Ketika Anda beranjak dewasa dan berencana untuk menikah, beberapa petuah-petuah untuk berumah tangga akan sering Anda dengar.

Beberapa sudah dipelihara dari generasi ke generasi dan disampaikan berulang kali, termasuk lima aturan ini.

Pasti Anda sudah sangat hapal dan tidak perlu disampaikan ulang lagi.

Namun, apakah lima aturan ini masih sesuai dengan kehidupan sekarang?

Di sini jawabannya.

1. Selesaikan masalah sebelum tidur

Banyak orang memilih tidur sebagai pelarian agar tidak harus berargumentasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit.

Tentu hal ini menyebalkan pasangan dan masalah tidak terselesaikan.

Namun, jika emosi sudah menguasai Anda dan rasa capek membebani tubuh, tidur sejenak akan membuat Anda lebih mudah memikirkan bagaimana cara terbaik menyelesaikan masalah.

2. Jujur dalam segala hal

Tidak selamanya hal ini benar.

Bagaimana pun pasangan adalah manusia dengan sifat iri hati, cemburu, dan tidak bisa membiarkan sesuatu yang tidak benar.

Jika dampak dari kejujuran Anda justru membuat pasangan cemburu sepanjang hidupnya, maka kejujuran Anda justru akan membunuhnya.

Cukup pastikan hidup Anda berjalan benar dan semestinya, maka Anda tidak perlu menyembunyikan banyak hal buruk dari pasangan.

3. Selalu bepergian berdua

Setiap pasangan pasti ingin pasangannya memahami kesenangannya, tetapi tidak berarti bahwa Anda harus ikut dalam semua kegiatannya bukan?

Tidak perlu memaksa ikut kemana pun pasangan pergi, namun justru pasang muka masam selama kegiatan.

4. Bertengkar, awal perceraian

Banyak pandangan bahwa pasangan yang sering bertengkar itu tidak baik, dan akan berakhir dengan perceraian.

Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena dengan pertengkaran Anda berdua sebenarnya sedang berkomunikasi menyampaikan apa yang dirasakan dan berusaha memahami satu sama lain.

Poin yang perlu Anda ingat dalam bertengkar adalah jangan berteriak, jangan berkata dan bersikap kasar serta jangan menuduh.

5. Anak adalah nomer satu

Memiliki anak memang tanggung jawab yang besar.

Hal ini membuat orang tua mengedepankan anak lebih dari apa pun, bahkan hubungan mereka sendiri.

Padahal orang tua yang harmonis, tampak saling mencintai membuat anak-anak merasa aman dan berlimpah kasih sayang.

Oleh karena itu, jangan sampai kegiatan mengurus anak mengorbankan hubungan Anda dan pasangan. Keduanya harus berjalan beriringan.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

39 responses »

Comment navigation

  1. jasmineamira says:

    aturan yg emg selalu ada. semoga saya cepet nikah, amin! *lho :p

  2. pelajaran berharga nih bunda
    bagus juga untuk dibaca istri saya nih🙂

    alhamdulillah, semga ada manfaatnya
    titip sayang bunda utk istri tercinta ya OCta🙂
    salam

  3. Necky says:

    bunda…kebetulan besok keponakan mau menikah, dapat siraman rohani pas pengajian dari penceramah…modal pernikahan menurutnya hampir mirip dengan yang bunda tulis…..Jujur, Keterbukaan, dan Kasih Sayang…..

    ya Necky, kan sebenarnya nasihat perkawinan itu adalah sebuah kunci
    agar perkawinan langgeng dlm kasih sayang ya🙂
    salam

  4. meyBengkulen says:

    kdg2 emg perlu kyaknya bun🙂

    yg mana Mey? yg kadang perlu ?🙂
    salam

  5. anna says:

    white lies gitu ya Bunda?
    demi menjaga pasangan kan.. artinya kita harus bisa ngebedain mana yang harus diungkapkan ato tidak.. setuju sekaliii….

    ya bener banget Mbak Anna,
    agar si dia jgn tersakiti,
    yg penting toh kita tetap right on track🙂
    salam

  6. nia/mama ina says:

    aku setuju poin no. 2 , bohong demi kebaikan lebih baik, atau mending gak usah cerita aja……yg penting selama ini kita masih berjalan dijalan yang lurus…..

    itulah yg sebenarnya tersirat di poin tsb , Nia🙂
    wah, Nia jeli banget🙂
    salam

  7. Iya bun….tambah lagi bun persiapan menikahnya :
    …. dibuat semacam perjanjian Pranikah…
    (hehehe, saya buat juga lo Bun…isinya sepele sih, tapi itu bakal jd persoalan besar kalo ga dibicarakan di awal…qiqiqi…..soal setrika seragam…hiks, saya menyerah🙂 )

    hahahhaaa……….kalau masalh setrika nyerah duluan ya ………😀😀
    mau intip2 janji pranikah Devi aaaakkhhh…………😛
    ( si bunda pingin jail )😛
    salam

  8. apikecil says:

    wihhhhh,,,habis baca ini jadi pengen cepet2 deh Bun
    hahahhahah

    iya, makanyaaaa……buruaaan……..🙂
    salam

  9. Petuah buat yang udah gak single nih. Hehe…
    Denuzz belom cukup usia… Hehe…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    untuk bekal nanti ajah ya Burhan🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s