Belakangan ini ketika alarm membangunkan Anda di pagi hari, alih-alih menyiapkan diri, Anda justru makin tenggelam di bawah bantal.

Kepala Anda bukannya dipenuhi ide kreatif yang ingin dilakukan di kantor, tapi sibuk mencari alasan untuk izin tidak masuk kerja.

Tidak diragukan lagi, Anda menderita sindrom burnout.

Burnout adalah semacam stres, kebosanan atau frustasi yang dapat menyebabkan Anda merasa letih, mudah tersinggung dan nyeri di sana sini.

Sindrom ini cenderung menguras tenaga cadangan mental maupun fisik. Akibatnya bukan hanya karir yang terancam, tapi juga hubungan personal Anda dengan orang lain.

Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda mengalami burnout?  Satu diantaranya adalah memeriksa gejala-gejala di bawah ini:

– Tidak bisa fokus
Pada suatu waktu Anda pernah sangat bersemangat melakukan tugas dari atasan dengan hasil sempurna.

Namun kini Anda bahkan merasa malas dan kehabisan energi untuk mengecek isi inbox email Anda.

Ketika Anda semakin sering tidak fokus, mungkin semangat dan minat Anda pada pekerjaan semakin tipis.

– Malas bangun
Jarang ada orang yang bagun pagi hari langsung bersemangat untuk bekerja, namun waspadai jika rasa malas itu sudah berlangsung berminggu-minggu.

Bisa jadi kegembiraan dan gairah Anda pada pekerjaan sudah berbalik arah.

Mungkin juga Anda membutuhkan tantangan baru di tempat lain.

– Tidak peduli
Rasa letih mental dan fisik luar biasa yang mendera membuat Anda sudah tidak peduli lagi pada hal-hal penting dalam pekerjaan.

Malas menjawab email atau telepon keluhan dari pelanggan, sering menghindari rapat atau menganggap teguran dari atasan bukan hal yang perlu didengarkan, bisa didasari oleh stres akibat burnout.

– Keluhan fisik

Masalah pada saluran cerna, kelelahan, sakit kepala, nyeri punggung, sulit tidur, juga flu, sering dialami oleh mereka yang mengalami burnout.

Dan, burnout ini bisa terjadi ketika kita mengalami kejenuhan dalam pekerjaan, atau hal apapun yang kita lakukan.

Untuk itu, maka perlunya variasi dalam kehidupan ini menjadi sangat penting, karena variasi dapat membuat hidup kita lebih bermakna, juga mampu memupuk kreativitas kerja.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

48 responses »

Comment navigation

  1. pertama kali baca artikel ini…

    kalau misalkan merasa malas jalani hari – hari karena sadar bahwa diacuhkan keluarga dari sanak saudara dan lain – lain terutama karena kurangnya harta…

    itu namanya gejala apa ya?

    saya kasihan melihat orang tua saya yang pengangguran dan tua tapi Dia malah diacuhkan keluarga besarnya (kakak dan adik2nya)…

    saya masih remaja jadi tidak bisa melakukan banyak hal..
    apa yang harus dilakukan?

  2. Anugrha13 says:

    wah saya juga pernah merasakannya bunda…trims bunda semoga sy bisa mengubahnya😉

  3. […] Akibatnya bukan hanya karir yang terancam, tapi juga hubungan personal Anda dengan orang lain.—bunda Lily, […]

  4. Pakdecholik says:

    Dulu saya juga pernah mengalami hal2 seperti itu jika pekerjaan bertumpuk dan semua minta segera..segera…segera…
    Kuncinya memang time management. Jika suka menunda pekerjaan karena terlalu banyak basa-basi melayani tamu yang datang maka pekerjaan jadi berantakan.
    Sekarang mah santai..tinggal mengatur kapan ngebog,kapan nonton tipi dan kapan kluyuran di jalan.

    Btw…di Sukabumi ada bubur ayam yg enak sekali, namanya bubur Burnut…sadaf bener tuh.

    salam hangat dari Surabaya

  5. wi3nd says:

    bunda ly..
    knapa yah kalu pas libur tuuch maunya bangun siaang,maleees bangged bangun bund,ini masuk burnount juga bund?
    he he…

  6. Saya juga sering mengalaminya. Untuk nulis di blog saja, saya masih blank saat ini. Jadi saya lebih melakukan blogwalking, ketimbang menulis.

