Ternyata, bukan cuma bermain games atau puzzle yang bisa menajamkan otak Anda.

Melalui beberapa penelitian, terbukti bahwa memiliki pasangan atau suami/istri  juga bisa membuat Anda lebih cerdas.

Meskipun proses dan hasilnya mungkin tidak akan Anda sadari, tidak ada salahnya Anda mengusahakan lima taktik berikut untuk membuat Anda dan pasangan bertambah pintar.

1. Menikahi pria yang lebih cerdas daripada Anda

Seattle Longitudinal Study melakukan suatu penelitian terhadap 169 pasangan dalam tujuh interval, antara tahun 1956 dan1984. Terlihat bahwa hubungan yang paling stabil terjadi pada pasangan yang memiliki kemiripan kecerdasan, sikap yang fleksibel, tanggungjawab sosial, dan tingkat pendidikan.

Para peneliti juga mendapati bahwa setelah 14 tahun bersama, pasangan  dengan pemahaman yang lebih baik tentang makna lisan dan kefasihan kata telah membuat pasangan yang “kurang cerdas” menjadi setara dengan mereka.

2. Anda sangat sering berpegangan tangan

Kehangatan dan kedekatan penting diupayakan oleh pasangan, dan berpegangan tangan dapat menghindarkan Anda dari stres.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa ketika perempuan menikah diberitahu bahwa mereka akan menerima kejutan listrik, hanya menggenggam tangan suami  ternyata dapat meminimalisasi respons otak terhadap ancaman tersebut.

Anda yang terlibat dalam hubungan yang dalam akan mengalami pengurangan cukup besar pada aktivitas otak yang berkaitan dengan stres.

3. Berpelukan setidaknya satu kali sehari

Sentuhan yang intim memicu pelepasan hormon perlekatan (oksitosin), dan menurunkan kadar hormon stres, kortisol.

Para peneliti juga mengatakan bahwa ketika kita berpelukan, kita mengaktifkan hampir separuh saraf-saraf di tengkorak kepala yang memengaruhi fungsi otak besar.

Semua informasi sensorik dari sebuah pelukan, seperti aroma dan kehangatan kulit pasangan, rasa dan nuansa lembut , akan dikirimkan ke otak, akan menggembirakan saraf-saraf Anda, dan mendorong koneksi-koneksi baru di antara saraf-saraf tersebut.

4. Meletakkan foto pasangan di meja kerja

Pemetaan otak menunjukkan bahwa menatap foto orang tercinta, khususnya yang hubungannya masih baru berjalan, akan mengaktifkan bagian dari otak yang dikaitkan dengan kesenangan dan penghargaan, begitu pula perhatian dan motivasi.

Anda bisa merasakan kondisi “high” hanya dengan memandangi foto kekasih baru Anda ini. Ketika Anda sedang berbunga-bunga, Anda mengaktifkan bagian otak yang juga berperan dalam kesenangan ini, mendorong Anda untuk mencari waktu dan merencanakan kegiatan bersama.

5. Anda menghabiskan waktu bersama

Menurut sebuah studi, tekanan darah rata-rata akan menjadi lebih rendah ketika seseorang menghabiskan waktu dengan pasangannya, daripada ketika ia sedang sendiri atau dengan orang lain.

Meskipun Anda berdua tidak saling berbicara, hanya berduaan di ruangan yang sama sambil membaca, menonton TV, browsing internet, atau mengerjakan puzzle, kondisi tekanan darah normal ini juga terjaga.

Salam

Referensi: Health today

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

32 responses »

  1. callme eno says:

    bunda…. kangeeeen… ^_^ ap kbar bunda sayang??? bunda aku mau dunk dicariin calon suami yg cerdas…. sperti yg ada di tulisan bunda…. ^_^

  2. No 4 bun yg belom….dduuuhhhh…ga pede🙂

    hedeh…hedeh…ibu satu inih, suka gitu deh🙂
    salam

  3. MeyBengkulen says:

    bun yg pasti cinta & kedekatan batin itu bner2 menentramkan. bner2 mujarab utk menghilangkan stress sbrapapun bsar tekanannya

    ya bener , Mey
    dgn adanya kedekatan, memang memberikan kedamaian🙂
    salam

  4. Kapan nih Bunda mengulas pengetahuan ttg cowok? Hehehe…

    Nice article, Bunda.

