Makanan pedas tak selalu diartikan sebagai makanan yang diolah dengan cabai.
Rasa pedas juga bisa didapatkan dari merica, lada hitam, kunyit, dan berbagai bumbu dapur lain.

makanan pedas

Anda yang menyukai makanan pedas boleh merasa senang, karena rasa pedas ini mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Misalnya,  makanan pedas bisa menguruskan badan.
Namun itu hanya salah satu contohnya saja.
Coba lihat manfaat lain yang belum Anda ketahui:

1. Menurunkan berat badan.
Siapapun pasti setuju, makanan apapun yang diberi sambal pasti akan lebih menggugah selera. Bila Anda mau, makanan diet Anda pun bisa diberi cocolan sambal.
Kalau hal ini bisa membuat Anda tertib menyantap makanan sehat dengan lebih berselera, kenapa tidak? Lagipula, rasa pedas itu bisa meningkatkan metabolisme Anda.

Studi menunjukkan bahwa senyawa utama dalam cabai, yaitu kapsaisin, memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit.

2. Menyehatkan jantung.
Hasil studi juga menunjukkan, budaya mengonsumsi makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.
Alasannya, cabai merah bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat, sedangkan kapsaisin bisa melawan peradangan.
Keduanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

3. Mencegah kanker.
Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisinjuga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia.
Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor.

“Bumbu ini punya efek yang sama pada tubuh seperti yang dilakukan obat-obatan kanker,” kata Gregory A. Plotnikoff, MD, konsultan senior untuk inovasi perawatan kesehatan di Allina Hospitals and Clinics di Minnesota.
Bila ingin memberikan hasil maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 persen lebih banyak.

4. Menurunkan tekanan darah.
Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.

5. Mengurangi stres.
Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres.

Bagaimana bila Anda tidak menyukai makanan pedas?
Anda masih bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan menambahkan bumbu-bumbu yang mengandung seng ke dalam menu makanan Anda.
Misalnya, masukkan jahe yang sudah digeprek di dalam teh.
Atau, buat udang dengan bumbu jinten dan ketumbar yang ditumis di dalam kuali.
Bisa juga menambahkan taburan bubuk cabai ke dalam kari ayam yang Anda buat.

Salam

referensi :Health today

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

38 responses »

Comment navigation

  1. herna says:

    wah…bun waktu aq gadis suka sich makan-makanan pedas….tapi kini takut manatau ketularan ama anak kan kasihan bisa mencret gitchu….ada solusi lain ngak bun? bagi ibu yang menyusui…..

  2. aryanto says:

    weleh2 pantesan badan ku kurus kering …kebanyakan makan cabe.Kalau makan gak pake cabe gak enak rasanya

  3. Iksa says:

    Kirain makan pedas bikin gemuk … berarti makananku kurang pedas ya selama ini.

  4. oghello says:

    ma ksh infonya boz

  5. oghello says:

    wah syukur dah sy termasuk org yg suka makan pedas
    solx klo gak pdas, kyak gak enak rasanya makan

  6. aq memang suka makanan pedas,, tp gk tau kalo manfaatnya ternyata banyak… ^^

  7. wah makasih bun, aku suka makanan pedas jadi tambah semangat nich makannya…

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s