Kencan ternyata tak hanya berlaku bagi pasangan suami istri saja lho, namun orang tua dan anak juga perlu ‘kencan’ agar bisa hidup bersama secara harmonis.

Apa saja sih yang kita lakukan bersama buah hati saat kencan?
Saat seseorang masih berstatus anak dalam keluarga, maka keluarganyalah yang nomor satu.

Ketika ia menikah, pasangan menjadi yang paling utama.

Waktu punya anak, maka perhatian pun jadi terbagi lagi.

Tak hanya suami, keberadaan buah cinta kasih juga tak boleh diabaikan.

Dalam mempertahankan keharmonisan keluarga bukan hanya kencan dengan suami yang perlu dilakukan, namun juga dengan anak.

Bahkan menariknya, Anda bisa setiap hari melakukannya dalam hunian sendiri, di sekeliling meja makan…

Yup, momen makan malam bisa menjadi sebuah acara kencan istimewa yang bisa mendekatkan para orang tua dengan anak.

Biasakanlah diri untuk kencan dengan anak sebab hal tersebut sangat penting.

Lalu, topik apa yang menarik agar acara ‘kencan’ terasa menyenangkan?

Berikut kita simak bersama beberapa di antaranya.

Kegiatan sekolah

Perbincangan di meja makan selalu bisa dipertahankan kelangsungannya dengan pertanyaan open-ended yang tidak memancing jawaban “ya” atau “tidak” belaka.

Coba tanyakan pada si kecil, kejadian apa yang menarik di sekolahnya hari ini.

“Apakah harimu menyenangkan hari ini?”,
“Apa saja yang kamu kerjakan di kelas seni hari ini?”,
atau “Buku apa yang kamu baca hari ini?”, dan sebagainya.

Teman-teman

Adalah hal penting untuk mengetahui pergaulan macam apa yang dimiliki oleh buah hati.

Dan supaya tahu, tentu Anda harus bertanya.

“Saat jam istirahat, kamu main dengan siapa dan biasanya apa saja yang kalian lakukan?”,

“Dengan siapa kamu duduk di kelas?”, atau “Bagaimana keadaan ibu Guru? Kemarin kamu bilang beliau sakit.”

Kejadian luar biasa sehari itu

Hari baru berarti ada pengalaman yang baru pula.

Tanyakan pada mereka hal terlucu, terburuk, dan terbaik apa yang menimpa mereka hari itu.

Apakah ada yang membuat mereka terkejut.

Bergantian cerita antar masing-masing anggota keluarga (termasuk Anda) bisa membuat suasana makan bersama jauh lebih menarik.

Peristiwa dunia

Diskusi tentang kejadian terkini yang menimpa dunia bisa menguakkan banyak hal.

Anda jadi bisa tahu bidang apakah yang menjadi daya tarik anak, politik, olahraga, gempa bumi, kriminal atau lainnya.

Anda mungkin akan terkejut saat mendapati minat anak ternyata jauh daripada yang dibayangkan sebelumnya.

Hobi

Anak suka main game di laptop atau ikut les berenang.

Bahas dengan anak tentang hal yang menarik bagi mereka.

Lagu favorit, band kesayangan, buku yang terakhir dibaca, karakter tokoh kartun yang disukai, dan sebagainya.

Semakin banyak anak bercerita, semakin kenal Anda dengan mereka.

Cerita lucu

Berbagi cerita lucu tentang pengalaman diri sendiri dan orang lain, atau sekedar humor fiksi yang Anda baca di majalah tadi pagi juga bisa menyegarkan momen santap bersama.

Biarkan anak tahu tentang pengalaman konyol yang pernah Anda atau suami alami pada masa lalu.

Berbagi pengalaman seperti ini bisa membuat mereka terlibat lebih dalam secara emosional dengan Anda.

Ini juga membuka jalan bagi anak hingga suatu hari nanti mereka juga berani mengutarakan kisah konyol yang mereka alami.

