih bun, atas beberapa tips mengatasi rasa takut diatas. Saya kadang mengalaminya disaat mau menulis di blog… Hehe…

  23. Zahra says:

    Aku juga suka dihadapi ketakutan bunda..Semoga aku bisa menghadapinya

  24. niQue says:

    saya lupa baca di mana: siapa yang takut berarti tidak percaya sepenuhnya pada Tuhan? Bagaimana tuh Bun? Saya merasa ya percaya seutuhnya hanya pada Dia, tapi kadang2 tetap aja ada ketakutan yang menghantui, manusiawi ga sih Bun?

  25. tunsa says:

    terkadang, takut itu juga diperlukan bunda…agar kita selalu waspada..
    salam

  26. riez says:

    Ketakutan ku saat semua membenci ku

  27. fitrimelinda says:

    aku sekarang lagi taku t sendiri bun..🙂
    tapi lagi mencoba untuk melawannya

  28. ahsanfile says:

    Setelah baca tulisan ini, saya niat nggak akan takut lagi sama hantu.. pocong … kuntilanak dan sejenisnya…

    he he he

  29. usagi says:

    *nyengir*
    Bener banget mam,, kadang rasa takut itu cuma parnonya aku aja tapi pas aku udah hadepin,, aq bisa kok :d

    *kecuali parno naek bus yaa mam

  30. Lidya says:

    ketakukan harus dilawan,tapi kalau sama cicak tetap saya takut bun🙂

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

