Orang bijak kerap berkata “segala sesuatu yang ‘terlalu’ itu tidak baik.”


Terlalu gemuk, terlalu kurus, terlalu rohani, terlalu rajin, terlalu pintar, dan masih panjang lagi daftar serba terlalu yang tidak sehat.

Sebuah pertanyaan besar datang pada Anda saat ini.

Seimbangkah kehidupan yang Anda jalani saat ini

Coba baca beberapa poin di bawah ini untuk mengetahui apakah Anda telah menyabot diri sendiri:

Anda menciptakan rintangan, bukannya batasan

Jika hari-hari Anda sangat sibuk sampai duduk (atau berdiri), makan, hingga menarik nafas pun tak sempat, maka Anda perlu mengatur ulang segala jadwal agar punya waktu untuk diri sendiri, bebas dari tuntutan kerja.

Anda coba melakukan…semuanya

Untuk merasakan keseimbangan penuh, adalah hal penting untuk mengatur diri sendiri dan prioritas pribadi.

Untuk keluarga misalnya, sesekali meluangkan waktu menemani anak les karate tentu tak ada salahnya bukan?

Anda melakukan semuanya…sendiri

Baik di rumah maupun kantor, sehebat-hebatnya seorang wanita atau ibu, ia tetap perlu bantuan.

Mungkin dari anak perempuan untuk mencuci piring, atau berbagi tugas dengan rekan kerja.

Hidup Anda kacau

Meja kerja berantakan, rumah apalagi.

Jika butuh sesuatu, harus lebih dulu mengobrak-abrik seisi ruangan baru bisa menemukan yang dicari.

Semakin rapi, semakin kecil kemungkinan seseorang merasa letih dan frustrasi.

Anda benci pekerjaan sekarang

Semua orang harus menghadapi kenyataan bahwa hidup perlu uang dan ada berbagai tagihan yang perlu dibayar.

Namun, jika itu adalah satu-satunya alasan Anda bertahan dalam karir yang sekarang, maka itu bukanlah sebuah keseimbangan hidup.

Jika Anda merasa takut terhadap hari Senin, maka tak heran jika Anda merasa stress.

Lebih baik Anda mencari pekerjaan yang bisa menghasilkan namun juga dapat menghasilkan kepuasan.

Setelah menelaah diri, maka kini saatnya untuk berjuang memperbaikinya.

Semangat!

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

53 responses »

Comment navigation

  1. Wong Tegal says:

    “Anda benci pekerjaan sekarang”
    Ane bgt..
    paling seneng klo udah jum’at siang,,
    benci hari senin pagi…

    senin – kamis berangkat subuh, pulang mabgrib,,,
    Tapi.. Bener juga.. kebutuhan Dapur juga yg bikin Ane bertahan di pekerjaan yg sekarang,,,🙂

    beruntunglah krn memiliki pekerjaan,
    coba bandingkan dgn orang2 yg msh sibuk mencari kerja kesana kemari dan berbuah kegagalan berkali2😦

    apapun, senin-kamis adalah hari dimana kita beribadah melalui pekerjaan kita dgn ikhlas🙂
    salam

  2. Selain itu kita perlu menyeimbangkan antara pikiran dan hati. Karena dengan seimbangnya hati dan pikiran membuat hidup ini akan indah tanpa beban dan kendala.

  3. Makanya saya juga heran kok ada pejabat tinggi yang katanya tiap hari bekerja sampai jam 3 pagi. Hla…apa pekerjaan itu dikerjakan sendiri? ( one man show). Berarti dia tidak membagi pekerjaan itu sesuai fungsinya donk ya. Kan suatu instansi pasti ada tupoksi, yang diawaki oleh staf-stafnya. Hla mbok didelegasikan kepada staf sehingga sang pejabat itu bisa konsentrasi kepada tupoknya selaku pemimpin .

    Dulu staf saya juga ada yang aneh, kalau diajak olahraga jalan ke Monas dia minta ijin karena ada yang harus diselesaikan, kalau disuruh kerja dia malah olahraga atau ngobrol. Iki piye tho ? kok di wolak-walik.

