Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik.

Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Yang tak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan, pastikan jauh-jauh hari bahwa kendaraan yang akan dipakai sudah siap ‘tempur’.

Berikut tips mudik bagi anda yang hendak bersilahturahmi kepada keluarga di kampung halaman :

Kondisi Tubuh

Pastikan bahwa sebelum mudik anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit. Terutama bagi driver

Kondisi Mobil dan Perlengkapan Mobil

Sebelum dipakai ‘bertempur’ alias mudik, periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan (tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll).

Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tool kits), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.

Bawa Air Mentah

Bawalah air mentah di dalam jerigen 5 liter atau jika tidak ada jerigen bisa memakai bekas botol air mineral besar (1 literan) untuk mengisi radiator bila kurang.

Air juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban kalau bocor atau kempes.

Tak ada salahnya ada juga membawa sabun.

Air ini juga berguna bila bawa anak kecil/bayi tiba-tiba ‘pup’ saat kita tengah berada di daerah yang sulit air (misalnya: sawah, hutan)

Bekal Makanan

Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara.

Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.

Lebih terjamin bila anda membawa makanan sendiri.

Tapi kalau bekal habis anda bisa masuk ke dalam kota dimana anda lewat untuk mencari restoran fast food fried chiken.

Yang pasti anak-anak suka dan lebih baik kebersihannya.

Packing Barang/ Muatan Dengan Benar

Urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan.

Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan.

Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Raja Setan Jalanan

Yang harus diingat adalah jika kita berkendara dengan mobil pribadi di Jalur Pantura adalah siap mengalah dengan Bus Antar Kota/Propinsi, mereka ini “Raja Setan Jalanan Pantura”.

Jangan coba-coba adu balap meski kita ada di jalur yang benar.

Bila dari arah berlawanan tiba-tiba ada Bus yang melancangi truk gandeng yang berjalan lamban, Anda harus siap mengurangi kecepatan dan minggir ke kiri.

Bahkan bila perlu turun/keluar dari jalan aspal.

Jangan ambil resiko, lebih baik mengalah.

Bukankah Anda dan keluarga ingin tiba di kampung halaman dengan selamat?

Bawa Peta Jalur Mudik

Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna.

Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik.

Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.

Bawa HP & Chargernya

Sebaiknya sebelum berangkat charge HP anda sampai penuh.

Untuk daerah/area tertentu yang Anda lewati akan terjadi “blank spot” untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda.

Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.

Obat-Obatan

Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, jangan lupa itu!

Terutama untuk anak-anak.

Waktu Berangkat

Jika anda berangkat pagi jam 06.00: Bisa lihat pemandangan, restoran dan bengkel mobil pasti buka, bila mobil tua dan AC kurang bagus anak- anak kasihan akan tersiksa karena panas apalagi kalau macet, sepanjang jalan yang dilewati kita akan ketemu pasar tradisional di kota kecamatan/kabupaten yang pasti macet, banyak orang menyeberang, becak, sepeda, ojek, dll, ketemu dengan “Panitia” Pembangunan Masjid yang minta sumbangan.

Berangkat sore/malam jam 17.00: Tidak bisa lihat pemandangan, hanya restoran dan bengkel 24 jam saja yang buka, anak-anak bisa tidur tidak ribut, tidak panas baik di dalam mobil maupun di luar, tidak ada pasar tradisional, tidak ada Panitia Pembangunan Masjid.

Bila kita mau menyalip di tikungan akan kelihatan dari sinar lampu mobil dari arah berlawanan.

Hanya saja kita harus ekstra hati-hati dan jangan sampai mengantuk.

Berikan no. HP dan telepon di kampung halaman ke tetangga atau RT

Ini dimaksudkan agar Anda bisa dihubungi kalau terjadi sesuatu di rumah Anda.

Arus Balik dan Pulang Balik

Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik.

Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan?

Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

Uang Tunai

Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.

Bawa Kaset/CD

Bawalah kaset/CD yang menjadi favorit Anda, agar suasana tidak jenuh, bosan dan sekaligus membawa suasana gembira.

