musik, menenangkan jiwa

 

Pantang untuk kesehatan tubuh sudah umum dilakukan, tetapi pantang untuk kesehatan pikiran apakah sudah Anda lakukan?

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita memilah-milah makanan dan minuman yang masuk ke tubuh melalui mulut.

Kita juga menghindari gas-gas yang berbahaya untuk terhirup melalui hidung.

Untuk menjaga kesehatan jiwa dan pikiran, kita pun harus memilah-milah asupan yang masuk ke dalam pikiran kita.

Uniknya, untuk saluran pencernaan sepertinya hanya beberapa indra saja yang terlibat.

Namun untuk ‘saluran’ pikiran ternyata semua indra terlibat.

Berikut ini apa saja yang harus dihindari dan dilakukan untuk kesehatan jiwa kita.

1. Hindari asupan kriminal dan sadisme

Ketika Anda menerima asupan pikiran berupa bacaan atau tontonan tentang kejahatan dan sadisme, tanpa sadar Anda telah memberikan rasa takut, sedih, jengkel bahkan marah pada jiwa Anda.

Tentu saja perasaan ini menambah beban pikiran yang seharusnya tidak perlu sungguh-sungguh Anda pikirkan. Perlu diingat bahwa asupan ini tidak hanya dari berita saja, tetapijuga dari koran, novel, liputan, film dan kejadian sehari-hari yang Anda konsumsi.

2. Hindari suasana ‘panas’

Mendengarkan orang berteriak-teriak marah, pertengkaran, bahkan pertengkaran kucing sekalipun membuat orang tidak tenang dan pikiran tidak damai.

Oleh karena itu, ingatkan diri sendiri untuk tidak terjebak dalam suasana yang ‘panas’ , baik sebagai pelaku maupun sebagai pendengar.

Memang sebaiknya Anda mendamaikan pertengkaran, tetapi jika tidak terlalu berhubungan dengan Anda maka tidak ada keharusan untuk tetap mendengarkan perkataan kasar dan tajam yang menyakitkan.

3. Hadirkan asupan yang ‘sehat’

Kebalikan dari asupan kriminal dan sadisme, maka berikan asupan bacaan atau tontonan yang memberikan inspirasi, motivasi, kisah-kisah dengan happy ending dan kegembiraan lain.

Mengetahui berita gembira, walaupun itu hanya di film saja, sudah memberikan energi positif untuk jiwa dan pikiran Anda yang tentu bisa mempermudah untuk menghadapi hidup Anda sendiri.

Selain itu, dari situ bisa dipetik pelajaran bagaimana untuk mendapatkan hidup yang gembira dan bukan mendapatkan kecurigaan berbagai cara yang mungkin dilakukan orang lain untuk menyengsarakan hidup kita.

4. Hadirkan suasana yang menyenangkan

Memang tidak mudah menemukan suasana ceria dan menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekalipun ada, kita tidak mudah untuk ikut di dalamnya.

Contohnya jika ada kecelakaan, mudah saja kita ikut menolong korban. Namun jika ada pernikahan, tentu tidak mungkin kita ikut makan-makan tanpa diundang.

Oleh karena itu, hadirkan sendiri suasana yang menyenangkan Anda dengan musik, aromaterapi yang Anda sukai, pemandangan yang indah, bergabung dengan teman-teman yang menyenangkan dan lain sebagainya.

5. Lebih peka diri sendiri

Seorang teman selalu menggunakan penutup kepala ketika bepergian ke luar rumah. Dandanan ini dinilai aneh oleh teman-teman yang lain karena seperti penduduk daerah subtropis, namun dia tetap menggunakannya.

Setelah ditanya lebih jauh, ternyata telinganya peka dengan suhu yang sedikit saja agak dingin sehingga hal itu tidak membuatnya nyaman.

Dengan penutup kepala, masalah itu dapat teratasi dan dia tidak terganggu lagi dengan kelemahannya itu.

Anda sendiri yang bisa mengetahui apa yang membuat tubuh Anda nyaman, dan tubuh yang nyaman membuat pikiran lebih tenang dan damai.

Sayangnya, banyak orang mengorbankan dirinya sendiri memenuhi keinginan lingkungan di sekitarnya dan agar tidak dipandang aneh.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

47 responses »

Comment navigation

  1. Doubleside says:

    Bunda heba, ya..
    moga makin banyak yg baca tulisan ini biar hidup makin tentram.

    hahaha…jgn suka berlebihan gitzu dunk akh…😳
    salam

  2. ankelistyan says:

    Kata kuncinya HARMONI.
    Balance antara yin dan yang (bagi yg tahu dan percaya)
    Kerja dan doa
    Jenis makanan yg seimbang
    Kehidupan sosial yang sehat
    Aktifitas fisk dan kontemplasi
    itu saja …… lalu lihat apa yang terjadi🙂

    keseimbangan dlm hidup, itu intinya ya🙂
    salam

  3. nakjaDimande says:

    perasaan tadi sempat liat ada yang judulnya “Lebaaayyyy….
    xixixi😛

    iya bundoku sayang………………
    tadi itu lg lihat ”pratampil” nya utk postingan terjadwal🙂
    (peluk sayang )
    salam

