Entah mengapa Anda merasa bahwa semua orang dalam perusahaan begitu menjengkelkan dan… aneh.

Ah, namanya juga baru penyesuaian diri kan?

Jadi butuh waktulah untuk itu.

Sempat berpikir untuk hengkang?

Tapi Anda kan baru bekerja beberapa minggu, masak sudah mau keluar lagi.

Sabar saja deh meski rasanya sudah menyentuh batas ubun-ubun.

Lalu bagaimana agar puasa yang Anda jalani tidak mubazir karena harus berhadapan dengan mereka yang menjengkelkan?

Sebenarnya jika mau direnungkan, bukan masalah puasa atau tidaknya yang harus disorot, namun bagaimana keadaan hati kita sendiri saat menjalaninya.

Saat wanita mendapat tamu bulanan pun, hormon dalam tubuhnya cenderung labil, menyebabkan dirinya jadi ikut labil dan mudah senewen.

Demikian juga saat seseorang sakit atau sedang ada masalah, ia bisa naik darah kapan saja jika ada sesuatu yang tak berkenan di hati.

Oleh sebab itu, hal-hal berikut ini harus kita perhatikan benar-benar agar puasa tetap oke, hati tetap terjaga, di manapun, kapanpun, dan bersama siapapun.

1. Kenali kondisi diri

Saat memutuskan berpuasa, rajin-rajinlah mengingatkan diri bahwa Anda sedang berada dalam kondisi fisik yang lebih lemah daripada biasanya.

Mulai dari perut yang bakal terasa panas dan lapar hingga kerongkongan kering yang menghauskan setetes air.

Faktanya, tak perlu ada rekan yang menjengkelkan sekalipun, semua itu sudah cukup menyebabkan Anda jadi lebih sensitif.

Namun, dengan mengingatkan diri pada kondisi fisik lemah dan batin yang rentan marah, Anda sudah selangkah lebih maju.

2. Persiapkan hati

Oke, Anda sudah tahu bahwa saat-saat ini tak kalah sensitifnya dengan momen PMS bulanan. Lalu, bagaimana?

Apa yang harus Anda lakukan? Persiapkan hati.

Yang namanya persiapan tentu butuh waktu.

Hal ini sangat penting mengingat Anda takkan tahu apa yang bakal terjadi pada hari itu.

Perintahkan hati Anda untuk waspada.

Jika perlu, katakan berulangkali,”Oke, aku sedang lemah sekarang, namun aku mau tetap menjaga hati”.

Hati yang siaga tentu tak mudah merasa terusik.

3. Berpikir jernih

Rekan mengganggu, benarkah ia sengaja atau sebenarnya ia hanya ingin mencari kepastian dari Anda?

Adalah tindakan bodoh bila kita terlanjur marah pada seseorang yang ternyata tak bermaksud jahat sedikitpun.

Lalu, bagaimana bila rekan ternyata memang cari perkara saja?

Anda hanya punya 2 pilihan, meladeninya atau membiarkannya.

Jika Anda meladeninya, maka hal itu bisa membuat Anda kesal sendiri, sebab masalah tersebut pastinya takkan pernah selesai (namanya juga menghadapi orang yang cari gara-gara).

4. Nyanyikan nada Anda sendiri

Pikiran jernih dan hati yang siap, semua itu akan menghasilkan aksi yang juga bisa dipertanggung-jawabkan.

Salah satunya adalah ketika menghadapi nada sumbang atau nada tinggi dari lingkungan sekitar.

Yang namanya orang, bisa saja kan sewaktu-waktu dia bicara hal yang kurang sedap didengar.

Biasanya saat hal itu terjadi kita cenderung bereaksi sama pahitnya.

Untungnya karena hati sudah siap, maka Anda bisa memainkan sendiri nada bicara Anda.

Rekan emosi dan berbicara kasar atau dengan nada tinggi?

Anda (harus) tetap datar dan lembut, dan…lihat apa yang terjadi.

Dia pun akan melunak dan merasa segan karena telah marah-marah.

Yess, batal marah deh!

Jadi, saat Anda bersedia melakukan 4 langkah di atas, maka Anda pasti siap menghadapi situasi apapun dalam kantor dan pergaulan dengan rekan kerja. Coba saja!

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

53 responses »

Comment navigation

  1. Ifan Jayadi says:

    Kesabaran adalah kunci untuk mengatasi amarah akibat kejengkelan dari situasi tempat kita bekerja tsb. Memang tak mudah, tapi harus tetap kita usahakan. Dan puasa melatih kesabaran kita utk menghadapi semua itu.

    Setuju sekali , Mas Ifan.
    dengan kesabaran, insyaallah ,Allah swt akan membantu kita menghadapi berbagai masalah ,amin.
    salam

  2. mohd says:

    ehem!saya bukan kerja dipejabat.macam mana ni?

  3. dreesc says:

    marah seh engga kalo dree… pi nguantuk nya ga nahan… hiks

    iya ya Dree…….. kadang ngantuknya banget,
    apalagi kalau gak ada kesibukan, tambah2 deh ngantuknya😀
    salam

  4. makasih bunda atas tipsnya,
    sangat berguna saat puasa seperti sekarang ini

    alhamdulillah, semoga bermanfaat ya Mas🙂
    salam

  5. edratna says:

    Puasa kali ini memang harus lebih banyak sabarnya…karena jalanan juga makin macet.

