Ketimun tak hanya kaya vitamin, tapi juga bisa menghapus selulit lho.

Dan, masih ada banyak lagi manfaat tersembunyi di balik sebatang ketimun. Apa saja ya?

Ketimun, tak semua orang menyukai buah ini.

Ada yang ogah makan karena takut tekanan darahnya bertambah turun.

Namun, ada yang tak bisa ‘hidup’ tanpa acar ketimun.

Jika Anda tergolong orang yang menyukai ketimun, berbahagialah sebab ternyata dalam buah kaya air ini terkandung banyak keajaiban yang tak banyak orang tahu.

Bagi yang kurang suka, mungkin setelah membaca ulasan di bawah ini, Anda akan berubah pikiran. Siap-siap saja!

1. Gudangnya vitamin

Dalam 1 buah ketimun terdapat vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan C.

Di samping ragam vitamin tersebut, buah segar yang sering dimasukkan golongan sayur ini mengandung folic acid, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, dan zinc.

2.Makanan berenergi

Merasa lelah menjelang sore?

Letakkan soda atau minuman berkafein, dan ambillah ketimun.

Ketimun kaya akan vitamin B dan karbohidrat yang bisa membantu menyegarkan tubuh sehingga kembali bersemangat.

3. Penghapus selulit

Ingin agar selulit lekas hilang ?

Gosokkan 1 atau 2 potong ketimun pada area selulit selama beberapa menit.

Kandungan zat kimia dalam ketimun akan merangsang kolagen dalam kulit untuk mengencang hingga ke permukaan luar kulit, sehingga selulit tampak berkurang.

Khasiat yang sama berlaku juga untuk kerutan.

4. Snack sehat

Ingin meredam lapar saat sore atau malam hari?

Pilihlah ketimun yang selalu digunakan sebagai snack penahan lapar oleh para pedagang Eropa pada sepanjang sejarah.

5. Obat pusing

Berharap pusing segera hilang?

Makanlah beberapa potong ketimun sebelum tidur dan Anda akan bangun dengan kondisi segar bebas pusing.

Ketimun mengandung cukup gula, vitamin B, dan elektrolit yang bisa mengisi ulang nutrisi penting dalam tubuh yang telah hilang.

Kandungan ketimun membuat nutrisi tubuh seimbang dan mencegah sakit kepala saat bangun tidur.

6. Aromaterapi

Stres dan tak punya waktu untuk spa atau facial?

Potong semua ketimun dan masukkan dalam air mendidih.

Bahan kimia dan nutrisi yang ada dalam ketimun akan bereaksi dengan air mendidih sehingga melepaskan aroma relaksasi yang bermanfaat untuk meredakan stres.

7. Penyegar nafas

Baru selesai makan dan ingin menyegarkan nafas?

Makan sepotong ketimun dan tekan dengan lidah selama 30 detik untuk mengusir bau mulut.

Kandungan ketimun akan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Salam

Sumber : Health today

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

63 responses »

Comment navigation

  1. roland guritno putra says:

    ahhahhhaaa,,,cocok dimakan setelah makan sop atau gulai kpala kambing

    dijadiin acar ya … ?:)
    salam

  2. maminx says:

    Wow mantep bgt nih artikelnya. untung aja saya suka ketimun, acar dkk, hihi..
    Makasih Bunda for sharing.

    Alhamdulillah, semoga bermanfaat ,amin:)
    salam

  3. kiky says:

    bunda , katanya ketimun bisa ngurangin tekanan darah tinggi , bnr g ?

    ya bener Ky,
    bunda juga sering mengkonsumsi ketimun,
    krn buda ada hypertensi :)
    ketimunnya utk cemilan :D
    salam

  4. Saya suka acar ketimun dan asinan ketimun Bun.. :)
    Btw, bedanya ketimun yg biasa kita temui (ketimun lokal kali yah?) sama ketimun yg ada di gambar itu apa Bun?