  4. nakjaDimande says:

    Asupan sehat..
    mari baca blog bunda Ly, bergizi dan pasti sehat

    selamat siang Bunda sayang

    selamat malam bundoku sayang…………..
    wah, aku khan jadi malu bundoku😳
    salam

  5. Oyen says:

    dan kesehatan pikiran sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh ya Bun🙂

    salam sayang untuk Bunda🙂

    setuju sangat dgn Mbak Oyen🙂
    (peluk sayang)
    salam

  6. advertiyha says:

    Selalu mengkonsumsi kebaikan untuk kesehatan fikiran itu memang penting ya bun,, dengan pikiran yang sehat maka jiwa dan raga juga ikut sehat..🙂

    thanks tipsnya bunda sayang..
    salam sayang

    terimakasih jg Mbak Iyha sayang………………….. (peluk sayang)
    salam

  7. pri crimbun says:

    Assalamualaikum bunda.. singkat tapi padat ya tulisan bunda…

    walaikumsalam.wr.wb.
    terimakasih, semoga bermanfaat🙂
    salam

  8. anny says:

    Tips diatas sangat memompa energi positifku Bunda, dan seolah berangsur angsur akan mengeluarkan toksin dalam pikiran yang kadang suka terjebak karena menuruti pandangan dan apa kata orang , padahal kata hati udah jelas mengatakan benar🙂
    Makasih artikelnya yang mantap ini Bunda

    sama2, terimakasih juga Anny🙂
    sebaiknya memang kita menuruti kata hati kita ,
    krn biasanya kata hati selalu benar
    salam

  9. Assalaamu’alaikum Bundaku sayang….

    Hari yang baik dalam kehidupan kita adalah apabila kita positif menghadapinya walau banyak tantangan yang mendatang yang bisa menroboh pendirian dan jiwa kita.

    Berfikiran sehat bisa menjadikan kita orang yang optimis dengan hidup. penulisan bunda di atas telah memberi nikmat rohani kepada saya untuk terus menikmati kehidupan yang ceria sepanjang hari.

    Terima kasih telah berbagi hikmah yang hebat bunda.

    Salam manis dan rindu selalu bunda dari saya di Sarikei, Sarawak.

    setuju sangat dgn pendapat Ibu Fatimah tersayang🙂
    dan semoga kita selalu berfikiran dan bertindak positif
    dlm menjalani kehidupan ini ya Bu🙂
    salam sayang dan rindu dr Tangerang
    Salam

  10. Kunujungan pertama bunda, postingannya lebih bersifat psikologi yah..

    masa’ sih? padahal bunda gak ngerti lho ttg tulisan psikologis 🙂
    terimakasih banyak …………..
    salam

  11. Prima says:

    tips yang berguna bunda, memang saya sendiri gak suka dengan hal-hal yang menganggu emosi, makanya saya suka menajauhi konflik, hahahahha… meskipun kadang jadi seperti pengecut, cuma daripda saya ikutan stress, heheheheh…🙂 salam bunda

    keputusan yg manapun yg kita ambil,
    pastilah krn kita tau yg terbaik ut diri sendiri ya Prima🙂
    dan, kedamaian itu lebih asik drpada keonaran pastinya😀
    salam

  12. kiraitomy says:

    dan selalu berpikir positif, hehehehe. sok tau banget..

    bener tau kok itu , Tom🙂
    bunda setuju 100%🙂
    salam

  13. PusKel says:

    ya bunda…membiasakan menumbuhkan pikiran yang baik akan menghasilkan benih tindakan yang terbaik..karena pikiran juga perlu “menu gizi” yang baik.
    Terimakasih atas pencerahannya bunda…

    sama2, Bli dokter🙂
    terimakasih jg utk apresiasinya🙂
    salam

  14. TuSuda says:

    benar bunda…karena pikiran menentukan keputusan akan tindakan apa yang diperbuat…
    sebaiknya lebih memilih yang menyehatkan dari dalam diri terlebih dulu.
    salam bunda…

    dan ketika dlm diri kita sehat, maka tindakan pun akan baik ya Bli
    salam

  15. nice tips bunda🙂 , mudah-mudahan poin2 di atas dapat di terapkan dengan baik dan benar😀

    terimakasih banyak ,Chandra🙂
    salam

  16. nh18 says:

    4. Hadirkan suasana yang menyenangkan

    Itu penting banget Bunda Ly …
    Suasana yang menyenangkan akan membuat hidup kita lebih relax dan produktif

    salam saya Bunda Ly

    yap, krn suasana yg menyenangkan pastinya juga membahagiakan ya Mas🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s