– There is nothing on this earth more to be prized than true friendship. – Thomas Aquinas

Setuju? Jika Anda menganggukkan kepala, maka Anda adalah orang yang beruntung, berarti Anda memiliki teman untuk saling berbagi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa memiliki teman dapat membuat Anda lebih panjang umur karena teman baik Anda bisa menjadi obat mujarab agar Anda terlepas dari stres.

Sebuah persahabatan adalah sesuatu yang aneh, atau lebih tepatnya unik. Bagaimana tidak? Anda dan sahabat Anda saling terikat tanpa sebuah ikatan resmi seperti layaknya pernikahan. Sejak awal pertemanan, Anda pasti berharap bahwa hubungan Anda dan sahabat Anda akan langgeng, sekalipun Anda dan sahabat Anda telah menikah dan memiliki kehidupan rumah tangga masing-masing.

Kadang persahabatan lebih aneh lagi, karena sahabat Anda bisa menjadi orang yang paling tahu diri Anda hingga mendalam. Tidak hanya kebaikan Anda, tetapi juga keburukan Anda. Sahabat Anda bisa menjadi penampung impian liar yang tidak mungkin Anda ceritakan pada orang tua Anda. Perbuatan nakal Anda akan aman di tangan sahabat Anda. Bukankah fenomena persahabatan ini menarik?

Jika Anda ingin mempertahankan persahabatan Anda, serta mendapatkan sahabat baru. Maka inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Beri Prioritas

Anda sibuk dengan pekerjaan Anda, baik di kampus/kantor/rumah? Luangkan sedikit saja waktu untuk menanyakan kabar sahabat Anda melalui telepon atau SMS. Tidak perlu waktu lama, setidaknya Anda tahu kabar terbaru dari dia dan komunikasi tetap terjalin. Bila perlu, luangkan waktu untuk bertemu dengannya. Jangan sampai sahabat Anda berpikir bahwa Anda melupakannya. Bersenang-senang dengan sahabat bisa meredakan stres loh.

Percaya Pada Sahabat Anda

Di antara banyak teman, biasanya para wanita punya satu atau dua sahabat yang paling dia percaya. Kepada mereka, Anda bisa menumpahkan seluruh cerita hidup Anda, impian Anda, keluhan Anda, serta kekhawatiran pada hal-hal yang tidak mungkin Anda diskusikan dengan orang lain selain mereka. Percaya saja bahwa sahabat Anda akan menyimpan rahasia sebaik Anda menyimpan rahasia mereka. Jika sudah begini, Anda akan lebih lega.

Dengarkan Mereka

Anda ingin sahabat Anda mendengar keluh kesah Anda? Maka Anda wajib menjadi pendengar yang baik pada saat mereka berkeluh kesah. Jangan menyela atau memotong percakapan sahabat Anda. Kadang, mereka hanya butuh ‘baskom curhat’ sebagai wadah untuk menumpahkan ganjalan di hati mereka. Jika mereka butuh saran, berikan saran sebagai seseorang yang netral. Kalau Anda tahu bahwa teman Anda salah, katakan saja. Lebih baik sahabat Anda tahu kejujuran itu dari Anda ketimbang orang lain.

Cari Teman Lain

Jangan hanya terpaku pada satu atau dua orang sahabat, Anda sangat diperbolehkan untuk melebarkan sayap dan berteman dengan yang lain. Cari sahabat yang satu tujuan dan kesukaan dengan Anda. Misalnya Anda suka dengan kebudayaan Jepang, cari sahabat dengan datang ke festival budaya Jepang. Dengan begitu Anda akan lebih cepat akrab dengan sahabat baru Anda. Siapa yang tidak senang jika punya sahabat baru yang tertarik pada bidang yang sama?

Jangan Tunggu Sampai Mereka Meminta Bantuan

Tidak perlu menjadi sangat berlebih memperhatikan sahabat Anda, karena mereka juga butuh dunia lain selain Anda. Tetapi jangan juga terlalu cuek, karena Anda adalah sahabatnya. Bila Anda tahu teman Anda sudah batuk selama seminggu, ajaklah dia ke dokter. Jika suami teman Anda sedang dinas keluar kota dan Anda ada waktu luang, jangan sungkan untuk mengantar anak teman Anda ke sekolah.

Buang Pikiran Mengharap Pamrih

Apakah sekarang sahabat Anda sudah sukses dan Anda yang belum mendapat pekerjaan berharap dia membantu? Lupakan angan-angan itu! Sekalipun dulu sahabat Anda sering menyontek tugas saat di sekolah, jangan pernah mengharap pamrih apapun dari sahabat Anda. Bagaimanapun juga, sahabat adalah seseorang yang bisa menjadi pegangan Anda, tetapi Anda sendiri tetap harus berpegangan pada hidup Anda sendiri.

Kapan terakhir kali Anda berbincang dengan sahabat Anda?

Hubungi dia dan katakan bahwa Anda bersyukur dia hadir di tengah-tengah kehidupan Anda.

 

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

38 responses »

Comment navigation

  1. rumah dijual says:

    sahabat bisa menjadi teman yang baik

  2. rumah dijual says:

    jangan terlalu percaya pada teman terkadang biasa menjerumuskan kita

  3. teman itu terkadang bisa menerima kita apa adanya

  4. bener bun, agung merasakan lebih dari itu malahan.
    bunda memang sahabat yang baik, bunda selalu mengingatkan agung banyak hal. Ok bun, agung akan jaga sahabat agung sebaik2nya…

  5. ysalma says:

    Alhamdulillah,, mempunyai beberapa sahabat Bund,,
    mudahan tetap punya dan bertambah untuk kedepannya🙂

  6. susisetya says:

    persahabatan itu memang indah bun, aku punya sahabat sejak pertama kali masuk SMA sampai sekarang kita udah punya anak, gak cuma 1 tapi 6 orang, meskipun udah jarang ketemu karena jarak dan kesibukan tapi dengan canggihnya teknologi kita pasti tahu perkembangan masing-masing sampai saat ini dari mulai yang nikah, sakit, melahirkan, dapet rumah baru bla bla bla, pokoknya sahabat sebuah anugerah….

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s