  7. isil says:

    baru mengenal istilah itu bunda…
    wah..wah
    tapi kayaknya beberapa point itu pernah sil alami…
    mhmmm?????

  8. […] This post was mentioned on Twitter by dellyna septia, lily suhana. lily suhana said: Apa Sih 'Burnout'?: http://wp.me/puHIp-1Oe […]

  9. @helgaindra says:

    untung aja saya ga pernah kena syndrome burnout

  10. aldy says:

    Paling malas bangun pagi kalau hari libur😀

    Sepertinya saya tidak mengidap gejala itu bunda, cuma satu gejala yang berbahaya, kalau sudah naik rumah pohon, jadi malas turun.

  11. Ups…kalo saya rajin bangun pagi…bukan utk ke kantor bun…tp untuk siapin sarapan n bekal sekolah.
    setelah selesai urusan anak-anak sampai sekolah….baru deh berasa ngantuk…maleeesss….

    Doakan agar bisa segera beroleh kemantapan hati ya bun….

  12. Oyen says:

    termasuk variasi makan siang ya Bun, dan variasi camilan… sekalipun tetep, cari gratisan😛

    pokoke jangan mbikin bete dan bosen ya Bun… kalo bosen Oyen biasanya komeng aja kemari😀

  13. tutinonka says:

    Bunda, saya juga kalau bangun pagi rasanya masih ngantuuk aja. Apalagi kalau malem tidurnya jam 1 dini hari, dan bangun jam 4 (kalau itu mah risiko begadangan ‘kali ya …🙂 )

  14. maksud saya kumpulan awan bunda ^^

  15. Oh ya bunda, mau share ttg tabligh akbar di tegal td malam. Maha suci indah, bunda. Ketika acara penutup doa tahlil.
    kala itu jam 12 malam. Langit sudah gelap gulita.. dan ada satu kumpulan kumpul yg bergerak dari arah barat terus ke atas lapang acara tabligh akabra. dan di sana tampak jelas ada lafadz ALLAH.
    Indah….

    ************************************************************
    Oh ya, maaf OOT, bunda

    Sekalian berbagi informasi:

    Jangan lupa ya…

    Jam. 16.00 – 17.30

    Nonton TV-One

    TABLIGH AKBAR 1 MUHARRAM

    bersama

    MAJELIS RASULULLAH & Habibana Munzir bin Fuad Al Musawa

    Ayo bermuhasabah bersama di sore nan mulia ini

    *** Siapkan tisu di akhir acara, saat acara doa, sungguh hati ini akan malu sampai jiwa ini mencair dari kebekuan nan hina

    Info lebih lanjut: klik http://www.majelisrasulullah.org

    **Ini bukan promosi link lho…

  16. wien says:

    kalau aku kok sering bgt sariawan ya, kadang2 sampai bikin senut-senut nih kepala…burnout jg nih kyknya bunda…oh tidaakkk…

  17. Bunda….Hani pernah mengalaminya, tapi alhamdulillah cuma sehari aja, karena Hani segera mencari sesuatu yang bisa memotivasi mengatasinya….

    Malas bangun, malas masuk, bosan, nggak konsen dkk…

    Tapi boss Hani juga orangnya lumayan perhatian, kalau merasa kinerja hani lagi turun dia ngajakin makan di luar, diajakin ngobrol dan bertanya apa kiranya yang membuat Hani begiu..tapi kenapa nggak pernah berani bilang minta naik gajih yah?:mrgreen:

    wah, senangnya , punya boss yg perhatian gitu ya Hani🙂
    dan, bunda yakin Hani sayang sangat smart
    dan pastinya tau utk melakukan apa agar gak terserang sindrome yg satu ini🙂
    (peluk sayang)
    salam

  18. makasih bund pencerahannya,
    saya ngaku dech.. saya termasuk sedikit mengalaminya..
    bener juga, harus ada variasi.
    Bali Villas Bali Villa

    iya, krn variasi dlm hidup itu perlu,
    kalau monoton membuat kita sering terserang sindrome satu ini😦
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s