“Jatuh cinta berjuta rasanya…” Sebuah ungkapan puitis, namun sarat dengan kebenaran.

Ternyata ada beberapa hal yang dapat menyebabkan cinta itu bertumbuh di hati seseorang, yaitu kebersamaan dan sifat mudah jatuh cinta.

Namun, Anda perlu mengecek apakah jenis cinta yang Anda rasakan benar-benar murni atau malah karena motivasi lain yang bahkan tidak Anda sadari.

Cinta Kagum

Cinta ini rapuh karena hanya didasarkan pada rasa kagum semata.

Jika obyek cinta tidak lagi terlihat mengagumkan, maka cinta jenis ini mudah pudar dan beralih pada yang lain.

Cinta Tertolong

Seseorang bisa mencintai karena jatuh cinta pada orang yang pernah menolongnya.

Sebenarnya cinta jenis ini terlalu tergesa-gesa dan rapuh, karena orang tersebut belum mengenal baik karakter si penolong.

Kalau karakternya baik, maka tentu tidak ada masalah.

Namun, jika karakter orang tersebut tidak memenuhi standar, maka kecewa sudah menanti di kemudian hari.

Cinta Butuh

Cinta yang timbul karena orang itu selalu ada di saat kita sedang membutuhkan.

Cinta ini juga terlalu riskan karena dapat membuat seseorang menjadi egois, pencemburu, posesif, dan bergantung pada orang lain (membentuk pribadi yang rapuh).

Cinta Terhibur

Banyak orang menyukai/ jatuh hati pada seseorang yang memiliki sensasi humor tinggi, namun perlu dipertanyakan apakah saat tekanan datang, orang tersebut dapat menghandle dengan baik pula.

Ingatlah, bahwa karakter asli seseorang justru muncul saat orang itu mengalami tekanan.

Cinta Kasihan

Banyak kasus seperti ini yang terjadi dalam masyarakat kita.

Alasannya klasik, “…kasihan, kalau ditolak, dia mengancam untuk bunuh diri…”.

Jangan sekali-kali menyamakan iba dengan cinta.

Anda sendirilah yang bakal tersiksa.

Cinta Cocok

Cocok merupakan alasan populer seseorang dalam berhubungan, namun ketidak cocokan juga merupakan alasan yang sering dipakai untuk mengakhiri hubungan.

Hubungan yang dilandaskan pada kecocokan belaka tidak akan bertahan lama.

Cinta Sejati

Cinta ini diidamkan semua orang.

Namun, untuk sesuatu yang berharga memang perlu pengorbanan untuk memperoleh/ mempertahankannya.

Jenis cinta ini memiliki keterbukaan dan saling penerimaan antara satu dengan yang lain.

Cinta sejati juga bukan bebas masalah namun menghadapi masalah bersama-sama.

Ini jenis cinta teruji, yang tak lekang oleh waktu, karena diikat oleh komitmen dan bukan perasaan belaka.

Bagaimana dengan cinta anda, sahabat? Kalau boleh, anda bisa sharing disini….

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

56 responses »

Comment navigation

  1. BENY KADIR says:

    Saya berusaha utk membangun cinta sejati, Bunda.
    Walau banyak melewati tantangan, kita harus berjuang utk tetap setia.
    Berkorban utk membahagiakan pasangan memang sulit, tapi ini mungkin suatu jalan kita melestarikan cinta sejati.

    Saya terusik dgn mudahnya pasangan masa kini utk bercerai karena alasan ketidakcocokan.
    Benarlah apa yg Bunda tulìs, bila cinta termotivasi karena kecocokan, maka saat menemukan ketidakcocokan pasangan itu akan bubar.
    Terimakasih Bunda telah menuliskan pelajaran yg berharga ini.

    mereka2 ini kurang menyadari apa niat awal mereka ketika berkeinginan utk menikah,
    padahal nikah adalah ibadah, yang didalamnya banyak sekali ladang amal utk bekal kita di rumah akhirat nanti🙂
    salam

  2. purwanto says:

    kalau menurut saya cinta sejati haruslah ditumbuhkan, dan dirawat dengan baik, ditumbuhkan dengan kebersamaan dirawat dengan saling mengerti dan kasih sayang…
    Teman saya ada Bund yang menikah karena didasari cinta kasihan tapi gagal mengubah rasa kasihan itu menjadi cinta sejati, sayang akhirnya bahteranya pecah di tengah jalan…
    Bunda lama gak muncul… sekali muncul langsung mantab2 psotinganannya…

    sepakat,Pur.
    cinta memang hrs terus dirawat dgn saling percaya dan saling kasih, agar tetap awet smp kakek nenek🙂
    wah, Pur ini ,pinteeerrr banget bikin bunda senang😳
    salam

  3. Rully says:

    setidaknya saya pernah merasakan semua jenis cinta bun.. sebelum pada akhirnya menemukan cinta sejati..

