
Letusan Gunung Merapi, Jawa Tengah
Banyak penerbangan dibatalkan akibat awan vulkanik dari gunung Merapi yang meletus di Jawa Tengah.
Motor, truk dan bis masih bisa beroperasi di sana, namun banyak penerbangan yang dibatalkan untuk tujuan ke Yogyakarta.
Kalau begitu kenapa pesawat jet tidak bisa terbang menembus awan vulkanik?
Jawaban singkatnya adalah karena debu / awan vulkanik terbuat dari pecahan2 kecil kaca yang dapat mematikan mesin jet.
Jadi mesin jet itu menghisap udara dalam jumlah banyak lalu dicampur dengan bahan bakar, dibakar, dan menghasilkan energi.
Ketika pecahan2 kecil kaca vulkanik ini terhisap ke dalam turbin udara mesin jet, mereka akan meleleh dan menyatu ke bagian2 mesin.
Titik didih debu vulkanik itu sekitar 1,100 Celsius.
Tapi mesin jet beroperasi pada temperatur sekitar 300 derajat lebih panas dari itu.
Jadi kaca2 itu bisa meleleh dan menempel ke selang bahan bakar dan baling2 turbin, dibanding udara yang biasanya hanya numpang lewat di dalam mesin.
Hasilnya: mesin jet bisa berhenti.
Debu vulkanik berkumpul pada ketinggian di mana pesawat-pesawat komersial biasa beroperasi.
Tapi kalau di dataran rendah, debu itu terurai, maka tidak menimbulkan efek yang serupa pada mobil, kereta, atau kapal laut.
Menurut Boeing, salah satu produsen pesawat komersial terbesar, mengatakan bahwa telah terjadi sekitar 90 insiden dimana pesawat dirusak oleh debu vulkanik selama 3 dekade terakhir.
Kasus terparah terjadi pada pesawat British Airways jurusan London menuju Auckland, Selandia Baru.
Pada tanggal 24 Juni 1982, Boeing 747-200 terbang menembus debu vulkanik dari Gunung Galunggung di Indonesia.
Seluruh mesin jet nya ada 4, langsung mati dalam waktu 1 menit.
Pesawat langsung drop dari ketinggian 36,000 kaki ke 13,000 kaki sampai kru pesawat akhirnya berhasil menghidupkan kembali mesin satu persatu.
Pilot menemukan bahwa mesin jet sering dapat kembali dihidupkan ketika pesawat turun ke ketinggian yang lebih rendah, karena kaca2 vulkanik pada bagian2 mesin tadi mengeras, pecah, dan runtuh dari mesin jet.
Pesawat British Airways tadi mendarat dengan aman di Jakarta, tapi debu vulkanik telah menutupi kaca depan pesawat, membuat pilot kesulitan melihat landasan pacu untuk mendarat.
Debu vulkanik jarang terlihat di radar cuaca pesawat, karena radar tersebut di desain untuk mendeteksi kelembaban (awan petir) dan debu vulkanik terlalu kering – atau partikelnya terlalu kecil untuk terbaca oleh radar.
Lagipula, debu vulkanik tidak terlihat pada malam hari.
Salam
Referensi : NOTAM Boeing
oh, kok bisa ya terbuat dari pecahan kaca
krn hasil dr letusan gunung , salah satu unsurnya silika ini 🙂
salam
kenapa pesawat jet bisa terbang gimana rumusnya
silakan googling utk cari tau nya ,Yopie 🙂
salam
Artiekl ini benar-benar memberikan informasi baru buat saya. Makasih atas penjelasan yg singkat namun sangat jelas ini bunda 😀
Alhamdulillah, semoga bermanfaat ,Mas Abu 🙂
salam
ternyata memang harus ditunda semua ya penerbangan bunda kalau ada debu vulkanik
bener Mas, bahayanya besar banget 😦
salam
olalalala seperti itu ternyata ya..
Bunda mau tanya OOT dikit ya…: kalau di pesawat HP harus dimatikan.. kalau alat GPS semacam Garmin boleh gak dinyalakan ??? (hanya GPS tanpa ada sinyal gelombang HP nya) Iseng mau tahu kecepetan pesawat dan kota-kota dibawah yang bisa dilihat dari GPS..
