Kopi memang nikmat, dan manfaat kesehatannya sudah terbukti. Namun di sisi lain, cara mengonsumsi yang tidak benar juga bisa memberikan pengaruh yang buruk.

Repotnya, banyak orang yang belum tahu berapa banyak sebenarnya kopi yang aman untuk diminum, atau perlukah mengonsumsi kopi non kafein (decaf).

Untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar kopi, pakar diet Stephanie Clarke dan Willow Jarosh, pendiri C&J Nutrition, membeberkannya untuk Anda.

1. Apakah kopi decaf benar-benar tak mengandung kafein?

Ternyata, tidak 100% bebas kafein.

Kopi decaf tetap mengandung kafein, meskipun jumlahnya sangat sedikit.

Jika kopi generik yang biasa mengandung sekitar 135 mg kafein per 236 ml, maka kopi decaf yang generik hanya mengandung sekitar 5 mg kafein. Karena itu, kopi jenis ini tidak memberi pengaruh kafein untuk kebanyakan orang.

2. Apakah kopi dalam cangkir kecil lebih sehat daripada ukuran reguler?

Untuk masalah kesehatan sih, keduanya boleh-boleh saja.

Kebanyakan pengolah kopi saat ini menggunakan metode yang aman untuk men-decaf kopi, dan tidak lagi menggunakan bahan kimia yang berbahaya seperti methylene chloride.

Namun jika Anda tidak tahan kafein, setelah pukul 15.00, Anda lebih baik menikmati kopi decaf atau yang setengah kafein, karena kafein bisa membuat Anda sulit tidur malamnya.

Jika dikonsumsi lebih pagi, kafein justru bermanfaat untuk mendongkrak energi dan ketajaman otak.

3. Berapa banyak kopi yang aman dikonsumsi tiap hari?

Penelitian menunjukkan bahwa untuk orang yang sehat, jumlah kafein dalam tiga cangkir kopi sehari (sekitar 300 – 400 mg) masih tergolong aman.

Jumlah tersebut hanya memberikan risiko kesehatan yang kecil.

Bukti-bukti justru menunjukkan manfaat kesehatannya untuk Anda.

4. Apa manfaat kesehatan dari kopi?

Mungkin Anda sudah sering mendengar sebelumnya, bahwa kafein mampu menurunkan risiko penyakit Parkinson.

Kopi apapun –decaf maupun reguler- bisa mengendalikan risiko diabetes.

Studi lainnya juga mengaitkan konsumsi kopi dengan menurunnya risiko kanker usus, mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan endometrium.

Para ahli menduga, beberapa manfaat kesehatan ini dihasilkan oleh senyawa antioksidan dalam kopi yang disebut phenol.

Salah satunya, chlorogenic acid, diyakini mampu memainkan peran dalam mencegah diabetes dan penyakit Parkinson.

Sedikit kopi juga membantu meningkatkan energi, dan membantu Anda menjalankan tugas-tugas harian (seperti membalas e-mail pada pagi hari, atau olahraga pagi) dengan lebih mudah.

5. Bagaimana bila minum terlalu banyak kopi?

Pada sebagian orang, terlalu banyak kafein bisa menyebabkan sulit tidur, ketegangan, lekas marah, detak jantung dan tekanan darah meningkat.

Karena kafein merupakan stimulan, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau gangguan jantung, Anda perlu membatasi jumlah kafein hingga satu cangkir saja dalam sehari.

6. Amankah mengonsumsi kopi ketika hamil?

Jika Anda hamil, kafein dalam kopi kemungkinan akan meningkatkan risiko keguguran.

Namun hal ini tidak terjadi pada semua wanita.

Untuk amannya, kebanyakan ahli merekomendasikan untuk membatasi kopi hanya satu cangkir saja sehari, untuk ibu hamil yang sehat.

Hindari kafein jika Anda memiliki masalah preeklamsia, yaitu tekanan darah tinggi yang terjadi selama kehamilan.

Salam

Referensi : F&B index requirement

picture courtesy of imagechef.com

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

30 responses »

  1. teppy says:

    Thankyou Un… tulisan yg sangat menarik… bagi teppy penikmat berat kopi…
    Selama ini kopi selalu jadi kambing hitam sarang berbagai penyakit… sedikit saja teppy sakit… orang2 sekitar teppy akan bilang ‘stop kopi’ padahal kopi yg teppy minum maksimal 3 cangkir sehari… n kopi ampas bukan instan…
    Dengan tulisan Uni ini teppy akan pekikkan pada Dunia… “Jaya lah kopi Indonesia”
    Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbaik dunia….

  2. teppy says:

    thank you Un… tulisan Uni ini sangat menarik… seperti yg Uni tau… bahwa teppy adalah penikmat berat kopi…
    Kopi yg teppy sukai adalah kopi murni Indonesia… kopi ampas bukan kopi instan…
    Selama ini kopi selalu jd kambing hitam sbg sarang penyakit…ternyata tdk bgt adanya… sedikit saja teppy sakit… pasti semua suruh
    teppy stop kopi… walau ada salah seorang dokter adk kelas d SMA mengatakan ‘gak apa Un.. asal jangan berlebihan’

  3. @HeruLS says:

    Baik buruknya kopi pada setiap orang ukurannya relatif. Untuk cocoknya ya mending konsultasikan ke dokter.

  4. Wah…jadi tentang kopi..makasi bunda

    sama2, terimakasih juga Hadi🙂
    salam

  5. grosir baju says:

    sayasuk banget kopi,..makasih infonya

  6. Sarah Jolie says:

    Hehehe.. saya gak suka kopi bun…

  7. nuansa pena says:

    Kopi memang nikmat, apalagi bila kopinya langsung direbus! Nikmat Bunda! Salam!

