Cinta itu menyakitkan.

Begitu kata para pengarang lagu kisah patah hati.

Tapi tahukah Anda bahwa cinta juga punya kekuatan menyembuhkan dan mengurangi sakit?

Makin besar cinta yang kita rasakan, makin tak berarti sakit yang ditanggung badan.

Saat kita sedang jatuh cinta, beberapa area otak menjadi aktif dan memproduksi beberapa jenis hormon yang membuat kita merasa senang dan riang dalam jumlah sangat banyak.

Salah satu hormon yang dihasilkan otak saat orang sedang kasmaran adalah dopamin.

Efek dari dopamin ini setara dengan perasaan orang yang makan cokelat atau mabuk kokain.

Para peneliti dari Universitas Stanford, Amerika Serikat, yang meneliti aktivitas otak pada orang jatuh cinta menemukan bahwa, saat kita merasakan sakit, beberapa area otak menjadi aktif.

Nah, area otak tersebut ternyata juga ikut aktif ketika hati sedang berbunga-bunga karena kasmaran.

Dengan menggunakan pemindaian (FMRI) functional magnetic resonance imagingI), para peneliti mencoba melihat reaksi otak pada orang yang sedang merasakan sakit ketika mereka diberi hal-hal yang berkaitan dengan orang yang mereka cintai.

Ternyata memandang foto orang tercinta bisa membuat persepsi rasa sakit yang dirasakan jauh berkurang.

Salah satu peneliti, dr Jarred Younger, menyebutkan bahwa rasa cinta memicu analgesia atau penghilang sakit.

Contoh lain adalah cedera yang dialami para pemain bola.

Meski merasakan sakit akibat cidera, mereka tetap melanjutkan permainan karena telah terlibat secara emosi terhadap permainan tersebut.

Jadi, nikmatilah rasa cinta yang Anda rasakan saat ini, setuju?

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

153 responses »

Comment navigation

  1. Hello webmaster I like your post.. Such a usefule blog wow !!!! pleasing pleasing great.

  2. dheeasy says:

    saya sedang menikmati indahnya jatuh cinta, tapi kok perih banget di ujungnya, karena ternyata cinta saya tak tersambut. Jadi apakah cinta -tetap- pereda sakit?? atau saya yang salah menyikapi cinta??

    _jadi curcol nih…๐Ÿ™‚ _

    Salam kenal bun…๐Ÿ˜€

    Dheeasy, cinta itu memang pereda sakit kok sayang
    perih yg dirasakan, nikmati sebagai anugerah dariNYA,
    ketika kita merindu pun ada rasa sakit krn rindu,
    begitupun ketika cinta bertepuk sebelah tangan,
    namun begitu, bahagialah Dheeasy, krn kita punya cinta yg bisa dibagikan
    dengan segenap rasa๐Ÿ™‚

    salam

    • dheeasy says:

      adem banget hatiku jadinya๐Ÿ™‚

      Karena sekarang saya pun jadi tau begitu nikmatnya dicintai, sehingga tak ragu menyebar cinta kepada sekitar saya…

      Makasih bunda…

      mencintai dgn tulus akan lebih membahagiakan,
      dan mencintai takkan pernah bikin menderita,
      kerinduan lah yg bikin sakit……….

      salam

  3. maminx says:

    Efek merasakan cinta sama ketika kita berolahraga katanya, hehe. seneng dan bahagia nya sama baik ketika jatuh cinta dan setelah berolahraga, hihihi jadi nymbung ke olahraga ya bunda๐Ÿ˜›

    pantesan orang yg sedang jatuh cinta , kelihatan ceria ya Mamin๐Ÿ™‚
    seperti juga olah raga yg membuat kita terliaht bersemangat
    salam

  4. bunda bisa az … hehehe ,,,

    berkunjung bun … ^_^

  5. radesya says:

    Assalamu’alaikum bunda… lama sekali desya gag kemari nih ^^
    apa kabar bun?

    cinta memang bisa menjadi obat yang mujarab ya…, apalagi cinta yang tulus, tapi mesti sesuai dosisna…๐Ÿ™‚

  6. Nata says:

    kadang cinta bikin kita semangat, tapi kadang juga sebaliknya….

    ya begitulah cinta

  7. koeshariatmo says:

    mungkin benar juga, saya kemarin sakit dan tadi malam ketemu anak dan bercanda terus, paginya sudah sehat.. sampai sekarang !!!