Catatlah nomor telepon penting

Dengan mengantoingi nomor telpon polisi, Jasa Marga, Info jalan tol akan sangat membantu saat anda mengalami masalah dalam perjalanan.

Mintalah lembar informasi kepada bengkel ATPM

Pastikan anda meminta yang sesuai merk kendaraan, anda bisa juga meminta pada Jasa Marga, biasanya mereka membuat semacam leaflet yang dibagikan secara gratis yang berisi info mudik seperti daftar posko bengkel jaga beserta nomor teleponnya, rute mudik rawan macet, restoran, SPBU, ATM di sepanjang rute perjalanan mudik.

Frekwensi radio

Ini akan membantu memberikan informasi mudik di sepanjang rute perjalanan Anda.

Anda bisa juga mendengarkan radio untuk mendapatkan info yang Anda inginkan.

Setelah semua hal diatas anda siapkan dengan cermat, jangan lupa untuk selalu BERDOA sebelum memulai perjalanan.

Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan.

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

53 responses »

Comment navigation

  1. darmantomuat says:

    besok -2 sept- mo mudik bunda, jadi inget ada tips n trik mudik dari bunda ya walking ke blog bunda ‘trus baca..

    syukron atas infonya bunda..

    salam,

    hati2 dijalan ya Mas,
    semoga selalu sehat, selamat sampai tujuan, hingga kembali lagi beraktivitas disini,amin
    salam hangat utk keluarga
    salam

    • darmantomuat says:

      amin.. kalo bunda menunggu sang buah hati datang kali ya..๐Ÿ™‚

      gak juga Mas, insyaallah kami masih serumah dgn anak2 semua๐Ÿ™‚
      salam

  2. Rully says:

    wah thanks infonya bunda

    alhamdulillah, terimakasih juga Rully๐Ÿ™‚
    salam

  3. Iksa says:

    Aku kalau mudik musti pakai kapal laut atau udara … kalau mobil atau motor pasti tak bisa…

    Tips yang baik ….

    Pak Iksaaaaaa………………. ikh, kejutan…….apa kabar?
    semoga selalu sehat ya Pak ………. (* senangnya dikunjungi sahabat lama*) ๐Ÿ˜€
    Pak Iksa mudiknya ke seberang pulau ya ?๐Ÿ™‚
    salam

  4. Kakaakin says:

    Instya Allah saya mudik ke kampung ibu naik angkutan umum aja, Bunda…
    Habis lebaran aja๐Ÿ™‚

    jadi, lebaran Kakaakin dinas jaga ya ?
    salam

  5. akhmad fauzi says:

    SAYA Mau mudik kemana…ya?

  6. aldy says:

    Bunda,
    dulu kalau mudik selalu menggunakan kendaraan roda dua, berjaket kulit, helm balap, sarung tangan dan walkman. Lengkap dan celakanya menjadi setan jalanan๐Ÿ˜ฆ

    ini pasti waktu masih bujangan ya Mas Aldy๐Ÿ™‚
    salam

  7. adin says:

    wah, saya udah 11 tahun tanpa acara mudik…

    kenapa ? apakah sekarang sudah gak ada lagi yg bisa dikunjungi di kampung ?
    salam

  8. muamdisini says:

    saya jadi ingat dulu saat harus berkunjung ke rumah si mbah bersama keluarga, pasti akan berhenti di tepi sawah sambil membuka bekal..hmmm..aromanya penuh kekeluargaan..

    kalo sekarang saya yg harus mudik sendiri ke Jakarta..hehehe๐Ÿ˜€ selamat mudik bunda..

    duh, terbayang kenikmatan yg dialami dulu itu Mas Muam,
    kenangan indah yg takkan terulang lagi ya๐Ÿ™‚
    salam

  9. akhlisblog says:

    Halo bunda, dah lama gak mampir nih! Kangen.Bunda gimana kabarnya? Aku deg2an juga nih menghadapi mudik pertamaku dari jakarta (sekarang aku kerja di Jkt, bunda).

