Kita semua pasti pernah memasuki usia akil baligh.

Usia yang paling fluktuatif di sepanjang perjalanan manusia.

Di usia ini, semuanya seolah menumpuk jadi satu.

Mulai dari berprestasi di sekolah, pencarian jati diri, hingga keinginan untuk memiliki banyak teman.

Tak jarang semua ini membuat anak remaja masuk ke dalam kegamangan hingga depresi.

Tanda-tanda depresi pada anak adalah, kurang nafsu makan, sering melamun, mengurung diri, hingga emosinya mudah sekali tersulut.

Sebagai orangtua, situasi ini pasti akan membuat kita panik dan kebingungan mau melakukan apa agar anak kembali ceria.

University of Bologna di Itali, menyarankan kita untuk memberikan pelukan pada anak yang sedang mengalami masalah dan depresi.

Sebab berdasarkan penelitian yang mereka lakukan selama 1 tahun, pelukan lebih efektif ketimbang obat-obat antidepresi.

Ini terlihat pada anak-anak yang mengalami depresi dan diberikan obat antidepresan, ternyata mereka memiliki kecenderungan untuk kembali depresi.

Hal berbeda terjadi pada anak yang didampingi orangtuanya untuk melalui periode depresi.

Bahkan hanya dengan pelukan hangat dari kedua orangtuanya, anak yang mengalami depresi bisa lebih percaya diri untuk menyelesaikan masalah.

Ada dua hal yang disarankan universitas yang ada di Itali ini kepada kita.

Pertama, ketika anak mulai mengalami perubahan sikap, cobalah untuk berbicara sebagai teman baiknya agar mereka bisa lebih terbuka menceritakan segalanya.

Kedua, jangan lupa berikan pelukan hangat bagi anak-anak, karena ternyata sentuhan ini tak hanya menekan stres tapi juga membebaskan mereka dari depresi.

Salam

Sumber :women’s health

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

27 responses »

  1. Pelukan menandakan anak diberikan perlindungan dan kasih sayang,,, kalo anak saya masih kecil bunda, namun bila menangisi sesuatu dan diberikan pelukan sepertinya mengerti dan mulai dengan tenang akan berhenti menangisnya…

    my last blog at Keuangan: Mengatur Anggaran Pemeliharaan Rumah

    karena anak akan merasakan kehangatan kasih sayang dlm pelukan kita ya Mbak Henni🙂
    salam

  2. kalau pelukannya ditujukan ke istri, kira-kira bisa menurunkan depresi ga ya bun ? hehe

    Salam Bahagia,
    Octa Dwinanda

    duh, bisa banget , Octa
    bunda dirumah punya kebiasaan selalu saling memeluk,
    sebelum keluar rumah, dan pulang kerumah,
    paling gak minimal 2x sehari, kita berpelukan🙂
    pelukan mengalirkan kehangatan dan kebersamaan yg indah,
    baik antar ortu dan anak, maupun antar pasangan………
    cobain deh,. dan rasakan sensaninya😛
    salam

  3. niee says:

    sepertinya benar, tapi klo gak kebiasaan meluk anak jadi rada aneh juga yak!
    so mungkin kebiasaan memeluk perlu dimulai dari anak sejak kecil🙂

    ya bener, Niee, bunda dr kecil terbiasa dipeluk oleh ortu,
    jadi smp sekarang suka banget memeluk dan dipeluk🙂
    salam

  4. Hani gak lagi depersi Bunda…tapi Hani suka di peluk….😳

    tos…tos….samaaaaa,
    bunda juga paling suka dipeluk …🙂
    yuk, berpelukaaann……….
    (peluk sayang)
    salam

  5. wardoyo says:

    Baik sekali tipsnya. Sudah terbukti kok, memeluk anak menenangkan jiwa.

    menyehatkan, menghangatkan juga menyenangkan ya Mas🙂
    salam

  6. lozz akbar says:

    wah sepertinya saya harus segera nyari istri nih Bunda.. biar bisa cepet meluk anak..

    sementara belum dpt istri,
    peluk ibu dulu ya Akbar🙂
    salam

  7. Ditter says:

    Dulu pas saya lagi kena masalah, duduk di sebelah mamah saya pun sudah bisa membuat hati ini terasa tenang dan damai, hehehe….