  8. jumialely says:

    selaamt hari jumat bunda sayang semoga selalu sehat dan tetap penuh cinta

  9. Nandini says:

    Saya banget Bun.. berjibaku dengan cinta dan sakit..
    eh tapi Bunda sehat khan? apapun semoga segera bisa melewati dengan baik dan kembali dalam sebaik-baik keadaan.. amiin๐Ÿ™‚

  10. Didi Agenda says:

    Begitukah …. hi3… cinta bisa merubah suasana, sedih jd senang, sempit jadi luas. Banyak utang jd kayak gak punya utang hi3. Begitukah Bunda.
    mattwahyu

  11. unyil says:

    whehehehehe. obat mujarap ni. hehehehe

  12. Bundertown says:

    Put love in everything you do and you get love from the rest of the world in return..
    mari kita penuhi dunia ini dengan cinta.
    salam kenal bunda ^^

  13. faruq says:

    cinta karena Allah

  14. Daun says:

    Assalamu’alaikum apa kabar bunda kemana aja nih dah lama ngga posting…?? sepertinya lagi sibuk ya…semoga kesibukannya menghasilkan sesuatu yg positif.

    Salam

  15. budiarnaya says:

    kayaknya Bunda lagi istirahan nich

  16. Kunjungan pertama ane bund.๐Ÿ™‚
    kata bagindas C.I.N.T.A๐Ÿ˜€

  17. oscorner says:

    mmmhhh bundaa…
    hidup penuhh cinta memang menyenangkannn…

  18. bunda kok blum update?๐Ÿ™‚

  19. Asop says:

    Hihihi, cinta, asal dosisnya tepat, bisa menyembuhkan lho.๐Ÿ˜€
    Kalo dosisnya kurang, gak ngefek.๐Ÿ˜ฆ
    Kalo kelebihan, malah bahaya.๐Ÿ˜

  20. wien says:

    cinta…apa itu ya? susah mengartikannya bun ๐Ÿ˜€
    tapi jelas setiap orang akan merasakan kekuatannya yg maha dahsyat…hkhkhk

  21. Kakaakin says:

    Orang tua rela membanting tulang karena kecintaan pada anak2 mereka๐Ÿ™‚

  22. vizon says:

    Setuju Bunda… Cinta yang kita miliki harus dinikmati sepenuhnya dengan bijak dan tepat…
    Hidup ini semakin hidup berkat cinta yang kita miliki, terutama kepada Sang Maha Cinta…๐Ÿ™‚

  23. choirul says:

    bunda, cinta ini membunuhku….. he he he

    kalo cinta sudah direkayasa, anak bocah disulapnya dewasa… semakin ngaco…

    benar sekali bunda, cinta itu memberikan arti tersendiri

  24. tpamuhtadin says:

    Setuju sekali, Bunda, dengan cinta maka seseorang menjadi kuat, sehat, dan bersemangat. Terima kasih telah berbagi tulisan yang inspiratif ini. Ohya, Bunda, bila ada waktu luang, silakan berkunjung ke blog kita ya… Semoga terjalin sebuah silaturahim yang penuh dengan rahmat-Nya. Salam hormat….

  25. orange float says:

    iya bener, cinta bisa bikin semangat tapi terlalu berlebihan malah bisa posesif

  26. Cinta adalah kata yang sangat jarang saya ucapkan, tetapi mungkin lebih banyak saya rasakan bunda…

  27. Bundaaaaaaa…
    *Tadinya pengen nanya kenapa belon apdet, tapi takut lagi sibuk jadi colek lagih ajah :)*

  28. Duta Aurora says:

    Assalamualaikum Bunda..
    udah lama ga mampir ke tempat bunda.. waaah tambah rame aja nih tamunya.. hehe,

    bicara soal cinta.. sungguh luar biasa.. (mungkin agak lebay ya, hehe)
    jadi inget pas detik2 terakhir menjelang operasi mendapat support dr someone yg special membuat aku berani masuk ruang operasi lagi dan rasanya beda aja bun.. lebih rileks, hehee..

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s