Tahukah Anda apa yang membuat Anda tak merasa bahagia saat ini?

Dari keseluruhan hari, berapa persen waktu yang Anda habiskan untuk bekerja? 50%? 60%? atau malah 75%?

Yah, katakan saja demikian, untuk Anda yang workaholic bahkan Anda bisa melupakan jam tidur, makan atau bahkan berkumpul dengan keluarga Anda.

Tetapi coba pikirkan, apakah Anda bahagia dengan meluangkan hampir seluruh waktu Anda untuk bekerja dan mencari uang?

Jawabannya bisa dipastikan, TIDAK!

Bahkan terkadang Anda berharap dalam sehari ada 48 jam, dan bukan 24 jam.

Karena Anda ingin menyelesaikan semua tugas Anda yang belum kelar.

Stop! jangan mengeksploitasi diri dan malah membuat Anda semakin tertekan.

Kebahagiaan tak akan Anda raih dengan memaksa dan hanya memaksa.

Jika ingin hidup Anda bahagia, ada 7 hal kecil berikut yang akan mengubah hidup Anda :

# 1: 5 to 10 minutes

Sediakan waktu setiap harinya 5-10 menit, bercengkerama dengan orang yang Anda kasihi.

Perlu digaris bawahi, ini berarti Anda tak akan sibuk memencet-mencet BlackBerry Anda dan mengecek email yang masuk.

Atau mengirimkan pesan via BBM, dan mengingatkan rekan Anda apa yang harus dilakukan pada presentasi besok.

Hanya 5-10 menit saja, lupakan total hal tentang pekerjaan!

#2: berjalan kaki

Anda mungkin terlalu sibuk sehingga dalam sehari harus mondar-mandir kota Jakarta, pagi sampai larut malam.

Jalan kaki? well, itu mungkin hanya dilakukan di dalam ruangan, di kantor, di rumah atau saat menuju parkiran mobil.

Tambahkan satu session jalan kaki Anda, cukup 15 menit saja. Di pagi hari, di jalan depan rumah Anda.

Udara segar pagi hari sangat baik untuk meredam stres dan emosi Anda.

Anda pun akan menyadari betapa beruntungnya Anda saat ini, tinggal di rumah  yang sehat, dengan pekerjaan, dan keluarga bahagia.

Ternyata usaha Anda selama ini tak sia-sia ya.

# 3 : Matikan seluruh alat komunikasi Anda

Tak bisa hidup tanpa alat komunikasi, siapa bilang?

Di jaman dahulu pun sebelum Anda punya Blackberry atau iPhone, Anda masih bisa hidup tuh.

Jadi tak ada salahnya dong jika dalam waktu istirahat Anda, alat komunikasi itu Anda matikan dan nikmati tidur yang berkualitas.

Ini saatnya otak Anda beristirahat, bukan terus menerus diperas sampai sarinya habis.

#4 : Berdoa!

Anda mungkin bukan satu-satunya yang lupa akan hal ini.

Ya, sebenarnya ini adalah hal yang besar dan penting.

Namun selalu terlihat sebagai hal kecil di mata Anda.

Ok then, siapkan saja waktu 2-3 menit untuk mengucap syukur dan berdoa bahwa Anda telah diberikan semua hal yang Anda miliki saat ini.

Ingat, bersyukur! bukan mengeluh karena Anda tak juga naik gaji, atau protes karena Anda gagal dipromosikan.

Tetapi benar-benar mengucap terima kasih karena Anda telah dicukupi kebutuhannya.

# 5 : Berterima kasih

Kepada siapa Anda harus berterima kasih?

Kepada orang tua Anda, kepada pasangan, kepada anak Anda (mungkin jika Anda sudah memiliki anak), kepada sahabat Anda, kepada rekan, dan semua orang.

Untuk apa? apakah harus seseorang melakukan sesuatu terlebih dahulu untuk diberi ucapan terima kasih?

Tidak cukupkah Anda merasa Anda harus berterima kasih karena mereka telah hadir di dalam hidup Anda?

# 6 : Tersenyum

Oh lihatlah semua kerutan yang ada di dahi dan di sekitar mata Anda itu.