    dah ada tuh Mas Dewo di gaya hidup🙂

    salam

  5. Wah.. yang bener tu Bunda..? Mmmmm.. siap siap cari pendamping ah… makasih bunda infonya..Eh iya.., ijin bookmark artikelnya Bunda..🙂 buat di baca lagi hehehehe

    mudah2an bener, ini khan bunda hanya coba menuliskan saja ,Fauzi.
    dan, belum tentu juga bener semua nya ……..😛
    salam

  6. eniharyanti says:

    wah…jadi pengen segera nikah nih….biar ga gampang stress

  7. mida says:

    Dicari: calon misua yang lebih cerdas dari saya…😀
    (gampang ini mah, secara IQ-nya si saya kan cuma… *menunduk malu)
    Hihihi… malah curcol😛
    Salam kangen buat Bunda Ly…

  8. maminx says:

    Aduh jadi pengen segera nikah bunda nih, hehe. Makasih ulasannya

    salam😀

  9. Andi says:

    Ternyata kita tidak selalu sadar bahwa cinta membuat kita lebih pintar, terima kasih artikelnya Bun.

  10. Abi Sabila says:

    Pantesan, belakangan kecerdasan saya semakin menurun, Bunda. Heheheheh….nggak juga, tapi iya ding!

  11. boyin says:

    pinternya bener mungkin bisa ketularan, tapi sifat ama kebiasaannya itu kayaknya susah deh bund…

  12. waahh…ternyata gitu ya…saya baru nikah nih….mudah2an tambah pinter nih….hehehehe….

  13. idana says:

    waaaah jadi harus mikah dulu donk bunda, baru bisa tambah pinter yaaa
    hehehe….

    apa kabar bunda ?
    salam hangat dari Bali🙂

  14. aryadevi says:

    endah memang kalau begitu, untuk sementara ini..dari semua itu belum berlanjut…ada yang tidak berjalan sesuai harapan…..semoga nanti bisa menemukan apa yang dicitakan….

  15. Adi says:

    Ahaha iya ini yang single rada gimana gitu, hoho..
    Salam bund..

  16. giewahyudi says:

    Kalau begini, saya suka deh main cinta-cintaan biar bisa pinter, maklum saya masih bodo..  

  17. Prima says:

    Hhahaahahahhaaa…. ini nyindir yang masih single ya.. wkakakakkakaakaa…

    baiklah Bunda, aku akan mengingat kiat2 ini ntar kalo dah punya yang bisa di peluk2… gakgakgak….

  18. Ehemmm… Gak ada kata lain,, memang iya adanya, Bun..🙂 Saling mengasah intinya.

  19. agito says:

    betul… Jadi pengen cepet menikah😆
    Mudah-mudahan ntar IQ-ku nambah.
    Salam bunda^^

  20. nourmaisma says:

    Cuma smart aja cukup ya bun ?
    saran yang lain dong😀
    makasih infonya

  21. Waduh, nomer 4 belum aq bunda ^_^

  22. Masbro says:

    Berarti saya harus berpasangan dengan yang lebih lemot dari saya, hihihi…

  23. lidya says:

    betul sekali ya bun, saya suka pria smart: ) dari semua point di atas no 2, agak jarang, paling kalau bepergian ya.

  24. ais ariani says:

    sama kek komen nya prit : jadi pengen cepet – cepet nih..
    hehehehe.

    tapi walau belum menikah, yang nomor satu itu aku ngerasa pernah mengalaminya. karena sama si dia, aku ngerasa selalu dapet sesuatu yang baru. dia mungkin lebih cerdas bun (gak pernah nanya juga IQ nya berapa. hehehehe). tapi dia mengerti apa – apa yang tidak aku pahamin, dan dia banyak bercerita tentang itu.
    membuat aku dapet pengetahuan baru gitu bun..

  25. Ehm, kata orang lelaki tak baik kalo menikahi wanita yang lebih berduit, karena akan besar kemungkinan si wanita akan “menginjak kepala” lelaki. Gimana tuh, Bunda?…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  26. lozz akbar says:

    Bunda ini pasti deh postingnya tentang pasangan.. saya kan jadi ngiler Bun.. hehehe

    Tapi saya catat terus kok tips2nya.. ya sapa tahu suatu saat dah nemu

  27. 'Ne says:

    hehe Bunda, berarti ini hanya untuk yg suami istri ya?
    semoga suami saya kelak lebih cerdas dari saya😀
    salam Bunda..

  28. apikecil says:

    Hmmm..
    Bunda…
    postingannya sangat berarti
    terutama buat mereka yg sudah berpasangan dan akan memulai hidup baru
    ihhhhh,,jadi pengen cepet-cepet nih
    biar pinter
    hehehehe

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s