    gak ada bedanya kok, Duddy
    cuma aja mereka bisa2nya bikin macem2 bentuk :)
    salam

  5. Terimakasih atas infonya. Say hanya tahu manfaat ketimun hanya untuk menurunkan darah tinggi.

    sama2, semoga bermanfaat ya Mas :)
    salam

  6. adiya nugraha says:

    subhanallah, trnyata banyak khasiatnya ya bunda..tapi ngomong2 yang no.2: “Letakkan soda atau minuman berkafein, dan ambillah ketimun.” ini maksudnya minumannya dicmpur ketimun, apa maksudnya dipisah?

    dicampur Adiya ……………….
    agar uapnya bisa menjadi aroma terapi :)
    salam

  7. hudaesce says:

    sebenernya sih suka ama mentimun,tapi sayangnya og aku punya Anemia.trus kata nya gak boleh ntu maem gtuan

  8. Oyen says:

    Asal gak kebanyakan aja Bun

    xixixixi… Oyen demen nyang love love entu… manis dah :D

    iya, Mbak Oyen, abis makan jengkol, kudu makan ketimun khan ? :D
    nyang lope entuh utk Mbak Oyen deh………. :P
    salam

  9. ane baru taw..
    kalo bisa buat obat pusing. . :)

    makasie ya. .

    makasih juga :)
    salam

  10. tapi bukannya ketimun banyak getahnya ya bunda, apa saya salah? hehe.

  11. mylitleusagi says:

    he…he..he.. pantes kemarin bundo doyan banget sama ketimun..ternyata banyak ya manfaatnya…

    tapi bunda ada yang bilang ketimu itu gak baik buat cewek..
    bisa memicu keputihan..
    kalau yang bagian itu gimana..

    oh, kalau itu hanya sekedar mitos ,Usagi sayang….
    nanti deh ya bunda tulis ttg hal itu :)
    mudah2an gak lupa :D
    salam

  12. klo tau gini jadi pengen makan ketimun mulu tuch…

    makasih Bunda atas pengetahuannya :D

    di gurun pasir , ada ketimun gituh ? :D
    salam

  13. Saya suka mentimun, dan biasanya tiap habis makan tidak pernah ketinggalan.

    yes! Bli samaan dong kita ya (* toss*) :D
    salam

  14. Radesya says:

    Pagi bunda cyg.. :)

    artikel keren nich..
    Kebetulan desya lg pusing, bisa langsung dipraktekin nich..

    Btw baru liat mentimun yg berbentuk love gt ^^

    Pagi juga Desya sayang………
    gak boleh sering2 pusing ya Desya,
    selalu sehat ya :)
    iya, itu bentuknya lucu2, koleksi si oom google :)
    salam

  15. Hari Mulya says:

    itu ketimunnya kok bagus siy..
    emang ada ya ketimun kaya gitu, Bunda?

    ada tuh HaMul…….
    pinjem dr si mbah google :)
    salam

  16. Deden Hf says:

    wih, mantap. tiap kesini, pasti ada saja info2 ringan tapi bermanfaat banget. tengkyu bun. :)

    oh y, katanya kalau yang lagi batuk, ga boleh makan timun itu bener ngga bun??

    bener kayaknya Kang Pai, krn ketimun khan bergetah ya,
    bikin yg batuk tambah jadi deh :)
    salam

  17. tunsa says:

    aku memang suka ketimun bun,
    apalagi kalao ada yang menyediakan, hehe…
    salam

    Ari nih biasa deh,
    apa2 maunya disediain, kemarin kopi maunya disediain, sekarang juga ……….
    Ari gak boleh manja gitu ya :( (* emak2 ngomel mode on*) :)
    salam

    • tunsa says:

      hihi…maksudnya kalo yang menyediakan istri bun, hehe…
      jadi kepingin cepet deh…
      salam

      iya, cepet dong akh,
      apalagi siy yg ditunggu ?
      keburu kiamat lho thn 2012 :D
      salam