Bukan, itu bukan karena krim anti aging Anda tidak berfungsi, tetapi karena Anda lupa apa itu tersenyum!

Untuk itu, biarkan senyuman itu mengembang setiap hari di wajah Anda. Sesering mungkin.

Dokter kecantikan Anda mungkin lupa memberitahukan bahwa krim anti aging Anda, tak akan memberikan hasil memuaskan tanpa senyuman dari Anda.

# 7 : Membaca sebuah kata-kata inspirasional

Anda mungkin gemar mengumpulkan inspirational quotes.

Pilih salah satu menjadi favorit Anda, tentunya yang menginspirasi dan memberi motivasi.

Baca dan ucapkan setiap hari, Anda tak akan pernah menyadari bagaimana mantera ajaib itu berfungsi.

Kebahagiaan bukan hanya melulu materi.

Tetapi bagaimana Anda mengubah hal kecil menjadi hal yang besar di dalam hidup Anda.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

107 responses »

Comment navigation

  1. Androbana says:

    7 hal kecil namun jika dilakukan kan memberikan banyak manfaat untuk yang melakukannya. Sangat inspiratif d^^

  2. Makasih banyak untuk materi-materi yang menarik. Sangat impresif…

    sama2, terimakasih juga Etik🙂
    salam

  3. Wandi thok says:

    Bunda Lily memang layak dan bagus jadi motivator, tulisan ini salah satu buktinya. Btw, “workaholic” itu apa mangsutnya bun?

    wah, Pak guru terlalu berlebihan😳
    maksudnya terlalu gila kerja, hingga tak mampu lagi menikmati indahnya hidup atau bersyukur,
    kurang lebih begitu , Pak Guru🙂
    mohon maaf, jika kurang tepat🙂
    salam

  4. wien says:

    aku tambahin satu bun…
    No. 8 : Langsung bookmark blognya bunda…banyak tips bermanfaat soalnya🙂

  5. 'Ne says:

    betuul sekali Bundaa.. sedih rasanya ketika waktu terkuras habis untuk kerjaan😦
    banyak saudara, sahabat yang protes karena jarang bisa berkumpul lagi.
    udah gitu blog juga jadi terbengkalai hehehe.. (lho kok curhat?):mrgreen:

  6. zico says:

    Assalammu’alaikum..bunda.. udah lama saya nggak berkunjung lagi nih ke blog’a bunda.. thanks bunda atas postingan yang mengisnpirasi ini…. pemaparan yang sederhana namun penuh dengan makna melebihi kesederhanaan tulisannya…🙂

  7. harumhutan says:

    trimakasi bunda suda membrikan tips ini🙂

    alat komunikasi OL 24 jam bund..

    tapi ndak masalah kok,kalu pas ndak denger yah ndak keangkat he he..

  8. Sya says:

    Saya suka bagian yg ini : Oh lihatlah semua kerutan yang ada di dahi dan di sekitar mata Anda itu. Bukan, itu bukan karena krim anti aging Anda tidak berfungsi, tetapi karena Anda lupa apa itu tersenyum!

    Kayaknya cuma no.3 deh yg belum saya lakukan. Hehehe

  9. oh iya bun, salam kenal ya, postinganya menarik2

  10. isil says:

    yups..yups setuju bunda..
    ketika masih praktek ngajar, sil merasakan kejenuhan dengan rutinitas itu..
    dan karena jenuh, pernah sekali sekali sil melakukan kegiatan yang berbeda dengan yang biasa sil lakukan..yaitu jalan kaki sambil menikmati pemandangan disekitar, sambil hunting foto…ternyata itu ampuh menghilangkan kejenuhan

  11. edratna says:

    Jika sudah bekerja, rasanya sulit sekali menyisihkan waktu…
    Jadi…setelah tak aktif lagi, baru deh merasakan betapa melelahkannya kehidupanku dulu…namun juga menyenangkan….(bingung juga)

  12. isnuansa says:

    Yang nomer 1 tuh Bunda… Rasanya 5-10 menit menyisihkan waktu saja, susah ya…

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s