Hampir semua daerah di Indonesia mengenal rujak.
Makanan tradisional yang sering dikaitkan dengan acara adat ini tergolong santapan sehat yang dianjurkan.

Selain mengandung berbagai zat gizi dan nongizi yang baik bagi manusia, komponen buah dan sayur yang menjadi kandungan utama, diperlukan dalam gaya hidup kembali ke alam (back to nature).

Upaya pengolahan buah-buahan menjadi rujak merupakan salah satu budaya leluhur yang harus dipelihara dan dipertahankan eksistensinya.
Karena terbuat dari berbagai buah, rujak Indonesia dapat juga disebut sebagai fruit salad.
Rujak merupakan salah satu alternatif untuk mengasup buah-buahan segar, yang hingga saat ini angka konsumsinya per kapita per tahun relatif rendah jika dibandingkan negara-negara lain.

Rendahnya konsumsi buah di Indonesia sangat memprihatinkan, mengingat negara kita sangat kaya akan berbagai macam buah.

Buah-buahan memegang peran penting dalam menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sebab, dalam buah-buahan terkandung berbagai macam vitamin, mineral, serat pangan, dan komponen antioksidan.

Iklim yang sedemikian rupa telah menjadikan Indonesia sebagai surga bagi ketersediaan berbagai jenis buah tropis.
Hal ini yang menyebabkan Indonesia dijuluki sebagai tropical fruit paradise.

Keunggulan Buah
Beberapa jenis buah mampu menurunkan kolesterol darah, kadar gula darah, mencegah penyebaran sel kanker.
Buah juga sebagai antibiotik, menyembuhkan luka lambung, mengurangi serangan rematik, mencegah karies gigi, diare, menyembuhkan sakit kepala, dan lain-lain.

Banyak Manfaat
Belimbing, durian, jambu, jeruk, mangga, melon, pepaya, rambutan, sawo, dan sirsak merupakan contoh buah-buahan yang mengandung vitamin C relatif tinggi dibandingkan denganbuah lainnya.
Jambu biji merah, jeruk garut, mangga matang, pisang raja, dan nangka, merupakan sumber provitamin A (terutama betakarotenoid) yang sangat tinggi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat-zat minor pada buah-buahan dapat menurunkan risiko kanker yang terjadi di berbagai bagian tubuh.
Pada buah-buahan ditemukan adanya asam klorogenat dan asam kafeat, sebagai zat antikanker yang cukup penting.

Sebagai contoh, pada 100 gram apel dan juice apel segar ditemukan sekitar 100-130 mg zat antikanker tersebut.
Mengingat sifatnya yang mudah rusak akibat proses pemanasan, zat aktif tersebut tidak dijumpai pada produk olahan apel.

Salam

Referensi : medicinet

Gambar diambil dari sini

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

42 responses »

Comment navigation

  1. Iksa says:

    Saya selalu suka aneka macam rujak …….

  2. IchigoDewis says:

    aku juga suka buah ^^ untuk menunjang kehidupan/kesehatan yang lebih baik…hehe

  3. Kakaakin says:

    huhu… harga buah di kota saya relatif mahal😦
    Jadi beli buahnya kadang2 aja… misalnya kalau lagi ada diskon😀

  4. Prima says:

    kalo bunda pasti dah tau kalo saya kaya “kelelawar” alias tukang ngabisin buah di rumah… kalap parah bunda..susah berenti!

  5. bangun tidur makan rujak..wes uenak nyo…

  6. makan rujak siang2..mmm segerrrrr

  7. ossy says:

    kok bisa kebeneran gini ya bun, aku lagi ngerujak nih

  8. Ann says:

    Saya termasuk yang tidak terlalu sering ngerujak, kalo jus saya jagonya🙂

  9. ded says:

    Bun, comment saya di sini kok hilang ya ….????
    Terima kasih Bunda

  10. Firman says:

    hmm…rujak kesukaan istriku tuh bunda….🙂

  11. mamah Aline says:

    saya dan keluarga penikmat rujak,,,segala macam rujak yang penting macam buahnya variatif biar ada efek segernya manis, asem, asin bunda….🙂

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s