Menemukan hasrat dan semangat yang positif bisa membantu Anda mengalahkan pikiran negatif.

Dengan begitu, Anda akan merasa terpenuhi dari sisi kebutuhan emosi dan fisik.

Kemudian Anda bertumbuh dengan lebih menghargai waktu, mandiri, percaya diri, dan mampu berhubungan baik dengan orang lain di sekitar Anda.

Dengan sikap mental positif Anda akan lebih siap menghadapi tantangan, termasuk dalam pekerjaan.

Simak cara berlatih menjadi positif berikut ini:

1. Masukkan hiburan dalam jadwal harian
Saat membuat jadwal harian, jangan pernah lupakan aktivitas yang membuat hari Anda menyenangkan.

Apa pun bentuknya, lakukan hal yang menurut Anda menyenangkan setiap hari, meski hanya beberapa saat saja.

2 Ajak diri Anda menjadi kuat dan mandiri
Ada saatnya energi melemah saat Anda masih harus menyelesaikan pekerjaan.

Namun coba lawan rasa malas atau apa pun yang melemahkan Anda.

Sikap mental ini bisa dibangun dan dibiasakan.

Sebagai tahapannya, coba ukur kemampuan Anda dalam olahraga.

Paksakan untuk melakukan gerakan olahraga dalam hitungan 10 menit.

Kemampuan yang dibiasakan ini bisa membantu Anda merasa percaya diri dan memperkuat sistem kekebalan Anda.

Hormon pembangkit gairah dan semangat juga akan terpompa.

3. Melawan stres
Praktekkan strategi sederhana untuk mengurangi stres.

Bentuknya bisa dengan mengatur pernafasan dengan perlahan.

Ambil nafas mendalam dari hidung, lalu keluarkan perlahan melalui mulut.

Ulangi tiga hingga empat kali untuk memberikan kesempatan oksigen masuk dalam aliran darah, dan memberikan rasa tenang.

Yoga dan meditasi juga menjadi cara efektif mengurangi stres, depresi, dan kepanikan.

Jalan kaki selama 10 menit juga membantu Anda untuk melawan stres.

4. Berbagilah dengan orang lain
Kemampuan yang Anda miliki bisa bermanfaat bagi orang lain.

Cari bentuk kerelawanan yang bisa memanfaatkan kemampuan Anda.

Anda bisa menemukan di bidang pendidikan, klub, atau komunitas.

Penelitian membuktikan, menjadi relawan membuat seseorang lebih bahagia dan meningkatkan kesejahteraan.

Perasaan terikat dan terlibat dalam aktivitas komunitas baik bagi kesehatan emosi.

Cara ini juga baik untuk mempelajari kemampuan lain dan kesempatan berkenalan dan menjalin relasi.

5. Berikan apresiasi terhadap orang lain
Berkumpullah bersama teman, keluarga, atau sahabat, setidaknya sekali atau dua kali sebulan.

Keterbukaan dan kepercayaan yang Anda bagi bersama orang terdekat membuat Anda lebih kuat menghadapi berbagai persoalan setiap harinya.

Berbagi cerita atau sekadar bersenang-senang baik untuk kesehatan, apalagi jika melepas tawa.

Tertawa menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi hormon stres, dan melepas endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit.

Hubungan baik juga bisa dilakukan dalam lingkungan kerja.

Kolega atau rekan kerja juga membutuhkan dukungan Anda.

Tetap Semangat !

Salam

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

55 responses »

Comment navigation

  1. kangmas ian says:

    tetap semangat bunda..kangen g sama saya bun? hehe

  2. callme eno says:

    siip bgt nih tips nya Bund…..^_^ *lg bingun mo kasih comment…soale ‘Postingan Bunda udah Te Oo Pe Be Ge Te*

  3. blogpopuler says:

    Terima kasih sharingnya Bunda.Sangat berguna bagi saya yang selalu brpikiran negatif

  4. 'Ne says:

    makasih bunda sarannya beberapa sudah dilaksanakan hehe..

  5. Tipsny mantap bunda,
    terimakasih dan salam hangat🙂

  6. Ifan Jayadi says:

    Terima kasih bunda atas tips diatas. Saya pun harus lebih giat lagi untuk membangun emosi yang positif krn biasanya yang ada adalah emosi yang meledak-ledak takkala masalah datang bertubi.