  18. joanna says:

    sangat bermanfaat juga ya ketimun, saya cuma tau yg no. 1 dan 3..ternyata lebih dari itu..dan juga buat meredakan pusing..ini nih penting buat saya yg sering pusing2 :) makasih tips nya bunda.

    kenapa kok sering pusing Joanna sayang?
    gak usah mikir yg berat2 , nikmati dan syukuri aja hidup ini :)
    (* si bunda suka sok tau*) :D
    salam

  19. Nugs says:

    Ditambah bunda, katanya fungsi ketimun juga untuk mengurangi tekanan dara tinggi?

    bener, Nug, tuh dah bunda tulis juga kok disini :)
    salam

  20. munir ardi says:

    aku mau borong ketimun ah ternyata sangat berguna, kancil memang cerdik suka makan ketimun

    hahaha, beli lho Mas, jangan nyuri kayak kancil……… :D
    salam

  21. Trimakasih tipsnya Bund…akan dicoba sebagai aroma therapy dan sebagai makanan berenergy…

    Btw, pantesan senior sales manager di kantor yg sering lembur sampai jam 12, bahkan di rumah harus ngurusin anak-anaknya jarang sakit dan selalu segar mungkin dia karena suka makan mentimun yah?
    (DIa suka mencomot mentimunbagian Hani juga, he he he)

    hahaha………jatahnya Hani diembat juga ya (* doyan apa rakus?*) :D :D
    salam

  22. Tambah satu ilmu pengetahuanku. Terimakasih bunda, semoga ini bermanfaat.

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil dapat menyelesaikan permasalahan yang besar.

    Salam da sukses selalu.

    Alhamdulillah, terimakasih juga Indra :)
    Indra juga selalu sukses ya
    salam

  23. aryadevi says:

    saya termasuk yang suka acar mentimun, buahnya pun dimakan terasa segar….

    juga bermanfaat ya ,Arya :)
    salam

  24. nadiafriza says:

    wah Bunda itu timunya di photoshop apa beneran ada yang kayak gitu?

    timun seringnya saya jadikan sayur atau masker. baru tau deh Bun bisa buat ilangin selulit hihi

    kurang tau juga Nad,
    itu pinjem dr si mbah google :)
    ya utk masker juga segar ya,Nad :)
    salam

    • nadiafriza says:

      sampai lupa nyantumin:

      bundaa dapat award dari saya disini ya, mohon diterima :)

      whuaaa, Nad baik hati banget, :)
      nanti bunda jemput ya awardnya ,
      terimakasih banyak Nad :)
      salam

  25. NgePas says:

    makasih infonya.. :)

    sama2, terimakasih juga :)
    salam

  26. Bermanfaat sekali… kebetulan saya suka juga ma ketimun

    sama dong kita ya…… (* toss*) :)
    salam

  27. vandick says:

    Bunda, numpang komen, lama tidak menyapa:)

    apa kabar ,Van ?
    kemana aja sih?
    semoga selalu sehat ya :)
    senangnya :D
    disapa sahabat lama :)
    salam

  28. akhmad fauzi says:

    ada manfaatnya…ada efek sampingnya ga bund?

    mungkin kalau lagi batuk ,baru terasa efek sampingnya, krn ketimun bergetah ya ,
    jadi makin jadi nanti batuknya :)
    salam

  29. bunda alf says:

    bund…benarkah bisa menghilangkan selulit?

    ya, digosok2an ke kulit yg berselulit selama 1jam ,
    yg penting rajin, kalau bisa setiap hari ,
    insyaallah, selulit enyah :)
    salam

  30. siho says:

    terima kasih bunda..jadi tahu seluk beluk manfaat ketimun…tetapi sayang, saya gak terlalu cinta ma ketimun..paling cuma makan 3 biji ukuran sedang tiap hari :))
    tapi bunda, timun itu sayur apa buah ya?

    whuaahahaha…gak cinta, tapi kok makannya banyak tuh, tiap hari lagi :D :D
    kayaknya cocok dibilang buah ya Siho :)
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s