Jika dihadapkan dengan pilihan antara sayur kukus minim bumbu atau mie instan, manakah yang akan Anda pilih?

Tentu saja mie instan bukan?

Sebab meski khasiat sayur kukus terkenal menyehatkan, namun rasanya kalah lezat dibanding mie instan.

“Jangan makan banyak cokelat, nanti kamu jerawatan lho…”

“Jauhi permen karet itu, lagakmu seperti berandalan saja saat mengunyahnya…”
“Daripada minum kopi, lebih baik minum air, kopi bisa merusak gigi. Urin pun jadi bau…”

Pernahkah Anda mendengar berbagai komentar pedas tentang 3 makanan ‘terlarang’ di atas?

Kopi,  cokelat, dan permen karet, akhir-akhir ini kesemuanya mempunyai citra buruk.

Padahal, jika mau diteliti, sebenarnya ke-3 penganan tersebut tidaklah buruk-buruk amat.

Yang memicu dampak buruk itu adalah apabila cara pengonsumsiannya salah.

Entah mau mengaku atau tidak, pada dasarnya kita semua memiliki kecenderungan untuk memilih makanan yang sebenarnya buruk. Benar atau tidak?

Demikian juga dengan 3 makanan yang dalam kehidupan sehari-hari kerap diklaim sebagai makanan terlarang ini.

Karena rumor jelek yang beredar, akhirnya banyak penggemarnya yang kemudian jadi merasa bersalah saat menelannya, mungkin Anda salah satunya.

Jika ya, maka kini Anda tak perlu merasa begitu lagi, sebab ternyata ada manfaat positif juga lho dalam setiap gigitan penganan di bawah ini.

Apa saja sih 3 makanan terlarang tersebut, dan apa manfaat baiknya?

Ayo, kita baca bersama.

Cokelat hitam

Kandungan flavonoid-nya yang kaya antioksidan juga bisa ditemukan pada teh,  dan…cokelat.

Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Meski semua cokelat mengandung serotonin, hormon pembangkit mood, namun carilah yang mengandung 70-80% kakao.

Kulit bermasalah juga bisa diatasi dengan cokelat hitam, luka bengkak pun bisa mengempis.

Hanya tentu Anda harus tetap ingat bahwa cokelat tetap kaya akan lemak dan kalori, jadi cukup makan 2-3 potong saja yah tiap hari.

Kopi

Minuman satu ini memang selalu menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Jika diminum dalam jumlah yang wajar, sebenarnya kopi mengandung banyak manfaat positif.

Menurunkan risiko timbulnya batu empedu, kanker usus besar, kerusakan pada liver, dan timbulnya penyakit Parkinson.

Selain itu, kopi terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan performa seseorang dalam aktivitas yang panjang.

Meski memiliki banyak khasiat baik, namun tak berarti Anda boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Cara pengonsumsian terbaik adalah dengan minum tak lebih dari 4 gelas sehari, dan minumlah dalam selang waktu yang berbeda.

Permen karet

Tahun 1964, NASA mulai membekali para astronot dengan permen karet bebas gula untuk perjalanan misi mereka.

Sejak para astronot mengunyah sebuah permen karet, maka mulut dan gigi mereka jadi lebih kuat dan terlatih.

Gigi sehat, tubuh pun ikut sehat. Sayangnya, kebanyakan orang malah mempercayai hal yang sebaliknya.

Padahal mengunyah permen karet bebas gula secara teratur bisa membantu peningkatan produksi air liur dalam rongga mulut, hasilnya gigi juga bisa putih lho.

Selain itu, kondisi ini juga bisa mempercepat pencernaan karbohidrat yang biasanya bisa merusak gigi.

Permen karet juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Wow!