  7. Poin berbagi yang paling saya suka bunda…. Ngumpul bareng di sebuah komunitas, dan menjadi relawan memang mengasyikkan……..

  8. farus says:

    selamat pagi sobat bloh tuh infonya salam kenal…

  9. ais ariani says:

    bundaaa.. selamet yah buat tebak – tebak kan yang diberikan sama kang Yayat. Bunda menang yah🙂

    oh iyah. terimakasih juga tips nya ini. jadi in contekan buat menghadapi galau – ku nih

    thanks a lot bun….🙂

  10. ceuceu says:

    sip banget tips nya Bunda.. nomor satu..saya setuju banget hehe… walau cuma diisi dgn jalan2 di mal atau masuk supermarket dan membeli makanan2 kecil…tp itu ckp melegakan…. yg membuat saya terpana adalah nomor 4….. “Penelitian membuktikan, menjadi relawan membuat seseorang lebih bahagia dan meningkatkan kesejahteraan…” hmm… saya ingin coba Bun…

  11. andipeace says:

    ulasan referensinya perlu diterapkan nih..
    terimaksih sharenya.

    salam adem ayem

  12. kanvasmaya says:

    wihh tips tips bunda emang jitu deh..
    selalu dapet ilmu setiap sowan keblog bunda ini..
    makasih bun..

    salam hangat KaMay🙂

  13. Brotoadmojo says:

    terimakasih kiat-kiatnya Bunda, emosi terkadang tak terkendali, apalagi dalam kondisi tertentu.. (jadi malu..😀 )

  14. ayya says:

    terkadang perlu jg belajar menertawakan diri sendiri…

  15. abu ghalib says:

    nice tips bunda

    salam hangat😀

    alhamdulillah, salam hangat juga utk Mas Abu dan keluarga
    salam

  16. Kakaakin says:

    Menghargai orang lain yang masih sering lupa, Bunda…🙂

    hehe…namanya juga manusia, suka lupa Kak🙂
    salam

  17. Masdin says:

    Saya banyak melupakan poin 1 bunda🙂

    mudah2an sekarang gak lupa lagi ya Masdin🙂
    salam

  18. bagyojose says:

    salam kenal bunda…..saya tunggu kunjugan baliknya..
    matur suwun…

    salam kenal juga ,Bagyo
    terimakasih sudah mampir,
    matur suwun sanget🙂
    salam

  19. Bunda makasih untuk tipsnya..
    Met malam bunda..

    Malam juga Mas Dy🙂
    alhamdulillah, semoga ada manfaatnya ,amin
    salam

  20. Andi says:

    weleh weleh komplet…. singkat padat… terima kasih bund atas tipsnya.

    weleh weleh……..Andi pinter aja nyari cara utk memuji bunda😳
    salam

  21. Fauza says:

    resep yg mantab bget bunda. . Hehehe,emang bner t. . .biar qt lbh smagat menjalani hidup. . Jadikan cobaan sbagai tantangan yg harus dlewati. . .mhon kunjungan baliknya ea bunda. . .blog.q lage ikut lomba egt. .mhon dkungannya

    ok, bunda segera meluncur ke lokasi,Fauza.
    semoga sukses ya lombanya ,amin🙂
    salam

  22. aryadevi says:

    tertawa dan tersenyum adalah yang termudah untuk dilakukan…selain untuk manfaat diri juga berimbas ke orang lain yang merasakannya…^_^

    senyum juga adalah sedekah, Arya, sudahlah membahagiakan, mendapat pahala pulak🙂
    salam

  23. Suzernita says:

    Tips nya OK bgt Bune….apalg soal “melepas ketawa” >>>> tiap hari Herry kelakuannya bikin kt semua pada ketawa…n Ibo sampe kebelakang mlulu (alis pipis>>>) hihiiii….

    hhahhaa…………….. (* ngakak sambil guling2*)
    kebayang deh sama si ibo waktu ketawa😀😀
    salam

  24. Abdul Hakim says:

    makasih bund tipsnya… kalo nomor satu hiburan saya godain keponakan yang lucu-lucu bund..hehe

    sekalian ngejailin khan, Hakim ?
    hayo…ngaku……………😛
    salam

Comment navigation

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s