    Ada pepatah buatan Nyai Raki yang berbunyi ” All work no play makes Jack a dull boy ” yang artinya” kerja terus gak rileks yo semaput rek”. Pacaran terus gak cepat2 nikah yo selak kiamat !! ha ha ha ha

    Terima kasih atas artikelnya yang memotivasi saya untuk hidup seimbang lahir dan batin-akan saya coba.

    Salam hangat dari Surabaya

  4. wi3nd says:

    xixixi bener bunda ly,sekarang ini ada yang berantakan dikamar,kalu mau ambil harus bongkar bongkar..
    ampun dach sekarang bener bener waktunya kacau..
    harus diresicle neeh bund..
    bener bener diseimbangin lage..
    mkasi bunda..*lagi nyari waktu untuk bebenah😀

    hehehe….nanti kalau ada waktu, boleh bebenah deh Wi3nd cay🙂
    (peluk rindu)
    salam

  5. ysalma says:

    Kayaknya belum seimbang nih Bund,,
    “maunya” banyak amat😀

    hahaha…..sama kayaknya deh…😦
    masih banyak maunya ya ?
    salam

  6. TuSuda says:

    ya bunda, mencapai keseimbangan hidup perlu latihan dan proses evaluasi yg kontinyu..semoga kami bisa kearah itu..

    keseimbangan intelektual dan spiritual memang penting ya bli dokter🙂
    salam

  7. nh18 says:

    … Lebih baik Anda mencari pekerjaan yang bisa menghasilkan namun juga dapat menghasilkan kepuasan …

    Ini kadang susah ya Bunda Ly …
    Tetapi bukan mustahil …

    Salam saya Bunda Ly
    (Blogging for Balancing)

    hehee…memang tdk mudah,
    dan, kelihatannnya aku emang agak egois dlm menuliskan ini,
    krn dulu pekerjaanku seperti itu Mas Enha.
    menghasilkan kepuasan bathin, selain menghasilkan uang🙂
    salam

  8. budiarnaya says:

    Hidup memang harus diseimbangkan yach Bun…secara Intelektual dan Spiritual, ah..saya langsung copas artikel bunda untuk dibaca-baca

    secara intelektual dan spiritual , agar seimbang Budi🙂
    salam

  9. MNF says:

    assalamualikum,
    salam kenal bun,
    betul tu bun, segala sesuatu emang harus berimbang n ga boleh berlebihan,

    walaikumsalam.wr.wb
    salam kenal juga
    lho? ini bukannya Ari ?😛
    salam

  10. joanna says:

    saya setuju dengan bunda, hidup ini harus seimbang, krn keseimbangan lah yang akan membuat kita lbh enjoy dan santai menjalani hidup ini..salam sayang, bun🙂

    benar banget Salma, tanpa keseimbangan semuanya rasanya kok semrawut ya🙂
    salam

  11. Mesteer Usup Supriyadi says:

    benar sekali, bunda
    dan kata bang romaaaa, “sungguh terlaru…”

    maka, janganlah keterlaruan….

    hari senin bagi saya penuh barakah karena bisa puasa sunnah

    salam

    Alhamdulillah, bila bisa istiqomah puasa senin- kamisnya ,Mas Usup🙂
    salam

  12. Mood says:

    Keseimbangan hidup ?
    Kayaknya masih dicari cari tuh ‘ma saya (soalnya saya masih mau cari kerja yang lain) Bukan gak cocok ‘ma pekerjaannya, cuma kurang cocok ‘ma gajinya. He he..
    Salam saya.. .

    nah, itu bagus banget Mood,🙂
    kita khan setiap hari inginnya lebih baik dr kemarin.
    seperti Rasulullah saw katakan :
    ”orang yg beruntung adalah, hari ini lebih baik dr kemarin.
    bila hr ini sama dgn kemarin, maka orang itu termasuk yg merugi” .
    semoga segera mendapatkan pekerjaan yg lebih cocok ya Mood🙂
    salam