    halo juga Mas Akhlis………..๐Ÿ™‚
    senangnya dikunjungi sahabat lama…………..๐Ÿ˜€
    apa kabar Mas ? semoga selalu sehat ya.
    bunda juga kangen nih๐Ÿ™‚
    alhamdulillah, sekarang kerja di jakarta,
    rencana mudiknya kapan nih Mas ?
    semoga mudiknya aman , selamat sampai tujuan juga aman pulang dan pergi,amin
    salam

  10. wah mudik jd nyaman kl perlengkapannya kyk gitu๐Ÿ˜€

    dan, silaturahim pun pasti akan menyenangkan ya๐Ÿ™‚
    salam

  11. kangmas ian says:

    sebentar lagi mudik..horeee
    makasih bun..

    Ian mau mudiknya kemana?
    salam

  12. Sepertinya bunda udah siap lahir bathin mo mudik nih…
    Mudik kemana tahun ini Bun…?

    bunda mudiknya dekat kok, ke Bogor………๐Ÿ™‚
    cuma 45 menit via tol jagorawi dr tangerang๐Ÿ™‚
    salam

  13. kawanlama95 says:

    sangat bermanfaat tipsnya mbak, semoga sukses bagi para pemudik.jangan lupa bawa recehan untuk sumbangan di jalan

    sambil mudik masih bisa sekalian sedekah ya Mas๐Ÿ™‚
    tips tambahan yang keren, terimakasih Mas…………………………
    salam

  14. Pakde Cholik says:

    Mudik ke Jombang aja mbak, enakan di kampung lho.
    Terima kasih ats tipnya yang sangat bermanfaat bagi pemudik.

    salam hangat dari Surabaya

    mau……mau……dah disediain tiketnya pulang pergi, sangu plus angpao nya sekalian khan Dhe…….๐Ÿ˜€
    (* dilempar lewat jendela sama PakDhe*) …………..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam

  15. si~j@ya says:

    Buda sbh tip yg menarik dan tepat …
    sayang saya mudik pake pesawat Bun, abis melewati pulau dan laut … salam bunda

    semoga masih kebagian tiket pesawatnya ya, krn kalau mudik biasanya seat pesawat juga penuh semua ya
    salam

  16. TuSuda says:

    Kebiasaan mudik ini memang harus disertai dengan persiapan fisik, mental dan material yang cukup matang, agar selamat di tempat tujuan. Semoga para pemudik selamat dan sehat selalu, ya bunda. Salam..๐Ÿ™‚

    iya Bli dokter, kesehatan perlu dijaga, agar selamat sampai tujuan juga balik kembali dgn aman.
    salam

  17. karzanik says:

    sebentar lagi saya mau mudik bunda….
    kayaknya artikel ini mau saya print…..
    boleh kan….

    silakan, dgn senang hati๐Ÿ™‚
    mudiknya kemana ,Karz ?
    semoga selamat dijalan pulang dan pergi ya ,amin๐Ÿ™‚
    salam

  18. Alam says:

    pasti tipsnya bermanfaat bagi yang mudik jauh bunda.. tapi kalau aku cuma 2 jam perjalanan sampai kampung halaman:mrgreen: jadi enggak ada tips atau trik tertentu hehe.. tinggal kebut.. wush.. sampai rumah deh..

    waahhh…………..enak ya kalau mudiknya dekat kayak gitu,๐Ÿ™‚
    gak perlu persiapan khusus, yg penting jaga kesehatan dan semoga pulang dan pergi dgn selamat,amin
    salam

  19. mmg perjalanan malam hari mmg lebih nyaman .., disamping adem kemacetan juga berkurang…
    terima kasih tips nya bunda…

    salam hangat sll.

    walaupun tetap waspada pada kelakuan si Raja Jalanan ya Mas Cahyo๐Ÿ™‚
    salam

  20. alamendah says:

    Saya bingung mau mudik kemana

    tuh, diajak mudik ke Jombang Mas sama PakDhe ………………๐Ÿ˜€
    salam

  21. and1k says:

    tips yang bagus dalam menghadapi hari raya ini

    terimakasih, semoga ada manfaatnya๐Ÿ™‚
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s