    ~rully

    Alhamdulillah, akhirnya cinta sejatimu telah ditemukan ,Rully🙂
    ikut bahgia bunda mendengarnya🙂
    salam

  4. Asop says:

    Whuaaaah siapa sih yang gak mau merasakan cinta sejati…😳

    sudahkah Asop menemukannya ?😛
    salam

  5. cheila says:

    bun, kalo awalnya hanya kagum tapi lama kelamaan menjadi cinta apa bun? apalagi berbeda keyakinan… . memang Allah itu adil menciptakan segalanya itu tak sama dan dioersatukan dengan berbagai perbedaan namun harus tetap saling menghargai….*sharing ma bunda*

    nice articel bunda, i like it so much…..salammmmmmmmm

    kekaguman , lama kelamaan akan luntur .
    dan akan lebih baik lagi bila satu iman dlm rumah tangga,
    krn bila keyakinan sudah berbeda, akan mudah sekali timbul berbagai masalah,
    walau gak semuanya begitu Chiela sayang.
    namun, kalau msh ada yg seiman, kenapa nggak?🙂
    (* peluk sayang*)
    salam

  6. Oyen says:

    bundaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…. ihiks… Oyen juja cinta bundaaaaaaaaaaaaaaa…. *sumprit😦

    bunda juga cinta Mbak Oyennnnnn………… (* gak pakai sumprit, pakai peluk ajah*)🙂
    salam

  7. wah mantab,
    jadi bahan renungan juga…
    salam kenal.

    silakan, kalau mau direnungkan🙂
    salam

  8. anna says:

    BUnda kemana aja sih? kok lama nggak update blog nya ?

    hm, soal jenis cinta..
    bikin senyum2 sendiri deh Bunda…
    insya Allah cinta sejati Bund..

    sekarang khan dah up date lagi Mbak Anna🙂
    kemarin sempet hiatus sebentar….
    insyaaallah, ya Mbak
    salam

  9. mamung says:

    wahaha… mudah2an saya tergolong mencintai yang sejati, bukan karena ditolong, kasihan, kagum, butuh bahkan cinta palsu…

    mantap bun..😉

    bunda ikut mendoakanmu Mamung, amin🙂
    salam

  10. Bundaaa, edy pengen cinta sejati. Ajarin dunk…🙂

    Mas Dy udah ada cinta sejatinya khan ?😀
    salam

  11. septarius says:

    ..
    Cinta membuat seseorang memilih bunuh diri..
    Cinta memutuskan memutilasi kekasih karena tak ingin berbagi..
    Cinta menciptakan kepribadian ganda..
    Cinta memberikan sengsara yang nikmat..
    *halah.. *
    ^__^
    ..

    duuuhhhh…….Mas Ataaaa…..
    kok itu sih cinta horor semua…hiiii……😦
    salam

  12. Nad says:

    Bunda, thank you…postingannya pas banget buatku. Aku lagi nulis novel dan si tokoh sedang menimbang2 antara beberapa cinta yang ia rasakan😀.

    duh, hebatnya dirimu Nad, nulis novel……
    bunda mau dong ikutan baca novelmu🙂
    semoga selalu sukses ya Nad…..
    salam

  13. Laki-laki Biasa says:

    Aiih Bunda.. sekalinya muncul kembali langsung membawa tema yang universal, CINTA. Momentumnya pas banget, saat pengunjung blog Bunda nunggu2 tulisan baru.. langsung Bunda kasih cinta🙂

    *pengennya sih cinta sejati Bun :)*

    hehehe…krn kalau tema cinta dibahas , gak ada matinya Duddy🙂
    amin, amin Semoga Duddy mendapatkan cinta sejatinya🙂
    salam

  14. febri says:

    cinta…………………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. yos beda says:

    cinta matinya belum bun, hehehe

    hehehe.kok kayak judul lagu sih, Yos😀
    salam

  16. bundamahes says:

    InsyaAllah cinta sejati Bun..🙂

    alhamdulillah, bunda bahagia mendengarnya🙂
    salam

  17. budiastawa says:

    Cinta sejati sulit dicari, Bunda. Benar-benar dari hati, murni, tanpa tendensi pandangan fisik dan materi.

    dan, gak usah dicari Bli, nanti akan datang dgn sendirinya
    karena cinta sejati sebenarnya ada pd diri kita sendiri🙂
    salam

  18. achoey says:

    Akhirnya bersua kembali dengan bunda
    Bunda, saya maunya cinta sejati aja ya🙂

    ya A, lama hiatus , kangen lagi ngeblog😀
    khan A dah dapet cinta sejatinya🙂
    titip sayang bunda utk cinta sejatimu A .
    salam

  19. kangmas ian says:

    semoga saya bisa mendapatkan cinta sejati ya bun🙂 biar awet kaya bunda dan suaminya ^^

    amin, amin ya Rabb……
    bunda ikut mendoakan utk Ian dan calon istri🙂
    salam

  20. Prima says:

    Bunda, saya jdi malu bacanya, ada yang benar terjadi pada saya, cinta kagum, cinta tetolong, cinta terhibur…wkakkaakkka…ntah lha mana yang cinta sejati, mungkin belum datang…
    bunda ada lagi lho jenis cinta: cinta ‘daripada gak laku’, wkakakakaka…😀

    kayaknya yg paling terakhir itu ” cinta maksa’ ya Prima😀😀
    wah, tenyata pengalaman cintanya Prima cukup prof. niy😛
    salam

  21. MENONE says:

    bunda menone pernah ngerasain cinta yang bener2 cinta bahkan pek sekarang ga bs ilang……………teringet trsssssssssssssssssssssss

    diinget terus ,boleh kok, asal jangan terlarut sampai lupa dgn cinta yg baru😛
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s