Sebentar lagi kita akan mengalami liburan yang panjang yaitu libur Natal dan Tahun Baru.

Bagi anda yang sudah merencanakan liburan, tentu ingin menikmatinya bersama keluarga atau orang2 yang dicintai dalam keadaan sehat, dan liburan tentu lebih ceria, ketimbang harus merawat atau dirawat karena sakit.

Namun biasanya saat hendak berlibur, Anda cenderung sibuk mempersiapkan segala keperluan sehingga seringkali melupakan kesehatan.

Padahal, kesehatan merupakan modal utama untuk menikmati liburan. Tidak perlu cemas, berikut beberapa tips yang bisa menjadi panduan Anda.

Konsumsi yogurt sebelum berangkat
Probiotik, bakteri sehat yang terkandung dalam makanan seperti yogurt atau suplemen, bisa membantu mengurangi masalah perut kembung, mual dan diare. Gangguan ini seringkali muncul selama liburan.

Pasalnya, Anda cenderung kekurangan asupan serat dan kurang olahraga saat berlibur.

Bawa penawar jet-lag
Hendak melakukan perjalanan melintasi zona waktu? Melatonin bisa membantu tubuh menyesuaikan diri.

Tubuh Anda memproduksi hormon ini secara alami (hormon ini membuat Anda mengantuk di malam hari dan terbangun di pagi hari). Tapi, perjalanan bisa mematikan jam internal tubuh.

Bawa kotak P3K mini
berikut beberapa hal yang perlu Anda bawa:

1. Obat resep yang sedang digunakan. Jangan lupa memasukkan obat tersebut ke dalam tas atau koper Anda. Untuk berjaga-jaga, bawalah dalam jumlah lebih.

2. Salep antikuman, khususnya jika Anda hendak mendaki atau ke area yang berisiko membuat Anda terserang malaria. Pilihlah produk yang mengandung DEET untuk memberikan perlindungan maksimum. Jangan lupa krim cortisone untuk mengatasi bintik-bintik merah dan gigitan nyamuk atau serangga.

3. Sunscreen dan pelembab bibir. Pilihlah produk dengan SPF 15 atau lebih. Jangan lupa body lotion yang mengandung lidah buaya untuk meredakan kulit yang terbakar sinar matahari.

4. Obat diare. Pilihlah obat diare yang biasa Anda gunakan. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai antibiotik yang perlu digunakan saat mengalami gejala awal diare.

5. Lain-lain. Tidak ada salahnya membawa pereda rasa sakit yang dijual bebas di apotek, pembalut luka, gunting, laksatif, serta termometer.

Hindari tas yang menyiksa punggung
Daripada membawa tas besar, ada baiknya membagi barang-barang Anda ke dalam dua tas berukuran lebih kecil. Cara ini membantu tubuh menyeimbangkan beban dengan lebih baik. Jadi, tas tidak akan menyakiti punggung dan bahu Anda.

Regangkan tubuh setiap dua jam
Jika perjalanan Anda membutuhkan waktu lama, jangan lupa berdiri dan meregangkan tubuh paling tidak setiap dua jam sekali. Cara ini berfungsi menjaga kelancaran darah.

Studi-studi menunjukkan, duduk diam selama beberapa jam bisa meningkatkan risiko deep vein thrombosis (DVT), pengentalan darah di kaki.

Nah, sekarang anda dapat menikmati liburan yang ceria tanpa harus sakit……

Selamat Berlibur………..

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

42 responses »

Comment navigation

  1. Yogurt???

    wah tips baru nih bun….

    meski si kecil Syafa doyannya emang yogurt, tinggal diterapkan ke kakak n abangnya…

    makasih ya bun…

  2. Aq berliburnya deket-deket aja bunda, mau mudik juga ga ada uang sakunya, hi6 ^_^

    bunda malah gak pernah ada liburnya , Hafid
    kan bundamu ini bu rt yg 365 hari terus bekerja utk suami dan anak2🙂
    salam

  3. PutuS says:

    wah..asyik sekali bunda,…kalau bisa berlibur, berekreasi bersama keluarga.. betul bunda, semuanya harus dipersiapkan dengan baik… 🙂
    Salam bunda…

    momen yg paling indah bersama keluarga , salah satunya berlibur bersama ya Bli🙂
    Bli dokter berlibu kemana nih?
    salam

    • TuSuda says:

      BTW, bunda akan berlibur kemana saja bersama keluarga..semoga menyenangkan ya bunda..
      SALAM hangat dari Kendari…. 8)

      liburan sekarang, kayaknya gak bisa bersama2 Bli,
      anak2 punya acara sendiri bersama teman2nya ,
      suami jg gak dpt cuti…… 😦
      salam

  4. adelays says:

    Heehehheeh… ternyata liburan panjang kali ini malah saya isi dengan beristirahat total dirumah.

    Istirahat karena kecapean bekerja.

    wah, malah enak dong De,
    setelah lelah bekerja, pilihan paling nikmat itu memang istirahat di rumah bersama2 orang terkasih di dekat kita🙂
    salam

  5. Vacuum says:

    kaayaknya bunda sering liburan keluarga ya

    gak juga kok, tulisan ini hanya dr pengalaman yg lalu saja🙂
    salam

  6. Pak Wandi says:

    Tipsnya bagus banget bunda, ngom-ngom ada apa ya saya bolak-balik ke mari tetapi bunda nggak/belum pernah ke tempatku ini.

    Pak Guruuuu…………. maafkan diriku ya ,
    belum sempat BW kesana😳
    nanti aku sempatkan kesana kok, don’t worry😀
    salam

  7. Hani sedang sakit Bunda…semalam demam tinggi. Nggak lucu kalau pas liburan sakit…alhamdulillah dokter bilang panasnya cuma karena radang tenggorokan….

    sinih bunda peluk, Hani🙂
    cepet sembuh ya nak, istirahat dan banyak minum air putih ya🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s