  8. Prima says:

    Saya penikmat kopi bunda… bisa menikmati tetapi tidak mencari-cari lho ya… kalo kangen baru bikin…

    dengan begitu, kopi terasa nyaman di mulut saya, dan seperti minuman exclusive buat saya… halah lebay😀

  9. saya maniak kopi dan paling suka dengan tulisan kopi..kopi nescafe gitu
    baunya kopi itu wangi bun🙂
    #silaturahim pagi#

  10. mohd says:

    jangan jadi ketakutan walau hal kecil.

  11. Ade Truna says:

    sama halnya dg jasmine minum kopi sy malah deg2an, dan tangan jd lemas, serius.😦

  12. auraman says:

    saya mulai suka kopi ketika berada di ACEH bunda, makanya kopi Aceh sangat terkenal, KOPI ULEE KARENG, mau mau mau hehe.. efek lain dari kopi katanya bisa bikin hitem kulit bunda, jadi kalau mau hitam manis banyakin minum kopi ha.ha. Saya baru percaya kalau ternayta kopi bisa mengurangi resiko terkena penyakit gula,. terima kasih ya bunda.. salam tangan dari auraman..

  13. mamung says:

    apapun itu yang jelas saya suka ngopi bunda..
    tapi saya belum ketemu sama kopi non kafein lho… yang kek gimana yaa..?

  14. monda says:

    Dari kopi yang kusuka cuma aromanya ketika baru diseduh bun…

  15. nh18 says:

    Saya bukan peminum kopi nih Bunda Ly

    Dulu memang …
    Kopi saya itu lumayan kenceng …. tiga mug sehari …

    namun sekarang saya sudah stop sama sekali

    salam saya Bunda Ly

  16. bangauputih says:

    nggak suka kopi bunda, kecuali chococino hehe.
    tapi infonya bermanfaat,setidaknya bisa saya share ke suami yang lumayan suka kopi apalagi saat begadang ngerjain kerjaan yang menumpuk.🙂

  17. lidya says:

    Allhamdulillah saya tidak suka kopi bun, tapi maniak teh

  18. Entah kenapa…satu minggu terakhir ini Hani jadi mengkonsmsi kopi labih banyak…..karena aromanya sebenarnya yang membuat Hani suka kopi Bund….kenapa aroma kopi sangat enak dan bikin rilex yah???

    He he he he

    Met akhir pekan Bunda!!!

  19. TuSuda says:

    prinsipnya disesuaikan dengan kebutuhan individual sesuai kondisi diri ya bunda..Terimakasih sudah berbagi.
    SALAM…

  20. jasmineamira says:

    saya ga tahan minum kopi. suka deg2an gitu.
    jadi paling icip2 aja punya temen. hahahahaah *ini ga modal apa gmn yah? :p
    kecuali kalo lagi pengen bgt, itu jg paling cappucino

  21. joe says:

    ngeblog sambil ditemani kopi, bisa menghilangkan kantuk apalagi pada malam hari

  22. Bang Aswi says:

    dulunya saya sangat tidak terlalu suka kopi. tapi entah sebulan terakhir ini saya jadi tergantung sama kopi, apalagi di kantor pas jam2 siang dan sore. di rumah mah tidak pernah ngopi. kenapa ya, bun?

  23. purwanto says:

    saya penikmat kopi Bund, tapi tidak tiap hari…. Minum kopi bila perlu dan pas kalau ada gratisan

    hehehee…..yup, bila perlu,
    gak usah seharian minum kopinya ya Pur🙂
    salam

  24. ekaraharja says:

    satu pertanyaan lagi bunda..kenapa bagi sebagian orang tertentu meminum kopi mengakibatkan sering kencing?
    saya adalah salah satu contohnya…
    sory bunda, saya lagi males nanya di mbah google…

    karena kopi , hampir sama dengan teh,
    bersifat diuretik, Eka.
    yg menyebabkan lancarnya air seni🙂
    semoga jawaban ini cukup memuaskan , walau terlalu singkat……..🙂
    salam

  25. marsudiyanto says:

    Pertanyaan ke 7 Bun…
    Berapa harga kopi cap koepoe yang ukuran 100 gram?

    wah, kaan belum di promosikan di tv tjap koepoe ,Pak Guru……..😛
    jadi, ya belum berani bilang ………..🙄
    salam

  26. mylitleusagi says:

    Mammmm kirain judulnya
    “6 pertanyaan tentang hati”
    He he he he
    Aq suka sakit perut kalau abis minum kopi (^o^), terus kalau minum kopi nya udah sore,, jadi gak bisa tidur
    Itu kenapa ya Mamm

    kalau ttg hati, gak bisa cuma 6 dowang Putriku sayang…….😛
    karena lambungmu udah kagak bener say…..😀
    (peluk sayang)
    salam

  27. Adi says:

    Saya tidak suka kopi bund, lebih suka teh.. Hehe, salam, selamat pagi bunda.. Have a nice weekend..

    selamat pagi, Adi……
    bunda minum kopi jg hanya sekali sehari,
    selebihnya teh dan air putih🙂
    have a nice weekend too, Adi ………….🙂
    salam

  28. Masbro says:

    Dari tulisan tulisan Bunda, saya semakin mengenal manfaat dan sisi kurang baik dari kopi..

    Alhamdulillah, semoga ada manfaatnya ya Aim🙂
    salam

  29. saya peminum kopi bunda!
    harus disyukuri lo, banyak jenis kopi berkualitas dari Indonesia

    makasih bunda:)

    dan kopi luwak pun yg terkenal kopi paling mahal, berasal dari negeri kita ya Mas Iip🙂
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s