  13. inge says:

    harus selalu berusaha untuk menyeimbangkan setiap yang ada ya Bunda, dan tidak malu terlebih gengsi untuk meminta bantuan… seperti aku yang sering minta bantuan suami buat cuci piring hihihi… >.<

    hehe…itu khan namanya kerja sama yg baik dan kompak dgn suami ya Inge🙂
    salam

  14. Prima says:

    Sekali lagi tips sederhana yang mantap!!!
    Bunda kalo saya sekarang sudah hampir seimbang, tiap hari ada yang dikerjain meskipun pengangguran, terutama ngeblog, hehehee, diselingi berenang 2-3 kali seminggu, makan secukupnya>jadi gak gembul, cuma satu bunda, saya ngerasa bersalah karena belum bisa bikin jadwal belajar! Saya ngerasa kok otak saya agak karatan kelamaan gak kuliah,🙂

    Alhamdulillah, semoga Prima bisa menikmati kegiatan yg ada sekarang
    ngeblog juga dgn riang🙂
    bisa berbagi dan mendapatkan ilmu juga …..
    gak lah, gak karatan, wong Prima smart gitu kok🙂
    salam

  15. hudaesce says:

    Thanks untuk nasihatnya Bunda, sungguh suatu postingan yang bisa menjadi Motivator diri tuk selalu berbenah dan menjadi lebih baik kedepannya.

    sama2, terimakasih juga Huda🙂
    semoga bermanfaat ,amin
    salam

  16. indra kh says:

    Sesuatu yang berlebihan memang suka berdampak tidak baik

    setuju,Indra .
    yang sedang2 saja ya🙂
    salam

  17. ais ariani says:

    hidup anda kacau..
    huaaa.. pas baca bagian itu aku ngelirik meja belajar saya
    (iya berantakan)
    terus aku ngelongok ke luar kamar. rumahku berantakan😦
    se berusaha kek gemana aku ngebersihin rumah, kok yo berantakan teteuup yah bunn😦

    hehehe…gak apa apa Mbak Ais,
    khan nanti bisa diberesin lagi kalau semua kegiatan dah selesai🙂
    salam

  18. kangmas ian says:

    iya bunda.. Islam juga agama yang pertengahan g boleh berkurang2 atau berlebih-lebih semua sesuai porsinya🙂 jangan terlalu ganteng atau terlalu jelek..pas kaya saya hahaha

    kalau anak bunda yg satu ini,
    pastinya ganteng dong,Ian )
    salam

  19. tunsa says:

    bunda kok tau sich..hehe…
    salah satunya ada yg ku alami skrg…
    hehe
    salam

    apaan tuh yg bunda tau ,Ari?
    dan, yg mana salah satunya ? 😀
    salam

    • tunsa says:

      ada deh…hehe…nanti aku critain di rumah aja yah?

      okeh, pulangnya jgn kemaleman ya, nanti bunda keburu ngantuk🙂
      kunci bawa khan?
      (iki opo sih?)
      salam

      • tunsa says:

        hihi….mboten ngertos bun, bingung…hihi…
        smoga sehat slalu ya bunda…

        whuahaha… ( ngakak sampai mules)
        akhirnya sukses bikin Ari bingung……😀😀 D
        salam

  20. saya gak takut dgn hari senin bunda🙂

    tetap semangat di hari apapun ya Bowo, agar gak stress🙂
    salam

  21. Common Cyber says:

    Salam Hormat dari Common Cyber %-.-%

    Saya kayaknya agak kurang seimbang nih bunda,,,semuanya hampir memenuhi. kecuali satu,,,saya masih ingin melakukan semuanya sendiri, kecuali klo bener2 butuh dalam titik maksimal temaksimal, dan malas mengerjakannya baru saya abrekan sama sekelompok…

    Seimbang gak bund?

    jika dirimu enjoy dan gak kelelahan, maka bisa dibilang seimbang,
    krn yg merasakan dirimu sendiri ,Bumi🙂
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s