Suka memberi alasan bisa jadi merupakan ‘hobi’ yang menuntun seseorang pada pintu gerbang kemalasan.

Berbeda dengan semut yang tak pernah tidur, kucing malah menghabiskan dua pertiga waktunya dalam sehari untuk tidur.

Pagi hari…

Semut: Ayo, cing, kita cari makan.
Kucing: Malas ah mut, hari masih pagi, aku mau tidur sebentar lagi.
Semut: Oke, aku pergi dulu ya.

Siang hari…

Semut: Kamu sudah makan cing?
Kucing: Belum, aku lihat matahari terik sekali siang ini. Aku takut bulu-buluku rontok nantinya jika aku keluyuran cari makan.

Sore hari…

Semut: Lihat cing, aku bawa apa untukmu…
Kucing: Sebutir permen? Hmm, mana kenyang aku dengan permen kecil begitu. Untukmu saja…

Malam hari…

Semut: Aku akan berburu makanan lagi, kamu mau ikut?
Kucing: Hoaaam…rasanya mataku sudah berat ini…Aku mau tidur dulu.

Akhir kisah, semut kenyang dan kucing tetap lapar.

Belajar dari kisah fiktif di atas, ada 1 pelajaran besar menanti. Memberi banyak dalih bisa melatih seseorang menjadi pemalas.

Amati saja kebiasaan pemalas. Disuruh ini-itu, selalu saja ada alasan buat ngeles.

Yang macet, sakit perut, salah hitung, tak punya uang, hingga deretan alasan konyol lainnya.

Namanya juga pemalas, selalu lihai dalam mencari cara dan alasan untuk menghindar.

Akibatnya, dia tak pernah melakukan apa-apa, dan sebagai balasannya, tak ada apapun juga yang tersisa untuknya.

Dan, semua itu karena dalih…

Ingin berhenti malas? Buang semua alasan dan dalih itu, dan mari bertindak. Semangat!!

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

28 responses »

  1. grosir baju says:

    pengen sekali ngilangin rasa malas,…makasih bun

  2. TuSuda says:

    baik bunda, semua dalih dan alasan harus dibuang jauh-jauh jika memang ingin sukses. Terimaksih bunda sudah mengingatkan kami.
    SALAM…

  3. Membuat-buat alasan untk sebuah pembenaran…..

    Selamat siang Bunda….

    Hani siang ini juga lapar banget….mau makan malas…hehehhehehe

    Peluk sayang selalu Bundaku….

  4. monda says:

    kalau badan lagi nggak fit memang enaknya malas2an sih bunda

  5. lozz akbar says:

    Saya punya kucing di rumah Bunda.. namanya Baron, tapi dia kok malah doyan makan ya.. berarti kucing saya itu tipe kucing giat ya hehehe

  6. Kakaakin says:

    Terkadang ada juga yang nggak berdalih, Bunda… Tapi to the point, saat diajak sesuatu, langsung bilang “Malas ah…”😀

  7. Bunda, daku ini seorang yg pemalas. Syukurlah daku sering berdalih utk melatih kreativitas (ini ngeles banget). Dari kreativitas inilah daku banyak belajar utk bekerja lebih smart (utk efektif & efisien). Jadi usahanya sedikit saja, tapi hasil yg diharapkan maksimal.

    Hehehe…

    Sebenarnya saya sedikit rajin, belum masuk kategori sangad malas.

    Salam hangat dari Makassar

  8. andipeace says:

    hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai dan malas pangkal ..???😀

    salan sejahterah dan adem ayem

  9. Nongol lagi nih daku
    Salam persohiblogan🙂

    Bunda ingatkan ananda bila suka malas

  10. andinoeg says:

    memang susah ngilangin rasa malas, tetep semangat bunda

  11. anna says:

    ayo semangat!!
    nggak boleh malas nih🙂

  12. purwanto says:

    kata orang bijak “seribu alasan bisa dibuat untuk mendatangkan fakta kebenaran”
    ternyata ada korelasinya ya Bun antara alasan dan kemalasan…

  13. Waduh…. Jadi *nggrayahi jithok* sendiri…
    Makasih banyak ceritanya, Bun…🙂

    *introspeksi*

  14. Suzernita says:

    Assalamualaikum Bune>>>>>
    komputer nya dah bagus lg n langsung meluncur ke blog Bune…..
    ceritanya lucu bgt siy …..nostalgia ceritain Madmoiselle Minyot ya…..xi xiiii……tp foto Minotnya mana Bune…..? heheeeee>>>

  15. mamah Aline says:

    pantesan ada yang bilang kucing binatang paling malas, tidur dan makan kerjaannya😀
    kalo bisa seperti semangat semut, terus bekerja dan mencari….

  16. jumialely says:

    semut semut lucu sekali….

    mut.. kamu lucu, suka salaman, kuat, ga lelah, semangat dan suka bekerja sama

    mau ikutan semangatmu deh mut,, makasih ya mut

    oek oek itu jawabmu.. oek oek itu katamu

    i love you bundaku sayang

  17. “amati saja kebiasaan pemalas. Disuruh ini-itu, selalu saja ada alasan buat ngeles”
    hah bunda,saya tersindir berat dengan kalimat ini:mrgreen:

  18. tapi klo semua dalih dan alasan di buang, trus gimana dong jadinya, bunda?
    mau belajar nggak punya alasan (biar bisa nguasai ilmunya), mau makan nggak punya alasan (biar punya tenaga), dst……

    http://www.Kerjafreelance.com/?reg=ipango
    ———————————-
    Kerja Freelance, Peluang Kerja Di Rumah, Lowongan Kerja, Kerja Sambilan Online, Mencari Kerja Sambilan, Peluang Kerja Sambilan

  19. Prima says:

    Ya allah bunda… mudahan aku gak sering2 ngeles, wkakakaakaka…

    emang ya kayanya ngeles itu pertahanan dri dari cap malas yang tetap eleykhan, padahal gak berbuah apa2… ckckckckck.. suka cerita semut dan kucing…

  20. mylitleusagi says:

    He he he he
    Aku hri ini lagi kumat jeleknyaa
    “Malas” soalnya nyari angka gak ketemu,, jadinya main dah sehariannn
    Hati senang,, tpi si Angka msih gak nongol juga
    Haa haa haa

  21. Bundaaaaa…apa kabar??? Lama sekali saya nggak pernag berkunjung…
    Saya sungguh merasa tertampar Bunda. Karena selama ini banyak sekali alasan yang membuat saya nggak disiplin ngeblog..hehe…

  22. lidya says:

    semangat juga bun, semoga dijauhkan dari sifat pemalas

  23. Irawan says:

    semutnya bawain permen sih, jadi ditolak… coba bawain ikan asin.

    saya setuju bun… harus selalu semangat, kalau malas dikit-dikit boleh ya? buat ilangin stress.

  24. Adi says:

    Miaw miaw saya lapar bund, hehe🙂 kita tidak boleh malas, kudu semangat..

  25. fitrimelinda says:

    hehehe..kesindir deh..🙂

    belajar untuk ga nyari2 alasan deh bund..😀
    *peluk sayang

  26. Masbro says:

    Kadang kadang saya juga seperti si kucing itu Bunda, hihi..

  27. Nchie says:

    malam bunda..
    aku pengen seperti semut..
    tetep semangatt..
    males sedikit ga apa2 kan bun??

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s