Jadi, perlukah kita masih merasa bersalah dan mempercayai gosip buruk tentang 3 makanan di atas? Anda yang memutuskannya.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

53 responses »

Comment navigation

  1. Imtiaz Hami says:

    Chocolates have been my weakness and also a passion. I am simply unable to resist them.

    it’s okay, as long as you didn’t eat it too much🙂
    best regards

  2. wi3nd says:

    hi hi..aku malah ndak pernah musingin larangan itu.
    selagi suka makan ajah,kcuali kopi karna memang ndak suka..

    yang penting sewajarnya,tidak banyak tapi “paS” porsinya
    lah kalu permen karet malah seneng banged suka bikin balon digelembungin trus dipecahin lewat mulu he he…

  3. zfarlinda says:

    hoho.. ternya begitu ya ^.^
    thanks infonya

  4. maminx says:

    Wah cokelat ma kopi yang sering di konsumsi mah. Klo permen sih jarang, he. Tapi emang bermanfaat ko bener itu, asal konsumsi nya gak berlebihan ya seperti yang bunda tulis. Nice share bunda🙂

    setuju Mamin, apapun itu bila berlebihan pastinya gak baik ya🙂
    salam

  5. Assyiikkk…baca sebuah ‘pembenaran’ qiqiqiqi

    Jadi siapa takut makan coklat, kopi, permen karet?

    Makasih ya bun….(***membahagiakan infonya nih***)
    Btw, bagaimana pengaruhnya dengan berat badan?

    kalau makannya gak berlebihan, sih oke oke aja kok Devi🙂
    yuuuuuuuuuk, yak yuk, kita makan lagi cokelatnya ……..😀😀
    salam

  6. arkasala says:

    kopi tetap favorit saya Bun … yang lainnya hanya sesekali, kecuali permen karet yang mungkin sudah lama tidak mengunyahnya.
    Trims sekali atas infonya Bun🙂
    Salam

    alhamdulillah, terimakasih juga Kang🙂
    salam

  7. Coklat jelas saya suka,namun tidak sering di konsums, kopi di minum jika ada yang menawarkannya(tidak enak di tolak), permen karet jarang di konsumsi.

    bunda juga hanya ngopi sekali sehari, pagi hari saja Mas🙂
    salam

  8. citromduro says:

    wah mantab bunda, saya sangat menyukai kopi
    tapi tidak terlalu banyak juga
    salam dari pamekasan madura

    iya Mas Citro, kebanyakan jg nanti gak baik efeknya🙂
    salam

  9. Tegas Bodoh says:

    walah..
    yang permen karet itu bunda yg tegas baru tahu..
    ternyata begitu ya, hmm..
    terima kasih banyak lho bunda untuk informasinya.
    sangat membantu😀

    salam hangat bunda😀

    alhamdulillah, sama2, terimakasih juga Tegas🙂
    salam

  10. Daun says:

    Betul bunda segala sesuatu jika mengkonsumsinya berlebihan pasti akan berdampak buruk, dan smua makanan ada sisi buruk dan sisi baiknya tinggal bagaimana kita bisa memilah dan memilihnya buat tubuh kita karena menurut orang lain baik menurut tubuh kita justru kurang baik.

    Salam

    intinya , kenali kebutuhan tubuh sendiri ya:)
    dan, juga sadari segala yg berlebihan pasti akibatnya gak baik🙂
    salam

  11. monda says:

    Semua hal punya sisi baik buruk termasuk makanan ya bun

    iya Mbak Monda , setuju khan?🙂
    salam

  12. Saya termasuk penikmati kopi, sejak SD. Kini minimal 2x sehari menikmati kopi yaitu pagi dan sore hari. Kalau lagi ingin ya nambah lagi, terutama jika sedang berada diluar rumah atau sedang dalam perjalanan jarak jauh.

    Kopi memang menyebabkan ketagihan. Ini saya alami sendiri, kepala pusing jika pagi hari belum minum kopi.

    Coklat sih gak begitu ketagihan, kalau ada ya di embat tapi kalau gak ada ya no problem at all.
    Permen karet kadang makan, hanya untuk iseng.
    Kita kadang termakan rumor atau gosip bahwa makanan ini dan itu tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu perlu menambah pengetahuan melalui artikel seperti ini.