    Sebetulnya jika kita bersyukur, masih bisa bekerja disaat orang lain susah mendapat pekerjaan, masih sehat karena sanggup berpuasa..semoga kita diberi kesabaran

    betul Bu, ada banyak sekali hal yg mestinya kita syukuri ya🙂
    salam

  6. hellgalicious says:

    oke deh bunda
    puasa puasa ga boleh marah-marah

    nanti hanya nahan haus dan lapar thok ya Mas Hellga😦
    salam

  7. nandini says:

    Tarik nafas… Istighfar..😀

    satu cara yang juga ampuh ya Dini🙂
    salam

  8. Assalamu’alaikum Bunda
    Met Milad ya, semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayangNya kepada bunda sekeluarga, terlebih di bulan yang Mulia ini.

    alhamdulillah, amin ya Rabb.
    Terimakasih banyak utk doanya ,Mas Dy.
    Semoga kita semua selalu dlm barokahNYA,amin
    salam

  9. si~j@ya says:

    Bunda mau dong ‘obat itu – dimana jualnya?
    Pakai resep dokter gak? Salam kenal …😀

    ada kok, gak pakai resep dokter………… dijual bebas di pasar….hehehe…….😀😀
    salam

  10. Pakde Cholik says:

    Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt saya sekeluarga mengucapkan selamat hari ulang tahun. Kami mendoakan semoga Allah swt memberi mbak Lily panjang umur,kesehatan,kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin yang ditopang oleh keimanan dan ketaqwaan yang semakin kokoh kuat. Amin ya rabbal ‘alaamiin.

    Salam hangat dari Surabaya

    Alhamdulillah, amin, ya Rabb.
    PakDhe tersayang…….terimakasih utk doanya ,
    semoga PakDhe dan keluarga juga selalu diberi rahmat dan barokahNYA, amin
    mwuahh….1001x 😛
    salam

  11. kangmas ian says:

    hmmm yang namanya pemicu kemarahan mah pasti ada aja bun..tergantung kitanya aja sih ^^
    salam bunda..

    Setuju,Ian.
    bagaimana mengelolanya, menjadi positif ya🙂
    salam

  12. Vyan RH says:

    Pencerahan dari bunda Ly yang selalu bikin Vyan terkagum-kagum..
    [tarik nafas dalam-dalam]

    tak lupa Vyan sampaikan:
    SELAMAT ULANG TAHUN BUAT BUNDA LY,
    SEMOGA SELALU SEHAT, PENUH KEBERKAHAN DAN SELALU DALAM LINDUNGAN KASIH SAYANG DARI ALLAH S.W.T
    AMIINN.

    Alhamdulillah, terimakasih banyak utk doanya Mas Vyan🙂
    Semoga Mas Vyan juga selalu dicurahkan keberkahanNYA,amin
    (* peluk erat*)
    salam
    (peluk erat2)

    • Red says:

      ikutan juga narik nafas dalam😀
      makasih atas artikelnya yah bunda, apalagi gue ini sering digerakkan oleh emosi sesaat yg besok2 bakalan gue sesali

      kok tarik nafas semua ?🙂
      semoga Red diberikan kesabaran yg lebih,amin
      salam

  13. masndol says:

    nambah satu bun wudhu keknya manjur juga tuh🙂

    bener, Masndol, manjur banget tuh dgn berwudhu ya🙂
    salam

  14. bunda, ini ada sedikit postingan Denuzz yang butuh komentar, saran, kritik, atau masukan dari bunda. Sekiranya bunda berkenan.
    Kunjungan bunda sangat Denuzz harapkan. Terima kasih, bunda.

    Salam akrab dari Burung Hantu
    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/08/18/bagaimana-sarang-burung-hantu-di-mata-sahabat/

    ok, segera meluncur ke tekape🙂
    salam

  15. Pakde Cholik says:

    Kalau mau marah hitung 1- 2000, dijamin lemes dan gak jai marah.Marah itu sumbunya setan jadi harus hati2.
    salam hangat dari Surabaya

    mau berhitung dulu aku ya Dhe …………..🙂
    terimakasih utk tambahan tipsnya dr PakDhe tersayang…………..
    salam

  16. Den Hanafi says:

    kalau saya mah mandi bun.😀 kalau otak udah panas dan marah sampe ubun2, pasti deh langsung seger lagi.

    terima kasih buat tips nya bun. puasa2 begini emang rada2 suka sensi. heuheu. harus banyak2 istigfar ini mah.

    iya, air meredakan panas ya Kang Pai🙂
    wudhu juga lebih manjur lho🙂
    salam

  17. fety says:

    thanks, bund:)
    siap dipraktekkan.

    sama2 yuk, kita praktekkan, Mbak Fety🙂
    salam

  18. Mengendalikan diri sendiri dari persamaan jengkel seperti bunda sebutkan di atas memang tidak mudah Bunda, tetapi dalam kondisi puasa, berdasarkan tips Bunda saya yakin bisa teratasi. Terima kasih Bunda tipsnya, semoga bisa membawa puasa ini lebih terkendali dari perasaan yang menyita energi.

    Alhamdulillah, terimakasih juga.
    Semoga puasa kita tak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja ya
    salam

  19. aduh bunda… burung hantu telat terus sih jadi yang pertama baca artikel bunda…
    tiap ada artikel baru pasti yang kasih komen udah lebih dari 30 orang…hiks😦
    tapi gak apa, ini penyemangat Burung hantu…
    Burung hantu ingin menjadi sukses seperti bunda

    bunda selalu bahagia dikunjungi oleh Burhan kapanpun🙂
    terimakasih banyak ya Burhan
    Selalu sukses dunia wal akhirat🙂
    salam

  20. Asop says:

    Yang pasti harus sadar diri ya, Bunda.😉

    iya Asop🙂
    salam

  21. aguskusuma says:

    kuncinya mungkin adalah kita hrs banyak2 mengelola sabar dan ikhlas dg baik, benar ga bundo?

    benar sekali ,Mas Agus, sabar dan ikhlas memang kudu pandai2 mengelolanya,
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s