    Salam kenal, Bunda🙂

    salam kenal juga , Ditter .
    ya, keberadaan Mama , memang selalu membawa keteduhan ya Ditter🙂
    salam

  8. Prima says:

    Huuaaaaaa… ini bikin inget jaman smp, saat aku harus berjuang sendiri dalam sakit bund… saat mama datang rasanya sakitku hilang setengahnya! *ajaib + mengenaskan T_T

    ajaibnya pelukan seorang Mama juga pernah bunda rasakan,
    hangat dan menenangkan ya Prima🙂
    salam

  9. elmoudy says:

    bener sekali bunda…rasanya kalau kita memeluk …seperti ada sesuatu yang mengalir dengan lembut dan menenangkan…bisa membebaskan depresi kita sendiri..dan juga depresi si anak….bener2 penuh keajaiban…🙂

    ya, pelukan ortu pd anak juga menyehatkan ya Mas Moudy🙂
    salam

  10. sibair says:

    Saya pernah merasakan bund, ketika ayah saya marah sama saya.. lalu ibu memeluk saya rasaya itu seneng bgt..😀 seperti bisa merasakan surga kasih sayang dari seorang ibu😀

    iya, apalagi pelukan seorang ibu,
    pastinya hangat dan menenangkan ya🙂
    salam

  11. mamah Aline says:

    tau gak bun… saya pernah ngomelin aline karena rewel, padahal ternyata dia cuma butuh pelukan menenangkan setelah ada hal kurang menyenangkan di sekolahnya …*menyesal*

  12. dira says:

    Pelukan kasih sayang memang dahsyat efeknya. Makasih tipsnya bunda.

  13. advertiyha says:

    wuahhhhhhhhhh.. *peluk bunda*.. muahh,,
    ternyata sebuah pelukan hangat, nilainya sangat mahal ya bun..🙂

    makasih infonya bunda…
    salam sayang,,

  14. yuni cute says:

    hehe.. ternyata keajaiban pelukan itu sangat dahsyat ya Bun…

  15. Bangauputih says:

    anak saya juga sering banget minta peluk bunda.🙂
    klo saya tanya knapa, katanya enak klo dipeluk, tandanya mamanya sayang me mreka, ^_^
    malah si sulung ma si tengah sering bertengkar gara-gara berebutan pelukan mamanya, hee

  16. Clara Croft says:

    pantes dulu ketika Mama saya sering memeluk saya saat saya sedih, saya pasti merasa lebih lega🙂 kelihatannya sepele, tapi efeknya besar ya Bu

  17. budiarnaya says:

    Mantap…memang terbukti banget Bunda

  18. ysalma says:

    yups Bund,, saat mereka galau, arti pelukan ke dua orangtua berasa sebagai pemberi kekuatan buat mereka,,
    salam Bund..

  19. TuSuda says:

    ya bunda, pelukan penuh kasih sayang nan tulus, menambah erat hubungan keharmonisan.
    BTW…tentang kiriman emailnya, sy sudah menjawabnya bunda..
    Mohon dicek dan dikoreksi kembali.
    SALAM hangat dari Kendari. 🙂

  20. Necky says:

    bunda….anak saya (cewe) udh kelas 1 smp udah susah banget disuruh berpelukan sama bapaknya…..hehehehehe udah malu kalee ya bun?

  21. Kadang pelukan bisa mengungkap sejuta makna….

    kadang susah mengemukakan perasaan…ya saya peluk saja anak-anak…

  22. Lidya says:

    saya pernah baca bun, kalau anak dalam sehari butuh sekali pelukan ya,efeknya sangat bagus untuk anak.

  23. nuansa pena says:

    Pelukan seorang ibu pada anaknya tak akan terlupakan seumur hidup, memberi rasa nyaman, aman, dan membuat percaya diri!

  24. mylitleusagi says:

    pelukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    aku selalu suka di pelukkkk
    tapi si nenekkk kemarin aku pelukk
    pinggangnya sakit..😛

    hahahaa….terang aja sakit ,
    wong kalau meluk Putri itu kenceng2 banget siiiih…😦
    salam

  25. wulan says:

    trimakasih bun,
    mau saya terapin ke anak saya. Hehe
    salam

    alhamdulillah, terimakasih juga Wulan sayang .
    titip peluk utk anakmu ya Wulan, boleh ?🙂
    salam

  26. Adi says:

    Wah, catat ini bund, penting jika nanti saya punya momongan.. Salam..

    alhamdulillah, trus kapaan yaaa, Di ?😛
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

