Tak ada garam, masakan tak sempurna rasanya.

Meski begitu, garam bisa juga lho menjahati tubuh. Caranya?

Sodium adalah zat yang diperlukan tubuh untuk menjaga konsentrasi cairan di dalam tubuh, secara konkret fungsinya adalah untuk membantu kontraksi otot, membantu konsentrasi otak, memperlancar bekerjanya sel-sel syaraf dan membantu sel-sel tubuh mengumpulkan dan membentuk nutrisi serta memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

Pada umumnya jika tubuh kekurangan sodium, maka tubuh akan menjadi lemas, untuk itu kita harus mencukupi kebutuhan sodium yang bisa diperoleh dari garam.

Sejak jaman nenek moyang kita, garam telah digunakan sebagai bumbu masak.

Ditaburkan sedikit di dalam masakan agar rasanya jadi enak dan gurih.

Garam memang salah satu bahan yang sangat penting dalam sebuah masakan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar.

Menurut FDA, seperti dikutip dari webmd, tubuh membutuhkan kurang lebih 2400 mg sodium per hari, atau satu sendok teh garam meja.

Namun apa yang terjadi? pada saat ini kebanyakan kita mengonsumsi garam lebih dari kebutuhan yang semestinya, melalui makanan siap saji, snacks, makanan kaleng, dan lain sebagainya.

Apa akibatnya jika konsumsi garam tubuh terlalu berlebihan?

Mungkin kita sudah tahu ancaman darah tinggi atau hipertensi yang disebabkan terlalu banyak asupan garam.

Tetapi tak banyak yang tahu jika sodium di dalam tubuh berlebihan maka kondisi tulang terancam.

Sodium akan mengikat kalsium yang terdapat di dalam tulang, membuatnya menipis kemudian dikeluarkan bersama urin.

Ancaman osteoporosis semakin besar, dan pada beberapa kasus bahkan tulang menjadi mudah retak atau patah.

Tanpa disadari, dalam menu keseharian kita banyak di antaranya mengandung terlalu banyak sodium. Makanan apa sajakah itu?

Makanan Beku

Makanan yang dibekukan sangat mudah dan praktis bagi kita yang memang sangat sibuk dengan aktivitas masing-masing.

Nugget, sayuran beku (polong), daging ayam, daging sapi dan beberapa menu selalu disediakan di setiap supermarket yang kerap kita kunjungi.

Namun tanpa Anda sadari justru sodium yang dikandung di dalam masing-masing makanan beku tersebut sangat berlebihan ketimbang apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk itu, pastikan selalu membaca label kandungan gizi dan cek kembali berapa banyak sodium yang terkandung di dalam makanan beku tersebut.

Sereal siap makan

Sereal adalah makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk kesehatan jantung.

Tetapi yakinkah Anda bahwa sereal cukup sehat untuk tubuh Anda?

Periksa kembali kandungan sodium yang tercantum di dalam labelnya.

Pada beberapa merk tertentu ada sekitar 266 mg – 342 mg yang ada dalam semangkuk sereal.

Jadi sebaiknya Anda memilih sereal gandum yang kandungan sodiumnya cukup rendah.

Jus sayur

Beberapa sayur mengandung sodium yang cukup tinggi, contohnya seperti aneka selada.

Terlebih dahulu cari tahu kandungan nutrisi apa saja yang ada di dalam sayuran yang akan Anda sulap menjadi jus segar.

Memilih sayuran yang tepat akan membuat Anda benar-benar sehat.

Sayur kalengan

Ada banyak kandungan sodium dalam sayur kalengan seperti polong, asparagus, atau jagung manis.

Untuk itu pilih sayur yang berlabel (tanpa tambahan garam) atau bilas beberapa kali sayuran kalengan dengan air bersih yang mengalir.

Mie instant

Ya benar, mie instant dikenal sangat mudah menanggulangi rasa lapar.

Namun sudah banyak pula yang mengatakan bahwa mie instant tidak baik untuk kesehatan.

Bumbu yang disertakan di dalam bungkus mie instant setidaknya mengandung 1000 mg sodium.

Untuk itu kurangi pengonsumsian mie instant dalam menu keseharian Anda.

Saus dan kecap

Kedua bumbu tambahan ini juga perlu dicek kembali kandungan sodiumnya.

Jangan hanya asal pilih merk saja, namun lihat juga nutrisi dan kandungan apa saja yang ada di dalam sebotol saus atau kecap itu.

Pastikan memilih saus atau kecap yang memiliki kandungan sodium yang paling rendah.

Makanan yang terlalu berbumbu

Ngemil snack balado, singkong balado dan lain sebagainya memang sangat lezat sekali, namun waspada akan kandungan sodium yang siap mengancam Anda.