Moral

Anda dan suami mungkin sama-sama bekerja.

Jika demikian adanya berarti hanya ada sedikit waktu untuk Anda mendidik mereka dalam ajaran moral.

Acara makan malam merupakan waktu yang pas untuk mengajarkan anak tentang moral.

Tanyakan pada mereka, hal baik apa yang sudah mereka lakukan pada orang lain hari ini.

Hargai setiap usaha baik buah hati, dan arahkan jika tingkah mereka masih kurang memenuhi syarat.

Mimpi/ cita-cita

Ada banyak bahasan filsafat yang bisa didiskusikan dengan buah hati.

Siapa tokoh terkenal yang paling ingin mereka temui, dan apa alasannya?

Tempat mana yang paling ingin dikunjungi anak?

Jangan lupa ceritakan juga versi dan impian Anda sendiri.

Apapun

Momen makan malam tak selalu harus diisi dengan perbincangan yang berat dan berbobot saja.

Jika hampir semua hal sudah dibicarakan sepanjang hari itu, maka Anda bisa mengajak anak untuk membicarakan…apapun.

Guru yang killer, teman yang usil, pemikiran mereka tentang tetangga baru, atau apapun.

Matikan TV, tinggalkan laptop kerja, dan duduklah makan malam bersama keluarga sambil memusatkan perhatian penuh pada santapan dan anak-anak Anda.

Kembangkan hal ini sebagai sebuah rutinitas agar ikatan komunikasi antara keluarga semakin erat.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

42 responses »

Comment navigation

  1. cerita lucu says:

    hem terima kasih tulisannya sangat mencerahkan.. mudah mudahan saya bisa menerapkannya jika sudah menikah nanti

    amin, amin ya Rabb………..
    salam

  2. Blogseven77 says:

    Kirain kencan yang bagaimana…

  3. Rumah yang senantiasa tentram meskipun hanya sepotong roti di dalamnya merupakan lebih baik dari sebuah rumah yang penuh dengan makanan lezat tetapi tidak pernah lekang dari kegaduhan dan sumpah serapah.

    Dengan Mengatasi Permasalahan Yang Kecil; Maka, Kita Dapat Mengatasi Permasalahan Yang Besar.

    Sukses Selalu Untuk Bunda.

    Salam ~~~~ “Ejawantah’s Blog”

    komunikasi yang efektif antara anak dan ortu itu penting sangat ,
    salah satunya bisa dilakukan dgn berkencan dgn mereka🙂
    salam

  4. nh18 says:

    Dan satu lagi …
    sekali sekala …
    secara bergantian …
    sempatkan makan berdua saja dengan anak kita …
    Empat mata …

    Makan diluar …
    Just Chat …

    Itu rasanya luar biasa Bunda …

    Salam saya Bunda Ly

    bener banget………….sepakat………….
    rasanya nikmat banget pastinya🙂
    salam

  5. nadiafriza says:

    aaaa Bunda postingannya unyu banget deh :’)

    biasanya yang kencan sama anaknya itu Ibu saya, pengen juga kapan2 kencan bareng Ayah saya. dunia nya terlalu ga nyambung sih

    nanti khan Nadia yg kencan dgn anak2nya sendiri🙂
    salam

  6. Oyen says:

    oke deee…

    entar ya Bun, kalo Oyen punya anak *amin😀

    cepetan dong…………
    bunda kebelet diundang di walimahannya Mbak Oyen nih………😛
    salam

  7. ehsan says:

    bunda saya belum beristri dan beranak.. enaknya kencan ama siapa ya???

    sabar dong Ehsan……..
    nanti kalau dah punya anak ya ………😀
    salam

  8. Kebetulan anak saya baru berumur dua tahun 11 bulan, jadi kencan saya dengan naka saya dengan banyak bermain dan bermanja-manja.

    kencan yg pastinya selalu membuahkan kebahagiaan ya Mas Dahrun🙂
    titip sayang bunda utk buah hatimu ,Mas
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s