Duh, maaf dong Pur, kalau ini bunda kurang tau tuh 😦
salam
wuih ngeri juga ya debu vulkanik ini, mungkin memang kejadiannya hanya di jogja. tapi dampaknya sangat terasa untuk beberapa wilayah di Indonesia. Semoga saja ujian ini cepat terhenti. Amin..
betul sekali ,Firda
debu2 ini ikut terbawa angin kemana2….
semoga saja segera berakhir ,amin
salam
Ternyata debu vulkani itu sangat bahaya bagi penerbangan, pantas banyak maskapai asing yang membatalkan penerbangannya ke Jakarta baru-baru ini…
krn kandungan silika didalamnya 🙂
salam
Waduh kapan hari saya malah melihat ada penumpang pesawat yang marah gara-gara penerbangannya ke Jogja dibatalkan.. andai dia tahu debu vulkanik efeknya seperti itu.. hem, apakah dia masih bisa marah ya..
bener banget, kalau saja mereka tau,
pasti gak akan marah2, malah bersyukur 🙂
salam
info menarik,baru tau saya… kirain cuma asap2 aja gak ada apa2nya bun…
bunda waktu dulu jadi pramugari tau hal ini juga gak? pasti taunya semenjak jadi blogger kan? hehehe 😛
hehehe….ttg yg Galunggung meletus , kebetulan bunda sedang tugas ke Medan,
dan, dr sana taunya,Mas Didot, dgn adanya kasus si BA tsb agak rame juga waktu itu dibicarakan dikalangan penerbangan
kebetulan persis sama dgn letusan Merapi yg sekarang 🙂
salam
wedewwwwww.. jadi ngeri Bun!
gak usah ngeri, bund.
mudah2an musibah ini segera berlalu ,amin
salam
bolak balik kerumah bunda..
masih belum ada postingan..
aku kangen…. (^_^)
tuh , udah ada kok Usagi sayang………. 🙂
kangen juga ……..
(peluk2 sayang)
salam
Bunda Ly …
Sebuah penjelasan sederhana …
Saya jadi mengerti mengapa Abu Vulkanik ini demikian menjadi konsern maskapai penerbangan …
Terima kasih Bunda Ly
Salam saya Bunda Ly
Alhamdulillah, Mas Enha .
semoga ada manfaatnya 🙂
salam
Salam Bunda, Sang mantan pramugari pasti tahu bgt ttg ini 🙂
Alhamdulillah, sekedar saja kok taunya ,Hendra 🙂
salam
dampaknya pada mesin pesawat ngeri bgt ya…
salam kenal bunda…masih banyak debu vulkanik neh di sini 🙂
salam kenal juga Wien
terimakasih sudah mampir disini.
Wien tinggal di Yogya ?
semoga selalu sehat dan baik2 ya Wien 🙂
salam
sebenernya nggak cuma mesin jet bun, mesin turboprop alias baling-baling juga nggak bisa nembus debu vulkanik.
debu vulkanik memang nggak bisa dilihat oleh radar cuaca di pesawat karena ya seperti yang dibilang bunda, radar pesawat hanya mendeteksi uap air sedangkan debu vulkanik kan bukan termasuk uap air jadi nggak bisa terdeteksi..
Untuk kasus British Airways yang kena abu vulkanik gunung galunggung itu terkenal dengan sebuat Speedbird 9 alias callsign British Airways dengan nomor penerbangan 009 (BA 009). lucunya sewaktu pilot BA tersebut melaporkan kepada ATC indonesia bahwa keempat mesinnya mati, ATC indonesia salah tangkap dan mengira yang mati adalah mesin nomer 4.
“pilot: jakarta control. speedbird 9, we have lost all four engine… repeat, all four engine. now descending to flight level 350 (35.000 feet above sea level).
jakarta control (atc): you have lost number four engine?” 😀
yang mau lihat video air crash investigation tentang dahsyatnya abu vulkanik gunung galunggung yang menyebabkan kasus British Airways 009 bisa didownload disini http://www.4shared.com/file/190250021/1cc8d317/British_Airways_009_Full.html
Bunda mau ikutan lihat juga akh videonya.
terimakasih ya Tri utk infonya 🙂
salam
makanya jogja gak ada pesawat yang liwat .. 🙂
demi keselamatan penerbangan Kak 🙂
salam
Makasih infonya ya bunda.. 🙂
moga musibah ini cepat berlalu dan aktifitas bisa kembali normal seperti sedia kala..
salam sayang bun
amin, ikut mengaminkan doanya Mbak Iyha … 🙂
salam sayang selalu.
salam
waw….
Bunda, cepetan buka blogku, sekarang rumah penuh debu vulkanik menumpuk setebal 3 cm, karena arah letusannya ke selatan, jadi rumah saya kena dampak letusannya. Tolong ya… Di sana ada banyak foto-foto gunung Merapi, serta abu yang menumpuk tebal di rumah, silahkan dibaca. Tq Bunda
segera bunda meluncur kesana, Fadeli
semoga Fadeli tetap baik dan sehat2 ya ,amin
salam
Walaupun berupa debu pun ya tetep gak bisa, dengan suhu +- 200 derajat celcius bisa leleh tuch pesawat…
memang sangat membahayakan, debu vulkanik ini
salam