    Terima kasih artikelya yang menambah wawasan.

    salam hangat dari Surabaya

    intinya ketika kita menikmati sesuatu itu jangan berlebihan ya Dhe🙂
    yg berlebihan biasanya malah gak baik utk kesehatan
    salam

  13. Alhamdulillah saya paling tidak suka namanya Coklat Bunga..Mohon Maaf Bunda saya Ikutan Nimbrung…dan Salam Kenal

    salam kenal juga,
    terimakasih sudah mampir disini🙂
    salam

  14. Iip says:

    saya suka minum kopi lo bunda,
    Indonesia kan kaya dengan kopi, dari yang mahal seperti kopi luwak sampai kopi yang mantabs seperti kopi sibolga🙂

    sama dong kita ya, bunda hanya cukup sekali sehari secangkir saja ,Mas Iip🙂
    wah, katanya kopi sibolga itu terkenal mantap ya Mas ?😀
    salam

  15. Betul Bun… kita semua punya kecenderungan untuk memilih makanan yang sebenarnya “buruk” *saya jujur loh bun…

    ya, selagi dalam batas sewajarnya gak ada masalah…
    Tapi beberapa jenis makanan/panganan tertentu menjadi tidak cocok pada kondisi tertentu. Misalnya, kopi sangat tidak dianjurkan bagi pasien gasteritis atau pasien gangguan jantung. Atau minuman asam tidak baik diminum saat seseorang baru saja makan jengkol *lho, kok bawa2 jengkol?*, dan masih banyak contoh lainnya

    Btw, komen terpanjangkah…?😆

    duh, Yori ….apa kabar?
    semoga selalu sehat ya ,amin🙂
    kalaupun komen terpanjang, bunda malah suka kok😀
    benar Yori, makanan yg kita konsumsi jg hrs cocok dgn keadaan kita ya , bunda setuju banget itu🙂
    salam

    *udah lama gak BW

  16. akhta says:

    Sebelum membaca tulisan Bunda saya sering mengkonsumsi tiga “terlarang” ini tanpa tahu manfaatnya. Terima kasih, kini saya tambah sedikit wawasan tentang ketiganya.
    Salam.

    alhamdulillah, semoga ada manfaatnya ya Mas Akhta🙂
    salam

  17. Prima says:

    Bunda, maaf baru BW… dark cokelat kan mahal di indo… cokelat murah yang berada di masyarakat padahal hanya mengandung sedikit cokelat, banyak minyaknya…
    Kalo kopi jarang bunda, sekali-kali kalo pengen…
    kalo permenkaret, dulu prnah denger memperlancar peredaran darah ke otak, jadi gak mudah ngantuk…cmiiw
    salam bunda..
    anyway I love chocolate, yang gak manis..🙂

    ada kok dark chocolate yg gak terlalu mahal disini,
    silver queen dark, itu lumayan lho Prima ,
    gak terlalu manis ,walaupun gak sampai 70%, mungkin sekitar 40%an gitu deh,
    tapi lumayan mengobati rindu akan dark chocolate🙂
    salam

  18. fendik says:

    Coklar ma Permen karet ndak begitu suka bun. Kalau Kopi. I like it.🙂.. apalagi kumpul ma teman-teman cangkrukan. hehehe.. Tp alhamdulillah saya tidak merokok kok.🙂 Salam kenal bunda…

    dan, kopinya jg jgn kebanyakan ya Fen🙂
    salam

  19. M Mursyid PW says:

    Hasil check-up kesehatan: glukosa saya tinggi.
    Harus diet lemak dan yang manis2 ni, Bunda.

    wah, kudu hati2 juga ya Mas …..
    semoga diet nya berhasil , amin
    salam

  20. Waduh, gmana Bunda……coklat adlh kegemaranku stelah buah….moga2 bisa control hingga nggak nambah lemak……

    ya bener, jgn berlebihan,
    krn yg berlebihan itu akibatnya selalu tdk baik🙂
    jadi, tetaplah makan coklat secukupnya saja🙂
    salam

  21. Ann says:

    Sekarang senangnya minum coklat panas.
    Yang penting gak berlebihan

    bener Ann, apapun yg berlebihan , tidak baik ya🙂
    salam

  22. ajengdewie says:

    Mampir pertama Bunda…

    aku juga suka cokelat, permen karet, dan kopi …
    Walau jarang makannya.. hehe
    Ternyata banyak manfaatnya ya Bunda..

    insyaallah, manfaat bila tdk dikonsumsi berlebihan ya Ajeng🙂
    ditunggu kunjungan berikutnya ,Ajeng🙂
    salam

  23. Danu Akbar says:

    hm.. permen karet makanan favorit ku bun. hehe
    btw, ini ganti theme ya bun blognya?

    ya, tapi dah lama juga kok, Danu🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s