HEALTHY HINTS:

* Pilih makanan yang melewati proses dimasak terlebih dahulu dan hindari makanan siap saji

* Kurangi snack dan makanan ringan

* Cermati setiap kandungan nutrisi makanan yang Anda beli

* Kurangi asupan garam, dan gunakan secukupnya saja

Selamat hidup sehat.

Salam

Referensi : health today

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

44 responses »

Comment navigation

  1. Nandini says:

    Tapi Bunda ga hipertensi kan? kalo hipertensi, garam ibarat monster Bun.. kebanyakan dikit bisa cekot2 kepala..🙂

    wah, kebenaran iya Dini, tapi gak tinggi2 amat sih (* ngeles*) hehehe……🙂
    salam

  2. Bangauputih says:

    apapun yang berlebihan meskipun itu hal yang baik pasti jadinya malah nggak baik yah bunda.
    itu udah hukum Alam dan hukumNya…

    kecuali satu,,,berlebih amal kebajikan

    hehehe…kalau yg terakhir itu sih, kita usahakan semaksimal mungkin ya Mbak🙂
    salam

  3. vizon says:

    Sebagai masyarakat modern, tentu kita tidak dapat menghindar sepenuhnya dari makanan-makanan di atas ya Bunda. Barangkali yang dapat kita lakukan adalah mengurangi dan mengaturnya secara baik…

    benar sekali Inyiak, khan mengurangi demi kesehatan, tak mengapa🙂
    salam

  4. edratna says:

    Segala yang berlebihan memang tak baik.
    Dan yang paling baik adalah makan makanan segar…yang dibuat dan dimasak langsung, dari bahan-bahan yang masih segar (tanpa pengawet)

    setuju sangat ,Bu Ratna.
    utk yg punya waktu memang lebih baik, memakan makanan yg segar ya🙂
    salam

  5. monda says:

    tanpa garam rasanya hambar,
    kebanyakan garam jadinya terkapar

    jadi…yang sedang-sedang saja (sambil bersenandung dangdut)

    Mbak Monda yg bersenandung, bunda ikutan joget nya😀😀
    salam

  6. Oyen says:

    he eh Bun, kebanyakan penyakit sekarang adalah berawal dari pola makan dan kandungan makanan yang gak bersahabat sama tubuh (terutama makanan siap saji)…

    makasih inpohnya Bun, sangat bermanfaat🙂

    memang lebih enak dan maknyus makan makanan yg segar ya Mbak Oyen🙂
    jangan makan jengkol melulu ….😀😀
    salam

  7. Debby says:

    makasih infonya Bunda,,, ^^
    saya seringan makan mie tuh kalo d kosan kelaperan males keluar ^^

    gak apa apa kok Debby, asal gak keseringan🙂
    salam

  8. Puskel says:

    Pilihan bijak dan tepat bila bisa disiplin menjalankan pantangan konsumsi garam yang tidak baik bagi kesehatan.
    Salam bunda…

    jadi sedang2 saja, berlebihan itu tdk baik ya Mas🙂
    salam

  9. Kakaakin says:

    Duuh… saya nih masih terlalu banyak mengkonsumsi garam, Bunda…😦

    hayo dong, mulai dikurangi Kak,
    bunda juga dah mulai ngurangi sejak beberapa thn yg lalu 🙂
    salam

  10. brianhidayat says:

    met pagii bunda^^
    ayo mulai hidup sehat🙂

    Pagiiii juga Bri sayang……….
    setuju Bri,ayo jalani hidup sehat🙂
    salam

  11. Red says:

    bunda… ganti deh garam yg biasa dipake dirumah dengan garam diet. garam diet amat sehat untuk keluarga dan sudah mengadnung yodium. salah satu tips diet sukses adalah dengan mengurangi konsumsi garam😀

    betul Red, sekarang udah banyak kok tersedia di supermarket2 ya🙂
    salam

    • Red says:

      bunda wrote: betul Red, sekarang udah banyak kok tersedia di supermarket2 ya🙂
      salam
      ==========

      betul. namanya nutrisalin🙂

      terimakasih Red utk infonya🙂
      salam

  12. aldy says:

    Mie Instant?
    Excuse mom, saya tidak bisa mengurangi konsumsi mi istant karena sudan menjadi menu sehari-hari diproyek. Bagaimana dengan bumbunya? saya tidak pernah menggunakannya bunda, bumbunya saya buat sendiri dan sebelum disantap, kebiasaan saya mie direbus dan ditiris terlebih dahulu.

    pingin nyobain mie instant buatannya Mas Aldy🙂
    kapan ya ……. ?😀
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s